Bukan sekali atau dua kali saja banksentral.com mendengar keluhan orang tentang ini. Mereka transfer dana ke bank lain menggunakan KlikBCA tetapi uang tidak kunjung sampai ke rekening tujuan. Entah itu ke rekening Mandiri, BNI, BRI, atau bank lain sama saja.

Anda sudah menunggu lama tetap saja transferan antar bank dari BCA itu tidak sampai. Cek ulang nomor rekening tujuan tidak ada salah. Bahkan pada mutasi rekening pun saldo sudah didebet/terpotong. Pasti Anda jadi pusing. Apalagi jika uang transferan sedang dibutuhkan mendadak dan sangat penting.

Akhirnya muncul pertanyaan di benak Anda: apakah sedang eror atau internet banking BCA memang tidak bisa diandalkan untuk transfer antar bank? Bisa dibilang begitu. Pasalnya, dari sekian banyak E-Banking BCA hanya KlikBCA yang lelet begini. Layanan lain seperti ATM dan m-BCA tidak masalah. Bahkan fitur internet banking bank lain pun tetap bisa transfer antar bank secara real-time (uang sampai saat itu juga).

Baca juga: Cara cek saldo, mutasi rekening, dan transfer menggunakan KlikBCA

Mengapa Uang Transferan Dari KlikBCA ke Rekening Bank Lain Tidak Sampai Saat Itu Juga?

Alasan uang transferan dari KlikBCA ke rekening bank lain seperti Mandiri, BNI, ataupun BRI tidak masuk secara cepat bukan karena sedang eror. Melainkan memang begitulah sistemnya. Perlu diingat bahwa saat Anda mentransfer dana antar bank via internet banking BCA ada dua pilihan jenis transfer, yaitu LLG dan RGTS.

Artinya, jika Anda transfer dengan metode LLG atau lalu lintas giro, maka uang tidak bisa sampai secara real-time. Biasanya harus menunggu 1–3 jam. Bahkan pada waktu tertentu sampai 1–3 hari. Sedangkan bila menggunakan metode RGTS (real time gross settlement) barulah uang bisa masuk saat itu juga.

Yang jadi masalah ialah pilihan jenis RGTS hanya bisa dilakukan jika Anda mentransfer uang ke rekening bank lain dalam jumlah banyak. Terakhir saya cek sekira Rp100 juta. Jika Anda transfer dana dengan jumlah di bawah itu maka mau tak mau harus memilih LLG. Sangat tidak membantu untuk orang yang butuh transaksi dengan jumlah sedikit.

Jadi, sampai sini sudah jelas mengapa transfer dana menggunakan KlikBCA ke Mandiri, BNI, BRI, ataupun bank lain tidak langsung masuk. Alasannya karena LLG itu. Namun, selain itu bisa saja karena hal lain. Terutama bila melebihi tiga hari. Jika ini terjadi silakan tanyakan langsung kepada BCA melalui Halo BCA dengan nomor telepon 1500888.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan ATM, SMS banking, mobile banking, dan internet banking

Solusi Transfer Uang dari BCA ke Bank Lain Menggunakan Internet Banking Agar Cepat Terkirim

Menurut beberapa orang memang itulah kelemahan internet banking KlikBCA: transfer sesama rekening BCA sangat bisa diandalkan, tetapi jika antar bank tidak. Namun bukan berarti bank ini payah untuk urusan kirim uang antar bank. BCA masih punya fitur layanan E-Banking lain yang bisa menggantikan fungsi itu.

Layanan lain yang dimaksud yakni ATM, m-BCA (yang menggunakan menu SIM-card), dan BCA mobile (menggunakan aplikasi yang di-download dan diinstal pada smartphone). Ketiganya bisa Anda pilih untuk transaksi transfer antar bank tanpa harus menemui teller. Duit yang dikirim juga bisa sampai saat itu juga (real time).

Akan tetapi jika tetap diharuskan menggunakan internet banking BCA dan berharap transferan cepat sampai, Anda masih bisa mengakali. Bagaimanpun, internet banking memiliki kelebihan lain dibandingkan ketiga fitur di atas. Caranya ialah transferlah pada hari dan jam kerja. Kalau perlu sepagi mungkin.

Mengapa harus begitu? Karena transaksi LLG diproses pada hari dan jam kerja saja. Lebih tepatnya sampai pukul 15.00. Jika Anda mentransfer lebih dari waktu itu maka akan diproses hari kerja berikutnya. Misal Anda transfer pada hari Sabtu pukul 16.00, maka transaksi akan diproses hari Senin pagi.

Nah, jika Anda transfer uang via internet banking KlikBCA ke rekening bank lain pagi hari saat pada jam kerja, maka transaksi akan diproses pada hari itu juga. Namun tetap tidak bisa sampai real time, melainkan cukup menunggu 1–3 jam saja. Akan tetapi sudah mendingan daripada 1–3 hari, bukan?

Selanjutnya baca: 2 cara atasi internet banking BCA terblokir

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment