BNI TabunganKu: syarat pembuatan, kelebihan dan kekurangannya

TabunganKu merupakan program pemerintah untuk menumbuhkan minat menabung masyarakat menengah ke bawah. Agar tujuan itu tercapai, syarat dan cara pembukaan TabunganKu dibuat mudah. Di samping itu, rekening jenis ini juga tersedia di beberapa bank atau tidak hanya di BNI.

Fasilitas dan fitur BNI TabunganKu dapat berbeda dengan TabunganKu bank lain. Hal ini disebabkan TabunganKu ada dua tipe, yakni mandatory dan customized. Pada tipe mandatory, semua fiturnya harus seragam, sedangkan customized berbeda bergantung pada kebijakan bank masing-masing.

Syarat dan cara pembuatan

Berkat teknologi, saat ini tabungan bank dapat dibuat dari rumah. Dengan aplikasi m-banking contohnya, dapat Anda buka rekening Taplus, Taplus Muda, ataupun Taplus Bisnis hanya dengan smartphone di tangan. Sayangnya BNI TabunganKu tidak termasuk, maka pembuatannya harus datang ke kantor cabang.

Agar berhasil membuka rekening BNI TabunganKu, Anda datanglah ke bank dengan membawa persyaratan yang diperlukan, yaitu

  • KTP elektronik
  • uang Rp20.000 buat setoran awal
  • uang Rp35.000 buat membayar meterai dan penerbitan kartu ATM baru
  • surat keterangan domisili (jika KTP dari luar daerah)

TabunganKu BNI boleh juga dibuka oleh orang yang berusia kurang dari 17 tahun. Untuk usia di atas 12 tahun, selain kartu pelajar dan KK (kartu keluarga), mereka harus membawa fotokopi KTP orang tua dan surat persetujuannya juga. Buat usia di bawah 12 tahun wajib didampingi oleh wali.

Proses pembuatan BNI TabunganKu di kantor cabang sama seperti pembuatan rekening lain. Setiba di sana, ambillah nomor antre bagian customer service. Kemudian tunggu giliran dilayani. Saat dilayani, informasikan bahwa Anda hendak membuka TabunganKu BNI. Setelah itu, petugas akan mengerjakan hingga rekeningnya jadi.

Biaya-biaya

Menabung di bank itu tidak gratis. Memang BNI TabunganKu administrasi per bulannya tidak berbayar, tetapi dalam penggunaanya terdapat biaya-biaya lain yang dikenakan, antara lain sebagai berikut.

  • pembuatan kartu ATM Rp22.000 (hanya sekali, saat penerbitan baru atau penggantian kartu rusak/hilang/expired)
  • transfer ke rekening bank lain Rp6.500 per transaksi
  • tarik tunai di teller Rp1.000 (2 kali dalam sebulan gratis, ke-3 kali dan seterusnya dikenakan biaya)
  • status dorman Rp5.000
  • saldo minimum Rp20.000
  • penutupan rekening Rp20.000

Catatan: 1) Status dormant adalah rekening pasif, yakni enam bulan berturut-turut tidak ada aktivitas. 2) Saldo minimum tidak dapat diambil karena ditahan buat biaya penutupan rekening kelak.

Suku bunga

Meskipun tidak gratis, menabung di bank tetap dilakukan orang karena dapat menyimpan uang dengan aman. Di samping itu, berkat menabung, mereka memperoleh beragam fasilitas yang memudahkan transfer, pembayaran, dan pembelian. Jadi, biaya administrasi tidak begitu dihiraukan apalagi dapat tertutup oleh bunga yang diterima.

Sebetulnya suku bunga BNI TabunganKu itu kecil, yaitu 0,01%—0,25%. Namun, karena penghitungannya persentase, makin banyak saldo makin banyak pula hasil bunga yang didapat. Lagi pula persentasenya berbeda pada tiap tingkatan. Makin besar saldo TabunganKu BNI, makin besar pula persentase suku bunganya.

Rp0 — Rp500.0000,01%
>Rp500.00 — Rp1.000.0000,15%
>Rp1.000.0000,25%

Kelebihan dan kekurangan

Seperti dikatakan di atas, menabung di bank dilakukan oleh banyak orang karena mereka akan mendapat beragam manfaat. Meskipun demikian, perlu disadari bahwa tidak ada jenis tabungan bank yang sempurna. Berkaitan dengan itu, BNI TabunganKu juga memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Kelebihan BNI TabunganKu

Kelebihan TabunganKu BNI mencakup 1) mendapat buku tabungan, 2) mendapat kartu ATM, dan 3) gratis biaya administrasi. Tiga hal ini dapat diuraikan sebagai berikut.

1. Mendapat buku tabungan

Pengguna TabunganKu BNI mendapat buku tabungan untuk bukti kepemilikan serta pencatatan histori transaksi. Ini adalah kelebihan karena jenis tabungan lain belum tentu mendapatkannya. Dan yang lebih menguntungkan, TabunganKu BNI memperoleh buku secara cuma-cuma (tidak perlu membayar saat penerbitan/penggantian).

2. Mendapat kartu ATM

BNI TabunganKu juga mendapatkan kartu debit dengan logo GPN. Berkat dukungan GPN, kartu ini tidak hanya dapat dipakai di ATM BNI, tetapi juga di ATM bank lain seperti BCA, BRI, dan Mandiri. Di samping itu, kartu debit TabunganKu BNI juga dapat digunakan di mesin EDC buat pembayaran belanja di merchant yang menyediakan mesin tersebut.

Kartu ATM TabunganKu BNI bersifat opsional. Artinya, rekening ini tidak harus dilengkapi fasilitas kartu ATM. Nasabahlah yang menentukan mau memakainya atau tidak. Ketika memakai kartu ATM BNI TabunganKu, pengguna dapat bertransaksi dengannya hingga limit sebagai berikut.

Tarik tunaiRp7.000.000
Setor tunai dengan ATMRp15.000.000
Transfer ke sesama BNIRp25.000.000

3. Gratis biaya administrasi

Dapat dikatakan bahwa sebenarnya buku tabungan dan kartu ATM hanyalah fasilitas dasar. Kini telah banyak rekening yang diberi fasilitas yang lebih canggih. TabunganKu ditujukan kepada masyarakat menengah ke bawah, maka dua fasilitas di atas cukup. Yang penting adalah BNI TabunganKu tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.

Kekurangan BNI TabunganKu

Sementara itu, kekurangan TabunganKu BNI mencakup 1) tidak mendapat fitur e-banking, 2) penarikan di teller dikenakan biaya, dan 3) tidak dapat dibuka secara online ataupun mesin Sonic BNI. Agar berimbang, kekurangan-kekurangan ini juga diuraikan di bawah.

1. Tidak mendapat e-banking

TabunganKu BNI tidak mendapat fitur e-banking baik itu SMS banking, mobile banking, maupun internet banking. Hal ini sangat disayangkan karena tiga layanan itu sangat canggih, dapat digunakan dengan handphone di tangan. Jika demikian, transfer atau pengecekan saldo BNI TabunganKu harus dilakukan di ATM.

2. Penarikan di teller kena biaya

Diketahui bahwa limit penarikan tunai kartu ATM BNI TabunganKu hanya Rp7 juta per hari. Nominal ini relatif kecil bagi sebagian orang. Jadi, apabila kurang, tambahlah dengan menarik tunai di teller. Di sana Anda dapat menarik saldo tanpa batas, tetapi dua kali dalam sebulan gratis dan ketiga kali serta berikutnya dikenakan biaya Rp1.000.

3. Tidak dapat dibuka secara online

Saya sendiri tidak mengetahui alasan BNI TabunganKu tidak dapat dibuat secara online. Apapun itu, tampaknya sudah menjadi keputusan Bank BNI yang harus nasabah seperti kita terima. Paling tidak, TabunganKu BNI masih dapat dibuka meskipun kita harus repot ke bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *