Kelebihan dan Kekurangan TabunganKu BCA

TabunganKu merupakan program pemerintah yang diluncurkan pada 70 bank nasional dan bank pembangunan daerah sejak 20 Februari 2010. Karenanya, TabunganKu bukan hanya ada di BCA saja, melainkan di bank lain seperti BNI, BRI, Mandiri, dan lain-lain juga.

Akan tetapi fasilitas dan fitur rekening TabunganKu pada setiap bank bisa berbeda. Hal ini dikarenakan TabunganKu dibagi dua jenis: tipe mandotary dan customized. Tipe mandotary adalah tipe standar yang harus seragam pada semua bank. Sedangkan tipe customized sudah disesuaikan oleh pihak bank sendiri.

Banksentral.com kurang tahu apakah BCA mengadakan TabunganKu tipe mandotary atau tidak. Yang jelas tipe customized ada. Karena merupakan sudah di-custome, kira-kira apa sajakah kelebihan dan kekurangan TabunganKu di BCA ini? Berikut rangkumannya dari berbagai sumber.

Kelebihan TabunganKu BCA

Kelebihan TabunganKu BCA yang pertama ialah biaya pembuatan murah. Tipe lain mayoritas menetapkan setoran awal sampai ratusan ribu rupiah. TabunganKu BCA tidak, cukup Rp20.000,00 saja. Batas minimum setoran berikutnya lebih kecil lagi, yaitu Rp10.000,00. Tidak itu saja, biaya administrasi per bulan bahkan gratis.

Baca juga: Cara dan syarat pembuatan rekening Tahapan Xpresi BCA

Kelebihan berikutnya yaitu syarat pembuatan simpel alias tidak ribet. Calon nasabah tidak harus berusia di atas 17 tahun dan memiliki KTP. Anak-anak di bawah 17 tahun pun bisa. Namun tentunya harus bersama orang tua atau wali. Kalau tidak, minimal bawa surat persetujuan dan kartu identitas mereka.

Keuntungan memilih TabunganKu BCA selanjutnya ialah mendapatkan buku tabungan. Buku tabungan berisi catatan transaksi rekening pemilik. Jadi ia bisa melihat dana masuk (kredit) dan keluar (debit) serta sisa saldo. Tentu ini keuntungan mengingat tidak semua tipe rekening bisa mendapatkan.

Kelebihan keempatnya ialah mendapatkan TabunganKu BCA. TabunganKu BCA adalah sebutan lain dari kartu ATM yang bisa dimiliki oleh nasabah TabunganKu BCA. Kartu ATM ini bisa digunakan tarik tunai dan transfer di ATM BCA seluruh Indonesia.

Kartu ATM TabunganKu bisa digunakan di ATM BCA seluruh Indonesia dan memiliki limit penarikan tunai lumayan banyak. Tepatnya Rp7.000.000,00 per hari. Dan penarikan ini gratis alias tidak dipungut biaya tambahan asalkan dalam sebulan hanya empat kali. Bagaimana jika lebih dari itu? Biaya cuma Rp2.500,00 per transaksi.

Tidak hanya bisa tarik tunai, kartu ATM TabunganKu BCA juga bisa digunakan untuk transfer ke sesama rekening BCA. Limit per hari lumayan banyak. Yaitu maksimal Rp25.000.000,00.

Kelebihan terakhir dari rekening tabunganKu BCA ialah buku tabungan dan kartu ATM-nya gratis. Pada rekening lain, biasanya pembuatan buku tabungan dan kartu ATM baru harus bayar. Begitu juga saat ganti entah karena habis, kadaluarsa, hilang, rusak, ataupun lainnya. Pada rekening TabunganKu BCA ini semuanya gratis.

Kekurangan TabunganKu BCA

Kartu ATM tidak bisa digunakan di ATM lain ataupun ATM luar negeri. Seperti yang sudah dikatakan di atas, kartu TabunganKu BCA hanya bisa digunakan di ATM BCA saja. Untuk digunakan di ATM Prima, Cirrus, ataupun Maestro tidak bisa.

Kelemahan berikutnya ialah TabunganKu BCA tidak mendapatkan fasilitas e-banking tambahan selain kartu ATM. Ya nasabah TabunganKu BCA tidak bisa menikmati fitur internet banking KlikBCA. Padahal, fitur ini untuk zaman sekarang sangat membantu agar bisa transaksi perbankan cukup dari rumah menggunakan smartphone, tablet, ataupun laptop.

Baca juga: Cara mengaktifkan internet banking BCA melalui ATM dan customer service

Rekening TabunganKu BCA memang bisa transfer ke sesama BCA. Akan tetapi kekurangannya yaitu tidak bisa transfer ke rekening bank lain. Bagaimana jika menerima transfer dari bank lain? Jangan khawatir, bisa.

Selanjutnya, transaksi debit pada rekening TabunganKu BCA dibatasi. Anda memang bisa tarik tunai melalui ATM dan teller dengan limit tujuh juta rupiah per hari. Dan transaksi tersebut gratis alias tidak ada biaya tambahan. Akan tetapi hanya dibatasi empat kali saja dalam sebulan. Jika ingin lebih, mulai dari transaksi kelima harus bayar Rp2.500,00 per transaksi.

Status Rekening TabunganKu BCA akan menjadi dormant (pasif) seandainya dalam enam bulan berturut-turut tidak ada transaksi apapun. Keadaan ini mengharuskan bayar biaya tambahan sebesar Rp2.000,00 per bulan dihitung sejak bulan ketujuh. Agar status menjadi aktif harus ada transaksi entah itu setor ataupun tarik tunai.

Penutup

Bagaimana, sudah tahukah keuntungan dan kelemahan rekening TabunganKu BCA? Saya kira kekurangan-kekurangan di atas sangat wajar mengingat pembuatan rekening ini lumayan murah dan gampang dijangkau. Apalagi dengan biaya administrasi dan pembuatan buku tabungan serta kartu ATM yang gratis.

Apakah rekening TabunganKu BCA layak dipilih? Jawabannya tergantung ketuhanan dan jumlah transaksi harian Anda. Jika tujuannya hanya menabung dan transaksi harian kecil maka akan menguntungkan jika memilih tipe ini. Namun jika besar, tinggal bikin saja rekening BCA tipe lain. Memiliki dua tipe rekening dalam satu bank boleh-boleh saja.

Baca juga: Cara dan syarat buka rekening Tahapan BCA terbaru

Rekening TabunganKu BCA hanya bisa dimiliki satu orang satu rekening. Contoh di atas diperbolehkan miliki dua rekening karena beda tipe. Jika Anda ingin mempunyai dua rekening TabunganKu BCA, bisa sebagai perwakilan saja. Misal wali dari anak Anda. Sehingga, rekeningnya atas nama dia, bukan Anda.

2 Comments

  1. MUHAMMAD BAIHAKI Reply

    Saya pengguna Tabungan ku BCA hanya utk payroll gaji saya, terkadang saya kesulitan karena harus manual dlu kl mw transfer ke bank lain….

    Tp saya senang gk dikenakan biaya administrasi bulanan. Trm ksh BCA

  2. Ani Nuryani Reply

    Apakah tipe jenis ATM BCA Rekeningku bisa untuk belanja debit?karena bila tidak sempat ambil uang bagaimana?

Leave A Reply

Navigate