Cara cek nomor rekening BNI dan atas namanya, jumlah berapa digit?

Tidak hafal nomor rekening bukanlah masalah besar. Ia dapat diketahui kembali dengan mudah. Jangankan milik sendiri, punya orang lain pun bisa kita cek nama, alamat, masih aktif atau tidak, dll.

Nomor rekening BNI hanya sepuluh digit. Namun terdiri dari angka acak. Alhasil banyak nasabah tidak hafal dan tanya cara mengeceknya. Jadi, Anda tidak sendirian jika sekarang mengalami.

Sebaliknya, punya orang seringnya ditanyakan namanya. Misal Anda hendak transfer. Namun, hanya tahu nomor rekening tujuan. Cara mengetahui nama pemilik memang bisa. Nanti di bawah dijelaskan.

Sekarang banksentral.com jawab pertanyaan pertama dulu. Cara mengecek nomor rekening BNI punya sendiri ada banyak. Bisa melalui buku tabungan, ATM, e-banking, BNI Call, kantor cabang, toko online, dll.

Tetap bingung? Berikut contoh dan langkah-langkahnya. Bagaimanapun ada orang yang kebangetan. Buku tabungan sudah di tangan masih saja tanya nomor rekening terletak pada bagian mana.

Berapa digit jumlah nomor rekening BNI?

Mari bahas jumlah dahulu. Seperti dikatakan tadi, norek BNI ada 10 digit. Ini berlaku bagi semua tipe tabungannya. Baik Taplus, Taplus Anak, Taplus Muda, Taplus Bisnis, TabunganKu, SimPel, maupun lainnya.

Meski demikian, tidak berarti semua rekening 10 angka pasti BNI. Perlu diketahui, beberapa bank lain menerbitkan nomor rekening dengan jumlah sama. Berikut datanya dari berbagai sumber.

BCA10 digit
BRI15 digit
BNI10 digit
Mandiri13 digit
BTN16 digit
CIMB Niaga13 digit
Danamon10 digit
Bukopin10 digit
Muamalat10 digit
Jumlah digit nomor rekening beberapa bank

Sebagian pembaca mungkin sekarang sambil mengecek buku tabungan. Mereka mendapati nomor rekeningnya hanya 9 digit. Kok beda padahal sama-sama BNI? Apakah tidak bermasalah?

Nomor rekening BNI mayoritas diawali dengan nol. Contoh: 0123456789. Sebagian hanya sembilan digit karena 0 tidak tercantum. Begitu dicek via internet banking jadi kebanyakan: 00000000123456789.

Jadi, tidak bakal masalah. Paling penting saat akan ditransfer pastikan nama pemiliknya sesuai. Sehingga kegagalan atau salah kirim uang bisa dihindari. Caranya? Silakan lanjut baca sampai selesai.

Cara mendapat nomor rekening BNI cantik

Nomor rekening acak banyak kekurangan. Selain susah dihafal, dilihat juga tidak menarik. Namun, pernahkah Anda mengamati milik akun-akun terkenal? Misal Tokopedia, Shopee, JD.ID, Blibli, dll.

Nomor rekening BNI milik Tokopedia
Nomor rekening BNI milik Tokopedia

Nomor rekening mereka bagus dan rapi. Tidak seperti kebanyakan (awalan angka nol). Orang-orang menyebutnya cantik. Akhirnya kita pun bertanya: bagaimana cara mendapatkannya?

Berdasarkan pengalaman beberapa orang, pembukaan rekening bisa request. Nanti dikasih beberapa pilihan. Akan tetapi jumlahnya terbatas dan tidak cantik-cantik amat. Jauh dari contoh di atas.

Mengapa demikian? Karena nomor rekening toko-toko online bukan sembarangan. Mereka tipe Taplus Bisnis atau sejenisnya. Syarat bikinnya lebih sulit: setoran awal besar atau bayar secara khusus.

Cara mengecek nomor rekening BNI

Sangat panjang kalau semua dituliskan. Demi hemat waktu baca, berikut hanya delapan metode. Lagipula, satu sebenarnya cukup.

Lihat halaman depan buku tabungan

Bukalah sampul buku tabungan Anda. Di situ tertera beberapa angka. Cukup banyak sehingga sebagian orang bingung. Jika Anda termasuk, berikut gambar letak nomor rekening BNI.

Contoh nomor rekening BNI
Contoh nomor rekening BNI

Buka e-statement atau rekening koran

Tidak semua tipe tabungan BNI mendapat buku tabungan. Taplus Muda contohnya. Namun sebagai ganti, para pengguna dikirimi e-statement tiap bulan via email.

Fungsi e-statement persis seperti buku tabungan. Silakan buka dan baca dengan teliti. Anda bakal menemukan nomor rekening di sana. Begitu juga dengan rekening koran (PDF ataupun tercetak kertas).

Cek nomor rekening via ATM

ATM dimaksud yakni mesinnya. Pada permukaan depan kartu debit memang terdapat deretan angka. Akan tetapi itu bukan nomor rekening. Jumlah digitnya saja beda (16 digit).

Berikut cara memanfaatkan mesin dan kartu ATM untuk mengetahui norek sendiri:

  • Masukkan kartu ke ATM.
  • Pilih Bahasa Indonesia.
  • Input PIN ATM.
  • Pilih menu Transaksi Lainnya.
  • Pilih submenu Informasi Saldo.
  • Layar menampilkan jumlah saldo beserta nomor rekening milik Anda.

Lihat pada aplikasi mobile banking

Cara berikut menggunakan handphone di tangan. Syaratnya Anda sudah terdaftar layanan e-banking. Jika sudah, silakan ikuti langkah-langkah ini.

  • Buka aplikasi m-banking.
  • Login dengan memasukkan User ID dan MPIN.
  • Cari dan klik menu Informasi Akun.
  • Layar bakal menampilkan detail berisi nomor rekening rekening Anda.

Cari nomor rekening di internet banking

  • Buka browser smartphone, tablet, laptop, atau komputer desktop.
  • Akses link ibank.bni.co.id.
  • Login dengan memasukkan username dan password.
  • Cari dan klik menu Informasi Rekening.
  • Layar menampilkan laman berisi nomor rekening Anda.

Mengecek informasi rekening bukan transaksi finansial. Anda tidak perlu token BNI e-Secure ataupun m-Secure. Setelah menemukan, silakan salin atau capture untuk menyimpan.

Lacak SMS pada ponsel

SMS banking juga bisa diandalkan. Silakan tik SAL dan kirim 3346. Kemudian ikuti petunjuk pada pesan balasan. Nantinya informasi saldo beserta nomor rekening bisa Anda dapatkan.

Apalagi SMS notifikasi. Sayangnya harus ada saldo keluar atau masuk dulu. Namun jika SMS sebelumnya belum dihapus, Anda bisa melihat kembali. Jadi silakan cek SMS pada handphone masing-masing.

Tanya kantor cabang atau BNI Call Center

Mengecek nomor rekening dengan cara di atas harus ada buku tabungan, kartu ATM, terdaftar e-banking, dan bisa login. Lalu bagaimana jika hilang atau terblokir? Silakan tanya kepada customer service BNI.

Ada dua cara menghubungi mereka: datang ke kantor cabang atau telepon BNI Call Center pada nomor 1500046. Cukup berbekal KTP dapat dilacak kepemilikan nomor rekening Anda pada bank tersebut.

Obok-obok akun toko online atau lainnya

Rekening umum dipakai pada akun lain. Salah satunya e-commerce. Jika Anda pernah melakukannya, silakan cek histori belanja atau obok-obok pengaturan akun. Nomor rekening biasanya tercatat di sana.

Cara mengetahui nama pemilik nomor rekening

Ini tidak kalah penting. Biasanya dibutuhkan saat transfer. Tips memastikan nomor rekening tujuan benar, salah satunya dengan mengetahui nama pemiliknya. Sehingga kegagalan atau salah kirim bisa dihindari.

Caranya dengan … “seakan mau transfer”. Maksudnya, silakan baca yang saya contohkan menggunakan internet banking di bawah.

  • Login internet banking BNI.
  • Pilih menu Transaksi > Info dan Andminsitasi Transfer > Atur Rekening Tujuan > Tambah Rekening Tujuan > dan klik OK.
  • Masukkan nomor rekening yang ingin diketahui nama pemiliknya.
  • Tekan tombol Lanjutkan.
  • ….

Tidak perlu menyelesaikan proses di atas. Cukup sampai tahap itu sudah muncul nama pemilik rekening. Selain internet banking, metode serupa berlaku pada ATM, m-banking, dan lainnya.

Proses Atur Rekening Tujuan Transfer juga dapat mengecek status. Saat muncul nama, artinya nomor rekening masih aktif. Sebaliknya, rekening hangus tidak memunculkan apa-apa.

Cara mengetahui alamat pemilik nomor rekening

Kadang, kepo nomor rekening orang tidak cukup atas-namanya. Terlebih ia habis menipu kita. Kita butuh lebih detail. Misal, alamat rumahnya biar bisa mendatangi untuk meminta pertanggungjawaban.

Petugas bank yang berwenang memang bisa melacak sejauh itu. Namun sesama nasabah, tidak. Paling mentok hanya area atau kantor cabang penerbit nomor rekening tersebut.

Ya, empat digit paling depan dari nomor rekening BNI merupakan identitas kantor cabang bank. Beda area beda angkanya. Beberapa orang bisa mengetahui lokasinya hanya berdasarkan itu.