Taplus Muda adalah rekening BNI yang ditujukan kepada remaja usia 17–35 tahun. Demi menyesuaikan target maka syarat pembuatan dibikin ringan. Antara lain setoran awal Rp100.000,00 dan hanya KTP. Mereka tidak diwajibkan mempunyai NPWP.

Begitu juga fasilitas yang diberikan. Sangat menarik. Semua pemilik tabungan Taplus Muda diperbolehkan mendesain kartu ATM. Bisa cetak nama dan menggunakan foto sendiri. Sehingga sesuai keinginan, keren, dan lain dari yang lain.

Desain beda tetapi fungsi tetap sama. Kamu dapat menggunakannya di ATM untuk cek saldo, tarik tunai, transfer, dll. Bisa juga sebagai kartu debit pada mesin EDC. Buat pembayaran belanja di merchant tinggal gesek. Tidak perlu uang cash.

Bagaimana dengan biaya administrasi? Lebih murah dari Taplus biasa. Biar begitu, fasilitasnya tidak kalah. Kamu akan mendapat fitur SMS banking, mobile banking, dan internet banking. Soal buku tabungan bebas: boleh pakai atau tidak.

Tanpa buku tabungan bukan berarti kekurangan. Melainkan justru kelebihan. Kok bisa? Berikut banksentral.com jelaskan beserta jawaban seandainya usia pemilik rekening BNI Taplus Muda sudah di atas 35 tahun. Akan ditutup otomatis atau bagaimana?

Syarat bikin tabungan Taplus Muda BNI

Syarat yang diperlukan yaitu sebagai berikut. Silakan lengkapi agar pengajuan pembuatan disetujui.

  1. Usia 17–35 tahun.
  2. Kartu identitas (KTP/SIM/paspor).
  3. Setoran awal Rp100.000,00.
  4. Datang sendiri (tidak diwakilkan).
  5. Surat keterangan domisili jika buka di cabang bukan sewilayah dengan kartu identitas.

Syarat pembuatan Taplus Muda harus usia 17–35 tahun. Adik-adik bawah umur yang ingin membuat rekening BNI silakan pilih jenis lain. Taplus Anak mungkin cocok. Sedangkan untuk usia di atas 35 tahun sudah disediakan Taplus biasa.

Persyaratan kedua yakni kartu identitas. Umumnya orang-orang menggunakan KTP. Kalau punya kamu hilang, belum jadi, kedaluwarsa, atau sebagainya bisa diganti SIM atau paspor. Terserah, yang penting masih aktif/berlaku.

Setoran awal pembuatan tabungan BNI Taplus Muda relatif kecil: Rp100 ribu. Nominal ini minimalnya. Kalau mau banyak tentu boleh-boleh saja. Toh uang tetap milik sendiri. Masuk ke saldo. Bisa digunakan ataupun diambil kembali setelah 1×24 jam.

Anak dalam pembuatan rekening Taplus Anak bisa tinggal di rumah. Cukup perwakilan yang datang. Namun pada Taplus Muda tidak bisa. Kamu harus hadir, mengisi formulir, menandatangani, dan menentukan PIN kartu ATM sendiri.

Bikinlah tabungan Taplus Muda di cabang bank yang sewilayah dengan alamat kartu identitas. Agar tidak dimintai syarat tambahan surat keterangan domisili. Jika terpaksa di luar daerah, kartu mahasiswa bisa dicoba sebagai pengganti SKD.

Cara buka BNI Taplus Muda

  1. Datang ke kantor cabang BNI sambil membawa persyaratan yang dibutuhkan dengan lengkap.
  2. Ambil nomor antrean bagian customer service.
  3. Tunggu giliran dilayani.
  4. Saat dilayani, kamu diminta mengisi formulir pengajuan pembukaan rekening BNI Taplus Muda, pendaftaran e-banking, dan e-statement.
  5. Serahkan kembali formulir kepada customer service setalah kamu menandatanganinya di atas meterai 6.000.
  6. Rekening jadi. Kamu dikasih buku tabungan dan kartu debit/ATM*.
  7. Melakukan setoran awal ke bagian teller.
  8. Selesai. Kamu sudah bisa pulang.

Buatlah tabungan BNI Taplus pada hari dan jam kerja. Bila tidak memungkinkan silakan cari cabang bank yang weekend buka. Sampai di sana bingung karena pengalaman pertama kali? Jangan sungkan bertanya kepada satpam. Dia stand by di depan pintu masuk.

Pengisian formulir tidak sulit. Hanya beberapa data diri. Di antaranya nama dan alamat sesuai KTP, nama ibu kandung, jumlah gaji per bulan, tujuan pembuatan rekening, dsb. Saat lancar, proses pembuatan tabungan Taplus Muda tidak butuh waktu lama. Kurang dari setengah jam.

Kartu ATM Taplus Muda

Kartu ATM BNI Taplus Muda
Kartu ATM BNI Taplus Muda

Perlu diketahui mesin ATM setidaknya ada empat jenis. Bukan hanya tarik tunai, melainkan juga setor tunai, nontunai, dan setor tarik tunai. Kartu ATM BNI Taplus Muda dapat digunakan pada semuanya.

Kartu ATM Taplus Muda dapat digunakan buat bayar belanja juga. Sama seperti kartu kredit. Pada kasir merchant yang menyediakan mesin EDC tinggal gesek dan masukkan PIN. Transaksi pun tidak ribet menggunakan uang cash.

Salah satu kelebihan ATM Taplus Muda ialah bisa didesain sesuai keinginan (personalisasi). Biasanya nasabah meminta cetak nama dan menggunakan foto sendiri. Meski terlihat beda, secara fungsi tetap sama: dapat dipakai untuk hal-hal di atas.

Proses pencetakan kartu ATM personalized memerlukan waktu seminggu. Jika tidak ingin menunggu pilihlah versi generik. Gambarnya tetap ada pilihan: regular, music, atau sport. Jaringan bisa GPN atau Mastercard. Silakan pilih sesuai kebutuhan.

Baik personalized ataupun generik, kartu ATM BNI Taplus dikenakan batas maksimal transaksi. Tabel di bawah detailnya.

Biaya administrasi per bulanRp4.000,00
Limit tarik tunai sehariRp5.000.000,00
Limit bayar belanja sehariRp10.000.000,00
Limit tranfser sesama BNI per hariRp10.000.000,00
Limit transfer ke bank lain per hariRp10.000.000,00
Spesifikasi kartu ATM BNI Taplus Muda

Buku tabungan Taplus Muda

Buku tabungan (passbook) berfungsi sebagai catatan transaksi. Mulai dari dana masuk, keluar, sampai sisa saldo terakhir. Sayangnya harus di-print out dulu di kantor cabang. Harus rutin minimal tiga bulan sekali. Kalau tidak maka buku tetap kosong.

Melihat histori transaksi tidak harus pada passbook. Apalagi zaman sekarang bisa melalui internet banking. Tinggal online, login, dan klik menu mutasi rekening. Transaksi sebulan terakhir pun terpampang di layar gawai.

Nah, rekening BNI Taplus Muda bisa memilih pakai buku tabungan atau tidak. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangan. Jika tidak pakai akan mendapat layanan e-statement. Setiap bulan dikirimi file pdf yang isinya catatan transaksi via email.

Fasilitas lain rekening Taplus Muda

Selain buku tabungan dan kartu debit, nasabah Taplus Muda mendapat fasilitas lain. Yakni e-banking. Layanan ini meliputi ATM, SMS banking, mobile banking, dan internet banking. Soal ATM sudah dijelaskan di atas. Sekarang tinggal sisanya.

Keuntungan e-banking ialah dapat mengakses rekening tanpa ke ATM apalagi cabang bank. Cukup dari rumah menggunakan handphone/laptop sudah bisa melakukan transaksi. Antara lain cek saldo, transfer, beli pulsa, dan pembayaran lain.

Sayangnya fitur e-banking tidak bisa langsung dinikmati. Anda harus meregistrasikan dahulu. Caranya bisa sekalian pembukaan rekening BNI Taplus Muda. Saat itu, sebelum pulang, mintalah customer service untuk mengaktifkannya.

Bagaimana jika terlanjur lupa? Kamu masih bisa mendaftar SMS banking, mobile banking, dan internet banking kapan saja. Bahkan tidak harus ke kantor cabang. Melalui ATM pun bisa (hanya untuk transaksi nonfinansial).

Meregistrasikan tabungan Taplus Muda pada layanan e-banking tidak dipungut biaya. Potongan bulanan antara yang mengaktifkan dengan yang tidak sama saja. Meski demikian, penggunaan tetap memerlukan koneksi internet atau pulsa.

Biaya pembukaan tabungan BNI Taplus Muda

Buka tabungan Taplus Muda bisa dibilang gratis. Kamu tidak perlu memberi tip apalagi menyogok customer service. Dengan sangat baik mereka pasti melayani. Yang perlu dibayar hanya daftar berikut:

Setoran awalRp100.000,00
Biaya pencetakan kartu ATMgenerik: gratis
personalized: Rp25.000,00
Biaya penerbitan passbookgratis
Bayar meteraiRp6.000,00
Biaya pembukaan rekening Taplus Muda

Tarif di atas dikenakan satu kali saja. Yaitu saat pembuatan baru atau penggantian akibat hilang, rusak, tertelan, kedaluwarsa, dll. Sedangkan biaya administrasi bulanannya yaitu seperti tabel di bawah.

Biaya pengelolaan rekeningRp5.000,00
Biaya pengelolaan kartu debit/ATMRp4.000,00
Biaya administrasi memotong langsung dari saldo.
Waktunya pada akhir bulan. Biasanya tanggal 28, 29, 30, atau 31.

Selain dua di atas masih ada satu lagi, yakni biaya transaksi. Akan dikenakan saat transaksi saja. Itupun tertentu. Misal bayar tagihan, transfer ke bank lain (BCA, BRI, Mandiri) dll. Tarif juga murah: Rp1.500,00–Rp6.500,00.

Untuk cek saldo, transfer sesama BNI, mutasi rekening, dan sebagainya tetap gratis alias tidak dikenakan biaya tambahan.

Lain-lain

Informasi di atas sebenarnya sudah cukup untuk pembuatan dan penggunaan rekening BNI Taplus Muda. Namun biar lebih lengkap, berikut ditambahkan beberapa jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan.

Berapa setoran awal pembuatan rekening Taplus Muda BNI?

Minimal Rp100.000,00. Maksimal terserah. Sebanyak apapun, Bank Negara Indonesia pasti menerima. Semua uang akan tetap milik sendiri. Masuk ke rekening tercatat sebagai saldo.

Apakah buka rekening Taplus Muda wajib menyertakan NPWP?

Tidak. Cukup pakai KTP, SIM, atau paspor sudah bisa.

Apakah Taplus Muda mendapat buku tabungan?

Nasabah bebas memilih mau pakai buku tabungan atau tidak. Jika tidak pakai, tiap bulan mendapat layanan e-statement. Yakni kiriman file pdf via email berisi catatan transaksi.

Apakah kartu ATM Taplus Muda dapat dipakai di luar negeri?

Tergantung jaringan. Jika kartu memiliki logo Mastercard, Maestro, atau Cirrus berarti bisa dipakai di luar Indonesia. Apabila GPN, saat ini hanya bisa digunakan di dalam negeri.

Apakah tabungan Taplus Muda ada saldo minimal dan saldo mengendap?

Tidak. Namun saat saldo kosong sehingga tidak ada potongan untuk biaya administrasi, dikenakan denda tunggakan maksimal 3x. Biaya ini dibebankan pada bulan berikutnya.

Apakah rekening Taplus Muda mendapat bunga? Berapa?

Ya, dapat. Jumlah suku bunga dihitung berdasarkan persentase dari saldo.
< Rp1 juta ~ 0.00%
Rp1 juta s/d Rp10 juta ~ 0,50%
> Rp10 juta s/d Rp50 juta ~ 0,75%
> Rp50 juta s/d Rp100 juta ~ 1,00%
> Rp100 Juta ~ 1,25%

Bagaimana cara menutup rekening BNI Taplus Muda? Berapa biayanya?

Silakan datang ke kantor cabang terdekat dan ajukan penutupan rekening. Saldo sisa akan dicairkan dan diberikan kepada pemilik setelah dipotong biaya Rp50.000,00.

Apakah rekening BNI yang sudah ditutup bisa diaktifkan kembali?

Tidak. Jika kamu butuh kembali, silakan buka tabungan baru. Nomor rekening yang didapat tidak sama dengan yang lama.

Bagaimana kalau usia pemilik rekening BNI Taplus Muda sudah melebihi 35 tahun?

Akan secara otomatis dikonversi ke Taplus. Nomor rekening tetap sama. Namun biaya administrasi, limit transaksi, dan lainnya mengikuti ketentuan tipe terbaru.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

1 Comment

  1. Alfi Chairina Reply

    Assalamu’alaikum, kak.
    Mau tanya nih.
    Saya punya ktm/kartu mahasiswa, yg didalemnya ada atm bni taplus muda. Apakah bisa jika saya membuat mbanking?

Write A Comment