TabunganKu BRI: syarat, cara bikin, kelebihan dan kekurangannya

Syarat pembuatan rekening TabunganKu BRI sangat mudah. Calon nasabah cukup membawa kartu identitas dan uang setoran awal. Mereka tidak diwajibkan menyertakan kartu NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak. Jika punya silakan dibawa. Namun jika tidak, mereka tetap diterima alias tidak bakal ditolak.

Begitu juga dengan proses bikinnya. Pembuatan rekening TabunganKu BRI caranya sama dengan pembuatan tabungan Simpedes, BritAma, ataupun tipe rekening BRI lain. Anda harus datang ke kantor cabang sesuai domisil, bawa persyaratan di atas, dan kemudian memilih jenis rekening yang telah ditentukan.

Dengan mudahnya persyaratan maka TabunganKu BRI memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya tidak dilengkapi fasilitas kartu ATM. Padahal fungsi kartu debit itu banyak. Di antaranya untuk cek saldo, tarik tunai, transaksi perbankan lain, dan registrasi fitur e-channel (SMS banking, mobile banking, dan internet banking).

Meski begitu bukan berarti TabunganKu BRI tidak memiliki kelebihan. Hal paling menguntungkan dari rekening ini yaitu tidak ada biaya administrasi tiap bulan. Padahal setiap hari mendapatkan suku bunga dengan jumlah menarik. Dengan alasan ini maka rekening TabunganKu sangat cocok untuk kebutuhan menyimpan uang.

Syarat dan ketentuan buka rekening TabunganKu BRI

Persyaratan membuat rekening TabunganKu BRI yang dijelaskan banksentral.com di atas secara garis besar. Sedangkan detailnya memiliki ketentuan sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI). Rekening BRI tipe lain bisa dibikin oleh WNA. Khusus TabunganKu hanya boleh WNI.
  • Ditujukan untuk perorangan. Hanya diperbolehkan untuk penggunaan pribadi/individu. Dilarang dipindahtangankan kepada orang lain. Tidak diizinkan untuk pemakaian badan usaha (tidak cocok).
  • Memiliki kartu identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), atau paspor. Secara tidak langsung persyaratan ini menyatakan harus berusia 17 tahun ke atas. Padahal, rekening TabunganKu ini bisa dibikin oleh anak-anak dan pelajar. Caranya silakan baca ke bawah.
  • Uang setoran awal minimal Rp20.000,00. Nominal ini paling kecilnya. Sedangkan maksimalnya terserah. Bank pasti menerima sebanyak apapun uang Anda. Setoran berikutnya minimum Rp10.000,00.
  • Surat keterangan domisili jika Anda bertempat tinggal tidak sesuai dengan alamat pada kartu identitas. Surat ini bisa diganti dengan surat rekomendasi dari perusahan tempat Anda kerja.
  •  NPWP jika punya.

Syarat membuat rekening TabunganKu BRI untuk pelajar dan anak usia di bawah 17 tahun

Pelajar dan anak-anak berumur di bawah 17 tahun diperbolehkan juga membuka rekening ini. Karena mereka belum mempunyai KTP, maka persyaratan diganti dengan kartu identitas lain. Bisa berupa kartu pelajar, akta kelahiran, dan kartu keluarga (KK). Umur berapa pun pasti memiliki dokumen ini.

Pembuatan rekening TabunganKu untuk pelajar dan anak-anak dibagi menjadi dua golongan. Pertama, usia 0–12 tahun. Syaratnya yaitu didampingi orang tua/wali dan wali harus memiliki rekening Simpedes atau BritAma. Sedangakan dokumen anak yang diperlukan yakni akta kelahiran atau kartu keluarga (KK).

Golongan kedua usia 12–17 tahun. Hampir semua anak pada umur ini merupakan pelajar. Jadi persyaratannya menggunakan kartu pelajar dan setoran awal minimal Rp20.000,00. Mereka tidak diharuskan didampingi orang tua atau wali. Namun harus membawa fotokopi KTP dan surat persetujuan darinya.

Kartu pelajar bisa diganti dengan surat keterangan dari sekolah yang menyatakan bahwa  benar-benar salah satu peserta didiknya. Ini diperlukan jika pihak sekolah tidak ada/tidak memberikan kartu pelajar kepada siswanya.

Cara membuat rekening TabunganKu BRI

Saya cek di situs resminya, https://eform.bri.co.id, tidak ada formulir pendaftaran TabunganKu BRI secara online. Artinya, tabungan ini hanya bisa dibuat dengan cara biasa: mengunjungi kantor cabang BRI dengan membawa semua persyaratan yang diperlukan. Anda harus datang sendiri/tidak boleh diwakilkan orang lain.

Sama seperti rekening simpanan BRI lain, pembuatan TabunganKu juga dikerjakan oleh petugas bank bagian customer service. Maka nomor antrean yang Anda ambil harus bagian ini, bukan teller. Setelah itu tunggu sampai Anda mendapat giliran untuk dilayani.

Saat dilayani, sambil menyerahkan semua persyaratan langsung saja katakan kepada customer service bahwa Anda mau membuka rekening TabunganKu BRI. Dia kemudian memberikan formulir pendaftaran yang harus isi. Setelah selesai, CS. selanjutnya mencetakkan buku TabunganKu BRI atas nama Anda.

Terakhir, Anda akan disuruh menyerahkan setoran awal di bagian teller. Di sana buku tabungan sekalian di-print out. Dengan begitu uang setoran awal tercatat telah masuk ke dalam rekening. Setelah itu Anda sudah bisa pulang setelah menerima buku tabungan kembali.

Meski didampingi dan sebagain menggunakan data orang tua, rekening TabunganKu untuk anak dan pelajar tetap atas nama anak. Formulir pendaftaran harus ditandatangani di atas meterai seharga 6.000. Jika tanda tangan tidak mirip seperti pada KTP, customer service akan menyuruh Anda mengulangi sampai beberapa kali.

Kelebihan dan kekurangan TabunganKu BRI

TabunganKu sejatinya program pemerintah yang diluncurkan sejak 2010 oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono yang saat itu menjabat sebagai presiden. Tujuannya untuk menumbuhkembangkan budaya menabung pada masyarakat menengah ke bawah. Maka tidak mengherankan syarat dan ketentuan pembuatan rekening ini ringan dan terjangkau.

Demi mencapai tujuan, TabunganKu tidak hanya di BRI, melainkan juga pada 70 bank nasional dan pembangunan daerah. Di antaranya yaitu BCA, BNI, Mandiri, dan banyak lagi bank konvensional maupun syariah.

Meski demikian, TabunganKu pada bank satu dengan lainnya tidak selalu sama. Hal ini karena terdapat dua tipe. Pertama, TabunganKu tipe standard (seragam pada semua bank) dan kedua, TabunganKu tipe customized. Tipe terakhir sudah disesuaikan dengan kebijakan masing-masing bank penyelenggara.

Khusus pada BRI, seperti tabel di bawah inilah keunggulan dan kelemahan rekening TabunganKu.

No.KelebihanKekurangan
1Syarat pembuatan gampang, setoran awal dan setoran berikutnya terjangkauTidak mendapatkan kartu ATM
2Mendapatkan fasilitas buku tabunganTidak dapat menikmati fasilitas SMS banking, mobile banking, dan internet banking
3Biaya administrasi setiap bulan gratisBaca juga: BRI Mobile: SMS banking dan internet banking jadi satu aplikasi
4Suku bunga menarik dan dihitung per hari

Tarif atau biaya TabunganKu BRI

  • Biaya pembuatan rekening: gratis.
  • Biaya administrasi per bulan: gratis.
  • Biaya pembuatan buku tabungan baru: gratis.
  • Biaya ganti buku karena hilang, rusak, ataupun sudah penuh: gratis.
  • Biaya saldo di bawah minimum: gratis.
  • Rekening pasif (tidak ada transaksi selama 6 bulan berturut-turut): Rp2.000,00.
  • Biaya tutup rekening: Rp20.000,00.

Mungkin sebagian dari Anda bertanya: Tidak mendapatkan kartu ATM, lalu bagaimana cara tarik tunai pada tabunganKu BRI? Bisa melalui teller di kantor cabang BRI manapun. Dengan persyaratan bawa buku tabungan, kartu identitas, dan mengisi slip penarikan. Hanya bisa dilayani pada hari dan jam kerja, serta minimal penarikan Rp100.000,00.

Pertanyaan lain: Apakah bisa menerima transferan? Ya, rekening TabunganKu BRI bisa menerima transfer baik dari setor tunai, sesama BRI, maupun dari bank lain. Bank mana dengan produk TabunganKu terbaik? Silakan bandingkan dengan: Kelebihan dan kekurangan TabunganKu BCA.

Leave A Reply

Navigate