Kartu ATM BCA: Cara Ganti PIN, Cek Saldo, dan Registrasi E-banking

Kartu ATM BCA merupakan fasilitas dasar yang nasabah dapatkan setelah buka rekening. Selain tarik tunai dan transfer, kartu yang biasa disebut Paspor BCA itu juga dapat digunakan untuk transaksi lain. Di antaranya ganti PIN, cek saldo, dan pendaftaran atau registrasi layanan e-banking (SMS banking, mobile banking, dan internet banking.

Kartu ATM keluaran BCA tidak hanya warna silver/blue, gold, dan platinum. Perlu diketahui produk simpanan BCA setidaknya ada sepuluh. Beberapa di antaranya mendapatkan kartu ATM khusus. Jadi, selain tiga jenis di atas, masih ada kartu ATM Xpresi, kartu ATM TabunganKu, kartu ATM SimPel, kartu ATM LAKU BCA, dan kartu ATM BCA Dollar.

Meskipun biaya pembuatan dan administrasi per bulan beda-beda, semua kartu ATM di atas memiliki cara yang hampir sama jika digunakan untuk transaksi. Maka dari itu tutorial ganti PIN, cek saldo, dan registrasi e-banking ini dijadikan satu saja.

Cara Ganti PIN Kartu ATM BCA

PIN atau personal identity number merupakan salah satu pengaman kartu ATM. Pengaman ini terdiri dari enam digit angka dan digunakan tepat pada saat hendak mengoperasikan ATM. Jadi, meskipun kartu ATM Anda berada di tangan orang lain akan aman asalkan tidak diketahui deretan angka-angka rahasia ini.

Dengan alasan itu banyak pihak menyarankan membuat PIN ATM dengan kombinasi angka yang tidak mudah ditebak. Seperti misalnya jangan urut: 123456 atau 654321; sama: 111111 atau sejenisnya. Jangan pula menggunakan angka tanggal lahir atau belakang nomor handphone.

Hal di atas bertujuan agar tidak disalahgunakan. Karena bisa saja orang lain menemukan kartu ATM Anda dan dicoba menggunakan PIN tebakan di atas. Jika tepat, kartu ATM Anda bisa digunakan olehnya. Jika salah dan percobaan lebih dari tiga kali, maka kartu ATM jadi terblokir otomatis.

Jika saat ini PIN kartu ATM Anda gampang ditebak, segeralah mengganti PIN. Meskipun sudah susah, tetap harus diganti secara berkala minimal tiga bulan sekali. Bagaimanakah caranya? Berikut tahap-tahapannya:

  1. Masukkan kartu ATM atau Paspor BCA ke mesin.
  2. Input PIN yang saat ini masih aktif.
  3. Pada layar ATM, pilihlah menu Transaksi Lain (biasanya berada di pojok kanan).
  4. Muncul submenu lain. Carilah pilihan Ganti PIN.
  5. Masukkan PIN saat ini.
  6. Setelah itu baru masukkan PIN baru (jumlahnya masih sama 6 digit).
  7. Lakukan konfirmasi dengan memasukkan PIN baru sekali lagi.
  8. Jika poin nomor 6 dan 7 cocok maka akan muncul pemberitahuan, “Selamat, penggantian PIN berhasil”.
  9. Selesai.

Cara Cek Saldo Menggunakan Kartu ATM BCA

Cek saldo merupakan salah satu aktivitas perbankan untuk mengetahui jumlah isi tabungan atau sisa saldo terakhir. Kartu ATM BCA jenis apa saja bisa melakukan transaksi ini. Baik warna silver/blue, gold, ataupun platinum caranya tetap sama.

Cek saldo sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan lewat ATM. Fasilitas lain seperti SMS banking, mobile banking, dan internet banking bisa melakukannya. Jika menggunakan ATM, beginilah tahap-tahapannya.

  1. Masukkan kartu ATM ke mesin.
  2. Input enam digit PIN ATM.
  3. Dari menu utama, pilih Transaksi Lain.
  4. Cari dan pilih Informasi Saldo.
  5. Layar akan muncul tulisan jumlah saldo Anda.

Di bawah angka saldo biasanya terdapat pilihan mau transaksi lainnya tau tidak. Tekan iya jika iya. Sedangkan jika tidak, tekan tidak, maka kartu ATM akan otomatis keluar sendiri.

Cara Registrasi Layanan Lain Melalui ATM BCA

Yang dimaksud registrasi layanan lain yaitu SMS banking, mobile banking, dan internet banking. Ketiga layanan ini bisa didaftarkan melalui ATM tanpa perlu ke kantor cabang BCA. Setelah terdaftar maka layanan-layanan itu langsung bisa digunakan cek saldo, mutasi rekening, isi pulsa, dll.

Perlu diketahui bahwa SMS banking, mobile banking m-BCA, dan BCA mobile, dan internet banking terdapat perbedaan. SMS banking menggunakan metode SMS, m-BCA menggunakan menu SIM Card, BCA mobile menggunakan aplikasi, internet banking menggunakan web. Cara agar bisa menikmati fasilitas ini, terlebih dahulu harus registrasi lewat ATM.

Cara registrasi SMS banking BCA melalui ATM

  1. Masukkan kartu ATM BCA.
  2. Masukkan PIN kartu ATM.
  3. Pilih menu Daftar E-Banking/Autodebet.
  4. Pilih menu Daftar SMS Banking.
  5. Masukkan nomor handphone yang akan digunakan SMS banking.
  6. Tekan ya, dan Anda diminta bikin PIN SMS banking (bisa disamakan dengan PIN ATM).
  7. Kertas struk keluar dari ATM sebagai bukti pendaftaran SMS banking berhasil.

Cara daftar mobile banking BCA dan BCA mobile via ATM

  1. Masukkan kartu ATM.
  2. Input PIN ATM.
  3. Pilih menu Daftar Autodebet atau E-banking.
  4. Muncul submenu lain dan pilihlah Mobile Banking.
  5. Masukkan nomor handphone yang akan digunakan transaksi mobile banking.
  6. Bikin PIN mobile banking (6 digit).
  7. Masukkan ulang PIN mobile banking.
  8. Selesai.

Car registrasi internet banking BCA (KlikBCA) via ATM

  1. Masukkan kartu ATM.
  2. Masukkan PIN.
  3. Pilih menu Daftar E-Banking/Auto debet.
  4. Pilih submenu Internet Banking.
  5. Masukn PIN KlikBCA (bisa disamakan dengan PIN ATM).
  6. Mesin mengeluarkan struk berisi user ID yang bisa digunakan login internet banking BCA dengan alamat www.klikbca.com.

Pendaftaran layanan e-banking melalui ATM hanya bisa digunakan untuk transaksi nonfinansial seperti cek saldo, mutasi rekening, informasi kurs dan lainnya. Agar bisa digunakan transaksi finansial juga, harus diaktifkan layanan finansialnya dengan cara meminta bantuan customer service di kantor cabang BCA terdekat.

Leave A Reply

Navigate