Transfer Dana via ATM BCA: Cara, Limit, dan Biayanya

Di ATM, transfer dana merupakan salah satu transaksi yang biasa dilakukan nasabah BCA selain tarik tunai. Melalui ATM, mereka bisa kirim uang kapan saja selama 24 jam. Tidak hanya sesama BCA, transfer ke bank lain seperti BNI, BRI, Mandiri, Permata, dan lainnya pun tidak masalah.

Meskipun bebas bisa dilakukan 24 jam, transfer dana via ATM ada aturan tersendiri. Seperti misalnya limit atau batas maksimal uang yang bisa dikirimkan, biaya transfer lintas bank atau jika menggunakan ATM bank lain, dan sebagainya. Salah satu penentu limit ialah tergantung kartu ATM yang digunakan: apakah warna silver/blue, gold, platinum, atau jenis kartu ATM BCA lain.

Transfer dana menggunakan ATM BCA caranya sangat gampang. Semua proses sudah ada petunjuknya di layar. Anda hanya perlu mengikuti. Namun, bila pertama kali melakukan mungkin akan sedikit kebingungan. Daripada ragu dan bahkan salah, tidak ada salahnya membaca tutorial cara kirim uang via ATM BCA dari banksentral.com berikut ini.

Cara Transfer Dana Menggunakan ATM BCA

Seperti yang sedikit disinggung di atas, transfer dana melalui ATM BCA ada dua jenis: transfer sesama rekening BCA dan transfer antarbank (ke bank lain). Cara melakukan keduanya sedikit berbeda. Lebih tepatnya yaitu sebagai berikut.

Transfer dana antar-rekening BCA (dari rekening BCA ke rekening BCA lain)

  • Masukkan kartu ATM BCA/Paspor BCA Anda.
  • Pilih bahasa Indonesia dan input PIN ATM dengan benar.
  • Pilih menu Transaksi Lainnya (berada di pojok bawah).
  • Pilih submenu Transfer dan Ke Rek BCA.
  • Masukkan nomor rekening BCA tujuan yang akan ditransfer.
  • Masukkan jumlah nominal uang yang akan dikirim.
  • Layar ATM menampilkan data transaksi yang akan diproses. Baca dengan teliti dan tekan YA bila semua sudah benar.
  • Selesai. Mesin akan mengeluarkan struk sebagai bukti bahwa transaksi transfer telah berhasil.
  • Jangan lupa ambil kembali kartu ATM BCA Anda.

Transfer dana ke rekening bank lain (dari BCA ke rekening bank lain)

  • Masukkan kartu ATM BCA/Paspor BCA.
  • Pilih bahasa Indonesia dan input PIN dengan benar.
  • Pilih menu Transaksi Lainnya.
  • Pilih menu Transfer dan Ke Rek Bank Lain.
  • Masukkan kode bank yang akan ditransfer dan disambung dengan nomor rekening tujuan (baca penjelasan di bawah).
  • Masukkan jumlah uang yang akan dikirimkan.
  • Masukkan nomor referensi (bebas, bisa dikosongkan).
  • Layar ATM menampilkan data transaksi yang akan diproses. Baca dengan teliti. Jika tidak ada yang salah, tekan YA/OKE.
  • Selesai. Mesin akan mengeluarkan struk sebagai bukti bahwa transaksi transfer antarbank telah sukses.

Kode bank terdiri dari tiga digit. Angka ini merupakan kode yang fungsinya memang untuk transfer antarbank. Beberapa contoh kode bank yaitu BCA: 014, BNI: 009, BRI: 002, Mandiri: 008, Permata: 013, dst.

Misal Anda mau transfer ke BNI dengan nomor rekening 0123456789. Maka yang harus diinput ke ATM ialah 0090123456789. Di ATM sendiri sebenarnya bisa melihat daftar kode secara lengkap. Saya sengaja tidak tulis karena transfer antarbank akan lebih gampang kalau Anda sudah tahu kode bank yang hendak dikirimi uang.

Limit Transfer Dana Sesama BCA dan Antarbank (Lintas Bank)

Jika Anda mempunyai saldo sangat banyak, uang tersebut tidak bisa dikirim sekaligus ke rekening lain dalam waktu sehari. Paling banyak yaitu Rp100.000.000,00. Itupun jika kartu ATM Anda jenis platinum dan transfer ke sesama BCA. Bila menggunakan kartu ATM BCA jenis lain dan transfer antarbank, batas/limit akan berbeda lagi.

Ya, salah satu penentu besarnya jumlah limit yaitu jenis kartu ATM yang digunakan. Kartu ATM dengan biaya administrasi per bulan murah bahkan gratis akan mendapatkan jumlah limit sedikit. Sedangkan yang biaya admin-nya mahal, limit transfernya juga besar. Sebanding dan adil. Angka tepatnya silakan lihat tabel.

 Jenis kartu  Limit transfer sesama BCA  Limit transfer ke bank lain
 Kartu ATM BCA Silver/Blue  Rp25.000.000,00  Rp10.000.000,00
 Kartu ATM BCA Gold  Rp50.000.000,00  Rp15.000.000,00
 Kartu ATM BCA Platinum  Rp100.000.000,00  Rp25.000.000,00
 Kartu ATM BCA Tapres  mengikuti ATM BCA Gold  mengikuti kartu ATM BCA Gold
 Kartu ATM BCA Lain (Xpresi, TabunganKu, SimPel, LAKU)  Rp25.000.000,00 (mengikuti kartu ATM BCA silver)  tidak bisa transfer antarbank

 

Baca juga: Tiga tabungan BCA tanpa biaya administrasi per bulan

Limit di atas dihitung per hari. Jika hari ini kartu ATM BCA Anda sudah transfer mencapai batas maksimal, maka harus menunggu hari berikutnya untuk bisa transfer kembali. Jika memang butuh transfer banyak sementara sudah mencapai limit, Anda masih bisa melakukannya melalui teller di kantor cabang BCA terdekat.

Biaya Transfer Menggunakan ATM BCA

Cek saldo menggunakan kartu ATM BCA di ATM BCA biayanya gratis. Dikatakan gratis dalam artian tidak dikenakan biaya tambahan selain biaya administrasi per bulan. Akan tetapi, jika cek saldo menggunakan kartu ATM BCA di ATM bank lain (jaringan ATM Prima) dikenakan biaya Rp6.500,00 per transaksi.

Begitu juga dengan biaya transfer menggunakan ATM BCA ini. Jika transfer menggunakan kartu ATM BCA di ATM BCA, biayanya gratis. Bila menggunakan ATM bank lain (jaringan ATM Prima) maka dikenakan biaya tambahan Rp6.500,00 per transaksi.

Di atas ialah biaya transfer sesama BCA. Biaya transfer ke bank lain beda lagi. Baik dilakukan di ATM BCA ataupun ATM bank lain akan mengenakan biaya transfer Rp6.500,00. Perlu diketahui, jika transfer gagal atau ditolak, di ATM jaringan Prima tetap mengenakan Rp3.500,00. Sedangkan di ATM BCA tetap gratis.

Jenis transaksi ATM BCA ATM  Prima
Transfer sesama BCA gratis Rp6.500,00
Transfer ke bank lain Rp6.500,00 Rp6.500,00
Transaksi gagal/ditolak gratis  Rp3.500,00

 

Lain-Lain

Tidak seperti tarik tunai, transfer sesama BCA atau antarbank tidak bisa dilakukan di ATM luar negeri meskipun mesin memiliki logo Cirrus. Jika tetap dipaksa maka transaksi akan gagal atau ditolak. Meski ditolak, tetap dikenakan biaya Rp5.000,00. Sedangkan uang yang hendak ditransfer tetap dikembalikan ke saldo lagi.

Saat ini jenis ATM bermacam-macam. Bukan hanya jenis yang bisa tarik tunai, melainkan ada juga ATM setor tarik, ATM multifungsi, ATM nontunai, dan ATM setor tunai. Semua jenis ATM ini bisa digunakan untuk transfer sesama BCA dan antarbank kecuali ATM setor tunai.

Jenis kartu ATM BCA yang bisa melakukan transfer sesama rekening BCA dan transfer antarbank yaitu: ATM BCA silver/blue, gold, dan platinum. Jenis kartu ATM lain seperti ATM Xpresi, TabunganKu, dan SimPel tidak bisa. Bisanya hanya transfer sesama BCA dengan limit lumayan besar: Rp25.000.000,00 (sama seperti ATM BCA silver).

Leave A Reply

Navigate