8 Macam Kartu ATM BCA (Paspor BCA)

Ada tiga macam kartu ATM BCA atau Paspor BCA yang paling terkenal dan umum diketahui orang. Yaitu kartu ATM silver, gold, dan platinum. Masing-masing bukan hanya beda warna, melainkan juga biaya administrasi per bulan dan limit transaksi harian.

Selain tiga di atas, sebenarnya masih ada lagi. Berdasarkan informasi, saya menemukan total delapan macam kartu ATM BCA. Tiga sudah disebutkan di atas, lima sisanya yaitu kartu ATM Xpresi, kartu ATM TabunganKu, kartu ATM SimPel, kartu ATM LAKU, dan kartu ATM BCA Dollar.

Bagi pembaca yang ingin tahu lebih dalam, berikut banksentral.com sertakan gambar, penjelasan singkat, kelebihan, kekurangan, dan cara untuk memiliki dari masing-masing Paspor BCA di atas.

Macam-Macam Kartu ATM BCA

Kartu ATM merupakan fasilitas dasar yang dapat dinikmati setelah membuat rekening tabungan di bank. Fungsinya untuk mengoperasikan automatic teller machine (ATM) dengan berbagai keperluan. Di antaranya cek saldo, mutasi rekening, transfer, payment, e-commerce, dll. Jika digunakan pada mesin seperti ini dinamakan kartu ATM.

Kartu ATM akan berubah nama menjadi kartu debit jika digunakan pada mesin EDC (electronic data capture). Ya, kartu ini bisa buat bayar belanja di merchant yang menyediakan EDC. Tidak hanya itu, bisa juga pada mesin setor tunai. Sehingga menabung tidak perlu menemui teller di kantor cabang bank.

Baca juga: Perbedaan kartu ATM, kartu debit, dan kartu kredit

Kembali ke topik. Mengapa kartu ATM BCA bisa sampai delapan macam? Karena produk simpanan BCA sendiri setidaknya ada 10 jenis. Beberapa jenis tertentu akan mendapatkan kartu ATM khusus. Kartu ATM khusus akan mendapatkan fitur khusus juga. Silakan baca sampai bawah untuk informasi lebih lengkap.

1. Kartu ATM BCA Silver atau Blue

Kartu ATM BCA silver atau blue
Kartu ATM BCA silver atau blue

Kartu ATM ini dapat dimiliki oleh nasabah rekening Tahapan BCA, Tahapan Gold, dan Tapres BCA. Pemilik rekening ini sebenarnya bisa memilih warna lain, entah gold atau platinum. Alasan memilih silver mungkin karena biaya administrasi per bulan paling murah.

Sesuai nama, warna kartu ATM ini silver atau dalam bahasa Indonesia perak. Meski demikian, banyak orang menyebut abu-abu. Saat ini ATM jenis ini sudah menjadi blue atau biru. Apapun itu yang jelas kartu ini memiliki biaya dan transaksi seperti tabel di bawah.

Biaya pembuatan/penggantian kartu ATM BCARp10.000,00
Biaya administrasi per bulanRp15.000,00
Limit penarikan tunai per hariRp7.000.000,00
Limit transfer sesama rekening BCARp25.000.000,00
 Limit transfer antar bankRp10.000.000,00

2. Kartu ATM BCA Gold

Kartu ATM BCA gold
Kartu ATM BCA gold

Sama seperti kartu ATM warna silver, kartu ATM gold ini dapat dimiliki oleh nasabah rekening Tahapan BCA, Tahapan Gold, dan Tapres BCA. Kartu ini sangat cocok untuk orang yang membutuhkan transaksi harian lumayan besar.

Warna kartu ATM ini gold atau emas. Beberapa orang menyebut kekuning-kuningan. Biaya-biaya yang dikenakan kepada pengguna kartu ini seperti dalam tabel berikut.

Biaya pembuatan/penggantian kartuRp15.000,00
Biaya administrasi per bulanRp17.000,00
Limit penarikan tunai per hariRp10.000.000,00
Limit transfer sesama rekening BCARp50.000.000,00
 Limit transfer antar bankRp15.000.000,00

3. Kartu ATM BCA Platinum

Kartu ATM BCA gold
Kartu ATM BCA gold

Dibanding jenis silver dan gold, kartu ATM platinum dikenakan biaya administrasi bulanan paling banyak. Meski demikian, sebanding dengan limit yang paling besar. Sangat cocok untuk nasabah pebisnis yang membutuhkan transaksi harian dalam jumlah besar.

Penampakan kartu ATM platinum berwarna kehitam-hitaman. Informasi biaya dan limit transaksinya seperti tabel di bawah.

Biaya pembuatan/penggantian kartuRp20.000,00
Biaya administrasi per bulanRp20.000,00
Limit penarikan tunai per hariRp10.000.000,00
Limit transfer sesama rekening BCARp100.000.000,00
 Limit transfer antar bankRp25.000.000,00

4. Kartu ATM Tahapan Xpresi BCA

Kartu ATM Tahapan Xpresi
Kartu ATM Tahapan Xpresi

Kartu ATM ini khusus untuk nasabah rekening Tahapan Xpresi. Sekadar informasi, rekening Tahapan Xpresi ditujukan kepada kalangan anak muda yang energik. Sehingga kartu ATM tersedia sampai 50 desain. Jika bikin di cabang utama bahkan bisa memakai foto pribadi.

Biaya administrasi per bulan dari rekening ini murah, yaitu cuma Rp5.000,00. Akan tetapi biaya pembuatan atau penggantian kartu lumayan mahal, Rp25.000,00. Kartu ini bisa tarik tunai maksimal Rp7.000.000,00 per hari dan transfer ke rekening antar bank sampai Rp25.000.000,00.

Kartu ATM Tahapan Xpresi bisa digunakan di ATM BCA dan ATM Prima seluruh Indonesia. Bahkan di seluruh dunia pada ATM dengan logo Cirrus.

5. Kartu ATM TabunganKu BCA

Kartu ATM TabunganKu BCA
Kartu ATM TabunganKu BCA

TabunganKu merupakan program pemerintah yang diluncurkan sejak 20 Februari 2010 oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono yang saat itu menjabat sebagai presiden Indonesia. Rekening ini dilaksanakan kepada 70 bank nasional dan bank pembangunan daerah. Karenanya, TabunganKu bisa juga ditemui di BCA.

Nasabah TabunganKu BCA mendapatkan fasilitas buku tabungan dan kartu ATM. Kartu ATM-nya bukan silver, gold, ataupun platinum, melainkan khusus. Penampakannya berwarna dasar putih dan bercorak batik kuning keemasan. Lebih jelasnya silakan lihat gambar di atas.

Kartu ATM TabunganKu BCA mempunyai limit penarikan tunai Rp7.000.000,00; transfer sesama BCA Rp25.000.000,00; biaya pembuatan/penggantian dan administrasi per bulan gratis. Sayangnya kartu ini tidak bisa melakukan transaksi transfer lintas bank.

6. Kartu ATM Simpanan Pelajar BCA (Simpel BCA)

Kartu ATM SimPel BCA
Kartu ATM SimPel BCA

Sama seperti TabunganKu, SimPel juga merupakan program pemerintah. TabunganKu diluncurkan sejak 20 Februari 2010, sedangkan Simpel pada 14 Juni 2015 oleh Presiden Joko Widodo bersama OJK.

Perbedaan lainnya, TabunganKu ditujukan kepada masyarakat umum: semua usia dengan segala profesi. Sedangkan SimPel khusus para pelajar. Baik PAUD, TK, SD, SMP, SMA maupun Madrasah: MI, MTs, dan MA. Yang penting batas usianya di bawah 17 tahun.

Nasabah rekening Simpanan Pelajar BCA bisa mendapatkan fasilitas kartu ATM seperti gambar di atas. Kartu tersebut dikenakan biaya administrasi per bulan gratis, biaya pembuatan dan penggantian kartu baru gratis, limit tarik tunai per hari Rp7.000.000,00, dan transfer sesama BCA Rp25.000.000,00. Sayangnya kartu ini tidak bisa transfer ke lain bank.

7. Kartu ATM LAKU BCA

Kartu ATM LAKU BCA
Kartu ATM LAKU BCA

Demi menjangkau lebih dalam sampai ke pelosok, BCA mengadakan semacam agen yang dapat melayani masyarakat membuat rekening. Sehingga mereka tidak perlu ke kantor cabang BCA yang mungkin lokasinya jauh dari tempat tinggal jika ingin menabung atau transaksi perbankan lain. Agen seperti ini dinamakan LAKU BCA.

Meskipun biaya administrasi per bulan gratis, nasabah rekening LAKU tetap bisa mendapatkan kartu ATM LAKU yang dapat digunakan di mesin micro-ATM yang tersedia di masing-masing agen LAKU. Kartu ATM ini bisa digunakan tarik tunai sampai Rp5.000.000,00 per bulan.

8. Kartu ATM BCA Dollar

Kartu ATM BCA Dollar
Kartu ATM BCA Dollar

Kartu ini khusus untuk nasabah rekening BCA Dollar. BCA Dollar merupakan salah satu jenis rekening yang ditujukan kepada calon nasabah yang membutuhkan transaksi dalam bentuk mata uang asing. Contohnya yaitu pebisnis, orang yang hobi traveling, dll. Ada dua pilihan mata uang yang bisa digunakan: dolar Amerika dan dolar Singapura.

Pemilik rekening ini bisa mendapatkan kartu ATM khusus yang berwarna dasar hijau. Bagian depan ada tanda $ yang merupakan simbol dolar. Kartu ATM ini tetap bisa digunakan di ATM BCA seluruh Indonesia meskipun isi ATM uang rupiah. Biaya administrasi per bulan kartu ini sebesar 1 USD atau 2 SGD.

Lain-Lain

Nasabah rekening Tahapan BCA, Tahapan Gold, dan Tapres BCA bebas memilih kartu ATM silver, gold atau platinum. Mereka diperbolehkan upgrade menjadi gold atau platinum jika saat ini yang dimiliki warna silver. Begitu juga sebaliknya, bisa downgrade. Caranya, cukup datang saja ke kantor cabang BCA terdekat dengan membawa kartu identitas KTP, buku tabungan, dan kartu ATM.

Pemilik kartu ATM jenis lain tidak bisa ganti menjadi silver, gold, ataupun platinum. Pengguna kartu ATM Xpresi BCA bisa ganti desain kartu. Akan tetapi hanya gambar saja yang berubah. Biaya administrasi dan limit akan tetap sama. Jika ingin memiliki silver, gold, atau platinum, silakan buka rekening lain yang bisa mendapatkan fasilitas itu. Rekening lama mau ditutup atau tetap dipakai terserah.

Selanjutnya baca: Cara tarik tunai di ATM tanpa kartu

Leave A Reply

Navigate