Buka rekening bank umumnya harus bawa KTP. Kartu identitas ini, Anda tahu dong, hanya bisa dimiliki orang dewasa usia 17 tahun ke atas. Apakah itu artinya anak-anak tidak boleh bikin tabungan? Padahal, bisa saja mereka butuh.

Jawabannya tidak benar. Perlu diketahui, hampir semua bank mengeluarkan produk simpanan lebih dari satu. Beberapa di antaranya didesain untuk anak-anak. Baik bayi umur 0, balita, maupun siswa pelajar penempuh pendidikan SD–SMA.

Syarat pembuatan tabungan anak pasti dipermudah: kartu identitas bisa menggunakan akta lahir, kartu keluarga, atau kartu pelajar (NIS). Bukan hanya itu, setoran awal juga diperkecil. Tidak harus Rp500 ribu. Di bawah Rp50 ribu pun bisa.

BNI Taplus Anak

Dari nama sudah ketahuan tabungan ini untuk anak-anak. Jangankan remaja usia sekolah, bayi baru lahir pun dapat memiliki. Bagaimana caranya? Orang tua membuatkan. Meski tidak diajak datang, rekening bisa atas nama anak.

Fasilitas Taplus Anak cukup lengkap. Para nasabah dikasih buku tabungan, kartu debit, SMS banking, dan internet banking. Sayangnya tidak ada m-banking. Internet banking-nya pun sekadar transaksi nonfinansial.

Meski demikian, kartunya bisa dibilang sakti. Bagaimana tidak, permukaan depan sudah berlogo GPN. Itu artinya selain digunakan di ATM untuk cek saldo, tarik tunai, transfer (sesama/antarbank), dll., juga dapat dipakai bayar belanja pada mesin EDC.

Menarik bukan? Silakan klik link untuk informasi Taplus Anak lebih lengkap. Mulai cara pembuatan sampai penutupan dijelaskan di sana. Sedangkan biaya admin, limit transaksi, dan detail tarif lainnya langsung cek tabel ini saja.

LayananBiaya/limit
Setoran awalRp100.000,00
Setoran berikutnyaRp5.000,00
Biaya administrasigratis
Biaya pengelolaan kartugratis
Limit tarik tunaiRp500.000,00
Limit transferRp500.000,00
Limit pembayaranRp500.000,00
Biaya tabungan BNI Taplus Anak.
Biaya administrasi: per bulan pada tanggal tertentu.
Limit: per hari. Jika mencapai batas maksimal direset pukul 00.00.

BNI TabunganKu

TabunganKu merupakan program pemerintah. Ia diluncurkan tahun 2010 dan menarget masyarakat awam. Agar mereka tertarik menabung di bank, syarat pembuatan TabunganKu dibikin ringan dan fleksibel.

Contohnya soal usia dan kartu identitas. BNI TabunganKu memang mengharuskan bawa KTP (17 tahun ke atas dong). Namun anak-anak tetap diperbolehkan membuatnya dengan cara didampingi orang tua. Rekening jadi bisa atas nama anak.

Baik dipakai anak atau orang dewasa, fasilitas TabunganKu BNI tidak berbeda. Mereka mendapat buku tabungan dan kartu ATM. Bagaimana dengan e-banking-nya? SMS banking, mobile banking, ataupun internet banking tidak ada sama sekali.

Meski demikian, tidak masalah. Kartu ATM TabunganKu BNI sesakti GPN lain. Perbedaannya hanya pada limit. Bagaimanapun, rekening dengan kelebihan gratis biaya administrasi akan memiliki kekurangan batas transaksi kecil.

LayananBiaya/limit
Setoran awalRp100.000,00
Setoran berikutnyaRp5.000,00
Biaya administrasigratis
Biaya pengelolaan kartugratis
Limit tarik tunaiRp500.000,00
Limit transferRp500.000,00
Limit pembayaranRp500.000,00
Biaya tabungan BNI TabunganKu

BNI Simpanan Pelajar (SimPel)

Sama seperti TabunganKu, Simpanan Pelajar juga program pemerintah. Bedanya, SimPel ditujukan khusus para pelajar: PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan madrasah (MI, MTs, MA) sederajat. Paling penting usia di bawah 17 tahun dan belum punya KTP.

Keunikan SimPel ialah tempat pembuatan lewat sekolah, bukan di bank. Setelah jadi dan mendapat buku tabungan serta kartu debit/ATM, barulah transaksi selanjutnya bisa di sekolah, channel khusus yang ditunjuk, dan kantor cabang BNI manapun.

Hampir semua kartu keluaran terbaru BNI sudah mendukung sistem GPN. Termasuk kartu SimPel ini. Jadi, ia tidak masalah dipakai di mesin EDC ataupun ATM. Selama ada saldo bisa bayar belanja, tarik tunai, transfer sesama dan beda bank, dll.

Kekurangan BNI SimPel hampir sama seperti tabungan untuk anak-anak yang lain. Yakni terbatasnya fitur e-banking. Dari tiga jenis hanya mendapat SMS banking. Itupun disarankan dipegang orang tua agar bisa mengontrol transaksi anaknya.

LayananBiaya/limit
Setoran awalRp5.000,00
Setoran berikutnyaRp.1.000,00
Biaya administrasigratis
Biaya pengelolaan kartuRp1.000,00
Limit tarik tunai di sekolahRp250.000,00
Biaya tabungan BNI SimPel (Simpanan Pelajar)

BNI Taplus Anak Co-Brand

Tabungan anak 17 tahun ke bawah yang satu ini seperti perpaduan Taplus Anak dan SimPel. Ia dapat dimiliki oleh anak usia 0 dan tempat pembukaan bukan di bank, melainkan di sekolah yang telah menjalin kerja sama dengan BNI.

Perbedaannya, Taplus Anak Co-Brand bukan program pemerintah. Syarat kerja samanya pun lebih sulit. Salah satunya jumlah siswa minimal 500 anak dan semuanya harus bikin. Padahal, pada SimPel saja yang bersedia rata-rata tidak lebih dari 50%.

Jika sekolah telah kerja sama, para siswanya mendapat fasilitas buku tabungan dan kartu ATM. Desain tidak sembarangan: bisa menyesuaikan profil sekolah. Dengan begitu, kartu debit bisa menjadi kartu identitas murid sekaligus.

Biaya tabungan BNI Taplus Anak Co-Brand terbilang murah. Setoran awal Rp100.000,00, setoran selanjut Rp10.000,00, dan biaya administrasi per bulannya gratis. Silakan kunjungi website resmi BNI untuk tahu keuntungan dan manfaatnya lebih banyak.

Kesimpulan dan informasi tambahan

Usia di bawah 17 tahun dan belum punya KTP tidak menjadi hambatan untuk bikin tabungan bank. Karena, hampir semua bank menyediakan rekening khusus anak-anak. Baik BNI, BCA, BRI, Mandiri, ataupun lainnya.

Kalau harus mencari kelebihan dan kekurangan, spesifikasi rekening anak sudah lebih dari cukup. Nasabah mendapat buku tabungan dan kartu debit/ATM. Layanan e-banking memang terbatas. Namun biaya administrasi bulanannya gratis.

Pertanyaan menariknya ialah: bagaimana jika usia anak-anak bertambah dan melewati 17 tahun? Apakah tabungan akan hangus dan nomor rekening dimatikan/ditutup/diblokir? Lalu, sisa saldo bagaimana? Apa bisa dicairkan?

Pemilik SimPel dan Taplus Anak Co-Brand sebaiknya mengurus penutupan rekening sebelum usia 17 tahun atau menjelang kelulusan sekolah. Saat itu semua urusan diselesaikan. Termasuk soal saldo (dicairkan dan diberikan kepada Anda).

Sedangkan pemegang BNI TabunganKu tidak perlu melakukan apa-apa. Alasannya, rekening ini dapat digunakan oleh orang usia 17 tahun ke atas. Jadi, anak-anak bisa tetap berlanjut menggunakan tabungan tersebut.

Terakhir, pengguna BNI Taplus Anak. Secara aturan tidak bisa menggunakan lagi karena usia 17 tahun lewat. Kalau mau berlanjut menabung pada BNI sebaiknya upgrade tipe. Baik ke Taplus Muda atau Taplus biasa. Info selengkapnya silakan klik link.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment