Tabungan BNI paling cocok untuk pengusaha yaitu Taplus Bisnis. Ia memiliki kelebihan yang pas untuk mereka. Contohnya catatan transaksi pada buku tabungan lebih lengkap. Serta mendapat kartu ATM gold atau platinum dengan limit besar.

Meski demikian, tidak berarti orang biasa dilarang menggunakan. Asalkan memenuhi syarat, mereka dipersilakan buka rekening tersebut. Setoran awal minimal Rp1.000.000,00 merupakan salah satu yang dibutuhkan.

Begitu juga dengan badan usaha dan organisasi. Seperti kita tahu, beberapa tipe tabungan BNI hanya untuk perorangan. Jadi, non-perorangan bikin Taplus Bisnis saja. Dengan begitu rekening atas nama PT, CV, Firma, komunitas, dll., bisa dibuat.

Syarat pembuatan tabungan BNI Taplus Bisnis

Dibedakan menjadi dua golongan: perorangan dan nonperorangam. Golongan pertama memerlukan syarat:

  1. Setoran awal minimal Rp1 juta.
  2. Kartu identitas KTP atau SIM (surat izin mengemudi).
  3. Menyertakan kartu NPWP (nomor pokok wajib pajak).

Syarat untuk golongan nonperorangan lebih banyak, yaitu:

  1. Setoran pertama minimal Rp1 juta.
  2. Bentuk hukum lembaga/organisasi jelas.
  3. Data (akta pendirian, izin usaha, NPWP, SITU, dll.)
  4. Surat kuasa penunjukan pengelolaan rekening tabungan.
  5. Tanda bukti dari pemberi+penerima kuasa.
  6. Tanda bukti dari pengurus anggota yang berwenang.

Cara buka tabungan BNI Taplus Bisnis

Waktu yang dibutuhkan sekitar: 25 minutes.

Untuk perorangan sama seperti buka tabungan BNI lain. Sedangkan nonperorangan, cukup perwakilan (yang diberikan kuasa) yang hadir. Tahap detailnya kurang lebih begini.

  1. Siapkan persyaratan

    Kumpulkan dokumen yang diperlukan. Jika kurang harus dilengkapi. Misal KTP hilang, bikinlah baru di kantor kecamatan/kelurahan. Bila tidak langsung jadi mintalah SuKet untuk pengganti. Begitu dengan syarat lain.

  2. Tentukan kantor cabang

    Pilih saja KCP BNI terdekat. Kalau kartu identitas beda domisili, sertakan syarat tambahan SKD (surat keterangan domisili). Anda dapat membuatnya dengan meminta ketua RT dan RW setempat.

    Terkendala membuat SKD? Bisa diganti dengan surat referensi dari perusahan tempat Anda kerja.

  3. Kunjungi kantor cabang BNI

    Datanglah pada hari dan jam kerja. Sampai di sana, ambil nomor antre layanan customer service. Ingat, jangan sampai keliru dengan teller. Setelah itu tunggu hingga mendapat giliran dilayani.

  4. Pengisian formulir

    Saat dilayani, serahkan semua persyaratan yang dibawa. Kemudian katakan Anda mau buka tabungan BNI Taplus Bisnis. Customer service kemudian memberikan formulir pendaftaran/pembukaan rekening untuk Anda isi.

  5. Penerbitan passbook dan kartu

    Tahap ini dikerjakan customer service. Anda cukup menunggu sekira sepuluh menit untuk diminta menandatangani buku tabungan. Serta menentukan enam digit angka untuk PIN kartu debit yang akan Anda gunakan.

  6. Nomor rekening tabungan jadi

    Setelah 15–30 menit akhirnya nomor rekening jadi. Sambil menyerahkan buku tabungan dan kartu debit, customer service meminta Anda menuju teller. Di sana lakukanlah setoran pertama. Setelah itu Anda sudah bisa pulang.

Fitur dan fasilitas Taplus Bisnis BNI

Bisa dibilang tingkatan tabungan ini lebih tinggi daripada Taplus biasa, Taplus Muda, apalagi BNI TabunganKu. Buktinya fitur dan fasilitas lebih lengkap. Para pemiliknya berhak mendapat:

Buku tabungan

Ukurannya sama dengan buktab tabungan BNI lain. Desain pun serupa Taplus biasa: bercorak batik. Perbedaan hanya pada warna. Buku Taplus Bisnis BNI kuning keemasan.

Salah satu kelebihan tabungan Taplus Bisnis ialah pencatatan transaksi pada buku tabungan yang sangat detail. Bukan hanya debit (dana masuk) dan kredit (dana keluar), melainkan berita transaksi juga. Di samping itu, tiap bulan mendapat info cash flow.

Kartu debit atau ATM

Membuat tabungan BNI Taplus Bisnis otomatis mendapat kartu. Tipenya gold atau platinum. Silakan pilih sesuai kebutuhan. Sekadar informasi, kartu ATM platinum memiliki batas maksimal transaksi lebih tinggi daripada gold.

Limit transaksiTipe goldTipe platinum
Limit tarik tunai di ATMRp15.000.000,00Rp15.000.000,00
Limit transfer sesama BNIRp100.000.000,00Rp100.000.000,00
Limit transfer antarbankRp25.000.000,00Rp50.000.000,00
Limit transaksi belanjaRp50.000.000,00Rp100.000.000,00
Biaya administrasi kartuRp7.500,00Rp100.000,00
Batas maksimal transaksi kartu ATM BNI gold vs. platinum

Kartu BNI warna kuning keemasan dan hitam di atas dapat dipakai di mesin EDC dan ATM. Ia memiliki logo Mastercard, jadi bisa digunakan di dalam dan luar negeri. Sebagai pengaman terbaru, bagian depan dilengkapi chip.

Mastercard merupakan perusahaan asal Amerika. Jaringannya hampir seluruh dunia. Seandainya kebutuhan transaksi hanya dalam negeri, saya sarankan Anda pakai kartu ATM BNI GPN. Di samping biaya lebih murah, juga bukti cinta tanah air.

E-banking dan fitur lain

Selain buktab dan kartu, pengguna BNI Taplus Bisnis juga mendapat fitur SMS banking, mobile banking, internet banking, phone banking, dan SMS notifikasi. Akan tetapi rekening harus diregistrasikan dahulu agar dapat memakai e-banking tersebut.

Mendaftar e-banking ada dua cara. Pertama, datangi customer service. Saat pembuatan rekening mintalah sekalian diaktifkan. Kalau lupa bisa kembali ke sana kapan pun. Jika malas, gunakan saja cara kedua: melalui ATM.

Biaya pembuatan dan administrasi

Layanan bank terkesan gratis. Namun sebenarnya tidak. Setiap bulan, pada tanggal tertentu saldo Anda dipotong biaya administrasi. Kemudian, beberapa transaksi juga dikenakan tarif. Pada Taplus Bisnis, berikut rinciannya.

Pembuatan dan penggantian

  • Setoran awal: Rp1.000.000,00 (minimal)
  • Pembuatan kartu baru
    Gold: Rp15.000,00
    Platinum: Rp20.000,00
  • Penggantian kartu debit
    Gold: Rp20.000,00
    Platinum: Rp25.000,00

Administrasi per bulan

  • Biaya pengelolaan rekening: Rp10.000,00
  • Biaya pengelolaan kartu
    Gold: Rp7.500,00
    Platinum: Rp10.000,00
  • Saldo minimum rata-rata per bulan: Rp1.000.000,00
  • Denda saldo di bawah rata-rata: Rp20.000,00.

Tarif transaksi

  • Transfer sesama: gratis
  • Transfer beda bank: Rp6.500,00
  • Pembelian/pembayaran: Rp0–Rp7.500,00

Suku bunga tabungan BNI Taplus Bisnis

Biaya admin memang tidak seberapa. Namun, menggerogoti saldo sedikit demi sedikit. Anda akan merasakan jika rekening didiamkan jangka lama. Denda saldo minimum dapat mempercepat menghabisinya.

Cara pencegahannya ialah mengisi saldo sebanyak mungkin. Bukan memperpanjang waktu habis, melainkan agar bunga yang didapat banyak. Dengan begitu bisa menutup biaya admin. Skema suku bunga BNI Taplus Bisnis memungkinkan itu.

SaldoSuku bunga
< Rp5 juta0,00%
Rp5 juta – Rp100 juta1,00%
Rp100 juta – Rp1 miliar1,25%
Rp 1 miliar2,15%
Suku bunga tabungan BNI Taplus Bisnis

Meski demikian, jika dana Anda diam, bukan untuk transaksi, sebaiknya ditempatkan pada Deposito BNI. Bunga didapat lebih besar. Tabungan Taplus Bisnisnya tinggal dijadikan rekening afiliasi. Dengan begitu, tiap bulan menerima transferan bunganya.

Kelebihan dan kekurangan BNI Taplus Bisnis

Kelebihan

  • Didesain untuk kebutuhan pelaku usaha.
  • Catatan transaksi buku tabungan mendetail.
  • Fitur info cash flow setiap bulan.
  • Fasilitas kartu ATM dengan spesifikasi tinggi.
  • Rekening bisa diseting melakukan transfer otomatis (ATS online atau sweep account).
  • Bisa diafiliasikan dengan kartu debit BNI Co-Brand komunitas tertentu.
  • Mendapat suku bunga kompetitif.
  • Fasilitas e-banking sangat lengkap.

Kekurangan

  • Setoran awal lebih banyak dibanding tabungan Taplus, Taplus Muda, ataupun TabunganKu.
  • Saldo minimum rata-rata per bulan butuh besar.
  • Spesifikasi kartu tinggi otomatis biaya administrasinya mahal.

Penutupan rekening BNI Taplus Bisnis

Informasi tabungan Taplus Bisnis di atas sepertinya sudah lengkap. Mulai syarat bikin, cara buka, fitur dan fasilitas, biaya administrasi, hingga suku bunga dibahas semua. Sebagai akhiran, berikut ditambahkan cara penutupan rekening tersebut.

Caranya sama seperti tabungan BNI lain. Anda cukup ke bank dengan membawa buktab, kartu ATM, dan identitas syarat pembukaan. Temuilah customer service dan ajukan penutupan. Tidak butuh lama maka rekening akan dimatikan.

Cara menonaktifkan rekening tanpa ke bank juga bisa. Pertama, tarik saldo sampai batas minimal. Kemudian diamkan hingga saldo habis dipotong biaya admin dan lainnya. Saat kosong beberapa bulan itulah rekening akan hangus otomatis oleh sistem.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment