Saat kita membuat rekening akan mendapat kartu debit yang bisa dipakai di ATM. Desain biasanya ditentukan bank. Pada BNI mayoritas bercorak batik. Selama setipe, warna dan gambar kartu satu dengan lainnya tidak berbeda.

Meski demikian, kadang kita melihat kartu ATM yang unik. Entah di jalan ataupun internet. Pada permukaan depan tercetak nama pemilik rekening. Sedangkan gambar menggunakan foto sendiri. Kitapun jadi penasaran bagaimana cara membuatnya.

Perlu diketahui, meski terkesan eksklusif, spesifikasi tetap sama dengan versi generik. Ia dikenakan biaya administrasi dan limit/batas transaksi sesuai tipe. Dibandingkan kartu debit BNI desain standarnya tidak ada kelebihan khusus.

Perbedaan lain hanya terletak pada waktu dan tarif pencetakan baru. Pembuatan kartu ATM BNI ada nama dan foto pribadi (personalized) membutuhkan beberapa hari. Juga dimintai ongkos tambahan. Berapa? Silakan baca lengkapnya di bawah.

Syarat memiliki kartu ATM BNI dengan nama dan foto sendiri

Tidak semua jenis kartu debit BNI bisa di-custom sesuai keinginan. Hanya dua yang diperbolehkan: kartu dari rekening Taplus Anak dan Taplus Muda. Kartu tipe lain cuma bisa cetak nama. Gambar/motif tetap sesuai ketentuan bank.

Rekening Taplus Anak menarget nasabah adek-adek berumur 0–17 tahun. Sedangkan Taplus Muda untuk usia di atasnya, 17–35 tahun. Wajar, anak-anak sekolah dan remaja memang suka mengekspresikan diri. Termasuk untuk desain kartu ATM.

Meski begitu, ada aturan yang tetap harus diperhatikan. Pemilihan warna boleh bebas. Namun gambar harus sesuai etika. Paling aman dan banyak digunakan yaitu foto diri, keluarga, pemandangan, dan obyek lain berkaitan hobi dan minat.

Intinya, syarat pembuatan kartu ATM agar ada nama dan foto pribadi yaitu rekening Taplus Anak atau Taplus Muda, foto, dan ongkos pencetakan. Ongkos hanya diminta saat penerbitan kartu. Baik perdana ataupun saat penggantian akibat rusak/hilang/tertelan.

Cara mengajukan kartu debit BNI agar ada nama dan foto pribadi

Kartu ATM BNI Taplus Anak personalized
Kartu ATM BNI Taplus Anak personalized

Caranya ialah membuka rekening BNI Taplus Anak atau Taplus Muda. Dokumen yang diperlukan gampang. Taplus Anak cukup akta kelahiran/kartu pelajar/kartu keluarga dan KTP orang tua. Sedangkan Taplus Muda hanya KTP sendiri. Bagaimana soal setoran awal? Masing-masing Rp100.000,00.

Pada proses pembukaan rekening itulah customer service menawarkan dua varian kartu. Pertama, versi generik: desain umum sesuai standar bank. Kedua, versi personalized: kartu debit dengan nama dan foto pribadi.

Tahap akan dilanjut dengan kita dikasih sebuah alamat email. Kirimkanlah foto yang dibutuhkan ke situ. Customer service kemudian mengecek. Jika tidak layak (vul94r, milik hak cipta orang lain, dan sebagainya) diminta ganti yang lain.

Pencetakan kartu ATM dengan nama dan foto sendiri membutuhkan waktu lumayan. Nanti nomor rekening dan buku tabungan sudah jadi tetapi kartu belum. Kita perlu menunggu 14 hari. Setelah itu datang lagi ke kantor cabang guna pengambilan kartu.

Syarat pengambilan tidak sulit. Kita cukup bawa kartu identitas dan buku tabungan. Kemudian customer service memberikan kartunya. Agar bisa digunakan semestinya, ia akan membantu kita membuat PIN melalui mesin EDC. Proses selesai kemudian pulang.

Biaya pembuatan kartu debit dengan nama dan foto pribadi

Penerbitan kartu ATM BNI Taplus Anak maupun Taplus Muda sebenarnya gratis. Akan tetapi khusus versi generik. Untuk personalized dikenakan ongkos cetak. Tarifnya sangat terjangkau. Lagipula hanya bayar saat pembuatan. Tidak tiap bulan.

Meski didesain sendiri, syarat dan ketentuan yang dimiliki tetap sama dengan versi standar. Mulai dari biaya administrasi yang dipotong tiap bulan sampai batas maksimal saldo yang bisa dipakai per hari. Tabel di bawah ini rinciannya.

Jenis transaksiKartu BNI Taplus AnakKartu BNI Taplus Muda
Biaya pembuatan/penggantian kartugenerik: gratis
personalized: Rp25.000,00
generik: gratis
personalized: Rp25.000,00
Setowan awalRp100.000,00Rp100.000,00
Setoran selanjutnyaRp5.000,00Rp10.000,00
Biaya administrasi rekeninggratisRp5.000,00
Limit tarik tunai per hariRp500.000,00Rp5.000.000,00
Limit bayar belanja per hariRp500.000,00Rp10.000.000,00
Batas transfer sesama BNI per hariRp500.000,00Rp10.000.000,00
Batas transfer antarbank per hari?Rp10.000.000,00

Kelebihan dan kekurangan kartu ATM pakai nama + foto

Secara fungsi transaksi tidak ada keuntungan lebih. Namun secara penggunaan, antara kartu debit BNI generik dan personalized terdapat beberapa perbedaan. Berikut banksentral.com merangkumnya.

Keuntungan:

  • Tidak mudah keliru dengan milik orang lain.
  • Terlihat eksklusif karena lain dari yang lain.
  • Ada kebanggan tersendiri bagi penggunanya (merasa keren).

Kekurangan:

  • Penerbitan kartu dikenakan biaya cetak.
  • Tidak langsung jadi. Harus menunggu dua minggu bahkan bisa lebih.
  • Sedikit repot karena harus datang ke kantor cabang lagi saat pengambilan kartu sudah jadi.

FAQ

Bagaimana cara membuat kartu ATM ada nama dan menggunakan foto sendiri?

Tiap bank beda aturan. Pada BNI ialah dengan buka rekening Taplus Anak atau Taplus Muda. Nanti ditawari kartu desain generik atau personalized.

Bagaimana solusinya jika sudah terlanjur memilih kartu ATM BNI generik?

Tetap bisa diganti. Datang saja ke kantor cabang dengan membawa persyaratan yang diperlukan (kartu identitas, kartu debit, buku tabungan, dan foto yang dikehendaki). Temui customer service dan ajukan pembuatan kartu BNI personalized.

Bagaimana seandainya umur pemilik rekening bertambah dan melebihi batas ketentuan?

Rekening Taplus Anak (usia melewati 0–17 tahun) dan Taplus Muda (melewati 35 tahun) akan otomatis dikonversi menjadi Taplus konvensional. Kartu ATM yang bisa dipilih yaitu Silver, Gold, Platinum, dan GPN. Biaya-biaya administrasi akan mengikuti tipe rekening BNI terbaru.

Apakah kartu debit BNI Silver, Gold, Platinum, dan GPN bisa menggunakan foto pribadi?

Tidak. Keempat kartu ATM tersebut hanya bisa cetak nama.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment