Tabungan BNI program pemerintah bukan hanya TabunganKu. Simpanan Pelajar alias SimPel juga iya. Perbedaan keduanya: TabunganKu untuk masyarakat awam segala usia, sedangkan SimPel khusus pelajar 17 tahun ke bawah.

Saking khususnya, pembuatan SimPel bukan ke bank seperti tabungan lain. Melainkan melalui sekolah yang kerja sama dengan BNI. Setelah jadi, barulah transaksi bisa di kantor cabang bank, sekolah, ataupun channel khusus yang ditunjuk.

Namanya saja tabungan untuk pelajar. Pasti syarat pembuatan menyesuaikan kemampuan rata-rata anak sekolah. Antara lain tidak perlu KTP apalagi NPWP, setoran awal dan berikutnya kecil, serta biaya administrasi per bulan gratis.

Meski demikian, Anda jangan menganggap remeh. Fasilitas SimPel BNI cukup lengkap. Para nasabah tidak hanya mendapat buku tabungan, tetapi juga kartu debit. Kartunya bahkan sudah GPN. Sehingga bisa dipakai di ATM dan mesin EDC.

Apa itu BNI SimPel?

Penjabaran di atas sekadar garis besar. Jika adik atau anak Anda benar-benar tertarik silakan lanjut membaca. Sampai bawah diurai dengan detail. Sebagai permulaan mari kita kenali dulu apa itu BNI SimPel.

SimPel (Simpanan Pelajar) diluncurkan Presiden Jokowi pada 2015. Tujuannya untuk melatih siswa gemar menabung sejak usia dini. Agar tercapai, SimPel diadakan pada banyak bank. Selain BNI, BRI, BCA, Mandiri, dll. juga menyediakan.

Spesifikasi SimPel pada tiap bank berbeda. Ada yang banyak kelebihan, ada pula yang sebaliknya. Apapun itu, belum waktunya kita bahas semua. Sekarang fokus kita hanya kepada Simpanan Pelajar keluaran BNI.

Dan perlu diketahui bahwa BNI ada dua macam: konvensional dan syariah. Keduanya memiliki produk SimPel masing-masing. Agar artikel tidak kepanjangan, yang syariah akan ditulis secara terpisah.

Syarat dan ketentuan BNI Simpanan Pelajar

Seperti dikatakan di atas. Tempat pembuatan tabungan SimPel ialah di sekolah yang telah kerja sama dengan BNI. Jika ketentuan ini terpenuhi, barulah siapkan syarat-syarat berikut.

  1. Anak Anda merupakan siswa PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK dan madrasah (MI, MTs, Ma) yang sederajat.
  2. Usia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP.
  3. Setoran awal minimal Rp5.000,00.
  4. Izin orang tua (bisa diwakili pihak sekolah).
  5. Mengisi formulir pendaftaran tabungan BNI SimPel.

Ketentuan lain pembuatan rekening SimPel di bawah ini juga perlu diperhatikan.

  1. Hanya untuk WNI (warga negara Indonesia).
  2. Simpanan dalam bentuk rupiah.
  3. Satu siswa satu nomor rekening.
  4. Buat penggunaan sendiri, bukan bersama (joint account).
  5. Perjanjian kerja sama tiap sekolah dan BNI bisa berbeda-beda.

Cara membuat BNI Simpanan Pelajar

Secara umum, pembuatan tabungan BNI SimPel ialah di sekolah yang bekerja sama. Namun, tidak mutlak begitu. Kadang para siswa yang diminta datang ke bank. Atau bisa juga ke channel khusus yang ditunjuk.

Setelah syarat lengkap dan tempat sudah diketahui, proses selanjutnya ialah mengisi formulir. Kertas ini disediakan di sana. Isinya cuma meminta beberapa data. Antara lain nama, alamat, nama ibu kandung, tanda tangan, dll.

Formulir pendaftaran BNI Simpanan Pelajar
Contoh gambar formulir pendaftaran tabungan BNI Simpanan Pelajar

BNI SimPel tetap tidak wajib maskipun sekolah adik atau anak Anda kerja sama dengan bank. Berdasarkan info Bank Sentral kumpulkan, yang bikin hanya 50% dari keseluruhan murid saat sekolahnya menyelenggarakan.

Fasilitas dan fitur tabungan BNI SimPel

Setelah rekening jadi, adik-adik mendapat tiga fasilitas: buku tabungan, kartu debit, dan SMS banking. Desain standar buku dan kartunya berwarna putih, corak abu-abu, dan gambar dua anak. Namun bisa saja sekolah anak Anda memberi versi desain lain.

Kartu debit SimPel BNI konvensional cukup sakti. Ia dilengkapi logo GPN. Artinya, bisa buat bayar belanja pada mesin EDC. Serta dipakai di ATM untuk cek saldo, transfer (sesama/antarbank), tarik tunai, pembelian, dan transaksi lain.

Sayangnya, tidak semua pemilik BNI SimPel mendapat kartu. Hanya murid SMP dan SMA sederajat. Sebaliknya, SMS banking dapat semua. Namun baiknya pasang di ponsel orang tua agar melalui SMS notifikasi mereka bisa mengetahui dana masuk dan keluar.

Biaya admin BNI Simpanan Pelajar (SimPel)

Jumlah setoran awal sudah disebutkan. Jadi tidak perlu ditulis ulang pada tabel di bawah. Ia hanya berisi daftar biaya pembuatan, penggunaan/pengelolaan, tarif denda tabungan tidak aktif, penutupan rekening, dan sebagainya.

Layanan/transaksiBiaya
Setoran minimal selanjutnyaRp.1000,00
Saldo minimumRp5.000,00
Bikin buktab barugratis
Bikin kartu barugratis
Biaya administrasigratis
Biaya admin kartuRp1.000,00 per bulan
Ganti buktabgratis
Ganti kartu hilang/rusakgratis
Ganti kartu kedaluwarsaRp1.000,00
Limit tarik tunia di sekolahRp250.000,00
Frekuensi tarik tunai di sekolah2x gratis per bulan *
Frekuansi transaksi di tellertidak dibatasi
Limit transaksi (tarik tunai, transfer, dll.) di tellertidak dibatasi
Penalti rekening dormantRp1.000,00
Biaya penutupan rekeningRp5.000,00
*Dua kali gratis. Kali selanjutnya dikenakan tarif Rp1.000,00 per transaksi

Kelebihan dan kekurangan SimPel BNI

Tabungan didesain untuk kebutuhan para pelajar. Para murid yang membuat sudah pasti akan mendapat banyak keuntungan atau manfaat. Beberapa di antaranya ialah seperti ini.

  • Tabungan atas nama anak.
  • Melatih anak gemar menabung sejak masih sekolah.
  • Mengenalkan siswa mengenai transaksi perbankan.
  • Pembuatan tidak memerlukan setoran awal besar.
  • Rekening tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.
  • Mendapat kartu ATM secara gratis.
  • Mencetak nama pada kartu debit bisa.
  • Bisa digunakan untuk menerima bantuan KIP, PIP, bansos, dll.

Kekurangan

  • Limit kecil.
  • Fitur e-channel cuma SMS banking (tidak ada m-banking dan iBanking).

Suku bunga BNI Simpanan Pelajar

Anak-anak tidak diajarkan mengharap bunga. Namun bukan berarti mereka tidak dikasih imbal balik apa-apa. BNI SimPel setahun sekali memberi reward atau hadiah. Bentuk tidak harus dana, kadang beasiswa, atau sejenisnya.

Faq

Tidak banyak informasi mengenai BNI SimPel. Karena, tabungan tersebut memang simpel (sederhana). Kalau di atas masih ada hal terlewat, paling sekadar pertanyaan ini.

Apakah tabungan BNI SimPel mendapat kartu ATM?

Dapat. Namun tidak semua nasabah. Hanya pengguna SMP dan SMA sederajat.

Apakah tabungan BNI Simpanan Pelajar bisa menerima transfer?

Tentu bisa. Ia juga punya nomor rekening, kok.

Apakah kartu ATM BNI SimPel bisa buat bayar belanja pada mesin EDC?

Kartu sudah dilengkapi logo GPN alias Gerbang Pembayaran Nasional. Sistem ini membuatnya dapat dipakai pada mesin yang biasa tersedia di kasir merchant itu.

Apakah kartu ATM BNI SimPel bisa transfer antarbank?

Sekali lagi, kartu sudah berlogo GPN. Sistem dilengkapi empat switcher: ATM Bersama, Prima, Link, dan Alto. Sehingga tidak masalah buat transfer antar banak. Antarbank saja bisa, apalagi sesama BNI.

Bagaimana bila usianya nasabah bertambah dan melewati 17 tahun?

Berdasarkan aturan sudah tidak bisa menggunakan SimPel. Nasabah sebaiknya urus penutupan rekening dan beralih menggunakan tabungan BNI lain. Bisa TabunganKu atau Taplus sekalian.

Bagaimana cara menutup tabungan BNI SimPel?

Pemilik dapat mengajukan penutupan kapan pun selama tempat yang ditentukan (sekolah/kantor cabang bank/channel khusus yang ditunjuk) beroperasi. Silakan datangi dan cara selanjutnya hampir sama dengan penutupan tabungan BNI lain.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment