Jenis tabungan BRI

Jenis-jenis tabungan BRI serta kelebihan dan kekurangannya

Saat ini tabungan bank tidak hanya berfungsi untuk menyimpan uang, tetapi juga bertransaksi dan bahkan mengajarkan anak berhemat. Untuk itu, terciptalah jenis-jenis tabungan BRI dengan manfaat dan fitur yang berbeda-beda. BritAma misalnya, fasilitas transaksinya memang lengkap, tetapi kurang cocok untuk simpanan uang.

Contoh jenis tabungan BRI yang cocok untuk menyimpan/menabung uang adalah BritAma Rencana. Bukannya memberikan kartu ATM, rekening ini justru “memaksa” penggunanya untuk rutin menyetor tiap bulan. Selain itu, bunga yang diberikan juga lebih besar daripada bunga jenis tabungan BRI lainnya.

Kurang lebih seperti itulah cara untuk memilih jenis tabungan BRI yang benar, yaitu disesuaikan tujuan atau kebutuhan. Jika dua di atas belum cocok untuk Anda, ada sembilan jenis tabungan BRI lainnya yang masih dapat dipilih. Mari lanjutkan membaca sampai bawah untuk mengetahui semuanya.

Jenis-jenis tabungan BRI

Berdasarkan penelusuran banksentral.com ke BRI, ditemukan sebelas jenis tabungan BRI yang dapat dipilih oleh calon nasabah, yaitu Tabungan BRI Simpedes, Tabungan Simpedes TKI, Tabungan BritAma, Tabungan Britama X, Tabungan BritAma Bisnis, Tabungan Britama Valas, Tabungan BritAma Rencana, Tabungan Junio, TabunganKu, Simpel (Simpanan Pelajar), dan Tabungan Haji BRI.

1. Tabungan BRI Simpedes

Ditinjau dari nama, Simpedes adalah jenis tabungan BRI yang target penggunaya adalah masyarakat pedesaan. Seperti diketahui, Simpedes memiliki kepanjangan Simpanan Pedesaan. Untuk itu, Bank BRI membangun kantor cabang hingga pelosok agar dapat melayani setulus hati sesuai dengan motonya.

Untuk membuka tabungan Simpedes diperlukan uang setoran awal Rp50 ribu. Setelah rekening jadi, nasabah langsung mendapat buku tabungan, kartu ATM, dan layanan e-Banking. Selama pemakaian, pengguna Tabungan Simpedes dikenakan biaya admin Rp5.500 per bulan yang secara otomatis memotong saldo.

Karena tarifnya murah, nasabah Tabungan Simpedes tidak mendapat bonus asuransi gratis dari BRI seperti Tabungan BritAma. Selain itu, kartu ATM yang didapat berjenis GPN. Biaya-biaya transaksinya memang murah, tetapi kartu ATM GPN sampai saat ini belum bisa digunakan di luar negeri.

2. Tabungan BRI Simpedes TKI

Tabungan Simpedes TKI adalah jenis tabungan BRI yang hanya dimiliki oleh para pekerja imigran dan keluarganya. Mereka dapat membuka rekening ini ketika masih berada di Indonesia atau di kantor cabang (perwakilan) di negara tujuan. Selain KTP, syarat lain untuk membuka rekening ini adalah surat rekomendasi dari PPTKIS.

Meskipun target penggunanya adalah orang yang bekerja di luar negeri, kartu ATM Simpedes TKI ternyata bukan Mastercard. Agaknya, tabungan ini lebih cocok dipegang oleh anggota keluarganya yang ditinggalkan di Indonesia. Tanpa dirinya menjadi TKI, orang-orang ini bahkan bisa membuka Tabungan Simpedes TKI.

Baca juga: 7 Jenis kartu ATM BRI beserta biaya admin dan limit transaksinya

Kelemahan-kelemahan di atas tidak usah diprotes karena sudah sepadan dengan tarifnya. Seperti diketahui, pembuatan rekening Simpedes TKI hanya memerlukan setoran awal Rp10 ribu. Kemudian, tiap bulan jumlah saldo yang terpotong secara otomatis oleh biaya administrasi cuma Rp3.000.

3. Tabungan BritAma

Dapat dikatakan bahwa Tabungan BritAma adalah lawan dari Simpedes. Ditinjau dari nama, nama awal BritAma adalah Simaskot yang berarti Simpanan Masyarakat Perkotaan, sedangkan Simpedes adalah Simpanan Pedesaan. Perlawanan lainnya adalah BritAma mendapat bonus asuransi gratis, sedangkan Simpedes tidak.

Secara fitur, baik Simpedes maupun BritAma sama-sama mendapat buku tabungan, kartu ATM, dan layanan e-banking. Akan tetapi, kartu ATM Britama memiliki spesifikasi lebih tinggi. Selain limit transaksinya lebih besar, kartu ATM BritAma juga dapat digunakan di luar negeri berkat dukungan layanan Mastercard.

Dalam hal ini, pengguna Tabungan Simpedes tidak usah iri karena di balik kelebihan BritAma ada biaya besar yang harus dibayarkan, yaitu setoran awal Rp250 ribu dan biaya admin Rp12.000 per bulan. Jika kebutuhan transaksi Anda kecil, Anda sebaiknya memilih jenis Tabungan BRI Simpedes saja meskipun tinggal di kota.

4. Tabungan BritAma X

BritAma X atau BritAma Muda adalah jenis tabungan BRI yang cocok digunakan oleh mahasiswa atau kawula muda dengan usia 17–35 tahun. Kelebihan tabungan ini terletak pada kartu ATM. Selain bergambar unik, kartu ATM BritAma X juga tersedia dua pilihan jaringan, yaitu GPN dan Mastercard.

Urusan tarif tidak perlu dirisaukan. Setoran awal pembukaan rekening BritAma X masih lebih murah dari BritAma reguler, yaitu Rp100 ribu. Sementara itu, biaya admin yang memotong saldo BritAma X tiap bulan juga relatif kecil, yakni Rp6.000.

Meskipun membayar biaya lebih sedikit, pemilik Tabungan BritAma tetap dapat menikmati fasilitas kartu debit, buku tabungan, layanan e-banking, dan bonus asuransi. Bagi saya, kekurangan BritAma hanya satu, yaitu tidak dapat dibikin oleh calon nasabah dengan usia selain 17-35 tahun.

5. Tabungan BritAma Bisnis

Jika Anda seorang pengusaha, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka Tabungan BritAma Bisnis. Kelebihan jenis tabungan BRI ini adalah memiliki catatan histori transaksi yang detail. Selain itu, tidak dikenakan biaya administrasi ketika rata-rata saldo tiap bulan lebih dari Rp5 juta.

Untuk menikmati kelebihan-kelebihan di atas dibutuhkan setoran awal pembukaan Tabungan BritAma Bisnis minimal Rp1 juta. Ketika saldo di dalam rekening ini rata-ratanya kurang dari Rp5 juta, biaya administrasi tidak lagi gratis tetapi malah cukup besar, yaitu Rp50 ribu.

6. Tabungan BritAma Valas

Meskipun tinggal di Indonesia, Anda akan difasilitasi Tabungan BritAma Valas untuk memiliki tabungan BRI dalam bentuk mata uang asing. Ketika Anda membuka rekening ini, setoran awal dapat menggunakan uang rupiah asalkan setara dengan USD 50, AUD 50, SGD 65, EUR 50, CNY 350, AED 175, HKD 350, GBP 50, JPY 5.000, atau SAR 300.

Salah satu keuntungan menyimpan uang dalam bentuk mata uang asing adalah kestabilan kurs. Di tambah, Tabungan BritAma Valas akan memberi Anda kartu ATM yang berlogo Mastercard. Dengan demikian, Anda dapat memakainya di ATM dan mesin EDC di hampir seluruh dunia.

7. Tabungan BritAma Rencana

Jika tujuan Anda adalah benar-benar menabung, Tabungan BritAma Rencana adalah jenis tabungan BRI yang paling cocok digunakan. Sistem tabungan ini akan menentukan jangka waktu antara 1–20 tahun. Selama kurun waktu itu, setiap bulan Anda harus menyetor uang Rp100 ribu—Rp5 juta.

Selain fokus menabung, keuntungan menabung dengan BritAma Rencana antara lain adalah tidak dikenakan biaya administrasi dan mendapat bunga yang tinggi. Sementara kekurangannya, Anda harus memiliki tabungan BritAma atau BritAma Bisnis sebagai rekening afiliasi.

8. Tabungan BRI Junio

Tabungan Junio adalah jenis tabungan BRI yang bermanfaat untuk mengenalkan anak-anak akan sistem perbankan. Meskipun usia mereka masih 0–17 tahun, Anda dapat membuatkan rekening ini dengan minimal setoran awal Rp100 ribu—Rp150 ribu dan biaya admin Rp0–Rp5 ribu per bulan (tergantung usia anak).

Banyak yang akan dipelajari oleh anak karena Tabungan Junio memberikan fasilitas lengkap, mulai buku tabungan, kartu ATM, hingga layanan e-banking. Kartu ATM BRI Junio memang berjenis GPN. Akan tetapi itu lebih dari cukup untuk mereka gunakan di dalam negeri.

Kekurangan Tabungan Junio hanya satu, yaitu proses pembuatan harus ditemani orang tua/wali dan mereka harus memiliki tabungan BRI dahulu.

9. TabunganKu

Sebenarnya, TabunganKu adalah program pemerintah yang diselenggarakan tidak hanya di BRI tetapi juga di bank lain. Karena sudah di-custome, TabunganKu pada masing-masing bank berbeda tarif dan fasilitasnya. Pada Bank BRI, pembukaan rekening TabunganKu memerlukan setoran awal Rp20 ribu.

Pengguna TabunganKu BRI tidak mendapat kartu ATM mungkin karena biaya admin TabunganKu BRI itu gratis.

10. SimPel (Simpanan Pelajar) BRI

SimPel juga merupakan program pemerintah sama seperti TabunganKu. Jika dibandingkan, TabunganKu dan Simpel memiliki beberapa perbedaan, antara lain beda target pengguna, beda tempat pembuatan, dan beda jumlah setoran awal.

Berdasarkan target pengguna, TabunganKu ditujukan kepada masyarakat umum dengan usia 12 tahun ke atas, sedangkan SimPel untuk pelajar PAUD/TK/SD/SMP/SMA atau sederajat. Tempat pembuatan rekening TabunganKu adalah di kantor cabang BRI, sedangkan SimPel di sekolah-sekolah yang bekerja sama dengan BRI. Pada saat pembuatan, TabunganKu memerlukan setoran awal minimal Rp20 ribu, sedangkan SimPel Rp5 ribu.

Meskipun begitu, antara SimPel BRI dan TabunganKu BRI juga ada persamaan, yaitu sama-sama tidak mendapat kartu ATM dan gratis biaya administrasi per bulan.

11. Tabungan Haji BRI

Untuk biaya naik haji, Anda memang dapat menabung dengan tabungan BRI seperti SimPedes, SimPedes TKI, BritAma, BritAma X, BritAma Bisnis, BritAma Valas, Junio, TabunganKu, dan SimPel. Akan tetapi, manfaat dan fasilitas yang ditawarkan oleh jenis-jenis rekening BRI ini masih kurang cocok.

Jenis tabungan BRI yang paling cocok untuk menabung biaya naik haji adalah Tabungan Haji BRI. Dengan menggunakan rekening ini, Anda akan dibantu mendaftar haji ketika saldo telah melewati Rp25 juta. Bukan hanya itu, Anda juga mendapat asuransi dan souvenir perlengkapan naik haji.

Agar mendapat fasilitas tersebut, silakan Anda buka rekening Tabungan Haji BRI dengan setoran awal Rp50 ribu atau USD 50. Ketika rekening jadi, Anda tidak usah heran hanya karena tidak mendapat kartu ATM. Yang paling penting adalah rekening Tabungan Haji BRI ini tidak dikenakan biaya admin per bulan.

Selanjutnya baca: Cara membuat rekening BRI secara online ataupun offline

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *