Rekening bank bukan hanya berfungsi untuk menabung atau menyimpan uang. Dengan dilengkapi beragam layanan seperti transfer, bayar tagihan, isi pulsa, dll., membuatnya semakin dibutuhkan. Apalagi zaman belanja online seperti sekarang, memiliki rekening bank sudah seperti keharusan. Pertanyaan berikutnya ialah bagaimana cara dan syarat membuat rekening bank terbaru?

Bikin rekening bank di BCA bagi sebagian orang merupakan hal tepat. Walau biaya administrasi bulanan lebih mahal daripada bank lain, selisih hanya sedikit. Yang pasti BCA memiliki nasabah sangat banyak. Sehingga urusan transfer tidak akan boros (transfer antar bank dikenakan biaya). Begitu juga dengan toko online di Indonesia, hampir semua support pembayaran dengan bank ini.

Bagi pembaca yang sudah mantap menjatuhkan pilihan membuat rekeningnya di Bank Central Asia ini, berikut banksentral.com jabarkan syarat-syarat yang harus dipenuhi dan gambaran proses cara pembuatannya dari awal mendaftar sampai siap digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Syarat Pembuatan Rekening Tahapan BCA Terbaru

Perlu diketahui sebelumnya bahwa produk rekening tabungan bank BCA bukan jenis Tahapan saja. Jika mau mencari, setidaknya ada sepuluh macam. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Semua bisa Anda pilih asal dapat memenuhi syarat.

Baca juga: 10 macam produk tabungan simpanan bank BCA yang tersedia

Namun, karena jenis paling banyak digunakan adalah Tahapan BCA, maka pembahasan artikel ini fokus pada ini saja. Jangan khawatir, jenis rekening ini sudah lebih dari cukup untuk urusan menyimpan uang, transfer, bayar-bayar, dll. Pemilik rekening ini juga akan mendapatkan buku tabungan, kartu ATM, fitur SMS banking, mobile banking, dan internet banking.

Pertama, Anda persiapkan dulu semua persyaratan dari rumah. Biasanya akan ditolak dan disuruh melengkapi jika ada yang kurang. Daripada bolak-balik pulang pergi, bawalah semua syarat berikut:

  • Kartu identitas asli (KTP/SIM);
  • Kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak);
  • Uang setoran awal minimum Rp500.000,00;
  • Sejumlah uang tambahan buat persiapan bayar meterai, buku tabungan, dan kartu ATM.

Baik KTP ataupun SIM bisa. Namun mayoritas nasabah menggunakan KTP. Jenis KTP yang diterima adalah KTP elektronik, bukan KTP model lama yang berupa kertas dilaminating. KTP harus asli, bukan fotokopi, dan masa berlaku masih aktif. Bagaimana dengan orang yang KTP elektroniknya belum jadi? Bisa menggunakan surat keterangan pengganti KTP yang bisa didapatkan dari tempat pembuatan KTP.

Baru-baru ini pembuatan rekening bank baru di BCA mengharuskan calon nasabah menyertakan NPWP. Bila tidak, biasanya ditolak. Namun karena masih banyak orang Indonesia tidak mempunyai kartu ini, kantor cabang BCA tertentu dapat menerima. Biasanya yang berlokasi di tempat sepi ataupun di desa-desa.

Untuk setoran awal minimal Rp500.000,00. Uang ini akan tetap menjadi milik Anda dan masuk ke rekening. Bagaimana dengan jumlah maksimalnya? Saya kira BCA dengan senang hati pasti menerima sebanyak apa pun uang Anda. Bahkan, jika Anda pemilik rekening dengan jumlah saldo terbanyak di cabang tersebut, dengar-dengar Anda akan mendapatkan pelayanan lebih istimewa daripada nasabah lain.

Uang tambahan yang saya sebutkan di atas untuk jaga-jaga saja. Berdasarkan pengalaman, biaya-biaya pembuatan rekening BCA baru seperti bayar meterai, buku tabungan, dan kartu ATM kadang dimintai langsung, kadang dipotong dari saldo. Jumlahnya di bawah Rp50.000,00 saja. Tenang, pembayaran ini cukup sekali. Selanjutnya tidak diminta bayar lagi kecuali buku tabungan dan kartu ATM hilang ataupun rusak dan Anda meminta ganti baru.

Cara dan Proses Bikin Rekening BCA Terbaru Jenis Tahapan BCA

Jika syarat-syarat di atas sudah lengkap, datang saja ke kantor cabang BCA terdekat. Saran saya pilihlah kantor cabang BCA yang lokasinya sesuai dengan daerah KTP Anda dikeluarkan. Mengapa? Biar tidak dimintai syarat tambahan berupa surat keterangan domisili setempat.

Surat keterangan domisili diperlukan jika Anda tidak bertempat tinggal sedaerah dengan tempat keluaran KTP. Misal Anda perantau di Jakarta, tetapi KTP masih dari daerah lain. Seandainya Anda membuat rekeningnya di cabang Jakarta, surat keterangan domisili sebagai bukti bahwa Anda tinggal di Jakarta.

Surat keterangan domisili dapat dibuat dengan mendatangi ketua RT, dan kemudian dilanjut ke RW tempat Anda tinggal sekarang. Jika tidak mau pakai surat ini bisa pakai surat referensi dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Tips lainnya bila Anda kebingungan di sana, mungkin karena pengalaman pertama kali, tanyalah kepada satpam yang stand by depan pintu. Dia pasti menunjukkan bahkan menuntun ke petugas yang mengurusi keperluan Anda. Untuk pembuatan rekening baru, petugas bagian customer service atau disingkat CS-lah yang memprosesnya. Sedangkan teller tugasnya mengurusi setoran, transfer, dan atau penarikan.

Kepada customer service-lah Anda serahkan semua persyaratan di atas. Kemudian Anda dikasih formulir registrasi atau pendaftaran rekening baru untuk diisi. CS pulalah yang mencetakkan buku tabungan beserta kartu ATM atau Paspor BCA untuk Anda. Bila keduanya ini sudah jadi, barulah Anda disuruh ke teller untuk menyerahkan setoran awal Rp500.000,00.

Setelah menyerahkan setoran awal ke teller, artinya rekening bank BCA Anda sudah jadi dan siap digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Kartu ATM atau Paspor BCA biasanya juga langsung bisa digunakan. Akan tetapi, hanya bisa untuk transaksi nonfinansial (cek saldo, mutasi histori, dsb.) Sedangkan transaksi finansial seperti tarik tunai, transfer, bayar belanja, dan sebagainya, harus tunggu 1×24 jam dulu.

Tambahan Informasi untuk Pembuatan Rekening Bank Terbaru

Seperti dikatakan di awal, rekening Tahapan BCA bukan hanya mendapatkan fasilitas buku tabungan dan kartu ATM saja, melainkan juga fitur SMS banking, mobile banking, dan internet banking. Semu fasilitas ini dapat Anda nikmati sekaligus untuk satu nomor rekening. Jadi, akan lebih baik kalau Anda mengaktifkan semuanya.

Fungsi fasilitas-fasilitas tersebut sangat banyak. Salah satunya agar transaksi tetap dapat dilakukan menggunakan handphone dan laptop dari rumah tanpa harus datang ke kantor cabang atau ke ATM yang berada di pinggir-pinggir jalan.

Kartu ATM pada bank BCA disebut juga Paspor BCA. Pada rekening Tahapan tersedia tiga pilihan warna: silver, gold, dan platinum. Warna ini harus Anda pilih salah satu saat mengisi formulir tadi. Perbedaan warna kartu ATM menentukan juga biaya administrasi bulanannya. Warna silver paling murah, gold pertentangan, sedangkan platinum paling mahal.

Kalau begitu lebih untung pilih silver dong? Tidak. Warna platinum memang lebih mahal. Namun limit penarikan, transfer, dan pembayaran per harinya juga lebih besar. Jika kebutuhan transaksi harian Anda kecil, warna silver memang pilihan tepat.

Meregistrasikan atau mengaktifkan fitur e-banking lainnya berupa SMS banking, mobile banking, dan internet banking, tidak dikenakan biaya tambahan. Jadi, saran saya, mintalah kepada customer service untuk mendaftarkan rekening BCA baru Anda pada fitur-fitur ini agar Anda dapat menikmati kemudahan transaksi perbankan menggunakan handphone ataupun laptop dari rumah. Meskipun pihak bank menggratiskan, biaya pulsa dan koneksi internet setiap transaksi tetap ada.

Meregistrasikan atau mengaktifkan SMS banking dan mobile banking dapat dilakukan pada saat pembuatan rekening BCA. Anda tinggal bilang kepada customer service tadi. Nanti dia yang akan memprosesnya. Namun bila lupa, Anda tetap masih biaa mengaktifkannya lain waktu dengan ATM atau datang lagi ke kantor cabang terdekat.

Sedangkan untuk fitur internet banking BCA atau biasa dikenal klikBCA tidak dapat diaktifkan bersamaan dengan pembuatan rekening. Biasanya baru bisa 1×24 jam setelah rekening jadi. Artinya, Anda baru bisa besoknya. Atau jika sibuk, lain waktu juga masih tetap bisa. Mengaktifkannya dengan ATM sebenarnya juga bisa. Namun Anda tetap harus ke kantor cabang bank lagi untuk mengambil token atau keyBCA-nya.

Itulah syarat dan cara bikin rekening tabungan BCA terbaru tahun ini. Saya sudah coba tulis sedetail mungkin dari awal sampai rekening siap digunakan. Bila tetap membingungkan, silakan tanyakan melalui komentar di bawah. Untuk besok kita masih tetap bahas soal SMS banking dan mobile banking BCA (m-BCA).

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

110 Comments

  1. muhammadilham Reply

    permisi , mau tanya. kalau misalnya saldo awalnya kan 500k , kalau kita tarik lagi bisa langsung hari itu ga? atau memang wajib 1×24 jam?

    • Info terakhir yang saya ketahui, kartu ATM bisa langsung digunakan saat itu juga. Namun hanya bisa untuk transaksi nonfinansial. Untuk transaksi finansial harus menunggu 1×24 jam. Sekadar info, tarik tunai termasuk transaksi finansial.

  2. Eris setiawan Reply

    Kantor cabang cisauk bisa ga ya buka rekening bank tanpa NPWP?

    • Tempat tinggal saya bukan di Cisauk, jadi mohon maaf tidak tahu. Saya approve komentar Anda semoga ada yang mau bantu menjawab

  3. Kalo daerah jaksel mau bikin tanpa ada npwp bisa ga min ?? Soalnya saya mau bikin tp gak ada npwp nya ?

    • tergantung cabangnya Gan. Meskipun sama-sama BCA kadang ada yang bisa tanpa NPWP, ada juga yang harus dengan NPWP

  4. saya berstatus sebagai mahasiswa , dan saya tidak mempunyai NPWP , apakah saya dapat membuat kartu ATM BCA ?

  5. Kalau misal masih pake ktp lama kira2, masih bisa nggak ya contoh ny daerh Jawa Tengah&tanpa npwp jugha kira2 bisa apa nggak buat buka rekening bca??

    • harus pakai KTP elektronik. Kemudian kalau beda daerah, bisa diatasi dengan surat keterangan domisili

      • Kalo buka rekeni belum punya e-ktp pake surat ketrrangan domisili bisa gak ?

  6. Apa bisa bikin rek tabungan bca di cikarang tpi ktp kampung
    Dan apa saja syaratnya

  7. Eha julaeha Reply

    Assalamualaikum wr wb …bpk/ ibu ,,,saudara / saudari yg terhormat ,,saya warga negara indonesia yg berminat membuka rekening tapi saya ada di luar negri ,,bagai mana cara nya …apa bisa lewat email ini..,???? Trimaksih

  8. Saya sudah lama gak kepakek kartu BCA saya..tapi di blokir kalau tidak ada saldo..gimana cara mengaktifkan kembali

  9. Emia belinda Reply

    Kalau misalakan KTP asli nya hilang pake fotocopy KTP nya aja biasa ga min?

  10. rama aditiya Reply

    Kalo mau bkin di daerah cempaka mas kelapa gading trus saya gx pnya NPWP nyah,dan juga perantau dari bgor ,bsa gz yah kira2

  11. Syifa vibriani Reply

    maaf mau nanya kalo setoran pertama tidak 500rb bisa

  12. Muhammad ibnu syaputra Reply

    Apakah mahasiswa juga harus menggunakan npwp pada saat membuka rekening baru ?

  13. naranindya Reply

    Mau tanya..klo mau bikin rekening bca tp pake nama komunitas/organisasi apa aja syarat nya?

  14. Ahmad Zainul anam Reply

    Kalo nggak punya npwp apa masih bisa buat buka tabungan

  15. Sya prnah buat rek. BCA tpi dikasi silver langsung tanpa disuruh memilih. Itu karena tanda tangan sya yg kurang serupa dng yg ada di KTP. Krna tanda tangan yg sya buat itu agk ribet pola garisnya. Ketika pembuatan KTP elek. Tdk smua garis tanda tangan sya kebaca. Jd skrng sya harus ngikutin tanda tangan yg ada di KTP. Hal hasil sya jd kesulitan utk buka rek. Atau lebih tepatnya malas. Intinya hal sekecill ini bisa jd masalah besar dikemudian hari. Ini jd pelajaran buat saya. :'(

  16. Maaf mau tanya dong admin. ATM saya kan 3bln ini udh ga pernah isi saldo terakhir saya ingat saldo 22rb apa masih bisa digunakan?

  17. Satria Mazakki Reply

    Misalkan bikin ATM BCA Pake KTP,Terus yang Dateng ke kantor nya bukan orang yang di KTP,Bisa/gak min?

  18. Andri saputra Reply

    Kalo ktpnya foto copyan bisa? Dan saya tidak ada npwp?

  19. Andri saputra Reply

    Kalo ktpnya foto copyan bisa? Dan saya tidak ada npwp? .

  20. Akhmad teguh riyanto Reply

    coba mau bertanya gan??.
    1. Klo KTPnya yg asli hilang to ada foto
    kopinya dan SIM c kira” bisa gak.???
    2. Trus klo ibunya punya tanggungan di bank apakah anak nya yg mau bikin masih bisa gak ???

  21. ktp ku jakpus tapi aku tinggal di tangsel, harus pake surat domisili ya tetep? katanya skrg kalo mau bikin rekening baru gak perlu sesuai domisili lg bisa….tp gangerti si….

  22. kalau mau buat rekening baru tanpa ktp bisa gak? karna saya lagi kuliah di luar dan saya belum punya e-ktp. kalau diganti dengan paspor bisa atau ngga?

  23. Hanya bermodal KTP + saldo awal pakah bisa buka rekening..?
    (Buruh)

  24. kalau misalnya baru buat ktp dan masih pelajar bagaimana membuat rekening jika tidak ada npwp

  25. Saya mahasiswa perantauan dan belum memiliki NPWP, apakah bisa mengurus tanpa NPWP? Karena saya belum punya dan belum saatnya mempunyai. Mohon dijawab 🙏

  26. Hallo…
    Kira2 Bank BCA menerima pembukaan rekening tidak jika E-KTP diganti dengan PASPOR ( Indonesia tentunya ).
    Krn saya sudah menetap tinggal di luar negeri ( USA ). Dan tidak punya E-KTP, hanya memegang Paspor saja.
    Saya ingin buka rekening BCA di Indonesia tapi kendala syaratnya saya tidak punya E-KTP, tapi saya hanya punya paspor dan npwp…
    Kira2 bisa tidak ya?
    Thanks

  27. Saya sebelum nya sudah punya atm bca tapi yang warna gold seingat saya waktu bikin tdk pakai npwp krna saya tdk punya npwp.

    Apa saya bs bikin rek baru yg silver tnpa npwp?

  28. Bayu anggara Reply

    Klo mau bikin atm bca, itu yang bagus yang mana yaa, boleh minta sarannya gaa?

  29. Sayakan dri luar kota ,mau bikin rekening bca di Jakarta,syarat2 yg harus saya bawa apa aja ya min ?

  30. Nabila maulida Reply

    Kalo mau bikin atm di bca yang bukan domisilli ktp gimana ya ?bisa atau egak?

  31. Kak bikin Npwp Untuk orang yang baru lulus sekolah itu gapapa ya??, Kan kita misal wajib pajak kan.,sedangkan kita blom kerja sama sekali dan mau bikit atm, kira2 bisa ga ya ka?

  32. Fajar ramadhia Reply

    Min saya mau nanya, sy mau bikin kartu atm di karawang tp ktp saya bandung soalnya saya perantau itu gimana bisa ga ?

  33. Guntur gunawan Reply

    Slamat siang admin saya mau tanya jika ingin buka tabungan BCA TAPA NNPWP apakah bisa sedangkan pkerjaan dibidang perkebunan milik pribadi

  34. Ravi ortega Reply

    Saya mau buka tabungan BCA,tp sya udh col 5 dri bank mandiri. Apa kah sya masih bisa buka buku tabungan di bank BCA? Terimakasih

  35. Syahid alviansyah Reply

    Mau nannya ketika kita daftar bayar 500rb dn klu sudah 1×24 jam 500 ribu it bisa di tarik semua gak

    • Tidak. Ada yang harus ditinggal buat saldo ditahan. umlahnya sekira 50 ribu

  36. deviyanti komala Reply

    Apakah bisa membuat rekening tapi ktp nya fto kopi saja tapi dgn disertai surat kehilangan dri kepolisian? Karena ktp asli nya ilang. Masi proses soalnya mau nyetak ulang blanko nya gaada

  37. Kalo misalkan saya domisili bogor bikin’a di sukabumi bisa ga gan?

  38. Mimin herawati Reply

    Ku dah lama gak nabung di bca. Ku pengen nabung lagi di bca. Apa bisa ya. Masih aktif gak. Tolong dong di min cek…msh aktif apa gak…trimakasih

  39. Fery maulana Reply

    Selamat pagi saya mau tanya kira kira klo tdk punya npwp msih bisa gak ya untuk buka rekening. Dan juga klo mau buka rekening kira kira biaya administrasi nya berapa ya.

    Atas perhatian nya saya ucapkan banyak banyak terima kasih.

  40. Shalsabila Reply

    Apakah bisa membuat rekening tanpa ada keterangan domisili ?karena saya tinggal di Bekasi KTP saya di Sumedang

  41. Selviana surtika Reply

    Apakah bisa bikin atm , tapi bikin ya bukan didaerah kita , seperti kita tinggal di bogor terus kita kerja di luwuk sulawesi tapi kita kepepet bikin atm di sulawesi karena urusan pekerjaan??

    • bisa. syaratnya tambahkan surat keterangan domisili atau rekomendasi dari kantor tempat Anda kerja

  42. deniekaputra Reply

    Kenapa ya sy buka rek BCA. Rp.500000.
    Uang matre dan bla bla bla 16000,
    Di prin dan buku tabungan tertulis 500000.
    Pas mau di ambil ko nominal nya rp. 450000

  43. Kalo bikin ATM BCA ga punya NPWP gmna min? Bisa ngga? Bikin BCA untuk nabung ajah

  44. Hironimus Ratman,S.Fil Reply

    Dear admin,
    Saya mau buka Rekening BCA,saya domisili di Maumere Kabupaten Sikka NTT.Apakah ada kantor Bank BCA di daratan Flores?

    • Tikkan saja kata “alamat kantor cabang BCA’ di google. Ntar akan ada beberapa alamatnya yang paling dekat dekat lokasi Anda

  45. Hironimus Ratman,tS.Fil Reply

    Dear admin,
    Saya mau buka rekening BCA.Apakah NPWP dan surat keterangan domisili bisa pakai foto?karena saat ini saya lagi ke luar daerah.domisili saya.Mohon jawabannya.
    Terimakasih.

  46. Klau mau bikin ATM untuk yg pemula, tapi uang daftatnya nda sampai 500rb misalnya hanya 100rb, apakah bisa.?

  47. apa bisa ganti buku tabungan baru dengan buku tabungan yang lama hilang

  48. Wahyu budiyatno Reply

    Saya Domisili dan KTP tangerang dan bekerja di jakarta selatan, apakah saya bisa buka rekening di weekend day BCA di mall ciputra jakarta barat?

  49. Siitiicereetuun Reply

    Mau tanya gan
    Saya merantau
    Tp pgn buat atm BCA di Bekasii & mbanking ny
    Tp ktp saya JAWA TENGAH,,
    Apakah bisaa ???

  50. min, saya mau buka tabungan karna di minta dr perusahaan tmpt sy di trima kerja, nah ktp saya ilang cm ada copy nya, trus alamat ktp jaktim domisili jakbar tp ga ada surat domisili..bsa ga kira2 min?

  51. Bagaimana jika masih pelajar tidak mempunyai NPWP apakah harus membuat NPWP terlebih dahulu?

  52. min saya membuat rek. BCA lewat online, setoran awalnya memang harus 500rb juga atau tidak ada minimal setoran?

  53. Umi sri fitaningrum Reply

    Min. Ak mau bikin atm tp gaada domisilinya.ktpnya daerah dan ak tinggal d jkrt. Bisa ga ya min tanpa domisili

  54. Kalo npwp sy rusak, trs diganti dengan SPT bisa tdk pak/bu? Jika sy ingin buka tahapan BCA.. Trims

  55. Egi aji liani Reply

    Saya mau bkin atm bca . Cuma ktp sya sedang di buat tp tidak ada resi ktp ada nya foto copy trs saya lebihin pke KK tp Kk nya foto copy juga sama surat domisili AsLi. , apa kah saya bisa bikin atm ?

  56. Egi aji liani Reply

    Saya mau bkin atm bca . Cuma ktp sya sedang di buat tp tidak ada resi ktp ada nya foto copy trs saya lebihin pke KK tp Kk nya foto copy juga sama surat domisili AsLi. , apa kah saya bisa bikin atm ?

  57. AISYAH HOIRUNNISAH Reply

    Saya mau buka rekening BCA kenapa ribet sekali harus pakai surat domisili padahal saya sudah pergi ke BCA sesuai e-KTP saya yg terdekat dari rumah ko malah di bikin susah disuruh buat surat domisili dari RT RW dan kelurahan?tolong dijawab admin

  58. Dodi iskandar Reply

    Bang, kalau gak npwp gimana?

    Saya tinggal di palembang tapi ktp indralaya ogan ilir, itu gimana.

  59. Saya mau tanya seminggu yg lalu saya bikin baru mbanking bca lalu abis itu melalukan
    minta transfer sesama bca tapi belum masuk ke rekening saya atau perlu datang ke banknya ?

    • saldo di rekening pengirim sudah terpotong saldo? kalau belum, kemungkinan proses transfer gagal. bisa dicoba lagi trasnfernya. Namun kalau rekening pengirim saldonya sudah terpotong tetapi saldo rekening penerima tetap utuh, ya sebaiknya tanyakan kepada cs. di kantor cabang bank. Atau bisa juga telepon Halo BCA dulu

  60. Julian triyono Reply

    Saya mau tanya apa boleh klo saya mau bikin atm bca baru tapi saratnya cmn ada ktp asli

  61. misal buka rek pke fotokopi KK am KTP sementara dr kelurahan ap bisa???

  62. Saya masih berumur 16 tahun nih minnn, tapi saya butuh rekening itu. Dan syaa belum mempunyai ktp/sim. Terus apakah bisa pakai ktp ortu?? Dan jika ktp/sim saya sudah turun. Apakah bisa diganti lagi dengan ktp/sim saya??? #jawabminn

  63. Lika oktavhia sitorus Reply

    Selamat pagi mau tanya untuk domisili,jika kita membuka rekening baru cabangnya harus sesuai kn domisili kita tinggal,yg saya mw tanyakan itu apa masih perlu surat keterangan dari RT , terimakasih

  64. Permisi, mau nanya. Ini atm bca saya ke blokir karena saldo 0 rupiah selama 3 bln. Apakah bisa diurus tanpa buku tabungan? Karena buku tabungan saya hilang. Terim kasih

    • Sepertinya tidak terblokir, tetapi akun ditutup karena saldo 0 selama 3 bulan. Solusinya bikin rekening baru saja. Gampang

Write A Comment