Tipe tabungan BCA bukan hanya satu jenis. banksentral.com menghitung ada sepuluh macam. Yaitu Tahapan BCA, Tahapan Xpresi, Tahapan Berjangka, Tahapan Gold, Tapres, Simpanan Pelajar, TabunganKu, Tabungan BCA Dollar, Deposito Berjangka, dan LAKU BCA.

Setiap tipe rekening BCA memiliki manfaat berbeda. Ada yang cocok untuk transaksi harian, bisnis, simpanan jangka panjang (investasi), atau buat pelajar dan anak-anak usia di bawah 17 tahun. Kalau mau bikin, pilihlah sesuai kebutuhan.

Sebelum lanjut perlu diketahui dahulu. Semua jenis simpanan di atas merupakan produk tabungan BCA konvensional. Pada BCA Syariah beda lagi. Pada kesempatan lain akan dibahas selengkapnya.

Macam-macam rekening BCA

Selain manfaat berbeda, masing-masing tabungan BCA juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada yang fitur lengkap tetapi syarat pembuatannya susah. Misal setoran awal besar, disertai NPWP, biaya administrasi bulanan mahal, dan sebagainya.

Sebaliknya, ada yang syarat pembuatan gampang dan gratis tetapi fitur terbatas. Contohnya tidak mendapatkan buku tabungan, tidak ada fasilitas e-channel berupa kartu ATM, SMS banking, mobile banking, internet banking, ataupun lainnya.

Jadi, jika mau memilih pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu. Sebagai upaya membantu, berikut dijabarkan kesepuluh tipe rekening BCA yang dimaksud. Biar lebih lengkap, saya sertakan juga info dan prosedur cara pembuatannya.

Tahapan BCA

Tipe ini paling banyak dipakai nasabah BCA. Selain sebagai tabungan/simpanan, juga cocok untuk transaksi harian. Alasannya karena fitur lengkap: dapat buku tabungan; kartu ATM atau Paspor BCA; dan e-channel berupa SMS banking, m-banking, dan internet banking.

Pemilik tabungan Tahapan BCA dapat memilih warna kartu ATM. Bisa blue/silver, gold, platinum. Perbedaan ini menentukan biaya administrasi yang harus dibayar pada tanggal tertentu tiap bulannya. Silakan baca link untuk mengetahui lebih detail.

Bagaimana cara membuatnya? Silakan datang ke kantor cabang BCA terdekat. Syarat yang diperlukan yakni KTP, NPWP, dan setoran awal minimal Rp500.000,00. Jangan khawatir, uang akan masuk ke rekening sebagai saldo. Anda dapat mengambil kembali setelah 24 jam.

Seiring perkembangan zaman, pembuatan rekening Tahapan BCA bisa secara online. Tinggal kunjungi bca.co.id untuk formulir registrasi. Namun, calon nasabah tetap harus ke kantor cabang BCA terdekat untuk mendapatkan buku tabungan dan paspor BCA.

Tahapan Xpresi BCA

Rekening tipe Tahapan Xpresi BCA cocok untuk anak muda kaum milenial. Mereka disediakan komunitas forum online di Facebook dan Twitter. Selain itu, kartu ATM-nya didesain beraneka rupa. Total ada 50 gambar. Kalau mau bahkan bisa menggunakan foto sendiri.

Setoran awal pembuatan tabungan Xpresi BCA lebih murah. Yaitu Rp50.000,00. Begitu juga dengan biaya administrasi per bulannya, Rp7.500,00. Fasilitas lainnya yakni e-channel lengkap. Serta saldo minimum ditahan cuma Rp10.000,00.

Mungkin karena lebih murah sehingga Xpresi BCA memiliki satu kekurangan. Yakni tidak mendapatkan buku tabungan. Namun tenang saja. Milenial tidak membutuhkan. Mereka bisa cek saldo dan melakukan transaksi lain melalui fitur e-channel.

Syarat pembuatan rekening Xpresi BCA digolongkan menjadi dua. Pertama, usia 12–17 tahun menggunakan kartu pelajar dan surat persetujuan orang tua. Sedangkan golongan kedua, umur 17 tahun ke atas harus pakai KTP. Soal NPWP tidak wajib kalau memang belum punya.

Tahapan Berjangka

Jika niat bener-benar menabung, sama sekali bukan transaksi harian, maka lebih cocok memakai rekening tipe Tahapan Berjangka. Mengapa? Anda akan ditentukan waktu dan besaran setoran rutin setiap bulan. Kemudian, saldo tidak bisa ditarik sembarangan. Minimal harus setahun.

Calon nasabah tidak harus berumur 17 tahun lebih untuk membuatnya. Paling penting memiliki rekening Tahapan, Xpresi BCA, Tahapan Gold, ataupun Tapres. Gunanya untuk dikaitkan. Mengapa demikian? Tahapan Berjangka tidak memiliki buku tabungan ataupun fitur e-channel.

Meski begitu, kelebihan Tahapan Berjangka sangat banyak. Di antaranya gratis biaya administrasi, bunga lebih besar, dan mendapat asuransi jiwa. Nasabah bisa memperoleh uang penangguhan saat kecelakaan, sakit, atau meninggal dunia. Jumlah maksimal 1,5 miliar rupiah.

Silakan datang ke kantor cabang BCA terdekat jika ingin memiliki rekening jenis ini. Usia nasabah minimal 12 tahun dan maksimal 60 tahun. Sedangkan setoran bulanan mulai Rp500.000,00. Syarat lainnya sudah dikatakan di atas: harus memiliki rekening Tahapan, Xpresi, Tahapan Gold, ataupun Tapres.

Tahapan Gold

Jenis tabungan BCA keempat ini cocok untuk pebisnis. Para nasabah akan mendapatkan nomor rekening cantik yang mudah diingat. Selain itu, mutasi pada rekening lebih terperinci. Bukan hanya nama pengirim/penerima transfer, melainkan juga berita pembayaran.

Fitur yang dimiliki sangat mendukung. Selain buku tabungan dan e-channel, pemilik juga mendapat layanan autoprint. Dan paling utama, dapat menunjuk dua orang wakil. Dengan begitu, Anda dapat memerintah karyawan kepercayaan untuk melakukan transaksi pada rekening ini.

Setoran awal pembuatan rekening bisnis BCA sebesar Rp10.000.000,00. Kalau mau bikin, datanglah ke cabang BCA terdekat dengan membawa KTP dan NPWP jika Anda nasabah baru. Jika lama, bawalah buku tabungan atau kartu ATM rekening yang telah Anda miliki meskipun tipe lain.

Biaya administrasi rekening Tahapan Gold sama seperti rekening Tahapan BCA. Yakni tergantung jenis kartu ATM yang digunakan. Tipe Silver paling murah, Gold sedang, dan Platinum paling mahal. Namun bila saldo rata-rata di bawah 10 juta akan dikenakan potongan Rp25.000,00.

Tapres BCA

Bunga tinggi merupakan dambaan sebagian besar para penabung. Jika Anda termasuk, Tapres BCA bisa Anda pilih sebagai rekening tempat penyimpanan. Kalau mau tahu, besarnya di atas rata-rata tabungan BCA reguler lainnya.

Tapres BCA sama seperti Xpresi BCA. Keduanya tidak mendapat fitur buku tabungan. Namun tetap bisa menikmati layanan e-channel. Jadi mereka bisa menggunakan SMS banking, mobile banking, dan internet banking saat transaksi.

Bedanya, selain bunga lebih tinggi, Tapres BCA juga mengharuskan setoran awal sebesar Rp5.000.000,00. Kartu ATM-nya juga lebih “sakti”: dapat digunakan untuk belanja dan transaksi di luar negeri. Khususnya pada ATM dan mesin EDC berlogo Mastercard dan Cirrus.

Pembuatan rekening Tapres BCA harus menyertakan KTP dan NPWP. Artinya usia harus di atas 17 tahun. Besar setoran awal sudah dikatakan di atas. Sedangkan biaya administrasi Rp17.000,00. Biaya ini dipotong per bulan pada tanggal tertentu. Rutin otomatis diambil dari saldo.

Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel BCA)

Empat dari lima rekening BCA di atas diperuntukkan calon nasabah 17 tahun ke atas. Anak-anak usia di bawah itu, tenang, pilihan bukan hanya Xpresi BCA. Bank Central Asia masih memiliki produk untuk mereka. Yakni Simpanan Pelajar atau disingkat SimPel BCA.

Rekening tipe ini benar-benar ditujukan kepada para pelajar. Terbukti dari syarat pembuatan: harus melalui sekolah-sekolah yang bekerja sama dengan program ini. Bahkan bikin di kantor cabang BCA pun tidak bisa.

Selain itu, dapat dilihat peraturan lain. Contoh biaya administrasi. Hampir semua layanan digratiskan. Bagaimana dengan setoran awalnya? Sangat kecil, cuma Rp5.000,00. Sedangkan setoran berikutnya bisa Rp1.000,00. Benar-benar terjangkau untuk anak sekolahan.

Meski pembuatan rekening di sekolah, peran orang tua atau wali tetap dilibatkan. Calon nasabah di bawah 12 tahun harus didampingi. Sementara usia di atasnya cukup menggunakan syarat persetujuan dari mereka. Nantinya rekening tetap atas nama siswa.

TabunganKu BCA

Tetap kesulitan membuat rekening SimPel? Tenang, ada satu lagi tabungan BCA yang bisa dibuat adek-adek usia di bawah 17 tahun. Yaitu TabunganKu BCA. Tabungan ini lebih bersifat umum. Usia lebih dari 17 tahun pun diperbolehkan bikin.

Mengapa demikian? TabunganKu merupakan program pemerintah yang diluncurkan zaman Presiden SBY. Tujuannya untuk mempermudah masyarakat memperoleh layanan perbankan. Sehingga syarat dan peraturan dibuat lebih longgar.

Ada dua jenis tabungan TabunganKu. Pertama tipe standard dan kedua customized. Tipe pertama seragam antara bank manapun. Sedangkan tipe kedua beda karena sudah disesuaikan kebijakan masing-masih bank. Khusus BCA ialah sebagai berikut.

Calon nasabah dibagi tiga golongan. 1) Usia <12 tahun menggunakan akta kelahiran dan didampingi orang tua. 2) Usia 12–17 tahun bisa menggunakan kartu pelajar dan disertai fotokopi KTP orang tua serta surat persetujuan mereka. Usia 17 tahun bisa menggunakan KTP (NPWP tidak wajib). Untuk setoran awalnya Rp20.000,00.

Tabungan BCa Dollar

Mata uang kita memang rupiah. Namun, adakalanya butuh dolar. Misalnya untuk bisnis, pekerjaan TKI, investasi, ataupun biaya perjalanan ke luar negeri. BCA mengetahui ini. Makanya mengeluarkan produk simpanan BCA Dollar.

Banyak keuntungan memiliki rekening jenis BCA dolar. Di antaranya nilai uang lebih stabil, penarikan atau penyetoran tidak dikenakan kurs jual/beli, dan mata uang asing yang bisa disimpan bukan hanya dolar Amerika, melainkan juga dolar Singapura.

Cara membuat rekening BCA Dollar cukup gampang. Silakan datang ke cabang terdekat dengan membawa KTP, NPWP, dan setoran awal 1 USD atau 100 SGD. Setelah jadi, Anda akan mendapatkan kartu ATM khusus dan fitur e-channel yang bisa dipakai 24 jam.

Biaya administrasi tidak perlu dirisaukan. Cukup terjangkau, hanya 1 USD atau 2 SGD per bulannya.

Deposito Berjangka

Jenis rekening BCA ini hampir sama dengan Tahapan Berjangka di atas. Bedanya, Tahapan berjangka ditentukan jumlah dan waktu setoran rutin. Sedangkan deposito cukup satu kali setoran awal. Nah penarikannya yang ditentukan. Biasanya 1, 3, 6, atau 12 bulan.

Syarat membuat rekening Deposito Berjangka yaitu usia 17 tahun lebih, KTP, dan NPWP. Untuk WNA bisa pakai paspor dan KITAS. Setoran awal Rp8.000.000,00. Sedangkan jika mata uang asing sebesar USD 1.000/SGD 2.000/HKD 8.000/AUD 2.000/JPY 150.000/GBP 1.000/EUR 1.000 dan CNH 7.000.

Keuntungan Deposito Berjangka BCA ialah tabungan benar-benar simpanan. Kita tidak tergoda untuk mengambil sebelum waktu yang ditentukan. Selain itu bunga lebih tinggi. Bunga dikirimkan bulanan ke rekening afiliasi atau bank lain.

LAKU BCA

LAKU BCA merupakan agen resmi BCA. Ditempatkan di daerah yang lokasinya jauh dari kantor cabang BCA. Dengan begitu masyarakat tetap mendapat layanan perbankan. Baik untuk menabung, transfer, tarik tunai, pembelian, bayar tagihan, dan sebagainya.

Cara membuat rekening ini ialah datang ke agen LAKU BCA terdekat. Dengan setoran awal sangat ringan sudah bisa mendapatkan kartu ATM khusus. Untuk pengaman tambahan akan menggunakan handphone untuk menerima kode OTP.

Nasabah Laku BCA tidak mendapat fasilitas buku tabungan dan e-channel. Untuk transaksinya menggunakan kartu ATM di agen Laku terdekat dengan cara dimasukkan ke mesin micro ATM. Jika di lokasi Anda belum ada agen dipersilakan Anda mengajukan diri.

Kesimpulan

Itulah kesepuluh jenis dari tipe tabungan BCA. Masing-masing memiliki perbedaan, kelebihan, dan kekurangan. Pilihlah sesuai kebutuhan jika Anda mau bikin. Jika memilih satu belum cukup bisa bikin dua sekaligus. Tidak ada larangan memiliki banyak rekening pada bank yang sama.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment