Cara membuat rekening BRI

4 Cara membuat rekening BRI (online, offline, eform, dan BRImo)

Bagaimana cara menabung di bank BRI? Pertama, buat rekening BRI dahulu. Setelah jadi, Anda memiliki nomor rekening yang bisa diisi/disetor dengan uang. Setiap uang yang masuk akan terkumpul dan tercatat sebagai saldo.

Saat ini buka rekening BRI bisa tanpa ke bank. Caranya melalui online menggunakan smartphone dan koneksi internet. Jadi, nasabah tidak usah datang ke kantor cabang dan antre hingga berjam-jam.

Sayang, salah satu syarat bikin tabungan BRI secara online yaitu NIK KTP harus terdaftar Disdukcapil. Alhasil, anak-anak usia 17 tahun ke bawah yang kartu identitasnya kartu pelajar harus ke bank kalau mau buka tabungan BRI.

Apakah dua itu saja? Tidak. Berdasarkan pantauan Bank Sentral cara membuat rekening BRI ada empat. Dua sudah disebutkan di atas, sisanya yaitu semi-online dan menggunakan aplikasi mobile banking BRI yang bernama BRImo.

1. Cara membuat rekening BRI dengan online

Pada zaman digital seperti sekarang, daftar rekening BRI via online sangat diminati. Apalagi metode pertama ini, caranya cukup menggunakan browser handphone. BRI sendiri menyebutnya sebagai pembuatan rekening jaman now.

Selain KTP, syarat yang diperlukan untuk bikin rekening BRI secara online yaitu:

  • Smartphone,
  • Koneksi internet,
  • Pulsa sekira Rp5.000, dan
  • Akun email.

Langkah-langkahnya

  1. Buka browser bawaan ponsel. HP Android yaitu Chrome dan iPhone yaitu Safari.
  2. Kunjungi url https://bukarekening.bri.co.id atau scan kode yang tersedia.
  3. Klik tombol “Buka Rekening BRI”.
  4. Pilih jenis tabungan yang mau dibikin (Britama, Britama X atau Britama Muda, Britama Bisnis, Simpedes, atau Simpedes Bisa).
  5. Pilih alamat “Kantor Cabang BRI Terdekat”.
  6. Klik tombol “Ambil Foto” untuk upload KTP.
  7. Masukkan data diri seperti NIK, nama, tanggal lahir, nomor handphone, email, nama ibu kandung, dan kode pos.
  8. Verifikasi nomor hp dengan menginput kode OTP yang diterima via SMS.
  9. Tekan tombol “Rekam Video” kurang lebih 8–10 detik sambil mengucapkan kalimat yang tertera pada layar. Contoh: “Saya Muhammad menyatakan setuju untuk membuat rekening BRI baru”.
  10. Unggah foto selfie sambil memegang KTP.
  11. Bikin tanda tangan pada layar handphone yang disediakan.
  12. Masukkan foto NPWP kalau punya.
  13. Tunggu proses verifikasi oleh petugas bank.
  14. Masukkan tanda tangan digital (privy ID) dengan memasukkan kode OTP yang diterima via SMS.
  15. Selesai. Klik tombol “Konfirmasi” dan layar menampilkan nomor rekening BRIVA untuk Anda melakukan setoran awal.

Cara melalukan setoran awalnya ada di bagian bawah.

2. Buka tabungan BRI secara offline (datang ke bank)

Cara ini untuk calon nasabah yang ingin buka tabungan jenis TabunganKu, Junio, dan sebagainya. Tahap-tahap membuka rekening BRI di kantor cabang bank yaitu:

  • Tentukan jenis tabungan BRI yang akan dibikin. Customer service di bank memang akan menjelaskan dengan detail. Namun, karena secara lisan kadang ada yang terlewat. Biar tambah jelas, sebaiknya Anda baca 12 jenis tabungan BRI.
  • Kumpulkan syarat pembuatan rekening BRI yang diperlukan. Antara jenis rekening satu dengan lainnya berbeda. Sebagai contoh, pembukaan Junio memerlukan syarat akta lahir atau kartu pelajar. Sementara jenis tabungan lain yaitu KTP. Detailnya silakan buka link di atas.
  • Datang ke kantor cabang bank BRI. Langkah selanjutnya ialah mengunjungi bank. Saran saya, pilihlah cabang yang sewilayah dengan KTP agar tidak diminta surat keterangan domisili. Dan tentu saja, buka tabungan BRI harus sendiri (tidak diwakilkan orang lain).
  • Ambil nomor antre dan tunggu dilayani. Begitu sampai di bank langsung ambil nomor antre. Karena mau bikin rekening BRI, pilihlah nomor antre layanan customer service (bukan teller). Bingung karena pengalaman pertama? Jangan malu bertanya kepada satpam di pintu masuk.
  • Mengisi formulir pembukaan tabungan BRI. Saat dilayani, Anda diberi formulir pengajuan pembukaan rekening BRI oleh customer service. Silakan isi sesuai data yang benar. Jika sudah, serahkan kembali setelah Anda menandatanganinya di atas meterai.
  • Proses pencetakan buku tabungan dan kartu ATM BRI. Tahap ini sepenuhnya dikerjakan customer service. Anda hanya perlu duduk menunggu karena sesekali diminta menandatangani buku tabungan dan membuat PIN kartu debit BRI.
  • Melakukan setoran awal ke teller. Setelah kartu ATM dan buku tabungan jadi, berarti Anda sudah memiliki nomor rekening (tercetak di halaman depan buku tabungan). Langkah pembukaan tabungan BRI berikutnya ialah Anda diarahkan ke bagian teller untuk melakukan setoran awal.
  • Selesai. Sampai tahap ini artinya Anda berhasil membuat rekening BRI. Setoran awal yang disetorkan sudah tercatat di dalam buku tabungan sebagai saldo. Anda pun bisa pulang meninggalkan bank dengan membawa buku tabungan dan ATM BRI.

3. Cara daftar rekening BRI via eform

Keuntungan membuat tabungan BRI di kantor cabang ialah pasti berhasil. Namun kekurangannya harus antre dan mengisi formulir lumayan lama. Jika ingin cepat, isilah formulir tersebut dari rumah secara online melalui eform.

Langkah-langkah pengisian eform pembuatan rekening BRI yaitu sebagai berikut:

  1. Buka link eform resmi BRI https://eform.bri.co.id melalui smartphone atau laptop.
  2. Pilih menu “Pendaftaran Rekening”.
  3. Pilih jenis tabungan BRI yang diinginkan:
    1. Simpedes: https://eform.bri.co.id/home/syarat/simpedes
    2. Britama: https://eform.bri.co.id/home/syarat/britama
    3. Britama Muda: https://eform.bri.co.id/home/syarat/britamamuda
    4. Junio: https://eform.bri.co.id/home/syarat/junio
    5. Tabungan Haji: https://eform.bri.co.id/home/syarat/haji
    6. Deposito BRI: https://eform.bri.co.id/home/syarat/deposito,
    7. Dll.
  4. Baca Syarat dan Ketentuan Membuat Rekening BRI.
  5. Centang pada bagian “saya setuju syarat dan ketentuan di atas”.
  6. Klik tombol “Buka Rekening BRI”.
  7. Isi data dengan benar: alamat, pekerjaan, keuangan, dll.
  8. Setelah selesai terisi semua, muncul laman yang menunjukkan nomor referensi untuk Anda.

Mendaftar rekening BRI melalui eform disebut semi-online. Pasalnya, Anda tetap harus ke bank untuk mendapatkan buku tabungan dan kartu debit. Keuntungannya, tidak perlu mengisi formulir lagi karena tinggal menunjukkan nomor referensi di atas.

Selain nomor referensi eform, datang ke kantor cabang bank jangan lupa bawa kartu identitas sebagai bukti dan sejumlah uang untuk setoran awal pembuatan rekening BRI.

4. Cara bikin rekening BRI menggunakan BRImo

Sejatinya, BRImo adalah aplikasi mobile banking BRI. Fungsi utamanya memang untuk cek saldo, transfer, dan berbagai transaksi perbankan lainnya. Namun, saat ini BRImo dapat juga dimanfaatkan untuk membuat rekening BRI yang terbaru.

Selain tanpa ke bank, keuntungan bikin rekening BRI melalui aplikasi BRImo yaitu fitur m-banking otomatis aktif. Usai setoran awal langsung dapat digunakan untuk transaksi finansial dan nonfinansial.

Berikut cara buat rekening BRI via aplikasi BRImo:

  1. Download dan instal aplikasi BRImo melalui PlayStore atau AppStore.
  2. Buka BRImo pilih “Belum Punya Akun” lalu “Buka Rekening”.
  3. Pilih produk tabungan BRI dan kantor BRI yang mengelola rekening.
  4. Foto e-KTP dan Isi data utama.
  5. Verifikasi data dan kode verifikasi dikirim ke HP.
  6. Rekam video, foto selfie KTP, foto NPWP, dan isi data diri.
  7. Verfikasi tanda tangan digital melalui kode OTP di SMS.
  8. Konfirmasi dan lakukan setoran awal ke nomor BRIVA (BRI virtual account).
  9. Notifikasi rekening terbentuk melalui email.
  10. Buat username, password, dan PIN untuk akun BRImo (BRI mobile banking).
  11. Rekening digital Anda telah aktif dan dapat digunakan untuk transaksi finansial di aplikasi BRImo.

Setoran awal buka rekening BRI

Cara setoran awal bikin tabungan BRI di kantor cabang sangat gampang. Begitu buku tabungan dan kartu ATM jadi, Anda diarahkan menuju teller untuk menyerahkan uangnya. Masalahnya ialah bagaimana kalau kita bikinnya secara online?

Pembuatan rekening BRI secara online tetap harus melalukan setoran pertama. Jumlah minimalnya tergantung tipe tabungan yang dibikin. Sedangkan batas waktunya paling lambat 24 jam. Lebih dari itu maka rekening baru akan dibatalkan alias hangus.

Jika malas ke bank, Anda dapat melakukan setoran pertama dengan cara mentransfer. Pada tahap akhir pembuatan rekening BRI online, muncul nomor BRIVA. Kirimlah uang ke situ melalui ATM, m-banking, dompet digital, setor tunai via agen BRILink, atau lainnya.

Setelah setoran awal masuk, Anda mendapat pemberitahuan melalui email dan link untuk menghubungkan rekening ke BRImo. Dari aplikasi tersebut dapat dilihat jumlah saldo dan sebagainya yang menandakan bahwa rekening BRI Anda sudah aktif.

Apakah bikin rekening BRI online mendapat buku tabungan dan kartu ATM?

Jawabannya iya. Namun, caranya tidak dikirim ke alamat rumah Anda. Jika Anda membuat rekening BRI online dan ingin mendapat ATM dan buku tabungan, silakan datang ke kantor cabang BRI terdekat untuk proses pencetakan.

Syarat permintaan kartu ATM dan buku tabungan BRI yaitu membawa KTP dan struk bukti penyetoran pertama. Bagaimana jika struk hilang karena sudah lama? Bisa diganti dengan menunjukkan akun BRImo pada handphone Anda.

Berbeda dengan setoran awal yang harus dilakukan sebelum 24 jam, permintaan buku tabungan dan kartu ATM BRI tidak dibatasi waktunya. Bahkan tidak dicetak (karena akses menggunakan m-banking Brimo sudah cukup) pun tidak masalah.

Biaya minimal buka rekening BRI

Membuat rekening BRI di kantor cabang perlu bayar meterai Rp10.000,00 untuk ditempel di formulir pengajuan. Jika bikin rekening BRI secara online, butuhnya pulsa sekira 5.000–10.000 agar mendapat SMS kode OTP.

Biaya pencetakan kartu yaitu Rp0–Rp25.000 tergantung tipe kartu ATM BRI yang mau digunakan. Sedangkan harga buku tabungan BRI sekira Rp10.000. Pembayaran ini hanya sekali, saat pembuatan pertama atau ganti saja.

Sementara itu, minimal setoran awal buka rekening BRI yaitu sebagai berikut:

SimpedesRp50.000
BritamaRp250.000
Simpedes TKIRp10.000
Britama BisnisRp1.000.000
Britama Muda Rp100.000
Britama rencanaRp100.000
Britama ValasUS$ 50
JunioRp100.000
TabunganKu BRIRp20.000
Minimal setoran pertama buka tabungan BRI

Soal sering ditanya

Bagaimana cara menabung di BRI untuk anak usia di bawah 17 tahun?

Jenis tabungan BRI untuk anak-anak yaitu Junio. Syarat pembuatannya bukan dengan KTP melainkan kartu pelajar. Namun, cara pembukaan rekening Junio harus didampingi orang tua yang memiliki rekening Simpedes atau Britama.

Apa jenis tabungan BRI yang cocok untuk siswa pelajar dan mahasiswa?

Tabungan BRI untuk pelajar yaitu Simpel atau Junio. Sedangkan untuk mahasiswa buatlah Britama X. Saking cocoknya untuk anak muda, Rekening Britama X juga dijuluki sebagai Britama Muda.

Apakah buka tabungan BRI bisa tanpa NPWP?

Bisa, membuat rekening BRI secara offline maupun online terdapat pilihan “tidak memiliki NPWP”. Namun, jika penghasilan Anda sudah memenuhi wajib pajak sebaiknya bikin NPWP.

Bisakah membuat rekening BRI beda wilayah?

KTP luar daerah bisa bikin tabungan BRI di cabang manapun. Akan tetapi, diminta syarat tambahan berupa surat keterangan domisili. Jika malas bikin surat domisili, silakan buat rekening BRI secara online saja.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.