Tabungan BCA Tanpa Potongan Biaya Administrasi

Sangat wajar sebuah rekening bank dikenakan biaya administrasi. Biaya administrasi seperti ini memotong dari saldo langsung pada tanggal tertentu sebulan sekali. Apalagi rekening di BCA, bank terkenal dengan fasilitas dan layanan terbaik di Indonesia. Potongan yang dibebankan pasti lebih besar daripada di bank lain.

Meski biaya administrasi tabungan BCA rata-rata di bawah Rp20.000,00, sebagian orang menganggap berat. Terutama nasabah yang membuat rekening dengan tujuan menyimpan uang dan jarang memanfaatkan fasilitas lain (transfer, payment, e-commerce, dll.). Pikir mereka saldo bisa habis terkikis sedikit demi sedikit gara-gara biayar administrasi tiap bulan.

Jika Anda tetap ingin membuat rekening tabungan di bank ini, sebenarnya ada beberapa produk simpanan BCA yang bebas biaya administrasi. Sekadar informasi, BCA mempunyai sepuluh bahkan lebih produk simpanan. Masing-masing dikenakan potongan administrasi berbeda: ada mahal, sedang, murah, bahkan gratis.

Tiga Tabungan BCA Bebas Biaya Administrasi Bulanan

Rekening dengan biaya administrasi murah bahkan gratis pasti memiliki banyak kekurangan. Seperti misalnya limit transaksi kecil, tidak bisa transfer antar bank, tidak mendapatkan fitur lengkap, dll. Akan tetap, jika digunakan hanya untuk menyimpan uang akan sangat cocok. Saldo tidak akan terpotong dan yang pasti uang akan aman.

1. Rekening TabunganKu BCA

TabunganKu merupakan salah satu program pemerintah yang diluncurkan tanggal 20 Februari 2010 oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono yang saat itu menjabat sebagai Presiden Indonesia. Tujuan program ini untuk menumbuhkan gemar menabung pada masyarakat. Program ini dilaksanakan pada 70 bank nasional dan bank pembangunan daerah. Termasuk juga BCA.

Ada dua jenis tipe TabunganKu: mandotary dan customized. Tipe mandotary ialah tipe standar dan harus seragam pada tiap bank. Sedangkan tipe customized sudah disesuaikan masing-masing bank yang melaksanakan. Jadi, TabunganKu BCA dengan bank lain bisa saja beda fitur, fasilitas, dan sebagainya.

Rekening TabunganKu BCA bebas potongan biaya administrasi. Meski demikian, pemilik rekening tetap mendapatkan fasilitas cukup lengkap. Di antaranya buku tabungan dan kartu ATM yang dapat dipakai di ATM BCA seluruh Indonesia. Kartu ATM ini bisa tarik tunai maksimum Rp7.000.000,00 dan transfer sesama BCA Rp25.000.000,00 per hari.

Minat bikin tabungan tipe ini? Silakan baca: Cara dan syarat membuka rekening TabunganKu BCA

2. Rekening Tabungan Simpanan Pelajar BCA (SimPel BCA)

Sama seperti TabunganKu, SimPel juga program pemerintah. Bedanya, usia SimPel lebih muda. Produk simpanan ini baru diluncurkan 14 Juni 2015 oleh Presiden Joko Widodo bersama OJK. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan banksentral.com, SimPel juga dilaksanakan di banyak bank di Indonesia.

Perbedaan lain: TabunganKu ditujukan kepada masyarakat umum. Tidak hanya anak-anak usia di bawah 17 tahun, orang dewasa dengan segala profesi boleh membuat rekening ini. Sedangkan SimPel khusus untuk para pelajar. Di antaranya PAUD, TK, SD, SMP, SMA, MI, MTs, dan MA. Semua siswa boleh bikin asal usia di bawah 17 tahun.

Membuat rekening tabungan SimPel sangat terjangkau. Setoran awal cuma Rp5.000,00, setoran berikutnya minimum Rp1.000,00, dan biaya administrasi gratis alias tidak dipungut potongan tiap bulan. Meski begitu, nasabah tetap mendapatkan fasilitas kartu ATM yang bisa digunakan tarik tunai dengan limiy Rp7.000.000,00 dan transfer sesama BCA Rp25.000.000,00 per hari.

Sayangnya, membuat rekening SimPel hanya bisa dilakukan di sekolah-sekolah yang telah bekerja sama dengan BCA.

3. Rekening Tabungan LAKU BCA

Demi menjangkau lebih dalam hingga sampai pelosok, BCA mengadakan semacam agen yang dapat melayani masyarakat jika ingin membuat rekening tabungan tanpa biaya administrasi bulanan. Tidak hanya bikin rekening, transaksi lain pun dapat dilakukan di agen tanpa harus datang ke kantor cabang BCA yang mungkin lokasinya jauh. Agen seperti ini disebut LAKU BCA.

Meskipun tidak ada potongan biaya administrasi per bulan, pemilik tabungan LAKU BCA mendapatkan fasilitas kartu ATM LAKU BCA. Kartu ini bisa digunakan untuk transaksi perbankan dengan dimasukkan di alat micro-ATM yang tersedia di masing-masing agen LAKU BCA.

Bagaimana Agar Rekening Tabungan BCA yang Lain Bisa Tanpa Potongan Biaya Administrasi?

Seperti dikatakan di awal, rekening tabungan tanpa biaya admin pasti banyak kelemahan. Kelemahan paling disayangkan contohnya tidak bisa transfer antar bank dan tidak mendapatkan fasilitas e-banking tambahan seperti SMS banking, mobile banking, dan internet banking.

Jika tujuan Anda hanya menabung dan jarang melakukan transaksi lain (tarik tunai, transfer antar bank, pembayaran, pembelian, dll.), membuat rekening tabungan BCA tanpa biaya administrasi seperti di atas (TabunganKu) akan sangat tepat. Akan tetapi bagaimana jika menginginkan rekening dengan fasilitas dan layanan yang lebih lengkap?

Beberapa rekening BCA dengan fasilitas lumayan lengkap yaitu Tahapan BCA, Tahapan Xpresi, dan Tapres BCA. Ketiga jenis tabungan ini dikenakan biaya administrasi per bulan Rp5.000,00–Rp20.000,00 tergantung kartu ATM yang digunakan. Jika mau, Anda bisa mengakali rekening-rekening ini agar bebas biaya administrasi per bulan.

Caranya ialah dengan mengisi saldo sebanyak mungkin. Seperti kita tahu tabungan BCA mendapatkan bunga. Meskipun persentase kecil, saldo banyak pasti mendapat jumlah yang cukup untuk menutupi biaya administrasi bulanan itu. Dengan perhitungan seperti ini, pasti tabungan BCA Anda seakan-akan gratis atau bebas potongan biaya admin tiap bulan.

Leave A Reply

Navigate