Syarat dan Cara Buka Rekening BRI Simpedes dgn Biasa dan Online

Ada dua cara pembuatan rekening BRI Simpedes. Cara terbaru yaitu via online: calon nasabah mengisi formulir registrasi dari rumah menggunakan laptop atau tablet. Kemudian mendatangi kantor cabang BRI terdekat untuk verifikasi data, menyerahkan setoran awal, dan mendapatkan buku tabungan serta kartu ATM.

Karena tetap harus mendatangi kantor cabang BRI, beberapa orang masih memilih cara lama: langsung data ke bank saja. Keuntungan membuat rekening tabungan BRI Simpedes secara online hanyalah membutuhkan waktu lebih sedikit saat di hadapan customer service. Hal ini dikarenakan data-data pendaftaran sudah diisi saat registrasi online.

Baik biasa ataupun online, mendatangi kantor cabang unit BRI untuk urusan pembuatan rekening baru tetap harus membawa beberapa persyaratan. Di antaranya yaitu kartu identitas dan uang setoran awal. Jenis kartu identitas, jumlah setoran awal, dan cara lengkapnya akan banksentral.com coba uraikan dengan jelas di bawah ini.

Syarat Bikin Rekening Tabungan BRI Simpedes

Rekening tabungan BRI tipe Simpedes bisa dibikin perorangan (pribadi/individu) ataupun badan usaha. Syarat untuk keduanya dibedakan. Badan usaha membutuhkan AD-ART, akta pendirian, akta perubahan terakhir, NPWP, dokumen identitas pengurus, dan setoran awal Rp100.000,00.

Syarat pembuatan rekening tabungan Simpedes BRI untuk perorangan lebih sedikit. Yaitu hanya KTP dan setoran awal Rp100.000,00. KTP yang diterima hanya KTP elektronik (e-KTP). Jika e-KTP belum jadi bisa menggunakan surat keterangan pembuatan KTP masih dalam proses atau KTP Sementara.

Jumlah setoran awal yang disebutkan di atas ialah angka minimum. Anda tetap bisa bikin rekening Simpedes dengan setoran awal sebanyak mungkin. Uang ini akan tetap milik Anda. Tepatnya masuk ke rekening tabungan dalam bentuk saldo. Kapan dan di BRI (kantor cabang dan ATM) manapun bisa diambil kembali.

Pembuatan rekening BRI Simpedes untuk perorangan tidak mewajibkan menyertakan NPWP. Jika punya silakan bawa. Jika tidak, calon nasabah akan tetap dilayani. Ya, hampir semua rekening BRI yang ada memiliki prosedur dan aturan yang lebih longgar seperti ini.

Biaya Pembuatan Rekening BRI Simpedes

Selain setoran awal, Anda juga perlu bawa sejumlah uang untuk keperluan lain. Pembuatan rekening tabungan baru pasti membutuhkan tanda tangan di atas meterai. Anda tidak perlu membawa meterai dari rumah. Di sana sudah tersedia. Anda hanya perlu membeli atau menggantinya dengan uang Rp6.000,00.

Bukan hanya meterai, pembuatan rekening baru juga memerlukan buku tabungan dan kartu debit atau kartu ATM. Pada tipe Simpedes, keduanya tidak gratis. Anda harus membayar Rp25.000,00. Biaya ini kadang diminta langsung atau memotong dari saldo. Untuk jaga-jaga tidak ada salahnya sediakan uang receh dari rumah.

Biaya untuk pembelian meterai, kartu ATM, dan buku tabungan hanya sekali. Untuk berikutnya tidak diminta lagi kecuali rusak atau hilang dan Anda mengajukan pengganti yang baru. Ada biaya yang diminta per bulan. Namanya biaya administrasi. Pada tabungan tipe Simpedes besarnya cuma sekira Rp,5.500,00.

Cara Membuat Rekening BRI Simpedes

Simpedes adalah kependekan dari simpanan pedesaan. Berdasarkan pengalaman menanyakan kepada customer service BRI cabang Jakarta, di kota tidak ada tabungan BRI tipe Simpedes, adanya BritAma. Jadi, untuk membuatnya, datangilah kantor cabang unit BRI yang sekiranya menyediakan.

Sampai di kantor cabang BRI langsung saja ambil nomor antrean bagian customer service (CS). Tunggu atau antre hingga nomor Anda mendapat giliran dilayani CS. Kepada CS-lah Anda mengutarakan tujuan: mau buka rekening baru tipe Simpedes. Kepada CS jugalah Anda menyerahkan syarat-syarat di atas.

Biasanya CS akan menjelaskan panjang lebar soal Simpedes dulu. Syarat pembuatan, fasilitas yang didapat, dan lain sebagainya akan dikatakan. Jika dirasa cukup, ia akan meminta Anda mengisi formulir pendaftaran. Data yang diminta hanya berupa nama, alamat, pekerjaan, nama ibu kandung, jumlah pemghasilan atau gaji, dll.

Serahkan kembali formulir kepada CS setelah terisi lengkap. CS kemudian akan mencetakkan buku tabungan dan kartu ATM untuk Anda. Langkah berikutnya yaitu Anda harus menyerahkan setoran awal di bagian teller. Begitu uang masuk sebagai saldo, artinya rekening Simpedes BRI Anda siap digunakan untuk keperluan perbankan sehari-hari.

Fasilitas Rekening Tabungan BRI Simpedes

Setelah memiliki buku tabungan Simpedes dan kartu ATM, artinya Anda sah sebagai nasabah BRI. Sebagai nasabah, Anda berhak mendapatkan fasilitas-fasilitas perbankan di bawah ini:

  • Buku tabungan Simpedes untuk catatan transaksi rekening Anda.
  • Kartu debit atau kartu ATM yang bisa digunakan transaksi tanpa harus ke teller.
  • Layanan e-banking (electronic banking). Selain kartu ATM, nasabah Simpedes juga bisa mendapat fasilitas SMS banking, mobile banking, internet banking, dan SMS notifikasi.

Kartu debit yang didapatkan nasabah Simpedes yaitu kartu ATM tipe private label. Kartu ini berwarna dasar biru dan bisa dipakai di ATM BRI seluruh Indonesia dan ATM bank lain yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama dan ATM Prima. Selain di ATM, juga bisa dipakai buat pembayaran belanja dengan cara digesek atau dimasukkan ke mesin EDC BRI.

Kartu ATM BRI private label tidak memiliki logo Mastercard dan Cirrus. Sehingga pemilik tidak bisa menggunakannya di mesin EDC dan ATM di luar negeri. Meski demikian, Anda bisa mengajukan upgrade ke kartu BRI classic yang memiliki fitur lebih lengkap. Tentunya dengan biaya administrasi per bulan lebih banyak.

Layanan e-banking berupa SMS banking, mobil banking dan internet banking biasanya tidak diaktifkan oleh CS saat itu juga. Akan tetapi Anda bisa memintanya sehingga tidak perlu bolak balik ke kantor cabang untuk urusan aktivasi layanan ini. Jika terlanjur lupa bisa datangi kembali kantor cabang BRI kapan saja.

Cara Bikin Rekening BRI Simpedes via Online

Jika menginginkan pembuatan rekening dengan proses waktu lebih singkat saat di hadapan CS, Anda bisa registrasi online terlebih dengan laptop dari rumah. Caranya ialah buka situs resmi bank BRI, pilih Simpedes, dan cari tombol “Registrasi”.

Setelah itu klik dan baca syarat ketentuan pembukaan rekening. Selanjutnya Anda harus mengisi formulir pendaftran. Jika semua proses dikerjakan dengan benar, pada bagian akhir Anda akan mendapatkan nomor referensi. Masa berlaku nomor referensi umumnya 10 hari setelah pendaftaran. Print atau catatlah nomor pada kertas.

Tahap selanjutnya ialah datang ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa KTP, uang setoran awal, dan nomor referensi. Selain untuk verifikasi data dan penyerahan setoran awal, kedatangan Anda juga untuk mengambil buku tabungan dan kartu ATM. Serta mungkin untuk aktivasi semua layanan e-banking.

Keuntungan membuat rekening BRI Simpedes secara online yaitu seperti yang sudah dikatakan di awal: membutuhkan waktu lebih singkat terutama saat pengisian formulir di hadapan CS. Untuk tahap lain tidak ada beda dengan cara pembuatan rekening BRI dengan cara biasa seperti di atas.

8 Comments

  1. Saya buat ATM BRI Cimahi saya di kasih buku tabungan sajah,tidak di kasih kartu ATM BRI nya.tolong penjelasan nya

    • Jenis rekeningnya tipe apa?
      Kalau menginginkan kartu ATM bisa datang kembali ke kantor cabang tersebut atau lainnya yang terdekat

  2. Halo Kak, saya mau tanya nih. Saya pernah baca-baca tentang BRI Simpedes, yaitu ada setoran perbulan minimal Rp10.000 (bukan potongan bulanan). Nah itu maksudnya gimana ya? Apakah harus menabung min. 10 rb atau gimana? Soalnya saya baru bikin, dan waktu membuat tidak dijelaskan. Mohon dibalas ya 🙂

  3. Maaf, kalau membuat tabungan bri simpedes di luar kota (perantauan) Harus pakai surat kterangan domisili gak?

  4. Salma bakri Reply

    Min.. mau tanya kalo domisili e-KTP y di kota A trus mau buka rekening y di kota B bisa GK yh… Makasih

    • Biasanya disuruh pakai surat keterangan domisili atau surat rekomendasi dari tempat Anda bekerja

Leave A Reply

Navigate