3 Rekening Tabungan BRI untuk Anak-Anak

Rekening tabungan BRI yang bisa dibikin oleh anak-anak usia di bawah 17 tahun bukan hanya BRI Junio. Banksentral.com menelusuri di situs resmi BRI menemukan tiga jenis. Masing-masing yaitu BRI Junio, TabunganKu BRI, dan Simpanan Pelajar (Simpel) BRI.

Ketiga rekening BRI tersebut jika dibandingkan tentu memiliki perbedaan. Bukan hanya kelebihan dan kekurangan, perbedaan juga pada syarat dan cara pembuatan, jumlah setoran awal, fitur atau fasilitas, dll. Sebelum memilih sebaiknya calon nasabah mengetahui dulu agar bisa mendapatkan yang cocok dan sesuai kebutuhan.

Pembaca tidak perlu pusing memilih karena di bawah ini diuraikan penjelasan ketiganya dengan lumayan lengkap.

1. Rekening BRI Junio

Syarat, Cara Buka, Biaya administrasi, Kelebihan & Kekurangan Rekening BRI Junio
Rekening BRI Junio

Rekening ini tidak ditujukan kepada orang dewasa. Terbukti syarat pembuatan harus usia di bawah 17 tahun. Jika lebih, tidak diizinkan. Bila mereka tetap ingin memiliki rekening BRI silakan pilih tipe lain. BRI menyediakan setidaknya 10 produk simpanan yang bisa dibikin.

Pembuatan rekening BRI Junio untuk anak berusia di bawah 12 tahun harus didampingi orang tua atau wali. Pendamping harus memiliki rekening BRI (Simpedes ataupun BritAma). Jika tidak, mereka diharuskan bikin dahulu. Setoran awal yang diperlukan untuk usia golongan ini minimum Rp100.000,00.

Anak-anak usia di atas 12 tahun sudah diperbolehkan buka tabungan BRI Junio tanpa didampingi perwakilan. Akan tetapi, syarat lebih banyak. Di antaranya yaitu kartu pelajar, KTP orang tua atau wali, surat persetujuan pembuatan rekening dari orang tua atau wali, dan setoran awal minimum sebesar Rp150.000,00.

Meskipun setoran awal ringan, jangan salah, fasilitas rekening tabungan BRI Junio bisa dibilang sangat lengkap bahkan lebih dari cukup jika sekadar dipakai anak-anak. Bayangkan saja, mereka mendapatkan buku tabungan, kartu ATM, dan fasilitas e-banking (SMS banking, mobile banking, internet banking, dan SMS notifikasi).

Tidak hanya itu. Limit transaksi yang bisa dilakukan rekening BRI Junio termasuk besar. Per hari nasabah bisa tarik tunai sampai Rp5.000.000,00, transfer sesama BRI Rp20.000.000,00, dan ke selain BRI Rp10.000.000,00. Kartu ATM BRI Junio yaitu tipe private label. Bukan hanya di ATM BRI, kartu juga dapat dipakai di ATM bank lain yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama dan ATM Prima.

2. TabunganKu BRI

TabunganKu BRI
TabunganKu BRI

TabunganKu merupakan program pemerintah. Diluncurkan pada tanggal 20 Februari 2010 oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono yang saat itu menjabat sebagai presiden Indonesia. Tujuan program ini untuk menumbuhkembangkan minat menabung pada masyarakat lapisan menengah ke bawah.

Rekening TabunganKu diadakan pada 70 bank nasional dan bank pembangunan daerah. Karenanya, di BRI juga terdapat tabungan tipe ini. Meski demikian, fasilitas dan fitur TabunganKu pada setiap bank bisa berbeda. Hal ini dikarenakan ada dua macam tipe TabunganKu: mandotary dan customized.

Tipe mandotary adalah tipe standar. Tipe ini pada setiap bank seragam. Sedangkan tipe customized umumnya sudah beda. Masing-masing bank diperbolehkan menambah atau mengurangi syarat pembuatan, fitur, dan fasilitas selama tidak melanggar aturan. Nah, TabunganKu pada BRI ialah sebagai berikut.

Rekening TabunganKu BRI boleh dibikin siapa saja. Bukan hanya usia di bawah 17 tahun, di atasnya juga silakan. Cara pembuatannya untuk usia di atas 17 tahun sama seperti pembuatan rekening BRI yang lain. Mereka harus datang ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa syarat yang diperlukan. Syarat tersebut yakni KTP dan uang setoran awal minimal Rp20.000,00. Untuk NPWP bebas.

Calon nasabah anak-anak usia di bawah 17 tahun dibagi menjadi dua golongan. Golongan pertama adalah usia kurang dari 12 tahun. Syarat pembuatannya yaitu akta kelahiran, kartu keluarga, dan wajib didampingi orang tua atau wali. Setoran awal sama, Rp20.000,00. Meski dengan wali, rekening tetap atas nama anak.

Golongan kedua adalah anak-anak dengan usia di atas 12 tahun. Mereka sudah diperbolehkan membuat rekening TabunganKu BRI sendiri tanpa didampingi perwakilan. Namun, syarat yang diperlukan lebih banyak. Bukan hanya kartu pelajar SMP ataupun SMA, mereka juga harus menyertakan KTP orang tua dan surat persetujuan pembuatan rekening darinya.

Setoran awal pembuatan rekening TabunganKu BRI sangat terjangkau. Jumlah tepatnya sudah disebutkan di atas. Untuk setoran berikutnya lebih kecil lagi, yaitu minimum Rp10.000,00. Kabar menyenangkan lainnya ialah biaya administrasi setiap bulan dari rekening ini gratis. Hanya sayang, nasabah cuma dapat buku tabungan. Kartu ATM atau kartu debit tidak.

3. Simpanan Pelajar atau SimPel BRI

Simpanan Pelajar (SimPel) BRI
Simpanan Pelajar (SimPel) BRI

Sama seperti TabunganKu, Simpanan Pelajar atau SimPel juga merupakan program pemerintah. Bedanya, usia SimPel lebih muda, baru diluncurkan pada 14 Juni 2015 oleh Presiden Joko Widodo bersama OJK. Rekening SimPel juga diadakan di banyak bank. Termasuk di BRI atau Bank Rakyat Indonesia ini.

Perbedaan lainnya ialah TabunganKu bisa dibikin oleh masyarakat segala usia dan semua profesi. Sedangkan SimPel khusus untuk anak-anak usia di bawah 17 tahun dengan profesi sebagai pelajar. Apapun sekolahnya entah itu PAUD, TAK, SD, SMP, SMA, MI, MTs, dan MA diperbolehkan membuat.

Proses pembuatan rekening SimPel BRI sama seperti pembuatan SimPel di bank lain. Calon nasabah tidak bisa membukanya di kantor cabang BRI. Mereka hanya bisa bikin di sekolah masing-masing yang telah bekerja sama dengan BRI. Entah apa alasannya. Mungkin agar dapat dipastikan calon nasabah benar-benar pelajar.

Syarat pembuatan rekening SimPel BRI sama sepeti di atas. Usia calon nasabah dibagi menjadi dua golongan. Calon nasabah anak-anak umur di bawah 12 tahun harus didampingi orang tua atau wali. Sedangakan anak usia atas 12 tahun bisa sendiri dengan menyertakan kartu pelajar, akta kelahiran, kartu keluarga, KTP orang tua, dan surat persetujuan orang tua.

Setoran awal pembuatan rekening Simpanan Pelajar (SimPel) BRI sangat terjangkau. Yaitu Rp5.000,00 dan setoran berikutnya lebih kecil lagi: minimum Rp1.000,00. Kabar yang lebih menyenangkan lagi ialah biaya administrasi setiap bulan gratis. Meski demikian, para nasabah rekening khusus anak-anak ini tetap mendapatkan buku tabungan.

Leave A Reply

Navigate