Cara mengatasi token BNI terblokir (LOCK PIN FAIL 3)

Token terkunci (LOCK) dapat dibuka via BNI Call Center, datang ke kantor cabang terdekat, atau secara online dengan kirim pesan ke bnidirect.bni.co.id.

Cara mengatasi token BNI terblokir sangat gampang. Nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang bank. Telepon BNI Call Center sudah bisa. Bahkan secara online dengan kirim email pun dapat berhasil.

Memang semudah itu. Pasalnya, membuka blokiran token BNI cuma butuh unlock code. Anda bisa mendapatkannya dengan metode di atas. Apakah dikenakan biaya? Tidak, selama token lama masih layak pakai.

Intinya, token BNI ter-lock tidak bahaya. Ia dapat diaktifkan kembali. Internet Banking tetap bisa login. Memang sebatas transaksi nonfinansial. Namun, paling penting saldo aman alias uang tidak berkurang sedikitpun.

Penyebab token BNI terblokir

Bagaimanapun, fungsi token sangat penting. Makanya LOCK PIN atau terkunci harus diperbaiki. Setelah itu jaga biar tidak bermasalah kembali. Salah satu caranya dengan mengetahui penyebabnya.

Token BNI tidak bakal terblokir sendiri. Cara kerja alat tersebut bukan secara online. Pihak bank pun tidak dapat menge-lock dari jarak jauh. Mereka bisanya memutus koneksi/sinkronisasi dengan Internet Banking.

Jadi, satu-satunya penyebab token BNI terblokir ialah Anda salah PIN tiga kali berturut. Soal kesalahan, barulah diakibatkan banyak hal. Antara lain lupa PIN, kepencet-pencet tidak sengaja, dan buat mainan anak.

Ciri-ciri token BNI terblokir

Salah PIN satu kali tidak mengakibatkan terblokir. Layar e-Secure memang menampilkan tulisan LOCK PIN FAIL 1. Akan tetapi masih bisa dicoba masukkan PIN lain lagi. Silakan pencet tombol segitiga.

Kesalahan PIN berikutnya merubah tampilan layar menjadi LOCK PIN FAIL 2. Artinya, kesempatan tinggal sekali lagi. Sebaiknya Anda hati-hati agar token BNI tidak benar-benar terblokir alias terkunci (LOCK PIN FAIL 3).

Setelah kesalahan ketiga-lah token benar-benar terblokir. Ciri-cirinya layar bertuliskan LOCK PIN FAIL 3. Anda pencet tombol segitiga tidak ada kesempatan memasukkan PIN lagi. Yang muncul malah angka acak tujuh digit.

Mengurus token BNI terkunci

Perlu diketahui bahwa token BNI ada tiga jenis: e-Secure, m-Secure, dan s-Secure. Silakan klik link untuk baca perbedaan, kelebihan, dan kekurangannya. Nanti akan tahu juga mengapa yang dibahas di bawah cuma dua.

Cara mengatasi e-Secure terblokir via BNI Call Center

  • Dial 1500046 (nomor telepon resmi BNI).
  • Dengarkan penjawab panggilan otomatis hingga ada pilihan bicara dengan BNI Call Officer.
  • Katakan bahwa token Anda bermasalah LOCK.
  • Kasih tahu nomor random pada layar dan angka seri (PUK) belakang token.
  • Masukkan unlock code yang dikasih BNI Call Officer.
  • Bikin PIN baru saat e-Secure terbuka dari blokiran (bisa disamakan dengan PIN lama).
  • Konfirmasi PIN dengan menginput sekali lagi.
  • Selesai. Layar token muncul tulisan APPLI_ menandakan normal seperti semula.

Sebelum menelepon, saran banksentral.com siapkanlah KTP, kartu debit, dan buku tabungan. Meski tidak melihat, BNI Call akan mengajukan pertanyaan. Antara lain nama dan alamat sesuai KTP, nomor kartu ATM dan rekening, serta perkiraan jumlah saldo terakhir.

Menelepon BNI Call Center menggunakan handphone jangan lupa sediakan pulsa yang cukup. Pulsa habis di tengah pembicaraan malah boros dan buang waktu. Soalnya Anda harus mengulang semua proses dari awal.

Mengatasi e-Secure BNI terblokir secara online

  • Login bnidirect.bni.co.id.
  • Cari menu Utilities > Help Desk.
  • Klik tab Compose.
  • Tulis pesan permintaan reset PIN (lihat gambar di bawah).
  • Tekan Submit.
Kirim pesan ke BNIdirect
Kirim pesan ke BNIdirect

Kirimlah pesan sebelum pukul 16.30 WIB. Agar email mendapat balasan hari itu juga. Lewat pukul tersebut akan ditunda hingga hari kerja berikutnya. Kode untuk unlock token bisa Anda temukan dalam email tersebut.

Cara mengurus e-Secure terkunci di kantor cabang BNI

  • Kunjungi bank BNI dengan membawa KTP, kartu ATM, buku tabungan, dan token yang bermasalah.
  • Ambil nomor antre bagian customer service.
  • Katakan bahwa e-Secure BNI Anda terblokir.
  • Serahkan token kepadanya (dikerjakan oleh CS, Anda hanya menunggu).
  • Selesai (token diserahkan kembali kepada Anda).

Anda boleh mengurus e-Secure terblokir di BNI beda cabang. Tidak harus di tempat asal buka rekening. Jika ditolak, biasanya disebabkan KTP beda dengan database BNI (misal ganti alamat tetapi data belum diperbarui).

Kendala di atas jarang terjadi. Jadi, meskipun KTP beda bisa dicoba ke cabang BNI terdekat. Paling penting Anda datang sendiri. Maksudnya tidak diwakilkan orang lain. Sekadar diantar ya boleh-boleh saja.

Cara mengatasi m-Secure BNI terblokir

Ini khusus pengguna token berbentuk aplikasi. Saat terkunci, cara paling mudah mengatasinya dengan menelepon BNI Call. Nanti dipandu menghapus, men-download ulang, dan mengaktivasi m-secure hingga dapat dipakai kembali.

Namun jika tidak mau modal pulsa, atau memang ingin ke kantor cabang, Anda tetap boleh mengurus m-secure BNI terblokir ke sana. Datanglah ke bank dengan membawa persyaratan. Antara lain KTP, buku tabungan, dan kartu ATM.

Biaya mengatasi token BNI terblokir

Membuka token BNI terkunci tidak dikenakan biaya alias gratis. Anda tidak perlu membayar untuk mendapat angka unlock code. Meski demikian, proses memintanya-lah yang keluar duit.

Meminta kode unlock dengan menelepon BNI Call Center membutuhkan biaya panggilan. Besarnya tergantung operator yang dipakai. Pernah saya pakai SimPati dan durasi 12 menit, pulsa terpotong sebesar 17.000.

Bagaimana biar tidak pakai pulsa? Silakan mengatasi token (jenis e-Secure ataupun m-Secure) terblokir di bank. Ongkos di sana cuma Rp10.000,00. Tepatnya buat bayar meterai yang ditempel di atas formulir maintenance.

Biaya-biaya tersebut khusus BNI e-token lama masih bisa dipakai. Jika rusak, mati, ataupun baterai habis harus ganti baru. Ia tidak gratis. Anda harus membayar dengan harga Rp20 ribu—Rp120 ribu.

Terakhir jika Anda pengguna m-Secure dan mengatasi terblokirnya secara online. Biaya lebih murah karena cuma butuh koneksi internet. Download file token BNI apk-nya tidak besar. Di bawah 500 MB sudah cukup.