Produk simpanan BCA bukan satu saja, melainkan ada sepuluh tipe. Sangat lengkap: ada yang biaya administrasi per bulan murah sampai tabungan mata uang asing. Masing-masing berbeda dan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Ada dua dari sepuluh tipe yang paling umum dan banyak digunakan nasabah. Nama keduanya hampir sama: Tahapan BCA dan Tahapan Xpresi. Jika Anda berniat buka rekening dan bingung memilih, berikut banksentral.com jabarkan perbedaan di antara keduanya.

Perbedaan Tahapan BCA dan Tahapan Xpresi

Daftar perbedaan ini berdasarkan banyak sisi. Di antaranya cara dan syarat bikin rekening, biaya administrasi dan limit transaksi, serta fasilitas dan fitur yang bisa didapat. Saya tidak akan menunjuk mana yang paling unggul. Hanya saya menyarankan pilihlah yang sesuai kebutuhan. Keputusan akhir tetap di tangan Anda.

Syarat pembuatan

Syarat bikin rekening Tahapan BCA minimal berusia 17 tahun. Hal ini ditandai dengan mengharuskan calon nasabah menyertakan kartu identitas berupa KTP atau SIM. Selain itu, beberapa cabang mewajibkan calon nasabah memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Jika tidak, bisa ditolak.

Sedangakan Tahapan Xpresi bisa semua umur. Calon nasabah usia 0 dan tua pun tidak masalah. Akan tetapi perbedaan usia dikelompokkan menjadi tiga kategori: usia 0–12 tahun, usia 12–17 tahun, dan terakhir usia 17 ke atas. Anak yang belum punya KTP bisa menggunakan akta kelahiran, kartu keluarga (KK), atau kartu pelajar.

Cara pembuatan

Secara umum, cara pembuatan keduanya hampir sama: bawa persyaratan yang diperlukan dan datang langsung ke kantor cabang bank BCA terdekat. Di sana akan dilayani oleh customer service dan tinggal bilang mau pilih jenis rekening Tahapan BCA atau Tahapan Xpresi.

Namun secara detail sedikit berbeda, khususnya untuk calon nasabah Tahapan Xpresi dengan usia di bawah 17 tahun golongan 1. Mereka harus datang bersama orang tua atau wali. Sedangkan calon nasabah golongan II bisa datang sendiri dengan syarat membawa surat persetujuan dan KTP orang tua/wali.

Lebih lengkap silakan baca: Cara dan syarat bikin rekening Tahapan Xpresi BCA

Jumlah setoran awal

Jumlah setoran awal tiap rekening beda-beda. Ada yang banyak dan sedikit. Saya tidak tahu mengapa hampir semua bank menetapkan jumlahnya. Padahal, uang tetap menjadi milik nasabah, masuk ke rekening sebagai saldo, dan bisa diambil kembali kapan pun meski baru 24 jam setelah rekening jadi.

Apapun itu, yang jelas bikin rekening jenis Tahapan BCA mengharuskan nasabah melakukan setoran awal minimal Rp500.000,00. Sebuah jumlah sepuluh kali lipat lebih besar daripada setoran awal rekening Tahapan Xpresi yang hanya Rp50.000,00. Jumlah ini minimumnya, maksimumnya terserah.

Setoran berikutnya

Pemilik rekening Tahapan BCA dan Tahapan Xpresi tidak dituntut untuk menabung secara berkala. Mereka bisa menabung bebas. Maksudnya, boleh setiap hari, seminggu sekali, sebulan sekali, bahkan tidak pernah pun bisa asalkan jumlah saldo ada (dapat dari transferan, dll.).

Meskipun demikian, jika mau menabung tetap ada aturan jumlah minimum uang yang akan disetor. Tahapan BCA menetapkan paling sedikit Rp50.000 dan Tahapan Xpresi juga tidak beda, sama-sama Rp50.000,00. Bagaimana jika di bawah itu? Kemungkinan tidak dilayani.

Fasilitas buku tabungan

Setiap rekening tabungan bank umumnya dilengkapi buku. Wujudnya lebih kecil dari buku biasa dan berisi berbagai macam catatan transaksi nomor rekening. Seperti dana masuk (kredit), dana keluar (debit), potongan biaya administrasi, bunga, sisa saldo, dll. Berdasarkan sarannya, buku tabungan wajib di-print minimal tiga bulan sekali.

Rekening Tahapan BCA dilengkapi buku tabungan seperti itu. Sedangkan Tahapan Xpresi tidak. Namun jangan khawatir, zaman sekarang buku tabungan tidak begitu diperlukan. Untuk bisa mengecek dan melihat catatan transaksi seperti di atas bisa dilakukan dengan SMS banking, mobile banking, dan internet banking.

Fitur e-banking

E-banking atau electronic banking ialah aktivitas perbankan menggunakan media elektronik. Yang termasuk di dalamnya yaitu ATM, SMS banking, mobile banking, dan internet banking. Rekening Tahapan BCA dan Tahapan Xpresi sama-sama mendapatkan fitur/fasilitas ini.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan ATM, SMS banking, mobile banking, dan internet banking

Namun khusus kartu ATM ada sedikit perbedaan. Tahapan BCA menyediakan tiga warna kartu: silver, gold, dan platinum. Masing-masing warna memiliki biaya administrasi dan limit transaksi yang berbeda. Warna silver paling murah dengan limit terkecil, gold pertengahan, sedangkan platinum termahal dengan limit paling besar.

Kartu ATM Tahapan Xpresi tidak seperti itu. Pemilik rekening ini bisa memilih kartu dengan berbagai gambar. Total ada 50 desain. Bahkan jika bikinnya di cabang utama bisa menggunakan foto pribadi. Meski demikian, ternyata limit transaksi kartu ATM ini hanya setara dengan warna silver.

Perbedaan lain, kartu ATM silver bisa di-upgrade menjadi gold ataupun platinum. Kartu ATM Tahapan Xpresi tidak. Sekalipun bisa, ganti desain saja. Kartu ATM keluaran bank BCA disebut juga sebagai Paspor BCA.

Biaya administrasi bulanan

Jumlah biaya administrasi keduanya berbeda. Namun tetap sama memotong langsung dari saldo setiap bulan pada tanggal tertentu. Jika saldo kosong dalam dalam kurun waktu kurang lebih tiga bulan, rekening bisa hangus atau ditutup tanpa pemberitahuan kepada pemilik oleh pihak BCA.

Rekening Tahapan BCA memiliki biaya administrasi administrasi lebih mahal. Jumlahnya tergantung warna kartu ATM yang dimiliki. Saat tulisan ini dibuat, warna silver kena potongan Rp15.000,00, gold Rp17.000,00, dan platinum Rp20.000,00. Sedangkan Tahapan Xpresi dengan kartu ATM desain apa saja tetap sama biaya administrasinya: Rp5.000,00.

Saldo tertahan dan limit transaksi

Setoran awal setelah 24 jam rekening jadi bisa diambil kembali menggunakan ATM ataupun melalui teller. Akan tetapi tidak bisa semua, harus ada sisa. Jumlah terkecil yang tidak bisa diambil ini dinamakan saldo tertahan. Saldo tertahan tidak harus sisahan tarik tunai, tetapi sisahan transfer, pembayaran, dan transaksi lain juga.

Saldo minimum ditahan pada rekening Tahapan BCA ialah Rp50.000,00. Sedangkan Tahapan Xpresi Rp10.000,00. Lagi-lagi lebih kecil atau murah.

Limit transaksi ialah jumlah maksimum dana yang bisa digunakan per hari. Misal saldo Anda semiliar rupiah. Uang sebanyak ini tidak bisa ditarik tunai atau ditransaksikan sekaligus dalam sehari. Jika kartu ATM Anda memiliki limit Rp10 juta, maka hanya sejumlah itu bisa tarik tunainya. Jika ingin lebih harus menunggu besok atau melalui teller.

Limit transaksi rekening Tahapan BCA berbeda-beda tergantung warna kartu ATM yang dimiliki. Warna silver paling rendah, gold sedang, dan platinum tertinggi. Bagaimana dengan kartu ATM dari rekening Tahapan Xpresi? Setara dengan kartu ATM silver.

Lain-Lain

Itulah beberapa perbedaan antara rekening Tahapan BCA dan Tahapan Xpresi. Selain di atas sebenarnya masih ada lagi. Misalnya saja bunga. Keduanya mendapatkan bunga tidak sama, Tahapan BCA lebih banyak. Namun karena perbedaannya sedikit jadi tidak dimasukkan daftar. Silakan baca link paling atas untuk mencari tipe rekening dengan bunga terbesar.

Mungkin sebagian pembaca bertanya lebih baik pilih mana. Jawabannya tergantung kebutuhan dan transaksi Anda. Jika hanya untuk menabung dan transaksi harian yang diperlukan kecil, maka lebih untung pakai Tahapan Xpresi. Namun jika buat bisnis dan transaksi harian besar, pilih saja Tahapan BCA.

Jika saat ini Anda terlanjur sudah bikin Tahapan Xpresi dan membutuhkan transaksi lebih besar, bisa ganti ke rekening Tahapan BCA. Caranya langsung saja buka rekening baru tipe Tahapan BCA di kantor cabang terdekat. Kemudian rekening Tahapan Xpresi yang lama terserah: mau ditutup bisa, tetap dipakai juga tidak masalah.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment