Cara mengaktifkan BNI Mobile Banking akan melewati dua tahap. Yaitu registrasi dan aktivasi. Asalkan memenuhi syarat, keduanya bisa melalui hp. Sehingga nasabah tidak perlu ke kantor cabang bank.

Syaratnya ialah punya nomor ponsel dan alamat email yang terdaftar pada BNI. Saat buka rekening pasti Anda kasih data kepada mereka. Jika hangus atau sandi lupa, mau tidak mau harus menggantinya ke bank.

Banksentral.com tahu banyak nasabah malas ke sana. Mereka maunya daftar m-banking BNI via ATM. Akhir-akhir banyak orang mencoba dan berhasil. Jika Anda tertarik silakan ikuti panduan selengkapnya di bawah.

Registrasi pakai hp

Pertama, pastikan Anda memenuhi persyaratan. Salah satunya sudah disebutkan di atas. Lalu, ceklah bahwa rekeningnya memang mendapat fasilitas e-channel (pada bank lain disebut e-banking).

Tidak semua tabungan BNI bisa m-banking. Tipe Taplus, Taplus Muda, dan Taplus Bisnis dipastikan iya. Rekening lain seperti Taplus Anak, TabunganKu, Simpel, dll., silakan tanyakan kepada customer service. Bisa melalui call center ataupun media sosial.

Jika sudah, silakan ikuti prosedur berikut:

  1. Download dan instal apk

Anda harus mengunduh aplikasinya dari developer resmi. Pengguna android silakan buka PlayStore. Pemilik iOS (iPhone) klik AppStore. Cara dan proses pemasangan tidak beda dengan apk lain.

  1. Registrasi
Registrasi BNI Mobile Banking
Registrasi BNI Mobile Banking

Buka aplikasi BNI Mobile Banking. Karena belum pernah mengaktifkan dan tidak punya user ID, kliklah tulisan Registrasi. Laman akan menampilkan proses selanjutnya.

  1. Setujui syarat dan ketentuan
Syarat dan ketentuan
Syarat dan ketentuan

Baca S&K penggunaan m-banking. Banyak orang men-skip. Namun sebaiknya Anda jangan. Selesai itu, pencet tombol YA, SAYA SETUJU. Layar aplikasi pun memuat langkah berikut.

  1. Isi formulir data nasabah
Mengisi data registrasi
Mengisi data registrasi

Silakan lihat gambar. Anda diminta mengisi beberapa data. Isilah sesuai nomor rekening yang hendak didaftarkan BNI Mobile Banking.

– Nomor rekening
– PIN ATM
– Email
– Tanggal lahir
– NIK (No. KTP)
– Buat user ID

Setelah lengkap, jangan lupa tekan tombol Daftar berwarna orange di bawahnya.

  1. Cek email

Biarkan aplikasi berjalan di latar belakang layar (tidak di-close). Lanjut login ke email yang baru saja didaftarkan. Cari pesan masuk dari BNI berisi kode registrasi.

  1. Konfirmasil kode registrasi
Konfirmasi kode registrasi
Konfirmasi kode registrasi

Beralih pada aplikasi lagi. Masukkan kode yang diterima melalui email. Caranya? Tik keyboard yang muncul pada layar ponsel. Kode terdiri dari enam digit angka.

  1. Registrasi berhasil
Registrasi berhasil
Registrasi berhasil

Setelah menginput kode dengan benar akan muncul pemberitahuan: Selamat, user ID Anda telah teregistrasi. Langkah selanjutnya ialah klik tombol Aktivasi.

Aktivasi aplikasi BNI Mobile Banking

Registrasi sukses. User ID telah dibuat. Waktunya bikin MPIN dan Password Transaksi. MPIN berfungsi mengamankan aplikasi agar tidak dibuka orang lain. Sedangkan Password Transaksi untuk transaksi finansial maupun nonfinansial.

  1. Validasi data

Setelah tombol Aktivasi diklik (pada gambar atas), aplikasi meminta konfirmasi data kembali. Yakni:

Aktivasi
Aktivasi

User ID: (yang dibuat tadi)
– No. kartu debit/ATM: (angka 16 digit pada permukaan depan kartu)
– Lokasi negara: (pilih sesuai posisi)
– Kode refferal: (bisa dikosongkan atau baca detailnya pada FAQ di bawah)

Lalu tekan tombol Ya, Kirim OTP. Anda diarahkan ke menu SMS yang sudah berisi format perintah. Kirimkanlah ke nomor 3346 agar dapat balasan OTP (butuh pulsa sekira 1.500–3.750).

  1. Masukkan OTP
Kode OTP
Kode OTP

Buka aplikasi m-banking BNI kembali. Masukkan kode OTP yang didapat via SMS. Jika benar, lanjut tahap berikut.

  1. Membuat MPIN dan Password Transaksi
Buat MPIN dan Password Transaksi
Buat MPIN dan Password Transaksi

– MPIN: (silakan tentukan enam digit angka)
– Password Transaksi: (kombinasi huruf dan angka berjumlah 8–12 karakter). Kemudian pencet tombol Simpan.

  1. Aktivasi berhasil
Selamat, aktivasi sukses
Selamat, aktivasi sukses

Layar menampilkan pesan, Congrats! Artinya registrasi dan aktivasi berhasil. Silakan klik tombol Explore untuk melihat menu-menu transaksi yang bisa Anda manfaatkan pada m-banking BNI.

Daftar BNI Mobile Banking via ATM

Seperti dijelaskan di atas. Syarat BNI Mobile Banking ialah memiliki nomor hp yang tercatat pada sistem BNI. Jika tidak, jangan khawatir. Anda tetap bisa mendaftar dengan mendatangi kantor cabang bank.

Mengunjungi bank sekadar mengaktifkan mobile banking bagi sebagian orang bikin malas. Harus pada jam kerja dan di sana biasanya antre. Belum lagi jika sibuk kerja dan lokasi jauh. Lalu, apa solusinya?

Cobalah mendaftarkan nomor handphone agar tercatat pada BNI melalui ATM. Mesin ini tersebar di mana-mana. Serta dapat beroperasi 24 jam. Caranya sebagai berikut.

  • Cari dan temukan ATM terdekat.
  • Masukkan kartu debit dan PIN-nya.
  • Pilih menu Registrasi E-channel.
  • Klik submenu BNI Phone Banking.
  • Pilih Daftar Keanggotaan Phone Banking.
  • Klik Setuju.
  • Masukkan nomor hp.
  • Selanjutnya bikin PIN Phone Banking (enam digit angka).
  • Konfirmasi PIN sekali lagi.
  • Klik Benar.
  • Tunggu sebentar hingga handphone mendapat SMS berisi OTP.
  • Input OTP ke ATM.
  • Layar monitor menampilkan pesan pendaftaran berhasil. Kertas struk keluar sebagai bukti.

Selesainya tahap ini berarti nomor hp Anda sudah tersimpan pada database BNI. Proses berikutnya tinggal mendownload dan mengaktivasi aplikasi BNI Mobile Banking pada ponsel. Caranya sama persis seperti di atas.

Mengaktifkan BNI Mobile Banking di bank

Pakai dua metode di atas tetapi gagal terus? Tidak masalah. Saldo tabungan Anda tetap aman. Kesempatan menikmati m-banking pun masih ada. Kali ini caranya dengan meminta bantuan customer service di bank.

Datanglah ke kantor BNI mana saja. Registrasi mobile banking tidak harus di cabang asal pembuatan rekening. Ke sana tidak diminta surat keterangan domisili apalagi NPWP. Cukup bawa:

Persyaratan

  1. Kartu identitas
    (KTP, kartu pelajar, atau paspor)
  2. Kartu ATM
    (Kartu debit BNI GPN hijau, orange; Mastercard silver, gold, platinum; atau tipe lain)
  3. Buku Tabungan
    (Pengguna e-statement Taplus Muda tidak wajib membawa)
  4. Nomor hp aktif
    (Bisa prabayar atau pascabayar. Saran saya gunakan provider seluler terkenal. Misal Telkomsel: Simpati, Halo; Indosat: Mentari, IM3, Matrix; Three/Tri/3; dll.)
  5. Handphone atau ponsel
    (Sistem operasi yang mendukung yakni android dan iOS)
  6. Pulsa dan kuota data internet
    (Sekira 5.000 dan minimal 5–10 MB).

Langkah-langkah

  • Bawa semua persyaratan ke bank BNI terdekat.
  • Sesampai di sana ambil nomor antrean bagian customer service.
  • Tunggu giliran dilayani.
  • Saat dilayani, katakan Anda mau mengaktifkan m-banking.
  • CS memberikan formulir pendaftaran e-channel.
  • Silakan isi dan serahkan kembali kepadanya.
  • Customer service kemudian memproses. Tidak ada lima menit, nomor hape Anda sudah teregistrasi layanan mbanking.

Info tambahan

Mendaftar BNI Mobile Banking melalui kantor cabang hasilnya sangat lengkap. Maksudnya, nasabah tinggal pakai. User ID, MPIN, dan Password Transaksi sudah dibikinkan oleh customer service.

Sebab itulah Anda sebaiknya sediakan pulsa dan kuota internet saat ke sana. Gunanya untuk verifikasi OTP dan download aplikasi. Jika tidak, registrasi saja cukup. Di rumah Anda bisa aktivasi sendiri. Caranya seperti di atas.

Biaya BNI Mobile Banking

Keuntungan m-banking bisa mempermudah transaksi. Info saldo, cek mutasi/history, transfer, pembelian, pembayaran, dll., dapat dilakukan menggunakan hp di tangan. Waktunya bisa 24 jam.

Padahal, tarifnya gratis. Antara nasabah yang menggunakan dan tidak, potongan administrasi tiap bulannya sama. Makanya, dengan kelebihan tersebut akan rugi jika rekening Anda tidak didaftarkan.

Meski demikian, cara kerja mobile banking ialah berjalan pada koneksi internet. Saat download aplikasi dan digunakan transaksi membutuhkan kuota data. Tentu perlu biaya sendiri. Namun untungnya bisa pakai wifi.

Begitu juga saat registrasi. SMS kode OTP mengharuskan nomor memiliki pulsa. Besarnya 1.500–3.750 tergantung provider seluler. Pengguna SIM-card pascabar akan ditagih tambahan biaya telepon bulan depannya.

FAQ

Apa manfaat BNI Mobile Banking?

Ia merupakan layanan e-channel selain ATM, SMS banking, SMS notifikasi, phone banking, dan internet banking. Dengannya, Anda bisa melakukan transaksi menggunakan hp. Sehingga tanpa perlu ke bank.

Bagaimana cara kerja mobile banking BNI?

Menggunakan aplikasi yang di-download dan diinstal pada ponsel android atau iOS. Pengguna wajib registrasi dan aktivasi terlebih dahulu untuk menghubungkan dengan rekening tabungan BNI.

Bagaimana cara mendapatkan user ID? Jumlahnya berapa digit?

Anda akan mendapatkannya saat registrasi pertama kali. Ia terdiri dari huruf dan angka. Nasabah bebas menentukan sendiri kombinasinya. Yang penting berjumlah 8–12 karakter.

Kode refferal aplikasi mobile banking harus diisi apa?

Bisa dikosongkan. Namun jika ingin, Anda bisa mengisinya dengan nomor handphone orang yang merekomendasikan Anda menggunakan aplikasi tersebut.

Bagaimana cara mengetahui user ID dan MPIN m-banking BNI yang lupa?

Saat pembuatan sebaiknya Anda catat. Dengan begitu bisa dilihat kembali. Namun jika terlanjur tidak, coba ingat-ingat sambil dicoba. Setelah salah tiga kali dan terblokir, cara unblock tidak susah.

Bagaimana jika aktivasi m-banking BNI gagal terus?

Pastikan aplikasi sudah update versi terbaru. Kemudian cek seting hp sudah benar. Jangan lupa sediakan pulsa minimal 5.000 agar bisa menerima kode OTP.

Jika tetap gagal, kemungkinan lain yaitu nomor belum terdaftar. Solusi yang sudah pasti ampuh ialah menemui customer service di kantor cabang BNI terdekat.

Apakah transaksi mobile banking aman?

Pasti. Ia dilengkapi MPIN untuk login/membuka aplikasi. Setiap melakukan transaksi juga butuh sandi tambahan berupa Password Transaksi.

Author

Penulis niche khusus #banksentral

Write A Comment