Perbedaan Britama dan Simpedes

Britama vs Simpedes: perbedaan, persamaan, dan cara ganti

Simpedes dan Britama merupakan rekening BRI yang paling terkenal. Kalau dibandingkan, perbedaan Britama dan Simpedes yaitu pada minimal setoran awal, biaya administrasi, jenis kartu ATM, dan fitur serta fasilitas lainnya.

Lantas lebih bagus Britama atau Simpedes? Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kalau mau bikin, saran saya pilihlah sesuai kebutuhan. Atau kalau memang butuh, membuat dua rekening BRI sekaligus juga diperbolehkan kok.

Perbedaan Britama dan Simpedes

Masalahnya ialah kalau kita harus membuat salah satu saja. Pasti harus pintar menimbang-nimbang. Sebagai upaya membantu, berikut Bank Sentral uraikan perbedaan Simpedes dan Britama secara detail.

1. Nama rekeningnya

Simpedes adalah singkatan dari Simpanan Pedesaan. Dilihat dari nama, jenis rekening ini ditujukan kepada masyarakat di desa-desa. Makanya kantor cabang BRI pun sangat banyak hingga masuk ke pelosok di penjuru negeri.

Bagaimana dengan Britama? Britama dulunya bernama Simaskot yang memiliki kepanjangan Simpanan Masyarakat Kota. Biaya tabungan Britama memang lebih mahal daripada Simpedes. Namun sebanding dengan keunggulan yang ditawarkan.

Meski demikian, itu sekadar penamaan. Faktanya, baik Britama maupun Simpedes bisa dibikin di cabang BRI mana pun. Meski Anda di kota diperbolehkan membuat Simpedes. Begitu pula yang di desa dipersilakan menggunakan Britama.

2. Jenis produk turunannya

Perbedaan Simpedes dan Britama selanjutnya yaitu jenis produk turunannya. Simpedes hanya dua jenis, yaitu Simpedes dan Simpedes TKI. Sedangkan Britama, tipe-tipe yang disediakan lebih banyak dan beragam.

Jenis-jenis Britama yang dimaksud yaitu Britama, Britama X (Britama Muda), Britama Bisnis, Britama Valas, dan Britama Rencana. Junio, rekening BRI yang khusus anak-anak saja kadang disebut sebagai Britama Anak.

Untuk mengetahui detail dari berbagai macam rekening di atas silakan baca: 11 tipe tabungan BRI.

3. Syarat pembuatan Simpedes vs Britama

Meski sama-sama tabungan BRI, beda tipe bisa beda persyaratan. Contohnya Simpedes, syarat pembuatannya yaitu usia di atas 17 tahun dan memiliki KTP. Sedangkan Simpedes TKI, tambahkan dengan surat rekomendasi dari PPTKIS.

Karena jenisnya banyak, syarat buka rekening Britama lebih beragam. Mayoritas memang berupa KTP, usia 17 tahun ke atas, dan NPWP. Namun, sebagian tipe Britama memerlukan akta pendirian usaha atau kartu pelajar saja.

4. Minimal setoran awal

Poin ini sebetulnya masih bagian di atas. Saya sengaja memisahkan karena setoran pertama menjadi pembeda Britama dan Simpedes yang signifikan. Intinya, minimal setoran awal buka tabungan Britama lebih besar daripada Simpedes.

Mengapa setoran awal ditetapkan jumlah minimalnya? Jujur, saya juga belum tahu dan bahkan membingungkannya. Karena seperti kita tahu, uang tersebut tetap milik kita. Setalah 24 jam bisa diambil kembali menggunakan ATM ataupun melalui teller.

Berikut perbedaan Simpedes dan Britama dari faktor setoran awal pembukaan rekeningnya:

  • Simpedes
    • Simpedes reguler: Rp50.000
    • Simpedes TKI: Rp10.000
  • Britama
    • Britama reguler: Rp250.000
    • Britama Muda: Rp100.000
    • Britama Bisnis: Rp1.000.000
    • Britama Rencana: Rp100.000
    • Britama Valas: USD 50

5. Jenis kartu ATM yang didapat

Kedua rekening BRI ini sama-sama mendapatkannya. Akan tetapi, kartu ATM Britama dan Simpedes berbeda jenisnya. Khusus Simpedes, kartu debitnya yaitu Privat Label. Sedangkan kartu debit Britama lebih banyak pilihan dan tipenya.

Perbedaan selanjutnya yaitu kartu debit Simpedes berlogo GPN, hanya bisa dipakai di ATM dan mesin EDC di Indonesia. Sementara itu, kartu debit Britama memiliki logo Mastercard sehingga bisa dipakai di dalam dan luar negeri.

Informasi lebih detail silakan baca: Tipe-tipe kartu ATM BRI GPN dan Mastercard.

6. Warna buku tabungan

Saat ini fungsi buku tabungan tidak begitu penting karena histori transaksi bisa dicek melalui e-banking. Akan tetapi, tetap saja beberapa orang yang menjadikan buktab sebagai pertimbangan untuk memilih jenis rekening yang mau dibikin.

Untungnya kedua rekening BRI ini mendapatkannya meskipun desain berbeda. Sampul depan buku tabungan Britama reguler berwarna biru. Sedangkan buku Britama jenis lainnya ada yang abu-abu dan bahkan hitam.

Sebaliknya, buku tabungan Simpedes memiliki dua pilihan warna: biru dan kuning. Keduanya berbeda karena buku tabungan Simpedes biru khusus untuk nasabah menabung, sedangkan yang kuning untuk cicilan bayar utang di bank BRI.

7. Biaya admin per bulan

Jika dihitung lebih rinci, sebuah rekening sebenarnya dikenakan dua potongan biaya. Pertama, biaya pengelolaan rekening itu sendiri dan kedua biaya kartu ATM. Berapa totalnya? Beda-beda antara tabungan tipe satu dengan lainnya.

Tepatnya, biaya administrasi Britama yaitu Rp12.000–Rp25.000 (tergantung tipe Britamanya) dan Simpedes yaitu Rp8.000–Rp15.000. Sampai sini sudah ketahuan mana yang biaya per bulannya lebih murah, bukan?

Info tambahan: biaya admin BRI secara otomatis memotong dari saldo tabungan pada tanggal 15–20 per bulan. Saldo di bawah Rp50 ribu dikenakan didenda saldo minimum. Sedangkan saldo kosong tiga bulan berturut, rekening akan hangus.

8. Limit transaksi per hari

Limit transaksi sebenarnya tergantung jenis kartu debit yang digunakan. Pada BRI, tingkatannya yaitu Private Label, Classic, Gold, Platinum, dst. Kartu-kartu ATM itulah penentu besar kecilnya batas transaksi yang bisa dilakukan setiap harinya.

Akan tetapi, kartu ATM yang kita dapat ditentukan oleh jenis rekening yang kita bikin. Jadi, secara tidak langsung, Britama dan Simpedes juga akan berbeda dalam hal limit tarik tunai, transfer, bayar tagihan ataupun belanja.

Mari kita sambungkan dengan di atas. Murahnya biaya admin Simpedes tidak berarti Simpedes lebih baik dari Britama. Meskipun kena potongan per bulan mahal, Britama memiliki keuntungan limit transaksi yang lebih tinggi/besar.

9. Bunga tabungan Simpedes vs Britama

Salah satu keuntungan menabung di bank yaitu mendapat bunga. Cara menghitung bunga di BRI yaitu persentase dari saldo yang dimiliki dalam jangka waktu satu bulan. Makin banyak saldonya makin tinggi pula suku bunganya yang dikasih.

Untuk saldo di bawah satu miliar, suku bunga Britama dan Simpedes tidak berbeda. Namun, kalau di atas satu miliar, persentase suku bunga Britama lebih gede daripada Simpedes.

10. Program hadiah dan asuransi

Di samping bunga, keuntungan lain menabung di BRI yaitu kesempatan menang undian. Khusus pengguna Britama, program yang diselenggarakan yaitu Untung Beliung Britama dan Britama FSTVL dengan hadiah mobil, motor, hingga uang tunai.

Pada Simpedes, undian seperti itu diadakan tiap tahun dan dinamakan Panen Hadiah Simpedes. Hadiah utama tahun ini yaitu dua unit rumah. Cara mengikutinya ialah dengan memiliki saldo minimal Rp100.000 (makin banyak makin besar peluangnya).

Yang terakhir, perbedaan Simpedes dan Britama yaitu asuransi kecelakaan diri. Ini hanya untuk pengguna Britama dengan setoran awal pembuatan rekening di atas Rp500.000. Total tanggungannya mencapai Rp150 juta. Simpedes tidak mendapat asuransi begini.

Persamaan Simpedes dan Britama

Bagaimanapun keduanya sama-sama produk simpanan bank BRI. Jadi, selain perbedaan juga memiliki persamaaan. Berikut adalah beberapa persamaan antara rekening Britama dengan Simpedes.

  • Fasilitas setara. Britama dan Simpedes mendapat buku tabungan, kartu ATM, dan fitur e-banking yang meliputi SMS banking, mobile banking, dan internet banking.
  • Cara pembuatan tidak berbeda. Kedua rekening BRI tersebut bisa dibikin di kantor cabang mana pun, secara online, melalui eform, atau menggunakan aplikasi Brimo. Tahap-tahapannya sama persis.
  • Kode bank BRI 002. Kode bank adalah angka tiga digit yang digunakan untuk transfer beda bank. Kirim uang dari bank lain ke BRI, baik Simpedes maupun Britama, kode banknya yaitu sama-sama 002.
  • Jumlah nomor rekening 15 digit. Persamaan Simpedes dan Britama berikutnya yakni sama-sama memiliki nomor rekening 15 digit. Ingat, jumlahnya saja yang sama, kombinasi angkanya tentu berbeda.
  • Saldo minimum ditahan. Saldo minimal adalah jumlah saldo yang tidak bisa dipakai atau diambil baik melalui ATM ataupun teller. Fungsinya untuk biaya penutupan rekening. Baik Simpedes maupun Britama dikenakan Rp50.000.

Cara ganti Simpedes ke Britama (atau sebaliknya)

Siapa pun pasti menyarankan memilih jenis rekening harus sesuai dengan kebutuhan. Masalahnya ialah kalau terlanjur salah bikin. Apakah dari Simpedes bisa diganti ke Britama? Begitu juga sebaliknya, Britama diubah menjadi Simpedes?

Jawabannya bisa. Namun, bukan benar-benar diubah, melainkan hanya membuka rekening baru pada tipe yang diinginkan. Setelah jadi, saldo dipindahkan dan tabungan lama ditutup. Alhasil Anda mendapat ATM dan nomor rekening yang berbeda.

Cara “mengganti” Simpedes ke Britama (atau sebaliknya) ada empat metode. Pertama, datang ke kantor cabang BRI. Kedua, secara online melalui link https://bukarekening.bri.co.id. Ketiga, eform. Dan terakhir, via aplikasi mobile banking BRImo.

Perbedaan Britama, Britama X, Britama Bisnis, dan lainnya

Lalu apa saja perbedaan antara Britama itu sendiri? Seperti diketahui bahwa produk turunan Britama berjumlah lima macam, yaitu Britama, Britama X, Britama Bisnis, Britama Rencana, dan Britama Valas.

Membedakan Britama satu dengan lainnya sangat gampang. Dari nama sudah bisa ditebak. Tepatnya sebagai berikut:

  • Britama: Sering disebut Britama biasa atau Britama Reguler. Jenis rekening ini cocok untuk nasabah BRI secara umum dengan kebutuhan transaksi sekaligus menabung.
  • Britama X: Fungsi dan fiturnya nyaris sama dengan di atas. Namun, Britama X lebih ditujukan kepada nasabah muda dengan usia 17–35 tahun. Perbedaan paling mencolok yaitu Britama X mendapat kartu ATM dengan gambar unik, sedangkan Britama biasa desainnya standar.
  • Britama Bisnis: Nama sudah menyebutkan bahwa tabungan BRI jenis ini untuk pebisnis. Begitu dicek fiturnya memang sangat mendukung kebutuhan mereka. Salah satunya yaitu catatan transaksi yang lebih detail.
  • Britama Rencana: Sudah terpikirkan cocoknya untuk apa? Benar, Britama Rencana adalah rekening BRI khusus untuk para penabung yang sudah menentukan jumlah setoran tiap bulan dan target jangka waktunya.
  • Britama Valas: Valas singkatan dari valuta asing yang berarti mata uang selain rupiah. Jadi, Britama Valas adalah tabungan keluaran Bank BRI yang bisa untuk menabung USD, AUD, SGD, EUR, CNY, JPY, dan lain-lain.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *