Dua dari sepuluh produk tabungan BRI yang paling banyak dipakai nasabah yaitu Simpedes dan BritAma. Keduanya tentu memiliki perbedaan, kelebihan, dan kekurangan masing-masing jika harus dibandingkan. Tak heran, sebagian orang yang baru akan membuatnya pasti bingung menentukan pilihan.

Pemilihan rekening di atas menentukan kartu ATM yang bisa didapat: ATM BRI private label, classic, atau premium. Masing-masing kartu ATM atau kartu debit BRI bukan hanya beda warna, melainkan juga limit transaksi dan fitur. Ada yang bisa dipakai di ATM dan EDC luar negeri, dan ada juga yang tidak.

Calon nasabah BRI tidak perlu bingung berlebihan. Bila terlanjur membuat rekening Simpedes tetap bisa pindah ke BritAma. Begitu juga sebaliknya. Namun biar tidak bolak-balik dan pilihan tepat sesuai kebutuhan, lebih baik ketahui perbedaan antara keduanya sekarang juga.

Perbedaan Tabungan Bank BRI Tipe Simpedes dan BritAma

Simpedes adalah kependekan dari simpanan pedesaan. Sesuai namanya, tabungan ini ditujukan khusus kepada masyarakat desa. Saya pernah menanyakan rekening ini di BRI cabang Jakarta, customer service menjawab tidak ada, adanya BritAma.

Sebelum berganti nama menjadi BritAma, tabungan tipe ini dulunya disebut Simaskot. Simaskot adalah singkatan dari simpanan masyarakat perkotaan. Banksentral.com tidak tahu pasti alasan ganti. Mungkin karena rekening ini bisa dibikin di desa juga, tidak hanya di kota.

Tabungan BRI dengan nama Simpedes ada dua: Simpedes dan Simpedes TKI. Sedangkan BritAma lebih banyak lagi. Ada BritAma, BritAma TKI, BritAma Bisnis, BritAma Valas, dan BritAma Muda. Akan tetapi yang kan dibandingkan di bawah yaitu cukup tipe Simpedes dan BritAma biasa.

1. Setoran Awal

Salah satu syarat pembuatan rekening tabungan baru yaitu setoran awal. Jangankan beda bank, sama-sama tabungan BRI, cuma beda tipe, bisa saja menetapkan minimum setoran awal berbeda. Saya tidak pasti tahu alasannya. Padahal uang tersebut akan masuk ke rekening dalam bentuk saldo yang bisa diambil kembali setalah 24 jam.

Setoran awal rekening Simpedes dan BritAma pun berbeda. Tepatnya, Simpedes Rp100.000,00. Sedangkan BritAma Rp250.000,00 atau Rp500.000,00. Mengapa BritAma bisa dua pilihan? Akan dijelaskan di bawah.

Angka di atas merupakan jumlah minimum. Calon nasabah tetap bisa membuat rekening dengan setoran awal sebanyak apapun. Meskipun setoran awal Anda Rp500.000,00 tetap bisa memilih Simpedes (kalau mau).

2. Kartu ATM

Kartu ATM atau biasa disebut debit card merupakan fasilitas dasar dari rekening bank. Dengannya, nasabah bisa melakukan transaksi tanpa harus datang ke cabang bank, tetapi cukup dengan ATM yang tersebar di mana-mana. Baik Simpedes dan BritAma sama-sama mendapatkan fasilitas ini.

Perbedaannya, pemilik rekening Simpedes akan mendapatkan kartu ATM BRI private label dengan warna dasar biru. Sedangkan pemilik tabungan BritAma bisa memilih kartu ATM classic dengan warna hijau, atau kartu ATM BRI Premium yang berwarna hitam.

Pemilihan kartu pada rekening BritAma ditentukan berdasarkan setoran awal. Jika minimum Rp250.000,00, mau tidak mau harus menerima kartu ATM classic. Jika minimum Rp500.000,00 dapat memilih kartu debit BRI classic atau premium. Pilihlah sesuai kebutuhan.

3. Limit Transaksi dan Fitur Kartu

Kartu-kartu di atas tidak hanya berbeda warna, tetapi juga limit transaksi yang bisa dilakukan. Seperti kita tahu, kartu ATM dapat digunakan untuk tarik tunai, transfer, pembayaran, pembelian, dll. Sebanyak apapun saldo Anda, untuk melakukan transaksi tersebut ada batasan jumlah per harinya.

Kartu ATM BRI memiliki limit transaksi tidak sama. Kartu BRI private label paling rendah/sedikit, gold pertengahan, sedangkan premium paling tinggi di antara ketiganya. Jika ingin tahu jumlah pasnya, silakan baca: Perbedaan Jenis Kartu ATM BRI Private Label, Classic, Gold, & Premium.

Tidak hanya limit transaksi, ketiga kartu ini juga berbeda dalam tempat penggunaan. Kartu ATM BRI private label tidak memiliki logo Mastercard, Cirrus, dll. Oleh karenanya tidak bisa digunakan di ATM dan mesin EDC luar negeri. Sementara kartu ATM BRI memiliki banyak logo dan lengkap. Untuk dipakai di negara manapun tidak masalah.

4. Biaya Administrasi per Bulan

Sangat wajar sebuah bank memungut biaya administrasi kepada nasabah. Bagaimanapun mereka banyak mendapatkan fasilitas: ATM, SMS banking, mobile banking, dan internet banking, yang dapat melakukan transaksi tanpa harus ribet. Biaya administrasi ini biasanya memotong langsung dari saldo pada tanggal tertentu sebulan sekali.

Kalau harus dibandingkan, biaya admin rekening Simpedes lebih murah daripada BritAma. Tepatnya yaitu Rp5.500,00 untuk Simpedes dan Rp10.000,00 untuk BritAma. Jika saldo Anda banyak, tenang, bisa mendapatkan bunga yang dapat menutupi biaya ini. Sehingga bila dihitung bisa impas atau bahkan lebih.

5. Bunga dan Program Undian

Menabung di bank konvensional umumnya diterapkan sistem bunga. Begitu juga dengan tabungan BRI Simpedes dan BritAma yang sedang kita bicarakan ini. Besaran bunga ditentukan sekian persen dari saldo yang Anda miliki. Kalau dibandingkan, bunga tabungan BritAma lebih besar daripada Simpedes.

Selain bunga lebih besar, nasabah rekening tabungan BritAma mendapatkan keuntungan lain. Dalam jangka waktu tertentu, BRI selalu mengadakan program bagi-bagi hadiah. Contohnya Untung Beliung yang sering diiklankan melalui TV. Nah, pemilik rekening BritAma ada kesempatan menang karena diikutkan undian. Sedangakan nasabah Simpedes tidak.

6. Asuransi Kecelakaan Diri

Setoran awal dan biaya admin BritAma memang lebih mahal daripada Simpedes. Akan tetapi nasabah BritAma lebih banyak mendapatkan fasilitas dan keuntungan lain. Jika bunga dan hadiah undian sudah disebutkan di atas, sekarang saya tambahkan lagi yaitu asuransi kecelakaan diri.

Semua pemilik tabungan BritAma berhak mendapatkan asuransi kecelakaan diri jika setoran awal pembuatan rekening minimal Rp500.000,00. Tidak tanggung-tanggung, besaran tanggungan sangat lumayan. Yaitu 250% dari saldo atau maksimum Rp150.000.000,00. Lebih dari lumayan, bukan?!

Persamaan Simpedes dan BritAma

Tidak hanya perbedaan kelebihan dan kekurangan, rekening Simpedes dan BritAma juga memiliki beberapa persamaan. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Sama-sama mendapatkan fasilitas buku tabungan, kartu debit, dan fasilitas e-banking. Sama, dalam artian hanya tipe dan limitnya yang berbeda.
  2. Sama-sama bisa dibikin di kantor cabang yang sama. Mau bikin rekening BRI tipe apapun bisa dilakukan di kantor cabang BRI manapun (kecuali Simpedes yang khusus cabang di desa saja).
  3. Sama-sama bisa pindah. Misal saat ini Anda terlanjur telah bikin Simpedes. Karena kebutuhan transaksi besar, butuh pindah ke BritAma. Hal ini diperbolehkan. Begitu juga sebaliknya: perpindahan dari BritAma ke Simpedes tidak masalah. Anda hanya cukup buka rekening baru (Simpedes atau Britama sesuai kebutuhan). Kemudian rekening lama bisa tetap dipakai atau ditutup.
  4. Sama-sama miliki batas saldo minimum di tahan Rp50.000,00. Simpedes ataupun BritAma menerapkan jumlah yang sama untuk hal yang satu ini. Saya tidak tahu pasti alasan bank menerapkan saldo ditahan. Saya hanya pernah mendengar untuk jaga-jaga agar suatu saat bila butuh penutupan rekening tetapi saldo nasabah tidak mencukupi, biaya bisa diambil dari saldo ditahan tersebut.

Lebih baik memilih rekening Simpedes atau BritAma? Kalau sudah tahu perbedaan dan kelebihan, harusnya calon nasabah sudah tahu tipe yang lebih cocok untuk dirinya: Jika transaksi harian kecil, ambil saja rekening Simpedes. Jika besar, barulah pilih BritAma.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment