SMS notifikasi BNI: cara mengaktifkan, menonaktifkan, biaya

E-banking BNI ada banyak. SMS notifikasi salah satunya. Setiap nasabah dapat mengaktifkan layanan tersebut. Asalkan tabungannya berjenis Taplus, Taplus Anak, Taplus Muda, atau Taplus Bisnis.

SMS notifikasi berfungsi untuk memberitahu adanya transaksi pada tabungan Anda. Baik debet ataupun kredit. Jika seseorang mentransfer, handphone otomatis memperoleh SMS seperti ini.

Contoh SMS notifikasi BNI
Contoh SMS notifikasi BNI

SMS notifikasi juga berguna untuk tambahan keamanan. Apabila rekening dibobol, ponsel akan dikirim pesan ada dana keluar. Anda pun bisa segera melapor bank.

Meski demikian, tidak sedikit orang mengeluh. SMS notifikasi terasa boros biaya dan sebaiknya dinonaktifkan. Anda termasuk salah satunya? Jika iya, baca caranya di bawah.

Apa itu SMS notifikasi?

Sebelum membahas cara mengaktifkan dan menonaktifkan, mari ketahui dahulu. Meski sama-sama SMS, ia beda dengan SMS banking. Baik fungsi, manfaat, maupun cara menggunakan.

SMS notifikasi akan mengirim pesan saat ada dana masuk ataupun keluar. Sedangkan SMS banking harus dikirimi format perintah dahulu baru kemudian membalas.

SMS notifikasi berfungsi untuk informasi. Ia banyak dimanfaatkan penjual online. Sambil menawarkan barang sana-sini tidak perlu repot mengecek saldo. Begitu ada pembeli transfer, ia segera tahu.

Sebaliknya, SMS banking merupakan alat transaksi. Ia bisa transfer sesama/antarbank, bayar tagihan listrik, beli isi ulang pulsa, dll. Bapak-bapak jadul sangat menyukainya sebagai pengganti ATM.

Cara mengaktifkan SMS notifikasi BNI

Kemajuan teknologi membuat daftar e-banking menjadi gampang. Dengan ATM sudah bisa registrasi. Apakah mengaktifkan SMS notifikasi BNI juga bisa tanpa ke bank? Atau bahkan cukup lewat hp?

ATM tidak punya menu itu. Begitu juga aplikasi m-banking. Bagaimana dengan ibank.bni.co.id? Pada profil > permohonan layanan terdapat pendaftaran SMS notifikasi. Namun, diklik menampilkan pesan:

Pendaftaran SMS notifikasi BNI melalui internet banking
Pendaftaran SMS notifikasi BNI melalui internet banking

Persyaratan

Satu-satunya cara ialah datang ke kantor cabang bank. Sama seperti meregistrasi layanan e-banking lain, syarat mengaktifkan SMS notifikasi BNI ialah membawa:

  1. Kartu identitas (KTP/SIM/paspor/kartu pelajar/KK)
  2. Buku tabungan
  3. Kartu debit
  4. Nomor handphone
  5. Uang Rp6.000,00 buat bayar meterai.

Pengguna Taplus Muda e-statement tidak diminta buku tabungan. Rekening lain jika bukunya hilang silakan bikin surat laporan dari polisi. Di bank, nanti sekalian urus ganti buku baru.

Nomor ponsel buat SMS notifikasi bebas. Bisa GSM, CDMA, prabayar, atau pascabayar. Saran saya, pakai provider besar saja. Contoh Telkomsel, Indosat, XL, Three, Smartfren, Matrix, Halo, AS, dll.

Langkah-langkah

Silakan kunjungi BNI terdekat. Mengaktifkan SMS notifikasi bisa beda cabang. Paling penting datang sendiri (tidak diwakilkan). Sampai di sana ikuti panduan berikut.

  • Ambil nomor antre layanan customer service.
  • Tunggu hingga nomor dipanggil.
  • Saat dilayani, katakan bahwa Anda mau mengaktifkan SMS notifikasi.
  • Mengisi formulir pendaftaran yang dikasih.
  • Serahkan kembali setelah Anda menandatangani di atas meterai 6.000.
  • Tidak ada 10 menit kemudian, nomor hp sukses terdaftar layanan SMS notifikasi.
  • Selesai.

Saat membuat rekening BNI baru dan Anda berniat mengaktifkan notifikasi, saran banksentral.com mintalah bantuan customer service saat itu juga. Sehingga Anda tidak perlu bolak-balik ke bank.

Biaya BNI SMS notifikasi

Selain meterai, mendaftar layanan ini tidak dikenakan biaya. Begitu juga setelahnya. Antara nasabah yang mengaktifkan dan yang tidak, biaya administrasi per bulannya sama.

BNI SMS notifikasi mengenakan biaya hanya pada saat mengirim pesan. Berapa besarnya? Ada dua pilihan: memotong dari saldo tabungan atau pulsa telepon. Tarif pilihan pertama yaitu Rp500,00.

Biaya pilihan kedua besarnya berbeda-beda tergantung provider. Di bawah ini tabelnya. Bagaimana bila menggunakan sistem pascabayar? Akan ditambahkan pada tagihan telepon bulan depan.

Nomor kartuTarif
TelkomselRp660,00 (nonfinansial)
Rp1.300,00 (finansial)
IndosatRp715,00
Provider lainRp550,00

Biaya di atas dihitung per SMS. Makanya nasabah ingin menonaktifkan. Sehari 20 pesan bisa Rp10.000,00. Pikir mereka, informasi dana masuk/keluar bisa dicek manual melalui e-banking lain yang gratis.

Cara menonaktifkan SMS notifikasi BNI

Sama seperti mengaktifkan. Menonaktifkannya tidak bisa melalui ATM ataupun hp. Anda harus datang ke cabang bank. Persyaratan yang harus dibawa sama seperti di atas.

SMS notifikasi merupakan layanan opsional. Anda tidak wajib menggunakan. Namun, saat mau menghentikan, customer service menyarankan menaikan batas bawah atau memilih transaksi tertentu.

Misal, Anda selalu menerima notifikasi meskipun dana keluar hanya biaya administrasi Rp10 ribu. Naikanlah batas menjadi (misal) Rp10 juta. Hasilnya, Anda akan menerima SMS saat transaksi besar saja.

Selain batas bawah, Anda juga bisa memilih jenis transaksinya: hanya dana masuk atau dana keluar saja. Pilihlah sesuai kebutuhan agar SMS berbayar itu lebih jarang mengirim pesan.

Pada akhirnya keputusan di tangan nasabah. Anda mau menghentikan SMS notifikasi BNI juga dilayani. Langkah-langkahnya seperti mengaktifkan. Biayanya pun sama-sama gratis.

FAQ

Bagaimana cara mendapat SMS kalau ada transferan masuk?

Daftarkanlah rekening pada layanan SMS notifikasi.

Bisakah mengaktifkan BNI SMS notifikasi bisa melalui hp?

Bahkan ke ATM pun tidak. Satu-satunya cara ialah dengan datang ke kantor cabang terdekat.

Apakah TabunganKu BNI mendapat SMS notifikasi?

Rekening Taplus, Taplus Anak, Taplus Muda, dan Taplus Bisnis dipastikan iya. Rekening lain seperti TabunganKu, SimPel, dan sebagainya silakan tanyakan kepada customer service.

SMS notifikasi kena potongan pulsa berapa?

Antara Rp500,00–Rp1.200,00. Tergantung provider seluler yang digunakan.

Mengapa SMS notifikasi tidak masuk?

Pastikan Anda di area jangkauan sinyal. Kemudian, cek pulsa dan masa aktif nomor. Jika tidak ada masalah, silakan tanyakan kepada bank terkait.

Jika SMS notifikasi dihentikan, apakah SMS banking tetap aktif?

Ya, ia tetap bisa digunakan meskipun keduanya menggunakan nomor sama.

Leave a Reply