Ada fakta menarik soal BNI. Khususnya tentang produk tabungan. Pada bank ini, bayi berumur bulanan, bahkan baru lahir, diperbolehkan membuat rekening. Nama tipenya BNI Taplus Anak. Berikut penjelasan caranya.

Sekadar informasi, rekening BNI ini bisa dibikin oleh adik-adik usia 0–17 tahun. Syarat yang diperlukan hanya akta lahir/ kartu pelajar/paspor/kartu keluarga dan setoran awal Rp100.000,00. Cocok juga untuk remaja yang belum punya KTP.

Fasilitas yang diberikan lebih dari cukup meski setoran awal rendah. Mereka mendapat buku tabungan, kartu debit BNI Taplus Anak, SMS banking, dan internet banking. Sayangnya, kedua fitur disebutkan terakhir agak terbatas.

Jangan mengkhawatirkan biaya admin bulanan. Semuanya gratis. Sebagain orang hanya penasaran seandainya usia pemilik melewati 17 tahun. Apakah rekening akan ditutup otomatis? Bagaimana saldo di dalamnya? Berikut banksentral.com coba menjawab.

Syarat bikin rekening BNI Taplus Anak

Benar yang dikatakan di atas. Pembuatan tabungannya bisa menggunakan akta lahir, kartu pelajar, paspor, atau kartu keluarga. Akan tetapi, usia di bawah 17 tahun dikategorikan anak-anak. Jadi mereka harus didampingi orang tua.

Persyaratan untuk orang tua yakni kartu identitas (KTP/SIM/paspor) dan nomor handphone aktif. Mereka tidak diwajibkan memiliki rekening BNI. Beda dengan BRI Junio yang walinya harus punya rekening Simpedes atau Britama dulu.

Syarat di atas sebenarnya cukup. Namun jika bikin di kantor cabang luar daerah diminta syarat tambahan. Yaitu surat keterangan domisili. Anda dapat memintanya kepada ketua RT tempat tinggal. Kemudian tambahi tanda tangan Pak RW.

Informasi tambahannya ialah pembuatan rekening BNI Taplus Anak tidak harus datang bersama anak. Orang tua bisa sendiri ke sana. Paling penting dokumen anak harus dibawa. Kondisi inilah yang memungkinkan bayi baru lahir bisa dibikinkan tabungan BNI.

Rekening tetap atas nama anak meskipun proses pembukaan tidak diajak. Peran orang tua hanya membuatkan dan mengawasi. Bisa jadi tujuannya mengenalkan sistem perbankan atau memang menabung untuk dipakai kebutuhan anak kelak.

Cara membuat rekening Taplus Anak BNI

Tahapan hampir sama seperti buka rekening lain. Anda tinggal datang ke kantor cabang terdekat. Setelah itu ambil nomor antrean bagian customer service. Petugas ini akan membantu Anda membuat jenis tabungan yang dikehendaki.

Kemudian Anda dikasih dua lembar formulir. Lembar pertama yaitu aplikasi data nasabah. Anak ataupun Anda boleh mengisi dan menandatangani. Sedangkan formulir kedua yakni persetujuan pembukaan rekening. Ini harus ditandatangani pihak orang tua.

Selesai itu nomor rekening BNI Taplus Anak pun jadi. Lakukanlah setoran pertama melalui teller. Uang masuk akan dicatat pada buku tabungan sebagai saldo. Ya, saat itu juga Anda langsung menerima buktab. Namun sayangnya tidak dengan kartu debit/ATM.

Pencetakan kartu debit BNI tipe ini membutuhkan waktu 14 hari. Ada aturan sedikit aneh dalam kurun dua minggu tersebut: Anda tidak diperbolehkan menarik tunai (melalui teller). Namun menambah tabungan/setoran berikutnya diperbolehkan.

Kartu debit Taplus Anak

Semua pemilik rekening BNI ini mendapat kartu debit. Tipenya khusus. Beberapa orang menyebut dengan disamakan nama rekening: Kartu debit Taplus Anak. Jadi tidak sama dengan rekening Taplus konvensional. Ia dapatnya kartu Silver, Gold, Platinum, atau GPN.

Fungsi kartu debitnya sama seperti yang lain. Bisa digunakan di ATM untuk tarik tunai, transfer, cek saldo, dan sebagainya. Serta tidak masalah dipakai pada mesin EDC untuk bayar belanja. Perbedaannya hanya terketak pada tampilan, biaya administrasi, dan limit transaksi.

Saat pembuatan, customer service menawarkan dua varian kartu. Pertama, versi generik: desain kartu standar bawaan bank. Kedua, personalized: bisa di-custom dengan nama dan foto pribadi tercetak pada kartu. Inilah alasan kartu BNI Taplus Anak lama jadinya.

Kita bisa pulang membawa buku tabungan setelah rekening jadi. Namun dua minggu kemudian datang lagi untuk mengambil kartu. Agar berfungsi dengan semestinya, sebelum diserahkan kepada Anda, customer service akan mengaktifkan PIN dan SMS notifikasi.

Biaya pengelolaan rekening dan kartu ATM

Kartu generik dan personalized dianggap setipe. Biaya admin dan limit transaksi sama. Bedanya hanya pada ongkos cetak kartu. Versi personalized dikenakan biaya tambahan. Namun tenang saja, hanya sekali pada saat penerbitan baru atau penggantian akibat rusak, hilang, ataupun tertelan mesin.

Tarif pembuatan kartu perdanaGenerik: gratis
Personalized: Rp25.000,00
Setoran awalRp100.000,00
Setoran selanjutnyaRp5.000,00
Biaya administrasi rekeninggratis
Biaya pengelolaan kartugratis
Limit tarik tunai per hariRp500.000,00
Limit transfer per hariRp500.000,00
Batas maksimal pembayaran per hariRp500.000,00
Spesifikasi rekening BNI Taplus Anak

Kelebihan dan kekurangan BNI Taplus Anak

Saya menilai rekening BNI Taplus Anak layak dibuat untuk anak Anda. Apalagi dengan kemudahan syarat serta gratis biaya admin. Jika tetap ragu, berikut informasi kelebihan dan kekurangannya yang bisa dijadikan pertimbangan.

Kelebihan:

  • Mendapat buku tabungan. Berfungsi untuk pencatatan transaksi baik debit ataupun kredit. Selain itu diperlukan juga buat melihat nomor rekening.
  • Menadapat kartu. Kartu BNI Taplus Anak dapat difungsikan sebagai kartu ATM ataupun kartu debit untuk penggunaan pada mesin EDC.
  • Rekening atas nama anak. Keuntungan buat anak: memberikan kebanggan tersendiri. Keuntungan buat orang tua: melatih anak mandiri.
  • Kartu debit menggunakan foto sendiri. Sama seperti alasan di atas. Ada rasa bangga karena memiliki kartu ATM yang terlihat eksklusif. Nampak keren karena lain dari yang lain.
  • Fitur SMS notifikasi. Berguna untuk mengawasi rekening anak. Setiap ada transaksi, nomor ponsel orang tua mendapat SMS pemberitahuan secara otomatis.
  • Bisa daftar internet banking BNI. Fitur ini jarang ditemukan pada rekening bank lain yang dikhususkan untuk anak-anak. Pada BNI Taplus Anak sendiri juga terbatas. Maksudnya hanya bisa transaksi nonfinansial.

Kekurangan

  • Kartu debit Taplus Anak tidak langsung jadi. Jangankan personalized, versi generik saja butuh waktu dua minggu. Pada cabang tertentu, menurut pengalaman beberapa nasabah bahkan bisa lebih.
  • Tidak ada fitur SMS banking. Layanan e-banking untuk mengakses rekening menggunakan ponsel di tangan. Tanpanya, maka transaksi harus ke ATM atau kantor cabang.
  • Fitur internet banking terbatas. Internet banking BNI Taplus Anak hanya bisa digunakan transaksi nonfinansial. Sebagai rekening anak, kondisi ini bisa jadi kelebihan sekaligus kekurangan.
  • Tidak ada fitur mobile banking. Fitur yang membuat aktivitas SMS banking lebih mudah. Kita tidak perlu mengetik kode perintah transaksi yang formatnya susah dihafal. Bahkan internet banking dapat dijalankan melalui aplikasi yang diinstal pada Android atupun iOS ini.

FAQ

Berapa setoran awal dan berikutnya pada rekening BNI Taplus Anak?

Setoran awal Rp100.000,00 dan setoran berikutnya Rp5.000,00. Nominal tersebut ialah minimalnya. Sedangkan maksimalnya terserah. BNI pasti menerima sebanyak apapun uang Anda yang akan ditabung.

Berapa biaya admin rekening dan kartu ATM Taplus Anak?

Keduanya gratis. Dengan kata lain saldo tidak dipotong sepeser pun tiap bulan pada tanggal tertentu. Alhasil tabungan akan utuh/tidak berkurang.

Berapa saldo minimal kartu ATM BNI Taplus Anak?

Nol. Anda bisa mengambil semua saldo tanpa sisa. Alasannya, rekening BNI jenis ini tidak dikenakan biaya penutupan. Seperti kita tahu saldo mengendap dijadikan cadangan untuk biaya tersebut.

Berapa limit tarik tunai dan transfer kartu ATM Taplus Anak?

Masing-masing Rp500.000,00 per hari. Jika Anda butuh tarik tunai atau transfer lebih dari itu, silakan tambahkan pada hari berikutnya. Batas maksimal akan direset pada pukul 00.00. Atau bisa juga datang ke kantor cabang untuk transaksi melalui teller.

Apakah tabungan Taplus Anak mendapat bunga? Berapa persen?

Ya, dapat. Saldo kurang dari Rp100.000,00 bunganya 0,00%. Saldo Rp100.000,00 – Rp5.000.000,00 bunga 1,00%. Saldo di atas Rp5 juta bunga 1,50%.

Bagaimana jika usia pemilik rekening BNI Taplus Anak bertambah dan melewati 17 tahun?

Rekening akan otomatis dikonversi menjadi Taplus Muda. Semua biaya administrasi dan layanan mengikuti ketentuan tabungan terbaru. Meski berganti tipe, nomor rekening tetap sama alias tidak berubah.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment