Perbedaan Tahapan, Tahapan Xpresi, Tahapan Gold, dan Tahapan Berjangka

Dari sepuluh jenis tabungan BCA, ada empat yang namanya berunsur Tahapan, yaitu Tahapan, Tahapan Xpresi, Tahapan Gold, dan Tahapan Berjangka. Meskipun namanya mirip, keempat rekening BCA itu berbeda baik secara fungsi maupun kelengkapan fasilitas yang didapat.

Tahapan Gold misalnya, cocok untuk bertransaksi karena dikasih kartu ATM. Namun, untuk menabung, Tahapan Berjangka lebih menguntungkan sebab bunganya tinggi. Selain dua itu, perbedaan Tahapan, Tahapan Xpresi, Tahapan Gold, dan Tahapan Berjangka masih ada tujuh lagi.

Perbedaan Tahapan, Tahapan Xpresi, Tahapan Gold, Tahapan Berjangka

Ada perbedaan antara Tahapan, Tahapan Xpresi, Tahapan Gold, dan Tahapan Berjangka jika keempat tabungan BCA itu dibandingkan berdasarkan manfaat dan fitur, setoran awal, jenis kartu ATM, limit transaksi, biaya administrasi, suku bunga, saldo miminal, saldo ditahan, serta biaya penutupan rekening.

1. Manfaat dan fasilitas

Tahapan akan memudahkan Anda dalam bertransaksi karena fasilitasnya lengkap, mulai buku tabungan, kartu ATM, hingga e-banking. Meskipun demikian, Tahapan tetap dapat digunakan untuk menabung apalagi menarik tunai dan mentransfer memang membutuhkan saldo.

Kecuali buku tabungan, fasilitas yang didapat Tahapan Xpresi sama seperti Tahapan. Jadi, rekening ini juga cocok untuk bertransaksi, terutama oleh anak-anak muda. Ketiadaan buku tabungan bukan masalah besar sebab histori transaksi dapat dicek dengan ATM, m-BCA, dan KlikBCA.

Karena ditujukan kepada pebisnis, Tahapan Gold cocok untuk bertransaksi dalam jumlah besar. Setiap transaksinya akan tercatat dengan detail. Fasilitasnya yang lengkap seperti buktab, kartu ATM, dan e-banking, membantu penggunanya untuk dapat bertransaksi tanpa datang ke bank.

Adapun Tahapan Berjangka sangat berbeda dengan Tahapan, Tahapan Xpresi, dan Tahapan Gold. Saat pembuatan, Anda diminta menentukan jangka waktu 1–20 tahun. Kemudian, setiap bulan harus disetor minimal Rp100 ribu. Inilah yang menjadikannya lebih cocok digunakan untuk menabung.

2. Setoran awal pembuatan

Pembuatan rekening Tahapan memerlukan setoran awal Rp500 ribu. Sementara itu, Tahapan Berjangka setoran awalnya adalah Rp100 ribu atau Rp500 ribu. Untuk setoran berikutnya, Tahapan bebas, sedangkan Tahapan Berjangka harus rutin tiap bulan dalam jumlah yang sama.

Setoran awal Tahapan Xpresi lebih murah, yaitu Rp50 ribu. Itu disebabkan penggunanya masih muda-muda. Sebaliknya, Tahapan Gold yang penggunanya pebisnis, setoran awalnya minimal Rp10 juta. Meskipun mahal, Tahapan Gold tidak dikenakan biaya admin jika saldo bulanannya di atas Rp10 juta.

3. Kartu ATM yang didapat

Tiga dari empat rekening BCA ini, yaitu Tahapan, Tahapan Xpresi, dan Tahapan Gold, mendapat kartu ATM. Akan tetapi, jenis kartu ATM yang didapat berbeda-beda. Kartu ATM BCA Xpresi bergambar unik untuk menyesuaikan penggunanya yang mayoritas anak muda.

Buat pengguna Tahapan dan Tahapan Gold, ada tiga jenis kartu ATM yang dapat dipilih, yakni kartu ATM BCA Blue, kartu ATM BCA Gold, dan Kartu BCA Platinum. Ketiganya dapat berupa GPN atau Mastercard. Untuk mengetahui perbedaannya, silakan baca: Jenis-jenis kartu debit BCA beserta kelebihan dan kekurangannya.

Karena tidak dapat digunakan untuk bertransaksi, rekening Tahapan Berjangka tidak diberi kartu ATM. Ini bukan kekurangan, melainkan justru keuntungan karena pengguna tidak akan tergoda untuk tarik tunai ataupun belanja

4. Limit transaksi per hari

Jenis-jenis kartu ATM yang didapat oleh Tahapan Xpresi, Tahapan biasa, dan Tahapan Gold tidak hanya berbeda warna dan gambar, tetapi juga limit transaksi. Dengan kartu ATM Xpresi BCA, per hari Anda dapat bertransaksi maksimal sebagai berikut.

Tarik tunaiRp7 juta
Transfer ke sesama BCARp25 juta
Transfer ke rekening bank lainRp10 juta

Sementara itu, dengan kartu ATM BCA Blue baik yang terhubung dengan rekening Tahapan maupun Tahapan Gold, dalam 24 jam dapat Anda tarik tunai maksimal Rp10 juta, transfer ke sesama BCA Rp50 juta, dan transfer ke bank lain Rp15 juta.

Kartu ATM BCA Gold, apa pun rekeningnya, dapat menarik uang hingga Rp10 juta, mentransfer ke sesama BCA Rp75 juta, dan mengirim dana ke rekening bank lain Rp20 juta. Jika kurang, lanjutkanlah transaksi besok. Atau Anda datang ke bank jika transaksi tidak dapat dicicil.

Terakhir, selama saldo di dalam rekening Tahapan atau Tahapan Gold cukup, per hari kartu ATM BCA Platinum dapat digunakan untuk menarik tunai hingga Rp10 juta, mentransfer ke sesama BCA Rp100 juta, dan mentransfer ke rekening bank lain Rp25 juta.

5. Biaya administrasi per bulan

Faktor yang membedakan Tahapan, Tahapan Xpresi, Tahapan Gold, dan Tahapan Berjangka selanjutnya adalah ihwal biaya administrasi. Meskipun tarifnya bergantung pada jenis kartu ATM yang dipakai, biaya admin tetap berpengaruh terhadap rekening tabungan juga, kok.

Seperti diketahui, sistem jaringan kartu ATM BCA ada dua macam, yaitu GPN dan Mastercard. Biaya admin kartu ATM BCA baik tipe GPN maupun Mastercard dapat diketahui dengan melihat tabel di bawah.

Biaya administrasi BCAGPNMastercard
Kartu ATM XpresiRp7.500Rp8.500
Kartu ATM BlueRp14.000Rp15.000
Kartu ATM GoldRp16.000Rp17.000
Kartu ATM PlatinumRp19.000Rp20.000

Catatan: Biaya administrasi tabungan BCA dibayar secara otomatis dengan memotong saldo pada hari Jumat ketiga tiap bulan.

6. Suku bunga Bank BCA

Bunga Tahapan, Tahapan Xpresi, dan Tahapan Gold relatif sama, yaitu 0,00%–0,05% bergantung jumlah saldo. Tahapan Berjangka mendapat bunga paling besar daripada lainnya, yaitu 1,00%—1,70% bergantung pada tenor dan jumlah setoran bulanannya.

Catatan: Bunga Bank BCA akan ditransferkan secara otomatis ke dalam rekening tiap akhir bulan. Khusus Tahapan Berjangka, biasanya ada pilihan bunga dikirimkan ke rekening afiliasi atau di-reinvest untuk digabungkan dengan saldo pokok.

7. Saldo minimal dan penalti

Tabungan BCA akan didenda penalti jika rata-rata saldo bulanannya di bawah nominal yang ditentukan. Untuk Tahapan, denda penaltinya Rp5.000 apabila saldonya tinggal Rp100 ribu. Sementara Tahapan Gold, dikenakan biaya admin Rp25 ribu ketika saldonya kurang dari Rp10 juta.

Pada Tahapan Xpresi tidak ada aturan saldo minimal sehingga saldo dapat dihabiskan sampai Rp10 ribu (baca poin ke-8) tanpa dikenakan biaya tambahan apa pun. Adapun Tahapan Berjangka jelas tidak akan kehabisan saldo seperti ini karena memang tidak dapat ditransaksikan.

Baca juga: Biaya-biaya yang dikenakan selama menggunakan rekening Tabungan BCA

8. Minimum saldo ditahan

Sebenarnya saldo minimal BCA masih dapat ditransaksikan hingga batas saldo ditahan. Saldo ditahan adalah sisa saldo yang tidak dapat digunakan lagi dengan cara apa pun. Jumlah saldo ditahan lebih kecil dari saldo minimal, tetapi tidak dikenakan biaya denda lagi.

Jumlah saldo ditahan pada Tahapan dan Tahapan Gold sama, yaitu Rp50 ribu. Tahapan Xpresi jumlah minimum saldo ditahannya lebih kecil, yakni Rp10 ribu. Adapun Tahapan Berjangka, saat penutupan rekening, saldonya dapat diambil semua karena tidak ada yang ditahan.

9. Biaya penutupan rekening

Biaya penutupan rekening merupakan pembeda Tahapan, Tahapan Xpresi, Tahapan Gold, dan Tahapan Berjangka yang cukup signifikan. Biaya penutupan keempat rekening BCA ini berjumlah sama dengan saldo yang ditahan. Untuk itu, mari kita ketahui hubungan keduanya.

Bukan tidak ada alasan saldo tabungan BCA harus disisakan untuk ditahan. Saldo yang tidak dapat diambil ini buat persiapan biaya penutupan rekening kelak. Jadi, walaupun ditutup otomatis oleh sistem karena rekening tidak terurus, biaya penutupan itu tetap terbayar.

Berdasarkan saldo yang ditahan, dapat diketahui bahwa biaya penutupan rekening Tahapan BCA adalah Rp50 ribu, Tahapan Xpresi Rp10 ribu, dan Tahapan Gold Rp50 ribu. Tahapan Berjangka memiliki aturan penutupan yang sedikit berbeda dengan rekening BCA yang lain.

Telah dijelaskan di atas bahwa penggunaan Tahapan Berjangka ditentukan jangka waktunya, yaitu 1–20 tahun. Ketika rekening ini ditutup tepat waktu, biayanya adalah gratis. Namun, bila dilakukan sebelum waktunya tiba, penutupan Tahapan Berjangka kena biaya 1% dari total saldo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *