Biaya tabungan BCA

Biaya Tabungan BCA: admin, transaksi, dan denda atau penalti

Tiap tabungan BCA dikenakan biaya administrasi per bulan, biaya cek saldo dan tarik tunai di ATM bank lain, biaya transfer beda bank, biaya saldo minimum dan mengendap, serta biaya penutupan rekening.

Menabung di Bank BCA ternyata tidak gratis. Kita memang diberi imbalan bunga atas saldo yang dititipkan kepada mereka, tetapi harus membayar beberapa fasilitas yang belum tentu dipakai juga. ATM adalah salah satu contoh fasilitas Bank BCA yang berbayar itu.

Setiap kali menarik tunai ataupun mentransfer ke sesama BCA dengan ATM memang tidak dikenakan biaya. Namun, meskipun memakainya atau tidak, kita harus membayar biaya admin kartu ATM BCA Rp 7.500,00 hingga Rp 20.000. Biaya administrasi ini bahkan secara otomatis memotong saldo tiap bulan.

Sebenarnya, biaya-biaya ini tidak hanya berlaku di Bank BCA, tetapi juga di bank lain. Jadi, tulisan ini tidak bermaksud untuk menjelekkan BCA, tetapi sekadar menginformasikan bahwa kita harus membayar biaya-biaya ini selama memakai rekening tabungan BCA.

Biaya-biaya tabungan BCA

Banksentral.com membagi tiga biaya-biaya yang dikenakan tabungan BCA ini, yaitu biaya administrasi, biaya transaksi, dan biaya denda atau penalti. Untuk detail dan jumlahnya dapat dibaca di bawah.

1. Biaya administrasi Bank BCA

Biaya administrasi adalah biaya yang dikenakan agar rekening BCA tetap aktif atau tidak hangus/mati. Biaya admin BCA akan memotong saldo secara otomatis pada hari Jumat minggu ketiga tiap bulannya. Jumlah biaya admin bergantung pada jenis kartu ATM BCA yang Anda gunakan.

Jenis kartu ATMBiaya admin per bulan
Blue / SilverGPN: Rp 14.000
Mastercard: Rp 15.000
GoldGPN: Rp 16.000
Mastercard: Rp 17.000
PlatinumGPN: Rp 19.000
Mastercard: Rp 20.000
XpresiGPN: Rp 7.500
Mastercard: Rp 8.500
Dollar BCA1 USD
Tabel biaya administasi kartu BCA per bulan

Baca juga: Jenis-jenis kartu ATM BCA

2. Biaya transaksi Bank BCA

Biaya transaksi adalah biaya yang dikenakan jika melakukan transaksi tertentu. Sebagian transaksi yang dapat dilakukan dengan tabungan BCA dan kartu debitnya memang gratis. Namun, transaksi-transaksi yang disebutkan berikut adalah contoh transaksi BCA yang dikenakan biaya.

a. Cek saldo dan tarik tunai di ATM bank lain

Kartu ATM BCA Anda dapat mengecek saldo dan bahkan menarik uang tunai di mesin ATM bank lain seperti BRI, BNI, dan Mandiri. Hal ini dapat terjadi karena antarbank terhubung dengan layanan GPN atau Mastercard. Meski demikian, penggunaan kartu BCA di ATM bank lain tetap dikenakan biaya Rp 4.000, untuk cek saldo dan Rp 7.500 untuk tarik tunai.

b. Transfer antarbank

Tabungan BCA dapat mentransfer uang tidak hanya ke sesama BCA tetapi juga ke bank lain seperti BRI, BNI, Mandiri, dan BSI. Proses transfer dari Bank BCA ke bank lain dapat dilakukan di ATM, aplikasi BCA Mobile, ataupun KlikBCA dengan biaya Rp 6.500 per transaksi. Biaya transfer antarbank dengan metode BI Fast lebih murah, yaitu Rp 2.500.

c. Pembelian dan pembayaran

Selain mentransfer, rekening tabungan BCA juga dapat berguna untuk melakukan pembelian pulsa dan voucher PLN, serta pembayaran BPJS dan tagihan rutin lainnya. Biaya yang dikenakan untuk transaksi-transaksi ini berkisar antara Rp 2.000 hingga Rp 3.000.

3. Biaya denda atau penalti Bank BCA

Biaya denda atau penalti adalah biaya yang diberlakukan jika tabungan BCA Anda mengalami kondisi tertentu, seperti saldo terakhir menyentuh saldo minimal dan nasabah melakukan penutupan rekening.

a. Saldo minimum rata-rata per bulan

Saldo minimal adalah batas saldo terkecil yang kalau Anda mencapainya, rekening tabungan BCA Anda akan didenda. Denda saldo minimal pengguna kartu ATM BCA Blue, Gold, dan Platinum adalah Rp 5.000. Sementara itu, rekening Tahapan Gold denda saldo minimalnya mencapai Rp 25.000.

Lalu, berapa saldo minimum yang ditetapkan BCA itu? Masing-masing rekening berbeda. Jika tidak disebutkan di bawah, jenis rekening BCA tersebut tidak diberlakukan aturan saldo minimal.

Nama rekeningSaldo minimal
TahapanRp 100.000
Tahapan GoldRp 10.000.000
TapresRp 5.000.000
Tabel saldo minimum rata-rata tabungan BCA

b. Saldo mengendap untuk biaya menutup rekening

Saldo mengendap berbeda dengan saldo minimum. Tepatnya, saldo mengendap adalah sejumlah saldo yang ditahan oleh pihak BCA, tidak dapat diambil atau ditransaksikan oleh nasabah. Saldo mengendap lebih kecil daripada saldo minimal, tetapi rekening BCA yang mengalaminya tidak dikenakan denda atau penalti.

Saldo mengendap pada tabungan BCA tidak dapat diminta oleh nasabah karena akan digunakan untuk membayar biaya penutupan rekening kelak. Jadi, saldo mengendap BCA jumlahnya setara dengan biaya penutupan rekening tabungan BCA yang harus kita bayarkan.

Jenis tabunganSaldo mengendap untuk biaya penutupan rekening
TahapanRp 50.000
Tahapan XpresiRp 10.000
Tahapan GoldRp 50.000
Tapres BCARp 50.000
TabunganKuRp 20.000
Simpanan Pelajar (SimPel)Rp 5.000
Jumlah saldo mengendap tabungan BCA untuk biaya penutupan rekening

Baca juga: Jenis-jenis tabungan BCA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *