Usia di bawah 17 tahun, belum memiliki KTP, tetapi ingin bikin tabungan BCA? Bisa, pilih saja rekening tipe Tahapan Xpresi. Perlu diketahui jenis rekening pada bank dengan logo warna biru itu bukan satu saja. Banksentral.com menemukan setidaknya ada sepuluh jenis produk simpanan BCA.

Kembali ke topik. Syarat pembuatan rekening Tahapan Xpresi BCA mudah: umur bebas dan tidak harus menyertakan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Uang buat setoran awal dan setoran selanjutnya cuma Rp50.000,00. Selain itu, biaya administrasi per bulan lebih kecil. Pokoknya cocok untuk anak-anak remaja yang masih sekolah.

Meskipun syarat gampang dan biaya murah, rekening Tahapan Xpresi BCA memberikan layanan sangat lengkap. Pemilik tabungan tipe ini bisa mendapatkan kartu ATM (Paspor BCA) dan fitur e-banking lain. Di antaranya SMS banking, m-BCA, BCA mobile, dan internet banking atau biasa dikenal KlikBCA.

Namun di antara banyak keuntungan itu ada juga kelemahan. Tenang, tidak banyak dan bisa dibilang sangat kecil. Bahkan untuk beberapa orang tidak jadi masalah. Apakah itu? Akan saya jawab setelah kita bahas cara dan syarat pembuatannya yang lebih lengkap.

Syarat Buka Rekening Tahapan Xpresi BCA Bisa Semua Umur

Rekening Tahapan Xpresi BCA ditujukan kepada calon nasabah kalangan anak muda. Terbukti dengan syarat menyesuaikan kriteria mereka, dan gambar kartu ATM beraneka rupa. Dapat dipastikan tampilannya sangat menarik dan mewakili jiwa energik remaja.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa orang dewasa pun boleh memilih dan membuat rekening tabungan tipe ini. Intinya, Tahapan Xpresi bisa dimiliki siapa saja tanpa batasan usia. Perbedaan usia ini akan dikelompokkan menjadi tiga. Masing-masing menyesuaikan persyaratan saat mau bikin.

Calon nasabah usia 0–12 tahun harus diwakili saat mengajukan pembuatan rekening Tahapan Xpresi. Wakil (orang tua atau wali) bawa kartu identitas asli berupa KTP/SIM/paspor. NPWP optional, kalau punya bisa disertakan. Sedangkan syarat untuk anak yaitu akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK), atau kartu identitas lain.

Calon nasabah usia 12–17 tahun bisa datang sendiri. Akan tetapi harus membawa surat persetujuan pembuatan rekening dari salah satu orang tua atau wali (formulir bisa di-download sini). Jangan lupa KTP dan NPWP (kalau ada) milik wakil juga. Jika orang tua/wali memiliki rekening BCA, bawa datanya. Jika tidak, silakan ganti dengan mengisi formulir ini. Jika salah satu tidak bisa dipenuhi, pakai saja syarat golongan usia 0-12 tahun.

Sedangkan untuk calon nasabah usia di atas 17 tahun syaratnya hampir sama dengan pembuatan rekening Tahapan BCA biasa. Yaitu KTP, SIM, atau Paspor. Mungkin ada yang bertanya bagaimana jika bikinnya dulu saat usia 13 tahun dan sekarang sudah 18 tahun? Rekening tetap bisa digunakan. Tidak perlu mendaftar ulang.

Selain persyaratan di atas, tentu saja harus bawa uang buat setoran awal. Jumlahnya minimal Rp50.000,00 dan maksimal tak terhingga. Meski demikian, ada baiknya Anda bawa uang tambahan untuk bayar meterai, kartu ATM (beli kartu, sekali doang kecuali hilang dan minta ganti baru), dan token KeyBCA. Ini buat jaga-jaga saja karena kadang diminta atau dipotong dari saldo secara langsung.

Langkah-Langkah Cara Bikin Rekening Tahapan Xpresi BCA

Cara pembuatannya sama persis seperti pembuatan rekening tipe lain. Setelah persyaratan lengkap langsung saja datang ke kantor cabang bank BCA terdekat. Diutamakan pilih cabang yang sedaerah dengan KTP Anda. Jika KTP Anda keluaran Semarang, pilihlah cabang BCA Semarang. Jangan di Jakarta atau kota lain.

Mengapa begitu? Agar tidak terkendala syarat tambahan. Kasus ini biasanya menimpa para perantau. Misal, pemilik KTP Semarang tinggal dan kerja di Jakarta. Saat buka rekening Tahapan Xpresi BCA di Jakarta maka diminta surat keterangan domisili dari RT dan RW setempat. Atau bisa juga surat referensi dari perusahaan tempat calon nasabah bekerja.

Alasan yang pernah saya dengar dari salah satu customer sevice bank, tujuan mereka meminta surat keterangan domisili ialah sebagai bukti bahwa calon nasabah memang bertempat tinggal di kawasan cabang bank tersebut. Saya tidak tau mengapa hal ini masih sering terjadi. Padahal, katanya, KTP elektronik berlaku secara nasional.

Setelah sampai di kantor cabang BCA, langsung saja katakan kepada satpam mau bikin rekening Tahapan Xpresi. Dia pasti akan mengambilkan nomor antrean atau mengarahkan Anda ke komputer khusus. Di sini Anda bisa mengisi sendiri data yang diperlukan bank. Atau kalau tidak, langsung ke customer service saja.

Proses selanjutnya akan dikerjakan oleh customer service. Anda hanya perlu menjawab pertanyaan (mengenai data diri) dan sesekali diminta bikin PIN ATM 6 digit. Jika sudah sampai tahap tanda tangan di atas meterai 6.000 dan menyerahkan uang setoran awal, artinya pembuatan rekening Tahapan Xpresi sudah selesai. Anda akan mendapatkan kartu ATM yang bisa digunakan untuk cek saldo, transfer, pembayaran, dll.

Baca juga: Perbedaan kartu ATM, kartu debit, dan kartu kredit

Kelebihan dan Kekurangan Rekening Tahapan Xpresi BCA

Apapun di dunia ini tidak ada yang sempurna. Begitu juga dengan produk simpanan BCA tipe ini. Kelebihan dan kekurangannya yaitu sebagai berikut.

Kelebihan:

  1. Biaya murah. Setoran awal cuma Rp50.000,00. Setoran berikutnya minimal Rp50.000,00. biaya administrasi Rp5.000,00 per bulan.
  2. Desain kartu ATM bermacam-macam menyesuaikan jiwa anak muda. Total ada 50-an gambar. Bahkan jika bikin di cabang utama bisa menggunakan foto sendiri.
  3. Kartu ATM bisa digunakan di semua ATM BCA, EDC, ATM Bersama, dan ATM seluruh dunia yang memiliki logo Cirrus.
  4. Layanan e-banking lengkap: SMS banking, m-BCA, BCA mobile, dan internet banking (KlikBCA).

Kelemahan:

  1. Tidak mendapatkan buku tabungan. Semua transaksi hanya dapat dicek dan dilihat dengan e-banking.
  2. Beberapa cabang bank BCA tidak benar-benar menyediakan 50 desain ATM. Biasanya hanya beberapa saja. Namun Anda tetap bisa mengganti di cabang manapun.
  3. Kartu ATM hanya setara Paspor BCA silver. Jenis ini mempunyai limit transaksi paling kecil jika dibanding warna gold dan platinum.

Lain-Lain

Demi kemudahan dan kenyamanan transaksi ke depan, saat pembuatan rekening Tahapan Xpresi baru, mintalah CS untuk mengaktifkan layanan SMS banking, m-BCA, dan BCA mobile saat itu juga. Sehingga Anda tidak perlu mengaktifkan lewat ATM atau datang lagi ke kantor cabang bolak-balik.

Lagi pula, meregistasikan layanan tersebut lewat ATM hanya bisa untuk transaksi nonfinansial. Contohnya cek saldo, mutasi rekening, dan informasi lain. Agar dapat digunakan untuk transaksi finansial seperti transfer, payment, dan e-commerce harus diaktifkan melalui customer service BCA.

Setelah rekening Tahapan Xpresi BCA jadi, kartu ATM bisa langsung digunakan. Akan tetapi hanya bisa cek saldo. Untuk penarikan tunai dan transaksi finansial harus setelah 24 jam. ATM dengan foto sendiri tidak bisa langsung jadi. Biasanya harus menunggu beberapa hari dan Anda harus mengambil sendiri pada waktu yang telah ditentukan.

Berdasarkan pengalaman pribadi, internet banking BCA tidak bisa diaktifkan saat itu juga. Anda harus menunggu 24 jam setelah rekening Tahapan Xpresi BCA jadi. Jika malas melalui customer service, Anda bisa mengaktifkannya melalui ATM. Bisa dibaca Cara registrasi KlikBCA melalui ATM dan mengaktifkan KeyBCA-nya.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

23 Comments

  1. Token KeyBCA bisa diminta saat pembukaan rekening kah? Biar semuanya lengkap jadi bisa transfer sana sini bukan cuma cek / terima saldo.

    • Terakhir saya bikin rekening BCA, mendaftar internet banking harus menunggu 24 jam setelah rekening aktif. Jadi, KeyBCA pun belum bisa didapatkan berbarengan dengan saat pembukaan rekening

  2. Bintang nainggolan Reply

    Ktp saya baru hilang,, apakah saya bisa buat atm dengan syarat kartu keluarga.
    Yoh kartu keluarga kan sma juga mau dinya dengan ktp saya.
    Mohon info nya

    • BCA lumayan ketat, Gan. Lebih baik urus KTP dulu. Setelah itu baru bukin rekening BCA

  3. Saya KTP luar jakarta tapi ingin buatnya di jakarta karena saya kerja di jakarta. Syarat tambahannya apa aja ya ?

  4. Oktaviani gemala Reply

    Saya ingin bikin bca expresi apakah bisa kalo tidak bekerja

  5. Ryan Daha Shindura Reply

    Apakah bisa bikin rekening bca dengan menggunakan KARTU KELUARGA?

  6. Tsaqif dzakwan Reply

    Misalnya ktp saya domisili tangerang selatan kalo mau bikin rekening xpresi ke cabang bca di daerah jakarta pusat bisa tidak?

  7. Moch Febrian Reply

    mau tanya dong, bikin rekekening bca xpresi apa bisa pake gambar dari saya tidak

  8. Saya kan ktp surabaya lalu bikin atm nya di surabaya… lalu apakah saya bisa bikin e banking nya kota lain?

  9. Syahran Suhendro Reply

    Apakah untuk yg dibwah 17 tahun jika inging membuka rekening/tabungan BCA Xpresi org tuany juga harus memiliki tabungan/rekening di BCA?

  10. Mohammad eqie Fajarullah Reply

    Maaf saya mau tanya,, klo untuk ktp Jakarta bisa buat di bekasi atau ga ya?
    Ktp saya kan Jakarta Pusat, bisa ga ya buat di cabang Jakarta Timur? Untuk pe. Bukan rekening expresi

    • Harus pakai surat keterangan domisili atau surat rekomdasi dari perusahaan tempat Anda bekerja

  11. Min kalo mau buka rekenubg tahapan bca ekpresi boleh gak pake foto copyan KK sma KTP

  12. Jepri yansyah putra Reply

    Kalau sudah ada tahapan expresi bisa gak buat yang tahapan silver apa gold

Write A Comment