BRI Mobile: SMS Banking dan Internet Banking dalam Satu Aplikasi

Sama seperti bank lain, BRI juga menyediakan fasilitas e-banking. Layanan ini meliputi SMS banking, internet banking, dan mobile banking BRI. Dengannya, selain tarik tunai, nasabah bisa transaksi perbankan tanpa ke ATM. Cukup dari rumah menggunakan handphone, tablet, ataupun laptop.

Transaksi SMS banking menggunakan plain text. Caranya lumayan ribet: harus mengetik format kode perintah dan kirim ke nomor yang telah ditentukan. Sedangkan internet banking menggunakan browser laptop atau smartphone. Buka perambah dan kemudian kunjungi situs https://ib.bri.co.id.

Bagaimana dengan mobile banking BRI? Khusus bank ini, BRI Mobile adalah sebuah aplikasi smartphone yang dapat menjalankan SMS banking dan internet banking BRI sekaligus. Kelebihannya banyak. SMS banking tidak perlu mengetik format. Sedangkan internet banking lebih hemat karena tidak perlu mtoken lagi.

Apa itu BRI Mobile?

Sudah sedikit dijelaskan di atas. BRI Mobile merupakan sebuah aplikasi yang dapat diinstal pada smartphone. Gunanya untuk memudahkan transaksi perbankan. Tidak hanya SMS banking dan internet banking BRI, aplikasi ini juga dapat menjalankan layanan call BRI, info BRI, dan T-bank BRI.

Hampir semua smartphone keluaran terbaru dapat men-download dan menginstal aplikasi BRI Mobile. Tidak perlu mahal atau merek terkenal. Handphone biasa juga bisa asalkan dengan syarat sistem operasi Android, iOS, Windows Phone, atau Blackberry OS.

SMS banking bisa dilakukan menggunakan plain text, sedangkan internet banking memakai browser. Lalu mengapa harus pasang aplikasi m-banking BRI juga? Perlu diketahui, menggunakan BRI Mobile banyak keuntungan. Di antaranya sebagai berikut.

Kelebihan BRI Mobile

Apliksi BRI Mobile dirancang khusus agar memiliki banyak kelebihan. Di dalamnya terdapat fitur unggulan untuk memudahkan transaksi. Sehingga, nasabah BRI pengguna layanan ini mendapatkan keuntungan seperti uraian di bawah.

Hemat, nyaman, dan aman

Demi jaminan keamanan, transaksi finansial internet banking BRI harus ditambah kode pengaman selain password. Kode ini disebut mtoken. Terdiri dari beberapa digit angka dan didapat melalui SMS. Tentunya dikirim BRI ke nomor hp kita yang sudah didaftarkan atau diregistrasikan.

SMS token dikenakan tarif. Biayanya memotong pulsa langsung.

Namun tidak terjadi demikian saat akses internet banking versi mobile BRI. Asalkan nomor hp yang terdaftar dimasukkan ke slot SIM, aplikasi secara otomatis melakukan autentikasi. Sehingga transakai tidak memerlukan mtoken. Namun tetap aman dan tentunya hemat pulsa.

Berjalan pada jaringan internet dan SMS

Saat mengakses layanan internet banking BRI versi aplikasi BRI mobile, jaringan yang digunakan yaitu internet. Koneksi tidak harus dari kuota data pada nomor hp terdaftar. Dari nomor hp lain bahkan WiFi pun tidak masalah. Begitu juga dengan tingkat jaringannya. Bisa GPRS, EDGE, 3G, apalagi 4G.

Bagaiman saat digunakan untuk layanan SMS banking BRI? Secara otomatis menggunakan jaringan SMS. Jaringan internet terputus dan biaya transaksi dikenakan melalui pemotongan pulsa. Berapa tarifnya? Silakan baca di sini.

Gampang dan nyaman

Kelebihan BRI mobile paling signifikan akan Anda temui saat digunakan akses SMS banking. Bandingkan aja, menggunakan plain text harus mengetik format atau kode perintah secara manual. Pengetikan harus benar karena kalau salah bisa mengakibatkan transaksi batal, gagal atau tidak terproses.

Namun, Anda tidak perlu ribet seperti itu bila akses SMS banking menggunakan BRI Mobile. Semua daftar transaksi sudah tersedia dalam tampilan menu. Anda tinggal pilih dan klik sesuai kebutuhan. Selain gampang, tentu meminimalkan kesalahan yang mengakibatkan boros pulsa.

Fitur daftar pembayaran

Aplikasi BRI Mobile memiliki fitur menyimpan daftar transaksi. Begitu Anda selesai (misal) transfer uang, nomor rekening tujuan bisa di-save. Sehingga tidak perlu mengetik nomor rekening ulang saat akan transfer kembali. Anda tinggal klik untuk membuka dan input nomor rekening dari dalam daftar.

Fitur ini bisa menampung banyak nomor rekening. Bisa ditambahkan dan dihapus kapan saja tanpa perlu transfer terlebih dahulu. Situasi di atas hanya contoh.

Daftar transaksi lengkap

BRI Mobile merupakan aplikasi perbankan dengan fitur sangat lengkap. Bagaimana tidak, aplikasi ini gabungan SMS banking dan internet banking BRI jadi satu. Saking lengkapnya, hampir semua transaksi pada ATM bisa dilakukan dengan aplikasi ini. Di antaranya yaitu cek saldo; transfer dana sesama dan antarbank; mutasi histori; isi ulang pulsa; bayar tagihan bulanan PLN, internet, kartu kredit, PAM, dll.

Syarat BRI Mobile banking

Syarat menggunakan BRI Mobile ialah memiliki tabungan BRI. Namun, tidak semua produk tabungan BRI dilengkapi layanan ini. Hanya empat dari sepuluh jenis yang mendapatkan. Yaitu Tabungan BRI Britama, Tabungan BRI Simpedes, Tabungan Giro BRI, dan Tabungan BRI Junio.

Memiliki rekening tabungan BRI di atas tidak serta merta dapat menikmati BRI Mobile. Anda harus mendaftar atau registrasi layanan internet banking BRI dan SMS banking BRI dulu. Meski bisa melalui ATM, saran saya, daftarkan melalui customer service pada cabang BRI terdekat saja. Dengan begitu layanan transaksi finansial juga diaktifkan.

Syarat BRI Mobile berikutnya ialah memiliki nomor hp dan smartphone untuk instalasi aplikasinya. Nomor handphone bisa SIM dari operator Indosat, Terkomsel, TRI, atau lainnya. Sedangkan smartphone-nya bisa merek dan tipe apa saja. Terpenting dengan sistem operasi Android, iOS iPhone, Windows Phone, atau BlackBerry OS.

Download aplikasi BRI Mobile

Akses m-banking BRI harus menggunakan aplikasi. Selain aplikasi telah terinstal, SIM card dengan nomor sudah diregistrasi SMS banking dan internet banking juga harus dipasangkan pada smartphone. Taruhlah kartu SIM pada slot 1 jika handphone yang digunakan mendukung dual SIM.

Ada dua cara download aplikasi BRI Mobile. Cara pertama dan paling aman dengan mengunjungi pusat aplikasi ponsel masing-masing: pada Android di Play Store, Windows Phone di Store/Bursa, iOS di AppStore, dan BlackBerry OS di BlackBerry World. Telitilah terbih dahulu sebelum mengunduh. Pastikan developer asli dari BRI.

Aplikasi BRI Mobile juga bisa di-download dan diinstal secara manual. Yaitu dengan file apk. File bisa dari bluetooth atau kiriman email orang lain. Atau diunduh dari situs penyedia apk di internet. Cara kedua ini tidak disarankan karena keasliannya diragukan. Menggunakan aplikasi BRI mobile palsu atau abal-abal bisa bahaya.

Cara aktivasi aplikasi BRI Mobile

Setelah memenuhi syarat-syarat di atas, Anda sudah bisa melakukan transaksi dengan aplikasi BRI Mobile. Namun, belum semua alias SMS banking saja. Untuk internet banking BRI, terlebih dahulu harus diintegrasikan dengan cara aktivasi. Tahap-tahapannya seperti berikut:

  1. Login internet banking BRI melalui browser. Bisa dengan komputer/PC, laptop, tablet, atau perambah handphone.
  2. Saat akun sudah berhasil login, cari menu Daftar BRI Mobile.
  3. Klik dan lakukan pendaftaran sesuai instruksi pada layar. Misal, pengisian data, konfirmasi data, dan lain sebagainya. Sampai selesai.
  4. Logout atau keluar dari akun internet banking BRI pada browser.
  5. Nomor hp Anda yang sudah teregistrasi akan memperoleh SMS berisi link download aplikasi BRI Mobile.
  6. Unduh dan instal aplikasi dengan benar.
  7. Buka aplikasi. Anda akan menemukan berbagai menu. Antara lain Info BRI, Internet Banking BRI, Mobile Banking BRI, Call BRI, dan T-bank BRI.
  8. Pilih Internet Banking BRI untuk mengaktifkan mobile banking dengan jaringan internet.
  9. Tekan pilihan Aktivasi BRI Mobile.
  10. Jika melakukan tahapan di atas dengan benar, nomor hp Anda akan mendapat SMS notifikasi bahwa layanan BRI Mobile telah aktif dan siap digunakan untuk transaksi, baik nonfinasial ataupun finansial.

Kira-kira begitulah info mengenai BRI Mobile. Intinya, aplikasi tersebut bisa digunakan SMS banking dan internet banking BRI sekaligus. Cara penggunaan lebih simpel dan hemat pulsa. Download-nya bisa melalui Playstore, AppStore, Bursa, atau file mobile apk.

Jika dalam penggunaan terdapat kendala, misal transaksi gagal, coba cek pulsa atau ketersediaan jaringan internet. Pastikan juga bahwa layanan SMS banking dan internet banking BRI pada rekening Anda sudah terdaftar dan tidak terblokir. Bila semua dipastikan benar tetapi tetap gagal, silakan tanyakan BRI call center atau datangi cabang BRI terdekat.

1 Comment

  1. Sangat membantu 😃 jadi paham bedanya internet banking sama mobile banking…

Leave A Reply

Navigate