Sama seperti TabunganKu, Simpel atau Simpanan Pelajar merupakan program pemerintah. Usia SimPel lebih muda, baru dicetuskan pada 14 Juni 2015 melalui OJK. Baik bank konvensional ataupun syariah sama-sama kebagian. Jadi, bukan hanya di BCA, di bank lain juga bisa ditemukan rekening tipe ini.

Perbedaannya, TabunganKu ditujukan kepada masyarakat umum. Calon nasabah tidak harus anak-anak usia di bawah 17 tahun, orang dewasa dengan segala macam profesi pun bisa. Sedangkan Simpel dikhususkan kepada para pelajar: PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA sederajat.

Khusus di BCA, berikut inilah informasi detail mengenai Simpanan Pelajar yang diadakan dengan tujuan menumbuhkembangkan minat menabung pada para siswa di Indonesia itu.

Syarat dan Ketentuan Buka Rekening Simpanan Pelajar BCA

Seperti dikatakan di awal, rekening ini ditujukan khusus kepada para pelajar. Baik sekolah negeri, swasta, ataupun madrasah (MI, MTs, dan MA). Karena yang diperbolehkan anak-anak usia di bawah 17 tahun, maka syarat dan ketentuan pembuatan rekening SimPel ialah sebaik berikut.

Usia di bawah 12 tahun harus diwakilkan orang tua atau wali. Saat pembuatan, orang tua membawa kartu identitas berupa KTP, SIM, atau Paspor; NPWP kalau ada; data nasabah BCA (jika tidak punya rekening BCA silakan isi formulir ini). Sedangakan si anak membawa akta kelahiran, kartu keluarga (KK), atau kartu pelajar.

Usia di atas 12–17 tahun bisa membuat rekening Simpanan Pelajar tanpa perwakilan. Akan tetapi syarat yang dibawa lebih banyak. Di antaranya kartu pelajar atau surat keterangan dari sekolah, KTP orang tua, surat persetujuan orang tua, dan data nasabah orang tua (kalau belum punya, silakan isi formulir di atas).

Jika ada syarat pada golongan usia kedua yang tidak bisa dipenuhi, pakai saja syarat pada golongan pertama. Hal itu diperbolehkan. Meskipun diwakilkan, nasabah usia berapapun akan mendapatkan rekening atas nama sendiri, bukan atas nama orang tua atau walinya.

Cara Membuat Rekening Simpanan Pelajar (SimPel) BCA

Pembuatan rekening BCA lain biasanya cukup datang ke kantor cabang terdekat sambil membawa persyaratan yang diperlukan. Setelah sampai sana ambil nomor antrean bagian customer service dan tunggu sampai dilayani dan dibikinkan sampai jadi. Namun, tidak untuk pembuatan rekening Simpanan Pelajar ini.

Berdasarkan info yang dikumpulkan banksentral.com, pembuatan rekening SimPel hanya bisa dilakukan di sekolah masing-masing yang bekerja sama dengan BCA. Mungkin tujuannya agar benar-benar tepat sasaran: khusus untuk para siswa, bukan yang lain.

Biaya Pembuatan Rekening Simpanan Pelajar BCA

Karena ditujukan kepada calon nasabah usia di bawah 17 tahun dengan status pelajar, maka biaya-biaya yang ditetapkan untuk rekening ini tidak banyak, bahkan beberapa ada yang gratis. Bagaimanapun sekolah sekolah belum bekerja dan berpenghasilan sendiri.

  • Setoran awal: Rp5.000,00
  • Setoran berikutnya: Rp1.000,00
  • Biaya administrasi: gratis
  • Biaya pembuatan kartu: gratis
  • Biaya penggantian kartu: gratis
  • Biaya cek mutasi: gratis
  • Biaya penutupan rekening: Rp5.000,00 atau berdasarkan sisa saldo di bawah Rp5.000,00.

Meski setoran awal murah dan biaya administrasi gratis, rekening SimPel tetap mendapatkan fasilitas kartu ATM. Kartu ATM dapat dipakai di semua ATM BCA seluruh Indonesia. Transaksi yang bisa dilakukan yaitu cek saldo, mutasi rekening, tarik tunai, transfer sesama rekening BCA, dan lain-lain.

Kelebihan dan Kekurangan Rekening Simpanan Pelajar BCA

Rekening tabungan dengan setoran murah dan biaya administrasi bulanan gratis pasti memiliki banyak kekurangan. Ini hal sangat wajar. Akan tetapi, khusus SimPel dirancang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan para pelajar. Di antaranya yaitu sebagai berikut:

Kelebihan:

  1.  Setoran awal dan setoran berikutnya kecil: minimum Rp 5.000,00 dan Rp1.000,00.
  2. Bebas biaya administrasi per bulan.
  3. Syarat pembuatan cocok dengan kriteria pelajar: usia di bawah 17 tahun dan dokumen berupa akta kelahiran, kartu keluarga (KK), kartu pelajar, KTP orang tua, dan sebagainya.
  4. Mendapatkan fasilitas kartu ATM.
  5. Bebas biaya pembuatan dan penggantian kartu ATM.
  6. Kartu ATM tercetak nama pemilik dan dapat dipakai di ATM BCA seluruh Indonesia.
  7. Limit per hari tarik tunai dan transfer sesama BCA lumayan besar: Rp7.000.000,00 dan Rp25.000.000,00.

Kekurangan:

  1. Tidak mendapatkan buku tabungan.
  2. Dikhususkan untuk anak dengan status pelajar.
  3. Tidak diperbolehkan untuk rekening joint account (harus perorangan).
  4. Satu siswa hanya boleh satu rekening.
  5. Kartu ATM SimPel hanya bisa transfer sesama rekening BCA, tidak bisa transfer antar bank.
  6. Transaksi ATM dan teller dibatasi maksimal empat kali dalam sebulan. Jika lebih, kena biaya tambahan Rp2.500 per transaksi dihitung sejak transaksi ke-5.
  7. Status rekening manjadi dormant apabila dalam setahun tidak aktif. Keadaan ini dikenakan biaya Rp1.000,00/bulan dihitung sejak bulan ke-13.

Baca juga: Perbedaan rekening Tahapan BCA dan Tahpan Xpresi

Lain-Lain

Rekening khusus para pelajar ini tidak mendapatkan bunga. Akan tetapi bisa mendapatkan reward jika dalam 12 bulan saldo rata-rata mencapai nominal tertentu: Rp1.000.000,00–Rp5.000.000,00 mendapat Rp10.000,00. Sedangakan saldo di atas Rp5.000.000,00 mendapat reward Rp50.000,00.

Reward di atas bertujuan agar siswa semakin giat menabung. Diadakan satu kali dalam setahun. Hadiah dibagikan melalui sekolah-sekolah yang bersangkutan dan tidak diberikan dalam bentuk uang langsung.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

1 Comment

  1. Kalau kita misalkan udh lebih dari 17 thn masih bisa digunakan gk kartunya

Write A Comment