Solusi lupa kode akses BCA mobile tanpa ke bank atau telepon Halo BCA

Cara mengatasinya dengan menghapus lalu men-download dan menginstal ulang aplikasi. Setelah itu inisialisasi atau aktivasi sama seperti pemakaian pertama kali dulu.

Selain lebih murah dan gampang, Aplikasi BCA mobile juga mempunyai kelebihan lain dibandingkan mobile banking BCA yang menggunakan menu SIM-card. Kelebihan yang dimaksud yaitu soal keamanan. Seperti kita tahu penggunaan aplikasi ini dilengkapi dua kunci: kode akses aplikasi dan PIN m-BCA.

Bagi yang belum tahu, kode akses ialah kode yang dibutuhkan untuk masuk atau login aplikasi. Terdiri dari enam digit dan merupakan kombinasi huruf dan angka. Huruf besar dan kecil dianggap beda. Sedangkan PIN m-BCA, ialah kode dengan fungsi lebih mirip seperti PIN ATM. Jumlah rangkaian sama, enam digit tetapi angka semua.

Baca juga: Aplikasi BCA Mobile: kelebihan, kekurangan, cara download, dan menggunakan pertama kali serta untuk transaksi

Mengamankan kode akses Aplikasi BCA mobile dan PIN m-BCA merupakan kewajiban nasabah. Agar tidak mudah ditebak orang, disarankan dibikin serumit mungkin tetapi Anda sendiri gampang mengingatnya. Selain itu, Anda tidak dianjurkan untuk mencatat dan menyimpan baik pada kertas atau dalam hp.

Di sinilah masalahnya. Karena harus rumit dan tidak boleh dicatat menjadikan nasabah sering lupa kode akses ataupun PIN m-BCA. Bila hal ini terjadi maka kegiatan perbankan menggunakan handphone akan terkendala. Bukan kecil lagi, melainkan sudah besar. Yaitu Anda tidak bisa melakukan transaksi.

Solusi Lupa Kode Akses BCA Mobile Tanpa ke Customer Service atau Telepon Halo BCA

Tidak seperti PIN m-BCA, jika Anda lupa kode akses Aplikasi BCA mobile maka solusinya lebih gampang. Yaitu tinggal hapus atau uninstall aplikasi, download lalu instal ulang, dan kemudian inisialisasi lagi seperti saat pertama kali dulu. Ya gitu saja, tidak perlu mendatangi customer service ataupun minta bantuan Halo BCA.

Bisa segampang itu karena seperti yang saya katakan tadi. Kode akses gunanya “hanya” untuk masuk atau login aplikasi sebelum digunakan transaksi. Jika aplikasi terhapus maka data login sudah seperti baru lagi. Yaitu Anda bisa inisialisasi dan membuat kode akses yang lain lagi.

Saya rasa cara menghapus dan instal ulang aplikasi tidak perlu dijelaskan lagi di sini. Anda pasti sudah paham. Sedangkan cara download-nya ialah dengan melalui Play Store, App Store, BlackBerry App World, Store/Bursa, atau lainnya sesuai jenis handphone yang anda gunakan. Jika ingin mengunduh langsung dari BCA bisa melalui link https://downloadmbank.klikbca.com/mbca.

Cara Inisialisasi atau Aktivasi Aplikasi BCA Mobile Pertama Kali Pakai atau Penggunaan Lama yang Sebelumnya Terhapus

Setelah dihapus dan dipasang ulang, aplikasi harus diinisialisasi atau diaktivasi dulu agar bisa digunakan kembali. Caranya sama persis seperti inisialisasi pertama kali dulu. Jika Anda lupa atau memang belum tahu, berikut inilah prosesnya.

Buka Aplikasi BCA Mobile. Penampakannya akan seperti gambar di bawah ini.

Cara inisialisasi atau aktivasi Aplikasi BCA Mobile pertama kali pakai atau penggunaan lama yang sebelumnya terhapus

Klik menu paling atas: m-BCA. Halaman aplikasi akan menjadi seperti ini.

Cara inisialisasi atau aktivasi Aplikasi BCA Mobile pertama kali pakai atau penggunaan lama yang sebelumnya terhapus

Itu syarat dan ketentuan yang sebaiknya Anda baca dan pahami. Lalu klik “Accept”. Tampilan pun akan berganti menjadi seperti ini.

Cara inisialisasi atau aktivasi Aplikasi BCA Mobile pertama kali pakai atau penggunaan lama yang sebelumnya terhapus

Di atas, Anda harus mengisi nomor kartu ATM. Nomor yang diminta ialah nomor yang tertera di atas permukaan Kartu ATM atau Paspor BCA Anda. Setelah diisi nomor kartu ATM dan klik OK, aplikasi akan reload dan mengirimi Anda SMS sebagai bentuk aktivasi aplikasi. Aplikasi akan berubah tampilan lagi setelah SMS berhasil terkirim.

Cara inisialisasi atau aktivasi Aplikasi BCA Mobile pertama kali pakai atau penggunaan lama yang sebelumnya terhapus

Gambar di atas ialah proses pembuatan kode akses BCA mobile. Di sinilah Anda bisa buat kode akses yang baru lagi. Setelah kode akses baru berhasil dibuat, maka Aplikasi BCA mobile siap digunakan kembali. Tampilan menu utama ialah sebagai berikut.

Cara inisialisasi atau aktivasi Aplikasi BCA Mobile pertama kali pakai atau penggunaan lama yang sebelumnya terhapus

Mudah, bukan? Jadi jika Anda lupa kode akses Aplikasi BCA mobile tak perlu panik lagi. Cara mengatasinya sangat gampang: cukup hapus dan instal ulang aplikasinya saja.

Baca juga: Limit transfer dan isi ulang menggunakan m-BCA per hari

Cara Mengatasi PIN Mobile Banking m-BCA yang Lupa dan Terblokir

Perbedaan kode akses dan PIN m-BCA sudah sedikit dijelaskan di atas. Intinya, kode akses digunakan untuk login Aplikasi BCA Mobile, sedangkan PIN m-BCA untuk mengamankan m-BCA itu sendiri. Kalau diibaratkan, seperti kartu ATM dan PIN-nya.

Transaksi menggunakan Aplikasi BCA Mobile membutuhkan kedua pengaman itu. Saat digunakan dan lupa, kode akses sangat gampang diatasi. Caranya seperti di atas: tinggal copot aplikasi, download, pasang ulang, dan aktivasi seperti pertama kali. Namun, bagaimana kalau yang lupa PIN m-BCA-nya?

Lupa PIN m-BCA tidak bisa diatasi dengan copot-pasang aplikasi. Jika Anda tetap memaksa masukkan PIN m-BCA dan hasilnya salah lebih dari tiga kali, maka PIN tersebut akan terblokir. Cara mengurus masalah ini agak sedikit ribet dan merepotkan. Mengapa? Karena harus mendatangi customer service di kantor cabang BCA terdekat atau menelepon Halo BCA.

Mengatasinya dengan menelepon Halo BCA bisa kapan dan dari mana saja. Namun kelemahannya, ia hanya bisa menghapus nomor hp Anda pada m-BCA. Sehingga Anda perlu meregistrasikan nomor yang terhapus itu melalui ATM. Tidak hanya sampai di situ, hasil dari cara ini hanya bisa untuk transaksi nonfinansial saja.

Agar bisa kembali melakukan transaksi nonfinansial dan finansial, mengatasi PIN m-BCA lupa dan terblokir harus melalui customer service. Datangilah kantor cabang BCA terdekat pada jam kerja. Jangan lupa bawa persyaratan seperti kartu identitas KTP, buku tabungan, dan kartu ATM sebagai bukti kepemilikan rekening.

Lebih lengkap, baca: Dua cara ganti nomor telepon mobile banking BCA karena terbuang, rusak, hangus, terblokir, ataupun hp hilang

Jika PIN m-BCA tidak bermasalah dan kode akses tidak lupa, banksentral.com jamin Anda kembali bisa melakukan transaksi menggunakan Aplikasi BCA Mobile dengan nyaman.

Default image
Admin
Mendirikan banksentral.com tahun 2017 setelah agak banyak web yang dibuat. Hobinya memang mencoba hal baru, termasuk bikin rekening bank. Namun, yang aktif dan digunakan saat ini hanya BNI, BRI, dan Jenius.
Articles: 131

Leave a Reply