Cek saldo merupakan salah satu aktivitas transaksi perbankan untuk mengetahui jumlah isi tabungan. Bank BCA sudah dari dulu menyediakan fitur ini tanpa harus ke teller, melainkan cukup dari ATM saja. Seiring perkembangan zaman, kini muncul inovasi lebih gampang lagi, yaitu cek saldo hanya lewat hp di genggaman.

Beberapa orang menganjurkan kita untuk mengecek saldo rekening bank secara berkala. Meskipun tidak sedang transaksi lain, tetap harus dilakukan. Bukan untuk tujuan agar mengetahui saja, melainkan demi keamanan juga. Jika melihat jumlah saldo janggal, kita bisa melaporkan kepada BCA sesegera mungkin.

Di sinilah keuntungan bisa cek saldo melalui handphone. Kita dapat melakukannya tanpa perlu cari ATM atau repot-repot datang ke kantor cabang bank yang biasanya jauh, ramai, dan antre. Cukup dengan hp ditangan maka semua akan beres.

Empat Cara Mengecek Saldo Menggunakan HP

banksentral.com menemukan setidaknya ada empat cara untuk cek saldo rekening BCA melalui handphone. Keempatnya yaitu SMS banking, mobile banking m-BCA, BCA mobile, dan internet banking. Tipe hp yang digunakan bebas, bisa jadul (low end) sampai smartphone. Tipe juga terserah. Baik Android, Windows Phone, Blackberry, ataupun iPhone bisa semua.

Keempat cara cek saldo BCA menggunakan hp di atas tidak selalu menggunakan metode yang sama. SMS banking menggunakan SMS, m-BCA menggunakan menu SIM-Card atau USSD (unstructured supplementary service data), BCA mobile menggunakan aplikasi, sedangkan internet banking menggunakan browser. Jaringan yang dipakai bisa Telkomsel (SimPati, AS, Halo); Indosat (Mentari, IM3, Matrix); XL; TRI; ataupun operator seluler dan internet lain.

Namun, telah memiliki rekening BCA dan ponsel serta pulsa tidak berarti otomatia bisa cek saldo menggunakan hp tersebut. Anda harus mengaktifkan layanannya dulu. Caranya bisa melalui ATM atau datang langsung ke customer service di kantor cabang BCA terdekat. Informasi lebih lengkap silahkan lanjutkan membaca sampai bawah.

Cara Cek Saldo Pakai HP dengan Metode SMS

Selain kartu ATM atau Paspor BCA, nasabah BCA juga bisa menikmati layanan SMS banking. Sesuai namanya, SMS banking adalah transaksi perbankan yang menggunakan metode SMS. Nasabah harus meregistasikan atau mengaktifkan dulu agar nomor hp-nya bisa digunakan untuk kebutuhan ini.

Ada dua cara meregistasikan nomor telepon untuk layanan SMS banking: via ATM dan customer service. Untuk pembuatan rekening baru, saran saya daftarkanlah nomor hp Anda saat itu juga. Dengan begitu Anda tidak perlu meregistrasikan via ATM ataupun balik lagi ke kantor cabang bank lagi.

Setelah terdaftar barulah Anda bisa mengecek saldo menggunakan hp yang terpasang SIM card dengan nomor yang sudah diregistrasi itu. Caranya langsung saja ketik format: SALDO [spasi] Kode Akses, dan dikirim ke 69888. Dengan sekejap Anda akan mendapatkan balasan berisi informasi saldo rekening bank BCA Anda.

Info lengkap: Format kode SMS banking BCA untuk cek saldo, isi ulang pulsa, dan informasi lain

Cara Cek Saldo BCA via HP Menggunakan Metode m-BCA

Fitur SMS banking BCA memang bisa cek saldo. Namun, jika kebutuhan transaksi Anda bukan hanya itu, melainkan transfer, bayar tagihan bulanan, dan lain-lain, SMS banking BCA tidak bisa. Hal ini karena mayoritas transaksi yang bisa dilakukan SMS BCA hanya transaksi nonfinansial.

Untuk itulah ada baiknya Anda mengaktifkan juga fitur m-BCA. Selain lebih lengkap, transaksi metode m-BCA juga lebih simpel daripada SMS banking. Jika SMS banking harus mengetik format perintah, m-BCA hanya perlu klik dan klik saja pada layar handphone yang digunakan.

Cara cek saldo menggunakan hp dengan metode m-BCA yakni sebagai berikut: buka menu SIM-Card > pilih m-banking > m-BCA > m-Menu > Info saldo > (masukkan PIN m-BCA) > tunggu beberapa saat sampai Anda mendapatkan pesan berisi informasi saldo yang Anda butuhkan.

Lebih lengkap baca: Cara cek saldo, transfer, dan isi ulang pulsa menggunakan m-BCA

Cara Cek Saldo BCA Melalui Ponsel dengan Metode BCA Mobile

m-BCA dan BCA mobile sebenarnya sama-sama mobile banking. Seiring kemajuan teknologi, khususnya bidang smartphone, membuat keduanya bisa berbeda. Jika m-BCA menggunakan menu SIM-Card, maka BCA mobile menggunakan aplikasi yang harus di-download dan diinstal pada handphone.

Meski sudah berbeda begitu, jika nomor hp Anda sudah terdaftar m-BCA maka tidak perlu lagi didaftarkan lagi untuk bisa menikmati layanan BCA mobile. Anda hanya perlu unduh dan instal aplikasinya saja. Oh ya satu lagi, akses m-BCA memerlukan pulsa. Sedangkan BCA mobile tidak, melainkan koneksi internet saja.

Transaksi yang dapat dikerjakan dengan aplikasi BCA mobile tentu sangat banyak. Di antaranya cek saldo, transfer, isi ulang pulsa, bahkan bisa digunakan sebagai pengganti kartu ATM untuk tarik tunai. Nah untuk cek saldo melalui metode ini, silakan baca Aplikasi BCA Mobile: kelebihan, kekurangan, dan cara download serta menggunakan pertama kali untuk transaksi.

Cara Cek Saldo BCA via HP dengan Metode Internet Banking

Internet banking sebelumnya lebih banyak diakses orang melalui laptop dan personal komputer (PC). Namun, seiring kemajuan teknologi, khususnya bidang gadget, ponsel-ponsel keluaran sekarang sudah bisa digunakan untuk melakukan transaksi internet banking dengan mudah dan juga sangat nyaman.

Karena alasan itulah beberapa orang kini lebih memilih internet banking daripada E-banking (electronic banking) lainnya. Salah satu alasannya karena jaringan yang diperlukan hanya internet. Zaman sekarang biaya internet sudah lebih murah daripada SMS. Kelebihan lain, internet banking tidak hanya dapat dilakukan dengan hp, dengan tablet, laptop, dan komputer desktop secara gantian pun bisa.

Dan cara cek saldo BCA melalui handphone menggunakan metode internet banking ialah: kunjungi link https://m.ibank.klikbca.com via browser, login dengan user ID dan PIN KlikBCA, klik menu Informasi Rekening, klik submenu Informasi Saldo. Tunggu loading sebentar hingga laman berisi informasi saldo rekening BCA Anda muncul.

Selengkapnya baca: Cara cek saldo, mutasi rekening, dan transfer dana menggunakan KlikBCA

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment