Syarat dan Cara Buka Rekening BRI BritAma dgn Biasa dan Online

Syarat membuat rekening BRI BritAma hampir sama dengan BRI Simpedes. Yaitu KTP dan sejumlah uang buat setoran awal. Bedanya, setoran awal BritAma lebih besar: Rp250.000,00 atau Rp500.000,00 tergantung jenis kartu ATM yang mau digunakan. Untuk NPWP bebas. Kalau punya silakan sertakan. Kalau tidak, tetap tidak masalah.

Cara membuatnya pun tidak beda. Calon nasabah bisa langsung datang ke kantor cabang BRI terdekat atau registrasi online dahulu. Bila online, akan mendapatkan nomor referensi yang nantinya ditunjukkan kepada customer service. Keuntungannya: proses pembuatan bisa lebih cepat.

Meski demikian, rekening BritAma dengan Simpedes tetap beda. Selain jumlah setoran awal, perbedaan juga terdapat pada tipe kartu ATM, fasilitas, dan lain-lain. Karena sebelumnya Simpedes sudah dibahas panjang lebar, biar adil, di bawah ini banksentral.com coba uraikan tentang BritAma selengkap mungkin.

Syarat Bikin Rekening BritAma

Seperti dikatakan di bagian awal. Syarat pembuatan rekening BRI BritAma yaitu kartu identitas KTP dan uang setoran awal Rp250.000,00 atau Rp500.000,00. Jenis KTP yang diterima yakni KTP elektronik (e-KTP). Jika e-KTP Anda belum jadi bisa diganti dengan surat keterangan pembuatan KTP masih dalam proses (KTP Sementara).

Jumlah setoran awal yang disebutkan di atas ialah jumlah minimum. Jumlah maksimumnya bebas. Maksudnya, Anda tetap bisa membuat rekening BRI BritAma dengan setoran awal sebanyak-banyaknya. Tenang saja, uang ini tetap milik Anda. Tepatnya akan masuk ke saldo rekening. Kapan dan di BRI manapun bisa diambil kembali.

Tidak hanya WNI, rekening tabungan BRI BritAma juga bisa dibuat oleh WNA atau warga negara asing. Karena mereka tidak memiliki KTP, maka syarat pembuatan menggunakan paspor dan KIMS, KITAP, atau KITAS. Setoran awal sama, minimal Rp250.000,00 atau Rp500.000,00.

Apakah rekening BRI BritAma bisa dibuat untuk badan usaha? Pada situs resmi BRI tidak ada penjelasan syarat yang harus dipenuhi jika dibikin oleh badan usaha. Saya coba mencari informasi tambahan dari sumber lain, dikatakan bahwa rekening ini memang hanya bisa dibikin oleh perorangan atau individu.

Cara Buka Rekening BRI BritAma

BritAma awalnya bernama Simaskot. Simaskot adalah kependekan dari simpanan perkotaan. Meski demikian, rekening ini tetap bisa dibikin di cabang BRI mana saja termasuk di pedesaan. Intinya, tabungan BRI tipe BritAma bisa dibuat di kantor cabang mana saja seluruh Indonesia.

Jadi, jika kedua syarat di atas siap, langsung saja menuju ke kantor cabang BRI mana saja. Namun, saran saya pilihlah kantor cabang yang lokasinya sedaerah dengan KTP Anda dikeluarkan. Jika KTP dari Semarang, pilihlah BRI cabang Semarang. Jangan cabang Jakarta ataupun kota lain.

Mengapa harus begitu? Karena jika Anda membuat di kota lain akan diminta syarat tambahan berupa surat keterangan domisili. Surat ini berisi pernyataan bahwa Anda tinggal di daerah sekitar lokasi bank yang dituju untuk pembuatan rekening. Kasus seperti ini biasanya dialami para perantau, mahasiswa, dan lainnya.

Cara membuat surat keterangan domisili ialah dengan menghubungi ketua RT dan RW di tempat tinggal Anda sekarang (selokasi dengan bank). Proses sebenarnya mudah. Hanya kadang malas. Solusi lainnya bisa menggunakan surat referensi dari perusahaan tempat Anda kerja. Untuk pelajar atau mahasiswa biasanya menggunakan kartu pelajar sudah cukup.

Setiba di kantor cabang langsung saja ambil nomor antrean bagian customer service (CS). Kepada CS-lah Anda menyerahkan persyaratan pembuatan rekening BRI BritAma. CS juga-lah yang akan membuatkan Anda buku tabungan dan kartu ATM. Setelah kedua benda ini jadi, barulah Anda diminta ke bagian teller untuk menyerahkan uang setoran awal.

Fasilitas Rekening BritAma

Setoran awal dan biaya administrasi per bulan rekening BritAma memang lebih mahal daripada Simpedes. Tepatnya yaitu Rp250.000,00/Rp500.000,00 dan Rp11.000,00–Rp12.000,00. Meski demikian, sebagai “imbalan”, nasabah BritAma akan mendapatkan fasilitas dengan fitur lebih lengkap. Di antaranya sebagai berikut:

  • Buku tabungan. Sebuah buku berisi catatan transaksi rekening.
  • Kartu debit atau kartu ATM. Kartu ATM BritAma memiliki fitur lebih lengkap daripada kartu ATM Simpedes. Memiliki logo Mastercard dan Cirrus sehingga bisa digunakan di ATM dan mesin EDC luar negeri.
  • SMS notifikasi. Nomor handphone yang terdaftar akan mendapat SMS jika ada pendebetan, kredit, atau transaksi lain.
  • Fasilitas e-banking berupa SMS banking, mobile banking, dan internet banking.
  • Asuransi. Semua nasabah BritAma yang membuat rekening dengan setoran awal minimal Rp500.000,00 berhak mendapatkan asuransi kecelakaan diri dengan penanggungan hingga 250% dari saldo atau maksimal Rp150.000.000,00.

Lain-Lain

Calon nasabah BRI BritAma mendapatkan kebebasan memilih jenis kartu ATM: classic atau premium. Kedua kartu ATM ini sama-sama memiliki fitur selengkap di atas. Perbedaannya hanya limit transaksi. Kartu ATM BRI classic dengan warna hijau lebih sedikit, sedangkan kartu ATM BRI Premium yang berwarna hitam lebih banyak.

Meskipun bisa memilih, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Jika setoran awal Anda sebesar Rp250.000, mau tidak mau hanya bisa memilih kartu ATM BRI classic. Sementara bila setoran awal minimal Rp500.000,00, barulah bisa memilih ATM BRI classic atau ATM BRI Premium.

Pembuatan rekening baru BritAma biasanya tidak langsung diaktifkan layanan e-banking. Nasabah-lah yang harus meminta diaktifkan. Agar tidak bolak-balik ke kantor cabang , mintalah diaktifkan layanan tersebut pada saat pembuatan rekening. Bila terlanjur tidak, masih bisa diaktifkan kapanpun.

Cara Membuat Rekening BRI BritAma secara Online

Selain antre, hal lain yang bikin malas saat pembuatan rekening baru yaitu pengisian formulir saat dihadapan customer service. Agar hemat waktu, Anda bisa mengisi data seperti ini secara online dari rumah menggunakan laptop pribadi. Caranya ialah sebagai berikut.

Buka situs resmi BRI atau langsung klik https://eform.bri.co.id/home/detail/britama . Cari tipe rekening BritAma dan kemudian klik tombol Registrasi. Baca syarat dan ketentuan dan selanjutnya isi formulir dengan data yang benar. Jika semua tahap dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan nomor referensi yang bisa ditunjukkan kepada customer service saat pembuatan rekening baru.

Anda akan menghemat waktu jika buka rekening BRI BritAma dengan cara di atas. Pada saat di hadapan customer service, Anda perlu verifikasi data dan menunggu buku tabungan dan kartu ATM dibuatkan. Kemudian menyerahkan setoran awal ke bagian teller. Selesai.

6 Comments

  1. Rizki Maulana Reply

    Ingin bertanya, setoran awal untuk membuat tabungan saja apakah berbeda ?

    • maksudnya tabungan tanpa kartu ATM dan layanan lain? Untuk saat ini setiap pembuatan rekening baru seakan diharuskan menggunakan kartu ATM. Untuk syarat pembuatannya sama saja seperti yang sudah dijelaskan di atas

  2. saldo awal 250rb apakah boleh di tarik sesudah membuat rekening ? katanya harus menunggu 30 hari baru bisa digunakan saldo awal 250rb ,jika di tarik sehingga kurang dari 250rb atm secara otomatis kena blokir,apakah benar ?

    • Kartu ATM langsung aktif. Namun hanya bisa untuk transaksi nonfinansial (cek saldo, mutasi, ganti pin, dll.)
      Agar bisa digunakan untuk transaksi finansial (tarik tunai, transfer, pembelian, pembayaran, dll.) harus setelah 1×24 jam.
      Artinya saldo 250 bisa ditarik setelah 24 jam dari pembuatan rekening baru.

      Saldo terakhir setelah diambil harus minimum 50 ribu. Berarti yang bisa diambil cuma 200 ribu.
      Saldo 50 ribu tersebut kalau Anda tidak pernah menabung akan terpotong biaya administarsi tiap bulan. Jika sampai berbulan-bulan dan habis, maka rekening akan dinonaktifkan.

Leave A Reply

Navigate