Mengurus buku tabungan BNI hilang hingga dapat ganti baru

Saat hilang sebenarnya tidak begitu bahaya. Namun karena fungsinya penting harus diurus segera. Berikut syarat, cara, dan biaya agar dapat pengganti yang baru.

Mengurus buku tabungan BNI hilang sedikit bikin malas. Bagaimana tidak, proses tidak bisa secara online. Mau tidak mau harus ke bank. Salah satu syaratnya yaitu bawa surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

Padahal, biayanya sangat murah. Rp5.000,00 dapat buku tabungan baru sebagai pengganti. Pengguna rekening tertentu bahkan bisa gratis. Lalu waktunya? Sebentar, selama tidak antre panjang.

Kalau begini rasanya lebih baik pakai Taplus Muda. Meski tidak dikasih fasilitas buku tabungan, tiap bulan dikirimi email e-statement. Sayang, hanya nasabah usia 17—35 tahun yang boleh memiliki.

Buku tabungan BNI hilang, bagaimana?

Saat ini, buktab hilang tidak banyak pengaruh. Apalagi jika rekening Anda terdaftar e-banking. Transaksi dan catatannya bisa dicek via online. Informasinya bahkan lebih update.

Meski demikian, fungsi buku tabungan tetap penting. Contoh buat registrasi e-channel, mengurus kartu ATM hilang/terblokir/kedaluwarsa, membuat visa, daftar kerja (menerima gaji), mengajukan kredit, dll.

Tidak hanya itu. Hilangnya buku tabungan juga dapat bahaya. Terutama jika ditemukan oleh orang tidak bertanggung jawab. Ia bisa mengajukan pinjaman online atas nama Anda. Selanjutnya Anda yang ditagih.

Penyebab hilangnya buku tabungan

Tingkat bahayanya tergantung bagaimana buku tabungan tersebut hilang. Jika terbakar, hanyut di sungai karena kebanjiran, atau hal lain yang sekiranya tidak bisa ditemukan, pasti aman-aman saja.

Namun bila jatuh di jalan, lupa menaruh di tempat umum (ketinggalan), bahkan dicuri atau dijambret, sudah pasti berisiko. Banksentral.com sarankan urus dengan segera. Syarat dan langkah-langkahnya sebagai berikut.

Mengurus buku tabungan BNI hilang

Seperti dikatakan di atas. Satu-satunya cara ganti buku tabungan hilang harus ke kantor cabang. Datanglah ke sana dengan membawa dokumen yang diperlukan. Apa sajakah itu?

Syarat yang dibutuhkan

Kartu identitas. Jika dulu buka rekening pakai KTP, bawalah KTP. Begitu juga bila menggunakan SIM, kartu pelajar, paspor, atau lainnya. Dokumen ini harus asli, bukan fotokopi apalagi potret pada handphone.

Kartu ATM. Apapun warnanya silakan sertakan. Baik Mastercard (silver, gold, platinum); GPN (orange, hijau); atau jenis khusus seperti personalized, TabunganKu, dll. Fungsinya sebagai bukti kepemilikan rekening.

Surat keterangan tanda laporan kehilangan (SKTLK). BCA tidak mengharuskan. Akan tetapi BNI iya. Mungkin untuk menghindari buku tabungan hilang disalahgunakan orang. Jika tidak melapor, Anda sendiri yang rugi.

Cara membuat dan contoh surat kehilangan bisa tanya di sini. Intinya ia dibikin di kantor polisi sewilayah dengan tempat kejadian. Bukan sedaerah dengan lokasi tempat tinggal ataupun kantor cabang bank.

Cara ganti buku tabungan BNI

Prosesnya sangat simpel. Setelah persyaratan lengkap silakan ke kantor cabang bank. Sesampai di sana ikuti langkah-langkah berikut.

Ambil nomor antre. Ada dua pilihan: teller dan customer service. Jangan sampai salah pilih. Urusan buku tabungan hilang dilayani CS. Bingung karena pengalaman pertama kali? Tanyalah kepada security di pintu masuk.

Tunggu giliran dilayani. Bank pada hari dan tanggal tertentu lumayan ramai. Jadi Anda tidak langsung dilayani. Tidak perlu berdiri berjejer, BNI sudah menyediakan tempat duduk yang empuk dan nyaman.

Datangi meja customer service. Setelah nomor antre dipanggil untuk dilayani, katakan bahwa buku tabungan BNI Anda hilang dan perlu ganti baru. Tunjukkan juga persyaratan yang Anda bawa kepada CS.

Mengisi formulir. Anda dikasih selembar kertas. Isilah data dengan benar. Antara lain nama, alamat, dan nomor sesuai KTP. Setelah ditandatangani di atas meterai, serahkan kembali kepada customer service.

Buku tabungan baru diterbitkan. Tetap duduk manis di depan customer service. Ia sedang mencetak buku tabungan baru atas nama Anda. Sama seperti bikin pertama kali, ia harus distempel dan ditandatangani.

Selesai. Buku tabungan baru diserahkan kepada Anda. Jika tidak punya keperluan lain (ATM hilang, terblokir, kedaluwarsa, dll.) silakan pulang agar customer sevice bisa melayani nasabah berikutnya.

Biaya ganti buku tabungan BNI karena hilang

Tarif berbeda-beda tergantung tipe rekening yang digunakan. Beberapa bahkan gratis. Andai bayar pun jumlah sangat terjangkau. Tepatnya di bawah Rp5.000,00 untuk Taplus, Taplus Anak, dll.

Selain buku, biaya lainnya yaitu meterai yang ditempel di formulir. Bank telah menyediakan. Anda tinggal membayar Rp10.000,00 (sebelumnya Rp6.000,00, sekarang sudah naik).

Terakhir soal pembuatan surat keterangan kehilangan di kantor kepolisian. Umumnya gratis. Namun, berdasarkan pengalaman beberapa orang diminta biaya administrasi. Berapa? Seikhlasnya.

Soal sering ditanya

Apakah ganti buku tabungan membuat nomor rekening berubah?

Tidak. Meski buktab baru dan halaman banyak yang kosong, nomor rekening tetap seperti yang lama. Begitu juga dengan saldo, jumlah masih sama alias uang tidak berkurang sedikit pun.

Apakah buku tabungan hilang membuat nomor rekening terblokir?

Secara langsung tidak. Kartu ATM dan e-banking tetap dapat digunakan. Menerima transferan juga tidak masalah. Namun, saat buku tabungan hilang disarankan menelepon BNI Call Center untuk memblokir rekening.

Berapa biaya ganti buku tabungan BNI?

Murah Rp0—Rp5.000,00 tergantung jenis rekening yang digunakan. Namun, nanti ditambah bayar meterai Rp10.000,00 dan biaya administrasi bikin surat keterangan kehilangan di kantor polisi (seikhlasnya).

Bagaimana kalau lupa bawa uang?

Bisa memotong saldo. Akan tetapi customer service lebih menyarankan bayar langsung. Jadi, silakan tarik tunai dahulu menggunakan ATM. Di lokasi bank biasanya terdapat mesin tersebut.

Bisakah mengurus buku tabungan BNI hilang beda cabang?

Secara teori tidak. Nasabah harus mengurus buku tabungan hilang di cabang asal pembukaan rekening. Namun, berdasarkan pengalaman beberapa orang tetap diizinkan ganti di cabang lain.

Bolehkah ganti buku tabungan BNI diwakilkan orang lain?

Tidak. Meskipun wakil merupakan pasangan (suami/istri), keluarga (orang tua/anak), saudara (kakak/adik), dan membawa surat kuasa yang Anda tanda tangani tetap ditolak oleh pihak bank.

Bisakah mengurus buku tabungan hilang BNI tanpa surat kehilangan dari kantor polisi?

Tidak bisa. Saya pernah tanya customer service. Jawabannya, hilang di dalam rumah saja harus membuat surat keterangan tanda laporan kehilangan (SKTLK), apalagi di tempat umum?