Tujuan nasabah mendaftar internet banking BCA tentu agar bisa transaksi perbankan tanpa ke ATM ataupun teller. Karena hampir semua transaksi pada ATM dapat dilakukan oleh internet banking. Seperti cek saldo, transfer, isi ulang pulsa, dan pembayaran lain. Tentunya ini dilakukan dengan menggunakan gadget smartphone ataupun laptop.

Mendaftar internet banking BCA atau biasa disebut KlikBCA tidak dipungut biaya. Tarif administrasi bulanan antara yang mengaktifkan dan yang tidak tetap sama. Biaya yang diperlukan hanya bayar KeyBCA saja. Itupun sangat murah dan sekali doang. Sekira Rp10.000,00–Rp20.000,00.

Bagi yang belum tahu, KeyBCA atau token BCA adalah sebuah alat kecil yang digunakan sebagai pengaman tambahan saat transaksi internet banking. Alat ini harus diaktivasi dulu setelah mendaftar internet banking BCA. Setelah itu barulah bisa digunakan untuk melakukan transaksi finansial.

Mendaftar internet banking BCA atau IB BCA ada dua cara. Pertama, melalui ATM dan kedua, dengan mendatangi customer service di kantor cabang BCA. Tidak harus cabang tempat Anda bikin rekening dulu, cabang manapun tetap bisa asal BCA. Jadi, pilih saja yang terdekat.

Syarat Mendaftar Layanan Internet Banking BCA atau KlikBCA

Sebelum bahas cara mendaftar KlikBCA dan aktivasi KeyBCA, banksentral.com ingin bahas syaratnya dulu. Perlu diketahui bahwa tidak semua pemilik rekening tabungan BCA bisa mendapatkan layanan ini. Sebagian ada yang tidak karena bagaimanpun jenis tabungan BCA bermacam-macam.

Baca juga: 10 macam produk rekening tabungan BCA yang And bisa pilih

Sekalipun jenis rekening Anda bisa mendapatkan layanan ini, tetapi agar bisa menikmati harus mendaftarkan lebih dahulu. Syarat umumnya ialah memiliki kartu ATM BCA atau Paspor BCA. Contoh beberapa jenis rekening yang bisa di antaranya Tahapan, Expresi, BCA Dollar, dan sebagainya.

Cara Daftar Internet Banking BCA via ATM

Berdasarkan pengalaman pribadi bikin rekening baru BCA, internet banking tidak bisa didaftarkan saat itu juga. Saya saat itu harus menunggu 1 x 24 jam dulu. Berbeda dengan SMS banking dan mobile banking m-BCA yang bisa saat itu juga diaktifkan.

Mungkin karena malas bolak-balik menemui customer service inilah beberapa nasabah lebih suka mendaftar internet banking BCA melalui ATM. Selain bisa dilakukan selama 24 jam, cara ini juga tidak mengharuskan antre karena jumlah ATM yang tersebar cukup banyak. Bagi orang yang sibuk dan tidak bisa bolos kerja, cara ini pasti sangat membantu.

Dan cara mendaftar internet banking BCA via ATM adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan kartu ATM BCA atau Paspor BCA Anda.
  2. Masukkan PIN ATM dengan benar.
  3. Pilih menu Daftar E-Banking/Autodebet.
  4. Pilih menu Internet Banking.
  5. Masukkan PIN KlikBCA keinginan Anda (6 digit).
  6. Masukkan ulang PIN KlikBCA.
  7. Mesin akan mengeluarkan struk berisi user ID Anda yang nanti digunakan untuk login internet banking BCA.

Setelah melewati tahap di atas, Anda perlu login pertama untuk mendaftarkan email dan nomor telepon. Caranya akan dijelaskan di bawah. Begitu juga setelah Anda mendapatkan KeyBCA atau token. Harus diaktivasi terlebih dahulu. Cara ini juga akan dijelaskan di bawah.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan ATM, SMS banking, mobile banking, dan internet banking

Cara Mendaftar Internet Banking BCA KlikBCA Melalui Customer Service

Mendaftarkan internet banking BCA melalui ATM hanya bisa untuk transaksi nonfinansial seperti cek saldo, mutasi rekening, dan informasi lain saja. Agar bisa melakukan transaksi finansial seperti transfer, isi ulang pulsa, dan pembayaran, harus disertai KeyBCA. Alat ini bisa didapatkan dengan meminta ke customer service officer BCA.

Jadi, mendaftarkan internet banking BCA sebenarnya lebih baik melalui customer service langsung. Meskipun harus antre, Anda akan sekaligus mendapatkan KeyBCA. Bahkan biasanya di sana seluruh proses akan dikerjakan olehnya. Anda hanya tinggal menunggu dan duduk manis saja.

Namun, sebelum Anda ke kantor cabang BCA, ada beberapa syarat yang harus dibawa. Di antaranya yaitu kartu identitas berupa KTP, SIM, atau Paspor; buku tabungan; dan kartu ATM. Syarat-syarat ini ditunjukkan kepada CS sebagai bukti bahwa Anda pemilik rekening yang akan diaktifkan layanan internet banking-nya.

Cara Login Internet Banking BCA Pertama Kali dan Aktivasi KeyBCA

Bagi Anda yang mendaftar internet banking BCA melalui ATM, cara login pertama kalinya ialah sebagai berikut:

  1. Kunjungi laman internet banking BCA melalui smartphone atau laptop. Alamatnya ialah https://ibank.klikbca.com.
  2. Cari dan klik tombol login.
  3. Masukan user ID (dapat dilihat pada struk saat Anda registrasi internet banking) dan PIN internet banking (yang Anda buat saat registrasi internet bank BCA via ATM).
  4. Tampil halaman yang bertuliskan “Syarat dan ketentuan KlikBCA”. Anda harus baca dan kemudian klik “Setuju/Agree”.
  5. Masukkan email dan nomor kartu ATM BCA Anda serta pilih bahasa yang hendak digunakan (Bahasa Inggris/Indonesia).
  6. Selesai dan laman akan menampilkan menu-menu utama. Menu utama inilah merupakan jenis-jenis transaksi yang bisa Anda lakukan dengan internet banking BCA.

Sekali lagi harap diingat. Mendaftarkan internet banking BCA via ATM hanya bisa untuk transaksi finansial. Agar bisa melakukan transaksi finansial juga, harus memiliki KeyBCA.

Cara Aktivasi KeyBCA

KeyBCA bisa Anda dapatkan dengan meminta kepada customer service BCA. Datanglah ke kantor cabang BCA terdekat dan Anda pasti akan dikasih bahkan dibantu aktivasi. Jika tidak dibantu, Anda bisa aktivasi KeyBCA sendiri dengan cara berikut ini.

Bikin PIN KeyBCa

Alat kecil ini dilengkapi PIN yang harus diisikan setelah Anda menyalakan. Cara bikin PIN KeyBCA pertama kali ialah sebagai berikut:

  • Login email yang tadi Anda daftarkan saat pertama kali login KlikBCA. Cari di inbox ada kode untuk aktivasi KeyBCA.
  • Nyalakan KeyBCA dengan menekan tombol merah bersimbol ◄. Masukkan kode yang tadi Anda temukan pada email.
  • Bikin PIN KeyBCA baru (terdiri enam digit). Masukkan ulang sekali lagi untuk konfirmasi. Jika langkah-langkahnya benar, pembuatan PIN akan sukses dengan ditandai layar token bertuliskan lagi APPLI.

Aktivasi KeyBCA

Setelah PIN KeyBCA berhasil dibikin, sekarang tinggal aktivasi KeyBCA pada halaman internet banking BCA Anda. Caranya seperti di bawah ini:

  1. Login ke KlikBCA dengan menggunakan user ID dan PIN internet banking BCA Anda.
  2. Karena tadi sudah login pertama, maka laman internet banking BCA Anda sudah bisa menampilkan menu-menu utama.
  3. Cari menu “Administrasi” dan klik “Aktivasi keyBCA”. Akan muncul laman dengan beberapa kolom yang perlu diisi.
  4. Kolom paling atas Anda isi dengan nomor kartu ATM Anda (lihat pada permukaan atas kartu ATM. Terdiri 16 digit).
  5. Kolom kedua Anda isi dengan nomor seri KeyBCA. Seri ini bisa Anda temukan dibelakang alat KeyBCA.
  6. Kolom berikutnya Anda isi dengan kode respon APPl 1 (caranya baca poin 7).
  7. Hidupkan KeyBCA dengan menekan tombol merah dan masukkan PIN KeyBCA. Saat muncul tulisan APPLI, tekan angka 1. Maka KeyBCA akan menampilkan kode respon yang terdiri 8 digit angka. Angka inilah yang harus dimasukkan pada kolom poin nomor 6 di atas.
  8. Klik tombol kirim dan selesai.

Baca juga: Perbedaan SMS banking, mobile banking, dan internet banking pada BCA, BNI, BRI, Mandiri, dll

Dengan mendaftarkan internet banking BCA dengan cara di atas, login pertama, dan aktivasi KeyBCA seperti yang barusan dijelaskan, maka Anda sudah bisa melakukan transaksi menggunakan layanan internet banking BCA, baik transaksi finansial maupun nonfinansial.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

1 Comment

  1. Abdul Muhajir Reply

    Sangat lengkap penjelasannya, saya gak perlu antri lama-lama lagi di bank untuk daftar internet banking.

Write A Comment