Cara Bikin Rekening BCA untuk Anak Usia 17 Tahun ke Bawah

Kalau ditanya apa syarat membuat rekening tabungan BCA, saya yakin sebagian orang menjawab KTP, NPWP, dan uang Rp500.000,00 buat setoran awal. Adanya KTP ini secara tidak langsung mengatakan calon nasabah BCA harus 17 tahun ke atas. Seperti kita tahu syarat wajib memiliki KTP di Indonesia yaitu umur segitu.

Jawaban di atas tidak salah. Akan tetapi hanya kurang tepat. Perlu diketahui BCA mempunyai sepuluh produk simpanan/tabungan atau bahkan lebih. Syarat yang disebutkan di atas khusus untuk tipe Tahapan BCA. Untuk rekening lain bisa beda. Bahkan ada yang lebih gampang: usia bisa di bawah 17 tahun, tanpa KTP, dan setoran awal sedikit.

Cara Buat Tabungan BCA Usia 17 Tahun ke Bawah

Caranya ialah dengan memilih rekening BCA yang syarat pembuatannya memperbolehkan usia di bawah 17 tahun. Beberapa rekening yang dimaksud yaitu seperti di bawah ini:

1. Tahapan Xpresi BCA

Tahapan Xpresi merupakan salah satu rekening BCA yang memang ditujukan kepada anak muda. Terbukti dengan disediakan kartu ATM sampai 50 desain. Masing-masing gambar mewakili jiwa energik mereka. Syarat pembuatan pun menyesuaikan kriteria mereka.

Meski ditujukan kepada anak muda, Tahapan Xpresi BCA bisa dibikin oleh masyarakat segala usia. Akan tetapi usia-usia ini dibagi menjadi tiga kelompok: 1. usia di atas 17 tahun; 2. 12–17 tahun; dan 3. di bawah 12 tahun.

Usia 17 tahun ke atas bisa membuat rekening Tahapan Xpresi dengan KTP dan uang setoran awal Rp50.000,00. Mereka tidak perlu menyertakan NPWP. Sedangkan usia 12–17 tahun bisa dengan kartu pelajar atau surat keterangan dari sekolah, KTP orang tua, surat persetujuan orang tua, dan data nasabah orang tua.

Anak usia di bawah 12 tahun pun bisa membuat rekening Tahapan Xpresi. Namun syarat saat membuat harus diwakili orang tua atau wali. Meski demikian, rekening tetap atas nama anak. Anak usia 12–17 tahun pun bisa memakai syarat ini jika ingin lebih simpel.

2. TabunganKu BCA

TabunganKu merupakan salah satu rekening BCA yang bisa dibuat oleh calon nasabah semua usia. Tidak hanya orang dewasa yang telah memiliki KTP, anak-anak di bawah umur pun bisa. Hal ini dikarenakan TabunganKu merupakan program pemerintah yang ditujukan kepada masyarakat umum di 70 bank nasional dan bank pembangunan daerah.

Syarat usia membuat rekening TabunganKu dikelompokkan menjadi tiga seperti di atas. Usia di bawah 17 dan di atas 12 tahun bisa tanpa wali. Akan tetapi syarat yang diperlukan banyak. Agar lebih sedikit bisa datang bersama orang tua dan membawa persyaratan seperti usia di bawah 12 tahun.

3. Simpanan Pelajar atau SimPel BCA

Sama seperti TabunganKu, Simpanan Pelajar atau SimPel BCA merupakan program pemerintah juga. Bedanya, usia simpel lebih muda. TabunganKu diluncurkan sejak 20 Februari 2010, sedangkankan Simpanan Pelajar baru tanggal 14 Juni 2015.

Perbedaan lain: TabunganKu bisa dibikin oleh masyarakat umum dengan segala usia. Sedangkan SimPel khusus para pelajar baik PAUD, TK, SD, SMP, SMA, MI, MTs, dan MA dengan usia di bawah 17 tahun. Jadi, untuk Anda yang berusia belum 17 tahun bisa coba membuat rekening ini.

Sayangnya, cara pembuatan tabungan SimPel BCA sedikit beda. Rekening ini hanya bisa dibikin di sekolah-sekolah yang telah bekerja sama dengan BCA. Padahal tabungan ini banyak memberikan kemudahan. Di antaranya setoran awal cuma Rp5.000, setoran berikutnya Rp1.000,00, dan biaya administrasi bulanan gratis. Biar begitu, masih tetap mendapatkan kartu ATM.

Itulah tips membuat rekening tabungan BCA untuk anak-anak di bawah 17 tahun. Caranya yaitu dengan memilih rekening tipe lain yang syaratnya memperbolehkan usia di bawah umur dan tanpa KTP serta NPWP.

Leave A Reply

Navigate