Rekening BRI Junio: Syarat, Cara Buka, Biaya administrasi, Kelebihan & Kekurangannya

Syarat pembuatan rekening tabungan di BRI terkenal gampang. Calon nasabah bisa membuatnya tanpa NPWP dan setoran awal lebih sedikit. Namun, apakah gampang juga untuk anak-anak usia di bawah 17 tahun? Ternyata iya. Terbukti BRI menyediakan rekening tipe Junio.

Junio adalah sebuah rekening tabungan BRI yang ditujukan khusus kepada anak-anak. Pembuatan oleh anak usia di bawah 12 tahun harus didampingi orang tua. Sedangkan usia 12–17 tahun bisa sendiri dengan menggunakan kartu identitas kartu pelajar. Uang setoran awalnya lebih terjangkau, yaitu Rp100.000,00 atau Rp150.000,00.

Meskipun ditujukan kepada anak-anak dan setoran awal murah, rekening BRI Junio memiliki fasilitas dan fitur diluar dugaan. Bayangkan saja, para nasabah bisa mendapatkan buku tabungan, kartu ATM, layanan e-banking lengkap (SMS banking, mobile banking, internet banking, dan SMS notifikasi), serta asuransi.

Syarat Lengkap Bikin Rekening BRI Junio

Seperti dikatakan di awal. Rekening ini ditujukan kepada anak-anak berusia di bawah 17 tahun. Untuk orang di atas 17 tahun tidak boleh. Mereka hanya bisa membuat tipe lain. Di BRI setidaknya ada sepuluh jenis rekening yang bisa dipilih.

Usia yang diterima BRI Junio dibedakan lagi menjadi dua golongan. Yaitu di bawah 12 tahun dan di atas 12 tahun. Keduanya memiliki syarat yang berbeda jika ingin membuat rekening BRI Junio. Di bawah ini detail perbedaan yang dimaksud.

Usia Kurang dari 12 Tahun

Mayoritas usia ini belum memiliki KTP ataupun kartu pelajar. Oleh karena itu, kartu identitas yang harus dilampirkan buat bikin rekening BRI Junio yaitu menggunakan Kartu Keluarga (KK). Umur segini dianggap anak di bawah umur. Maka saat pembuatan rekening harus didampingi orang tua atau wali.

Orang tua atau wali yang mendampingi harus memiliki rekening BRI. Jika tidak, diharuskan untuk bikin dulu, baik Simpedes atau Britama. Syarat pembuatannya seperti biasa: KTP dan setoran awal minimal Rp250.000,00. NPWP terserah. Jika punya silakan dibawa. Jika tidak, tidak jadi masalah.

Sedangkan si anak, pembuatan rekening BRI Junio memerlukan setoran Rp100.000,00. Jumlah ini adalah minimum. Untuk maksimumnya terserah alias tidak dibatasi.

Usia di atas 12 Tahun dan di bawah 17 Tahun

Usia ini diperbolehkan membuat rekening BRI Junio tanpa didampingi wali. Namun, syarat yang harus dibawa lebih banyak. Di antaranya KTP orang tua/wali dan surat pernyataan persetujuan darinya. Orang tua atau wali tidak diharuskan memiliki rekening BRI.

Selain syarat di atas, calon nasabah juga harus membawa kartu pelajar. Usia ini pasti mayoritas SMP dan SMA. Selain bawa yang asli, jangan lupa bawa fotokopiannya. Meskipun biasanya bank punya mesin fotokopi, buat jaga-jaga saja biar tidak bolak-balik ke sana-sini.

Setoran awal pembuatan rekening tabungan BRI Junio untuk usia di atas 12 tahun lebih besar. Tepatnya yaitu Rp150.000,00. Sama seperti di atas, ini jumlah minimumnya. Uang tersebut tetap milik calon nasabah atau tepatnya akan masuk ke dalam rekening dalam bentuk saldo. Kapan dan di BRI manapun bisa diambil kembali.

Cara Membuat Rekening BRI Junio

Caranya sama persis seperti membuat rekening BRI lain. Calon nasabah tinggal datang ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa syarat-syarat yang diperlukan. Saran saya, pilihlah cabang dengan lokasi sedaerah dengan KTP dan kartu pelajar. Hal ini untuk menghindari diminta syarat tambahan surat keterangan domisili.

Sesampai di kantor cabang, langsung saja ambil nomor antrean. Nomor antrean yang diperlukan untuk pembuatan rekening ialah bagian customer service, bukan teller. Setelah itu tunggu hingga nomor antrean dipanggil untuk mendapat giliran dilayani.

Saat dilayani customer service (CS), barulah Anda bisa mengutarakan tujuan: mau bikin rekening BRI Junio. Jangan lupa juga untuk menyerahkan syarat-syarat yang dibawa. Selanjutnya, Anda akan dikasih formulir pendaftaran untuk diisi. Kadang pengisian dilakukan oleh CS. Anda hanya perlu menjawab apa yang ditanyakan.

Setelah formulir pendaftaran lengkap, CS akan mencetakkan buku tabungan dan kartu ATM untuk Anda. Kemudian Anda diminta menuju ke bagian teller untuk menyerahkan setoran awal. Begitu uang tercatat sebagai saldo di dalam buku tabungan, artinya pembuatan rekening BRI Junio selesai dan Anda sudah bisa pulang.

Semua proses di atas tidak lama. Jika tidak antre panjang, waktu yang dibutuhkan sekira 30 menit saja. Bila merupakan pengalaman pertama dan Anda di sana kebingungan, jangan ragu untuk bertanya kepada satpam yang standby di depan pintu masuk. Dengan senang hati pasti dia akan membantu dan mengarahkan.

Fasilitas Rekening BRI Junio

Fasilitas yang didapat terbilang sangat lengkap meskipun nasabahnya anak-anak. Bayangkan saja, mereka bukan hanya mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM, melainkan juga layanan e-banking berupa SMS banking, mobile banking, internet banking, dan SMS notifikasi.

Fungsi buku tabungan tentu semua sudah tahu. Terbentuk dari lembaran kertas seperti buku lainnya yang berguna sebagai catatan transaksi rekening. Baik buku tabungan dan kartu ATM yang didapat ialah tipe Junio. Keduanya bergambar kartun anak-anak: Superman, Tom and Jerry, dan Tweety.

Kartu ATM Junio merupakan kartu ATM tipe private label. Manfaatnya bisa digunakan tarik tunai, transfer, ataupun transaksi lain di ATM BRI dan ATM bank lain yang tergabung dalam jaringan ATM bersama, ATM Prima, dan Link. Selain itu, bisa buat bayar belanja di merchant yang menyediakan mesin EDC BRI.

Seluruh nasabah BRI Junio berhak mendapatkan fasilitas e-banking. Fasilitas ini terdiri dari SMS banking, mobile banking, internet banking, dan SMS notifikasi. Akan tetapi, layanan ini tidak otomatis bisa digunakan. Nasabah harus meminta mengaktifkan dulu kepada CS. Biar tidak bolak-balik, lakukanlah berbarengan pada saat pembuatan rekening baru.

Biaya Pembuatan dan Tarif Administrasi per Bulan Rekening BRI Junio

Sebenarnya, biaya pembuatan gratis. Akan tetapi karena formulir pendaftaran harus dibubuhi tanda tangan di atas meterai seharga Rp6.000,00, maka calon nasabah harus membelinya. Tidak perlu beli di luar, bank sudah menyediakan. Anda hanya perlu mengganti dengan uang dalam jumlah yang sama.

Bukan hanya meterai, buku tabungan dan kartu ATM pun harus dibeli. Total harga sekira Rp25.000,00. Biaya ini kadang tidak diminta cash, tetapi dipotong dari saldo. Tidak perlu khawatir, biaya-biaya ini hanya sekali. Bulan berikutnya tidak ada lagi kecuali rusak ataupun hilang dan Anda mengajukan permintaan ganti baru.

Mengaktifkan layanan e-banking tidak dikenakan biaya tambahan. Biaya administrasi antara yang mengaktifkan dan yang tidak tetap sama, yaitu Rp500,00 untuk kartu ATM dan Rp5.000,00 untuk rekening. Biaya ini memotong langsung dari saldo tiap tanggal tertentu sekali dalam sebulan.

Kelebihan dan Kekurangan Rekening Tabungan BRI Junio

Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Begitu juga dengan BRI Junio. Meski demikian, jika dibandingkan, kelebihannya masih lebih banyak daripada kekurangannya. Selangkanya bisa dilihat pada daftar di bawah ini.

Kelebihan:

  • Mendapatkan buku tabungan, kartu ATM , dan fasilitas e-banking.
  • Limit transaksi harian lumayan besar. Tarik tunai maksimal Rp5.000.000,00 dan transfer Rp20.000.000,00.
  • Menadapatkan bunga. Beda dengan kebanyakan rekening khusus anak-anak pada bank lain.
  • Mendapatkan asuransi kecelakaan diri jika saldo minimum Rp500.000,00. Nilai pertanggungannya bisa sampai Rp150.000.000,00.
  • Rekening atas nama sendiri meskipun pembuatan didampingi orang tua atau wali.

Kekurangan:

  • Jenis kartu ATM yang didapat tipe private label; tidak memiliki logo Maestro dan Cirrus. Sehingga kartu tidak dapat digunakan di ATM dan mesin EDC luar negeri.
  • Rekening akan menjadi status dorman jika saldo minimum Rp50.000,00. Kondisi ini menambah biaya administrasi Rp10.000,00.
  • Rekening akan hangus (close by system) jika memasuki status dorman dan tidak ada transaksi selama 542 hari.
  • Penarikan tunai melalui teller (bukan via ATM) dikenakan biaya Rp10.000,00.

Kesimpulan

Begitulah syarat dan cara pembuatan rekening tabungan BRI Junio. Di atas, banksentral.com juga menyertakan fasilitas, fitur, biaya, kelebihan, dan kekurangannya. Kesimpulannya, meskipun memiliki beberapa kekurangan, rekening BRI Junio bisa dibilang rekening yang sangat lengkap bahkan lebih dari cukup untuk pemakaian anak-anak di bawah 17 tahun.

Leave A Reply

Navigate