Rekening TabunganKu BNI baiknya kelewatan. Sudah syarat bikin gampang, setoran awal ringan, bahkan biaya administrasi gratis, tetap saja fasilitasnya lengkap. Para pengguna dikasih buku tabungan sekaligus kartu debit.

Sebelumnya, rekening TabunganKu BNI tidak mendapat kartu ATM. Namun sekarang iya. Bahkan kartunya sudah GPN. Sehingga buat bayar belanja pada mesin EDC bisa. Transfer via ATM apalagi. Baik sesama ataupun antarbank tidak masalah.

Kelemahannya cuma satu. TabunganKu BNI tidak bisa SMS banking, m-banking, dan internet banking. Tidak masalah, rekening ini memang untuk masyarakat menengah ke bawah. Harapannya mereka tertarik untuk menabung di bank.

Meski demikian, tidak sedikit golongan atas ikut memanfaatkan. Mereka membukanya buat rekening kedua. Sebagian lagi untuk menabung (saldo banyak tetapi jarang transaksi). Mungkin gara-gara TabunganKu memberi bunga juga.

Dua jenis TabunganKu dan BNI

Tertarik memiliki? Bacalah sebelum membuat. Perlu diketahui, TabunganKu ada dua tipe: mandatory dan customized. Kelengkapan keduanya beda. Pastikan Anda tidak salah memilih agar mendapat fasilitas cocok sesuai kebutuhan.

Begitu juga dengan BNI. Ada dua macam juga: konvensional dan syariah. Keduanya mengeluarkan produk TabunganKu masing-masing. Kita sedang bahas yang konvensional. Untuk syariah lain kali.

TabunganKu termasuk program Pemerintah. Makanya BCA, BRI, Mandiri, dan bank lain juga menyediakan. Fitur mandatory ditetapkan Pemerintah. Antara bank satu dan lainnya sama. Sedangkan tipe customized terserah. Masing-masing bank boleh beda.

Fasilitas TabunganKu mandatory sangat terbatas. Para nasabah hanya mendapat buku tabungan. Tidak ada kartu ATM apalagi e-channel. Sedangkan customized, kususnya TabunganKu BNI, sedikit lebih lengkap. Pada paragraf atas sudah disebutkan.

Syarat buka rekening TabunganKu BNI

Agar sesuai target maka persyaratan dibikin gampang. Calon nasabah tidak perlu menyertakan NPWP (nomor pokok wajib pajak). Cukup penuhi tiga hal ini.

  1. Kartu identitas KTP
  2. Setoran awal
    Tipe mandatory: Rp20.000,00
    Tipe customized: Rp50.000,00
  3. Mengisi formulir pendaftaran/buka rekening baru.

Rekening ini khusus perorangan. Selain dibatasi tidak boleh memiliki dua, penggunaan juga harus pribadi (tidak join-an/bersama). Badan usaha dan lembaga silakan pilih tipe lain. Rekening BNI lebih dari 14 macam.

Anak usia di bawah 17 tahun boleh buka TabunganKu BNI. Namun, proses pembuatan perlu didampingi wali/orang tua. Agar rekening atas nama anak bawalah akta lahir, kartu keluarga, atau kartu pelajar. Persyaratan lainnya sama di atas.

Cara bikin rekening TabunganKu BNI

Saat ini belum bisa dengan online. Calon nasabah harus mendatangi kantor cabang. Saran Bank Sentral tujulah yang lokasinya sesuai alamat KTP. Dengan begitu tidak diminta syarat tambahan surat keterangan domisili.

Kunjungilah bank saat jam kerja. Jangan lupa bawa persyaratannya dengan lengkap. Sesampai di sana ikuti panduan berikut:

  • Ambil nomor antrean untuk layanan customer service. Jika bingung karena pengalaman pertama kali, jangan ragu bertanya kepada security. Dia jaga di area pintu masuk.
  • Tunggu di bangku yang sediakan sampai nomor dipanggil untuk untuk dilayani.
  • Saat dilayani customer service, katakan Anda mau buka rekening TabunganKu BNI.
  • Ia kemudian menjelaskan lebih detail informasi rekening tersebut.
  • Jika telah paham dan menyetujui, serahkan persyaratan yang Anda bawa.
  • Customer service memberikan formulir pendaftaran atau pembukaan rekening untuk Anda isi.
  • Setelah terisi lengkap dan ditandatangani di atas meterai, serahkan kembali formulir kepada CS.
  • Selanjutnya ia mencetak dan menerbitkan buku tabungan (serta kartu ATM *) untuk Anda. Sampai tahap ini berarti nomor rekening sudah jadi. Anda diarahkan menuju teller untuk melakukan setoran pertama.
  • Selesai. Anda pulang dengan membawa buku tabungan (dan kartu debit *) TabunganKu BNI.

Pengisian formulir tidak sulit. Pertanyaannya sekadar data diri. Antara lain nama dan alamat sesuai KTP, nomor NIK, nama ibu kandung, nomor ponsel, pekerjaan, jumlah penghasilan/gaji per bulan, dll.

*Jika membuat tipe customized, Anda mendapat fasilitas tambahan kartu ATM. Saat itu juga langsung aktif. Bahkan sudah diseting PIN enam digit. Tepatnya pada saat dilayani customer service tadi.

Meski demikian, sementara hanya bisa transaksi nonfinansial (cek saldo, mutasi, dsb.) Agar bisa tarik tunai, transfer, bayar, dan semua transaksi finansial lain perlu waktu 1×24 sejak kartu diaktifkan.

Biaya rekening TabunganKu BNI

Pembuatan

  • Setoran awal: Rp20.000,00 (mandatory) atau Rp50.000,00 (customized)
  • Meterai: Rp6.000,00
  • Cetak buku tabungan baru: gratis
  • Penerbitan kartu ATM/debit: Rp22.000,00

Penggunaan dan penggantian

  • Setoran berikutnya: Rp10.000,00 (minimal)
  • Biaya administrasi per bulan: gratis
  • Tarif pengelolaan kartu: gratis
  • Ganti buktab rusak/hilang/habis: gratis
  • Ganti kartu rusak/hilang/tertelan/kedaluwarsa: Rp22.000,00
  • Biaya transfer sesama BNI: gratis
  • Biaya transfer ke BNI Syariah: gratis
  • Transfer ke bank lain via ATM: Rp6.500,00
  • Tarik tunai di teller: 2x pertama gratis, selanjutnya Rp1.000,00 (per bulan)
  • Tarik tunai via ATM: gratis tetapi ada limit (detail di bawah)
  • Denda status dormant: Rp20.000,00

Penutupan

  • Biaya penutupan rekening: Rp20.000,00

Mempunyai akun bank tidak harus menabung rutin. Nomor rekening tetap aktif/tidak hangus. Namun, jika enam bulan berturut-turut tidak bertransaksi akan menjadi dormant. Dikenakan denda Rp20.000,00 per bulan.

Biaya dormant memotong saldo. Jika Anda punya banyak tidak masalah. Akan tetapi saat pas atau di bawah Rp20.000,00, nomor rekening akan dimatikan otomatis oleh sistem. Sisa saldo tersebut dianggap sebagai biaya penutupan.

Mengatasi status dormant sangat gampang. Cukup setor tunai atau transfer saja ke rekeningnya. Jangan khawatir, uang tetap milik Anda. Masuk menjadi saldo. Kapan dan di manapun bisa dipakai/ditarik kembali.

Kelebihan dan kekurangan TabunganKu BNI

Bisa dilihat daftar biaya di atas banyak yang gratis. Beberapa memang berbayar. Akan tetapi lebih kecil dibanding rekening lain. Sudah murah pun TabunganKu BNI masih memberi bunga. Besarnya dijelaskan dengan tabel berikut.

Nominal saldoBunga
Rp0 – Rp500 ribu0%
Rp500 ribu – Rp1 juta0,25%
Rp1 juta – ke atas1%
Suku bunga TabunganKu BNI per tahun

Di samping bunga, keuntungan lain masih banyak. Di antaranya:

  • Setoran awal dan selanjutnya rendah
  • Syarat pembuatan gampang
  • Mendapat kartu debit/ATM
  • Gratis biaya administrasi bulanan
  • Kartu bisa transfer antarbank (TabunganKu bank lain belum tentu)
  • Kartu bisa dipakai pada mesin EDC
  • Dll.

Sedangkan kelemahannya yaitu:

  • Tidak difasilitasi e-channel (SMS banking, mobile banking, internet banking, dan SMS notifikasi)
  • Gratis tarik tunai di kantor cabang cuma 2x per bulan. Selebihnya bayar Rp1.000,00.

Transaksi erat kaitan dengan limit. Pada TabunganKu BNI tentu kecil mengingat rekening untuk masyarakat menengah ke bawah. Saya tidak tahu ini kelebihan atau kekurangan. Silakan amati dan nilai sendiri saja.

Jenis transaksiLimit
Transfer ke sesama BNIRp1 juta per hari
Transfer ke bank lainRp1 juta per hari
Pembayaran/pembelianRp1 juta per hari
Tarik tunai di tellerRp100 ribu minimum
Saldo minimal/mengendapRp20 ribu
Limit atau batas transaksi kartu ATM BNI TabunganKu

Rangkuman

Anda mungkin malas baca tulisan panjang. Baiklah, di bawah ini kesimpulannya dalam bentuk pertanyaan dan jawaban.

Berapa setoran awal bikin TabunganKu BNI?

Sangat terjangkau. Tipe mandatory Rp20.000,00. Sedangkan customized Rp50.000,00.

Apa saja syarat buka rekening TabunganKu BNI?

Cukup KTP dan setoran awal. Calon nasabah tidak wajib bawa NPWP. Namun, disarankan bikin di cabang yang lokasinya sesuai KTP. Tujuannya agar tidak diminta syarat tambahan surat keterangan domisili.

Apakah anak berusia 17 tahun ke bawah bisa bikin rekening TabunganKu BNI?

Bisa. Akan tetapi pembuatan didampingi orang tua atau wali. Bawalah akta lahir, kartu keluarga, atau kartu pelajarnya agar rekening ditulis atas nama anak.

Apakah TabunganKu BNI mendapat kartu ATM?

Sebelumnya tidak. Namun sekarang dapat. Itupun khusus TabunganKu tipe customized. Tipe mandatory tetap tidak.

Apakah kartu debit TabunganKu BNI bisa dipakai bayar belanja di mesin EDC?

Kartunya berlogo GPN. Artinya bisa digunakan bukan hanya di ATM, melainkan juga mesin EDC pada kasir merchant yang menyediakan.

Apakah kartu ATM TabunganKu bisa transfer sesama BNI dan beda bank?

Kartu punya logo GPN. Sistem dilengkapi empat switcher: ATM Bersama, Prima, Link, dan Alto. Artinya bisa digunakan untuk transfer. Jangankan sesama BNI, beda cabang pun tidak masalah.

Berapa limit transfer kartu ATM BNI TabunganKu?

Rp1 juta per hari. Jika Anda butuh lebih silakan tambahkan pengiriman pada hari berikutnya. Batasan akan direset setiap pukul 00.00.

Bisakah mengurus kartu ATM TabunganKu BNI bermasalah di cabang lain?

Permasalahan kartu rusak, tidak terbaca, tertelan, terblokir, hilang, kedaluwarsa, dan sebagainya bisa diatasi di cabang BNI manapun. Tidak harus di cabang asal pembuatan.

Khusus kasus hilang harus disertakan surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Kemudian urus di kantor BNI datang sendiri alias tidak diwakilkan.

Berapa bunga BNI TabunganKu?

Tergolong kecil. Di bawah 1%. Jika Anda punya dana banyak dan menginginkan suku bunga lebih disarankan buka rekening Deposito BNI saja. Silakan klik link untuk baca detail.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment