Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM BCA Terblokir

Kartu ATM BCA bisa otomatis terblokir seandainya Anda salah memasukkan PIN tiga kali berturut-turut. Tidak peduli jenis kartunya. Baik warna silver, gold, atau platinum sama saja. Jika sudah begini, Anda tidak bisa lagi transaksi di ATM. Entah itu cek saldo, mutasi rekening, tarik tunai, apalagi transfer.

Kartu ATM BCA terblokir juga bisa menyebabkan layanan e-banking lain tidak bisa digunakan. Yang termasuk e-banking yaitu SMS banking, m-BCA, BCA mobile, dan internet banking KlikBCA. Semua akan bisa dipakai lagi kalau kartu ATM BCA yang terblokir sudah direset atau unblock.

Maka dari itu bila kartu ATM atau Paspor BCA Anda terblokir, segeralah diurus agar normal kembali. Caranya mudah: bisa melalui customer service di kantor cabang BCA terdekat atau menghubungi Halo BCA dengan nomor 1500888. Namun, meski gampang, tetap ada syarat agar bisa diproses.

Penyebab Kartu ATM BCA Terblokir

Sebelum soal syarat, banksentral.com ingin membahas penyebabnya dulu. Perlu diketahui, salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali bukan satu-satunya penyebab kartu ATM BCA terblokir. Selain ini, kartu ATM BCA bisa terblokir gara-gara memang disengaja. Baik oleh Anda sebagai pemilik ataupun pihak bank.

Misal kartu ATM BCA Anda hilang. Demi mencegah agar tidak disalahgunakan oleh yang menemukan, Anda bisa meminta bank untuk memblokir. Dengan begitu saldo dalam rekening akan tetap aman. Begitu juga dengan pihak bank. Mereka bisa memblokir kartu ATM BCA Anda jika dicurigai melalukan transaksi yang tidak semestinya.

Kartu ATM BCA terblokir tidak selalu menyebabkan layanan e-banking lain tidak bisa digunakan. Jika terblokir gara-gara salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali memang menyebabkan semua “lumpuh”. Akan tetapi, jika terblokir disengaja, Anda bisa memilih layanan lain agar tetap bisa digunakan untuk transaksi.

Kartu ATM BCA terblokir bukanlah masalah yang mengkhawatirkan. Uang tabungan atau saldo Anda di dalamnya akan tetap utuh alias tidak hilang. Bagaimana jika mendapat kiriman atau transfer dari rekening lain? Dana tetap masuk seperti biasa. Dalam hal ini rekening tetap aktif. Hanya kartu saja yang terblokir.

Cara Mencegah Agar Kartu ATM BCA Tidak Terblokir

Caranya tentu jangan sampai salah memasukkan PIN ATM sebanyak tiga kali berturut-turut. Jika lupa dan sudah dua kali percobaan, lebih baik hentikan transaksi dulu. Kasih waktu untuk Anda mengingat PIN yang benar. Jika tetap tidak ingat sama sekali, tundalah transaksi sampai hari besok. Mengapa harus begitu?

Menurut pengalaman beberapa orang, PIN sudah salah dua kali dan ditambah satu lagi akan langsung terblokir. Namun, bila dicobanya lagi hari esok, kesalahan dua kali sebelumnya tidak dihitung. Dengan kata lain, Anda tetap memiliki tiga kali kesempatan pada hari berikutnya. Hal ini bisa terus diulang sampai tiga hari ke depan.

Mengingat-ingat enam digit PIN yang sudah lupa memang susah-susah gampang. Otak harus bekerja ekstra. Bagaimanapun, Anda tidak bisa mengusahakan cari tahu PIN ATM dengan melalui nomor rekening ataupun nomor yang tertera pada bagian depan kartu. Ini kartu ATM, bukan kartu SIM seluler yang bisa dicek nomor dan PUK.

Secara dari tampilan fisik, tanda atau ciri-ciri kartu ATM BCA terblokir tidak ada. Antara yang terblokir dan yang tidak tidak ada perbedaan. Perbedaan baru terlihat jika dicoba dimasukkan ke ATM. Khusus kartu yang terblokir, layar ATM akan menampilkan tulisan sebagai berikut:

ANDA TELAH 3 KALI SALAH MEMASUKKAN PIN. KARTU ANDA SEMENTARA TIDAK DAOAT DIPERGUNAKAN. SILAKAN AMBIL KARTU ANDA DAN HUBUNGI CABANG BCA TERDEKAT.

Syarat dan Cara Mengurus Kartu ATM BCA Terblokir di Kantor Cabang bank

Mengatasi kartu ATM BCA terblokir yang paling gampang ialah dengan melalui customer service di kantor cabang BCA. Tidak harus cabang tempat Anda buka rekening dulu. Cabang mana saja bisa asalkan BCA. Jadi, pilih saja yang terdekat atau yang sepi agar Anda tidak banyak membuang waktu untuk antre panjang.

Sebelum datang ke sana, jangan lupa ada syarat yang harus dibawa. Diantaranya ialah kartu identitas yang masih berlaku (KTP/SIM/Paspor), buku tabungan, dan kartu ATM yang kondisinya sudah terblokir. Perlu diketahui juga bahwa Anda harus datang sendiri alias tidak bisa diwakilkan. Jika disertakan dengan surat kuasa pun tetap akan ribet.

Proses pembukaan blokiran kartu ATM BCA tidak lama. Biasanya hanya butuh waktu kurang dari 15 menit. Semaunya akan dikerjakan customer service. Anda tinggal menunjukkan syarat di atas, menunggu sambil duduk manis, dan sesekali diminta membuat PIN ATM Baru. PIN baru tetap sama, terdiri dari 6 digit angka.

Biaya untuk reset kartu ATM BCA yang terblokir atau unblock ialah gratis. Hal ini karena kartu ATM BCA lama masih bisa digunakan. Jika rusak dan butuh ganti baru dikenakan biaya. Harganya tergantung warna kartu yang digunakan: Silver Rp10.000,00, Gold Rp15.000,00, dan Platinum Rp20.000,00.

Cara Mengatasi Kartu ATM BCA Terblokir Tanpa ke Bank

Mengurus kartu ATM BCA terblokir paling gampang memang melalui customer service. Baik Anda masih ingat PIN yang sebenarnya atau benar-benar lupa bisa diatasi di sana. Sayangnya cuma satu: Mayoritas cabang BCA buka pada hari dan jam kerja saja. Saat malam ataupun hari libur tutup dan tidak bisa melayani.

Tentu itu menyulitkan. Terutama untuk orang sibuk dan para karyawan yang tidak bisa bolos kerja. Apalagi jika kartu ATM terblokirnya pada saat malam hari, akhir pekan, atau bahkan libur panjang hari besar nasional seperti Idulfitri dan lainnya. Pasti Anda berhasil dibuat pusing.

Untungnya ada cara lain untuk mengurus kartu BCA terblokir tanpa harus ke bank. Tepatnya ialah dengan menghubungi Halo BCA dengan nomor 1500888. Nomor ini tidak hanya bisa dihubungi melalui telepon rumah (PSTN), melalui handphone pun tak masalah. Anda tidak perlu menyisipkan kode area 021 pada nomor di atas.

Akan tetapi, yang bisa diurus melalui Halo BCA hanyalah kartu ATM BCA terblokir yang pemilik masih ingat PIN sebenarnya. Jika benar-benar lupa tidak bisa. Dengan kata lain, Halo BCA hanya bisa unblock, bukan reset. Jika butuh reset, silakan datang saja ke cabang BCA terdekat sesuai dengan cara di atas.

Bila sudah memahami syarat, berikut ialah cara membuka ATM BCA terblokir dengan menelepon Halo BCA:

  • Sediakan pulsa dengan jumlah lumayan jika Anda ingin menghubungi Halo BCA melalui handphone.
  • Tujuan pulsa banyak agar telepon tidak putus di tengah pembicaraan.
  • Jika putus, Anda harus menelepon kembali dan ulang dari awal. Hasilnya justru boros pulsa.
  • Siapkan kartu identitas KTP, buku tabungan, dan kartu ATM yang terblokir.
  • Meski tidak melihat ketiga benda itu, Halo BCA akan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai data diri dan tabungan untuk keperluan verifikasi.
  • Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan misalnya: alamat sesuai KTP, nama ibu kandung, nomor rekening, nomor kartu ATM BCA, perkiraan jumlah saldo terakhir, dan sebagainya.
  • Setelah semua pertanyaan bisa Anda jawab dengan benar, barulah Halo BCA bisa memproses unblock kartu ATM BCA milik Anda.

Baca juga: Cara setor tunai menggunakan mesin setor tunai BCA

Segampang itulah cara mengatasi kartu ATM BCA terblokir melalui Halo BCA atau tanpa datang ke bank. Setelah di-unblock, kartu ATM atau Paspor BCA akan bisa digunakan kembali seperti semula dengan menggunakan PIN yang lama/sebelumnya.

Leave A Reply

Navigate