Produk simpanan Tahapan Xpresi setoran awal Rp50.000,00 dan biaya administrasi Rp5.000,00. Apakah Anda masih mencari jenis rekening BCA lain lagi yang lebih murah? Jika iya, bikin saja TabunganKu BCA. Setoran awal rekening ini hanya Rp20.000,00, setoran berikutnya Rp10.000,00, dan biaya administrasi per bulan gratis.

Tentu ini keuntungan buat calon nasabah TabunganKu BCA. Mereka bisa bikin rekening dengan biaya lebih murah tetapi dengan syarat hampir sama. Misalnya: tidak harus orang dewasa berusia di atas 17 tahun dan mempunyai KTP, anak-anak di bawah umur dan tidak punya NPWP pun tidak masalah.

Syarat Buka Rekening TabunganKu BCA

TabunganKu sejatinya program pemerintah yang diluncurkan sejak 20 Februari 2010 pada 70 bank nasional dan pembangunan daerah. Karenanya, TabunganKu bukan hanya ada di BCA saja, melainkan di bank lain juga. Tujuan program ini untuk menumbuhkan masyarakat gemar menabung di bank pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Akan tetapi, syarat pembuatan dan fitur TabunganKu pada setiap bank bisa berbeda. Hal ini dikarenakan TabunganKu ada dua jenis: tipe mandotary dan customized. Tipe mandotary adalah tipe standar dan harus seragam pada semua bank. Sedangkan tipe customized sudah disesuaikan bank: baik ditambahkan atau dikurangi. Tentunya dengan tidak menyalahi aturan.

Nah, syarat pembuatan rekening TabunganKu pada bank BCA yaitu sebagai berikut: usia bebas; tidak harus dewasa dan memiliki KTP, anak-anak di bawah umur pun bisa. Namun perbedaan usia ini dikelompokkan menjadi tiga golongan. Masing-masing memiliki syarat berbeda.

Golongan pertama ialah usia 0–12 tahun. Calon nasabah golongan ini harus bersama orang tua atau wali saat hendak buka rekening TabunganKu BCA. Orang tua harus membawa KTP, SIM, ataupun paspor. Sedangkan anak membawa akta kelahiran atau kartu keluarga (KK).

Golongan kedua ialah usia 12–17 tahun. Calon nasabah golongan ini bisa datang sendiri tanpa wali. Akan tetapi syarat yang harus dibawa lebih banyak. Di antaranya kartu pelajar atau surat keterangan dari sekolah, surat persetujuan orang tua, kartu identitas orang tua, dan data tabungan BCA orang tua (kalau tidak ada dapat diganti dengan mengisi formulir khusus). Jika ada yang tidak dapat dipenuhi, pakai saja syarat golongan pertama.

Golongan terakhir yaitu usia di atas 17 tahun. Karena usia ini sudah bisa membuat KTP maka syarat pembuatan rekening lebih simpel. Yaitu cukup KTP saja. Sedangkan NPWP atau nomor pokok wajib pajak tidak diharuskan. Di sinilah salah satu keuntungan memilih rekening TabunganKu BCA.

Cara Membuat Rekening TabunganKu BCA

Caranya sama persis seperti membuat rekening tabungan BCA yang lain. Calon nasabah hanya perlu datang ke kantor cabang BCA terdekat, ambil nomor antrean bagian customer service, dan tunggu sampai nomor dipanggil. Jika kebetulan kantor sedang sepi pasti tidak harus antre, tetapi langsung dilayani.

Setelah di hadapan customer service, barulah Anda bisa mengutarakan maksud dan tujuan Anda: yaitu membuat rekening TabunganKu BCA. Jika syarat yang Anda bawa lengkap pasti disetujui. Setelah itu, customer service akan menjelaskan beberapa hal mengenai rekening TabunganKu BCA itu.

Tahap selanjutnya customer service membuatkan buku tabungan dan kartu ATM TabunganKu untuk Anda. Pada bagian ini Anda hanya perlu menunggu, bikin PIN ATM 6 digit, dan kemudian menandatangani. Jika sudah, artinya rekening TabunagnKu BCA siap digunakan sesuai kebutuhan. Semua proses ini tidak lama, kurang dari 20 menit saja.

Biaya Pembuatan Rekening TabunganKu BCA dan ATM-nya

Setoran awal yang diperlukan untuk buka rekening tipe ini sangat kecil bila dibanding lainnya. Jika yang lain bisa mencapai Rp500.000,00, rekening TabunganKu BCA cukup Rp20.000,00 saja. Setoran berikutnya lebih murah lagi, yaitu Rp10.000,00. Jumlah ini minimumnya. Kalau maksimalnya terserah. Sebanyak-banyaknya pasti diterima.

Uang setoran awal tetap manjadi milik nasabah. Tepatnya akan dimasukkan ke dalam saldo rekening. Kapan pun bisa diambil kembali 24 jam setelah pembuatan rekening jadi. Pengambilan bisa melalui ATM ataupun mendatangi teller di kantor cabang BCA terdekat dengan membawa buku tabungan dan kartu identitas yang dipakai saat pembuatan rekening.

Yang paling menguntungkan yaitu biaya administrasi. Jika rekening lain bisa kena potongan Rp20.000,00 per bulan, rekening TabunganKu BCA gratis selama-lamanya. Namun, saat rekening masuk status dormant (pasif, dalam enam bulan berturut-turut tidak ada transaksi), dikenakan Rp2.000,00 per bulan dihitung sejak bulan ke-7. Menghapus status ini gampang, tinggal setor atau tarik tunai saja.

Selain administrasi bulanan, biaya yang gratis lainnya yaitu buku tabungan dan kartu ATM. Ya, rekening tipe ini bisa mendapat dua fasilitas itu. Baik saat pembuatan pertama maupun pengajuan ganti baru tetap tidak dipungut biaya. Beberapa alasan minta ganti misalnya habis, kadaluarsa, hilang, rusak, dan lain-lain.

Kartu ATM dan buku tabungan TabunganKu BCA dapat digunakan di semua ATM BCA dan kantor cabang BCA seluruh Indonesia. Limit penarikan tunai maksimal Rp7.000.000,00 per hari. Sedangkan transfer sesama BCA paling banyak Rp25 juta. Sayangnya rekening ini tidak bisa transfer antar bank. Namun jangan khawatir, menerima transferan dari bank lain tetap bisa.

Semua transaksi kartu ATM dan buku tabungan TabunganKu BCA seperti di atas gratis, asalkan dalam sebulan tidak lebih dari empat kali. Jika lebih, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp2.500,00 per transaksi dihitung sejak transaksi kelima.

Lain-Lain

Dengan biaya pembuatan murah tetapi mendapatkan fasilitas buku tabungan dan kartu ATM, banksentral.com berpendapat TabunganKu BCA sangat layak dipilih. Apalagi jika memang tujuan membuat rekening untuk menabung dan transaksi harian yang dibutuhkan kecil: tarik tunai di bawah tujuh juta per hari, transfer sesama BCA tidak lebih dari Rp25 juta.

Kekurangan rekening TabunganKu BCA yang paling disayangkan yaitu nasabah tidak mendapatkan layanan E-Banking tambahan internet banking atau KlikBCA. Sehingga nasabah tidak bisa melakukan transaksi perbankan dari rumah menggunakan smartphone ataupun laptop. Namun kembali lagi, jika tujuan Anda bikin rekening ini untuk menabung maka tidak perlu dimasalahkan, kecuali jika untuk bisnis.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment