Jenis tabungan BNI setidaknya 14 macam. Namun, paling banyak dipakai yaitu tipe Taplus. Rekening ini memang diperuntukan umum. Syarat bikinnya mudah dan dilengkapi banyak fitur. Cocok buat penggunaan sehari-hari.

Cara pembuatan juga tidak sulit. Datang saja ke kantor cabang BNI terdekat. Temuilah petugas customer service. Kurang dari sejam jadi. Andapun memperoleh buku tabungan dan kartu debit/ATM sebagai bukti kepemilikan rekening.

Meski demikian, beda cabang bisa beda ketentuan. Beberapa calon nasabah tidak disetujui pengajuan buka tabungan BNI Taplus. Padahal hanya kurang NPWP. Itu saja ditolak, bagaimana jika KTP berasal dari luar daerah?

Apa itu tabungan Taplus BNI?

Merupakan produk simpanan BNI konvensional. Pada bank syariah (iB Hasanah) beda lagi. Di samping Taplus ada lainnya. Yakni Taplus Anak, Taplus Muda, Taplus Bisnis, Tapenas, Pandai, TabunganKu, SimPel, Deposito, dll.

Tabungan Taplus boleh dibikin siapa saja. Jangankan WNI, WNA pun bisa. Asalkan usia lebih dari 17 tahun. Anak-anak di bawah umur pilih jenis lain saja. Di antara yang sudah disebutkan tadi bisa dibuat menggunakan syarat kartu pelajar.

Tidak ada batas maksimal uang yang dapat ditampung rekening ini. Sebanyak apapun diterima. Namun sebenarnya, BNI Taplus lebih cocok buat transaksi sehari-hari. Fitur ATM, SMS banking, mobile banking, dan internet banking mendukungnya.

Selain itu, Taplus difasilitasi layanan autodebit. Sehingga pembayaran rutin bulanan bisa diatur otomatis. Akan tetapi, simpanan banyak dan jangka panjang lebih disarankan Deposito BNI. Suku bunga didapat bisa lebih besar.

Syarat pembukaan rekening BNI Taplus

Secara singkat sudah disebutkan di atas. Berikut ialah detailnya:

  1. Usia di atas 17 tahun.
  2. Kartu identitas (KTP).
  3. Setoran awal Rp250.000,00 atau Rp500.000,00.
  4. NPWP (nomor pokok wajib pajak)
  5. Surat keterangan domisili jika KTP luar daerah.

Apapun profesi Anda diperbolehkan membuat rekening Taplus. Entah pegawai, karyawan, mahasiswa, pelajar, murid, dsb. Tidak harus WNI, WNA pun tidak masalah. Gunakanlah paspor dan KIMS/KITAS/KITAP sebagai pengganti KTP.

Semua dokumen persyaratan membuat rekening Taplus BNI harus asli. Bukan fotokopi. Masa aktif masih berlaku. Andai KTP hilang, rusak, atau kedaluwarsa harus diganti dahulu. Tempatnya di kantor kecamatan/kelurahan.

Setoran awal pembuatan rekening Taplus dibedakan berdasarkan area. Jabotabek Rp500.000,00 dan daerah lain lebih murah, Rp250.000,00. Jumlah ini minimumnya. Untuk maksimal terserah. Seberapa pun banyaknya pasti diterima.

Uang akan masuk rekening sebagai saldo. Anda dapat mengambil kembali setelah 1×24 jam. Kondisi ini bisa menjadi trik untuk orang yang kurang setoran awal. Mereka bisa pinjam kepada keluarga/teman dahulu. Besoknya baru dikembalikan.

NPWP sebenarnya tidak wajib. Jika tidak punya bisa mengisi formulir pernyataan tidak memiliki. Meski demikian, antarcabang bank kadang beda aturan. Andai Anda mengunjungi yang mengharuskan silakan pindah. Atau pilih rekening jenis lain saja.

Buka rekening BNI di cabang yang bukan sewilayah dengan KTP? Bisa. Namun harus menyertakan syarat tambahan: surat keterangan domisili/surat keterangan kerja. Cara bikinnya ialah meminta kepada ketua RT tempat tinggal, atau kantor Anda.

Cara membuat rekening BNI

Setelah persyaratan lengkap langsung saja kunjungi kantor cabang BNI. Bisa di mana saja. Paling penting datang pada hari kerja. Sesampai di sana ikutilah panduan berikut:

  1. Ambil nomor antrean bagian customer service. Jangan malu bertanya kepada satpam di pintu masuk jika bingung.
  2. Menunggu giliran dilayani dengan duduk pada bangku yang disediakan.
  3. Saat dilayani, katakan kepada customer service bahwa Anda hendak bikin rekening baru tipe Taplus.
  4. Customer service akan mengecek persyaratan yang Anda bawa. Kemudian menjelaskan kelebihan, kekurangan, biaya administrasi, dan hal lain terkait BNI Taplus.
  5. Mengisi formulir pendaftaran dan tanda tangan di atas meterai 6.000. Tanda tangan harus sama persis dengan pada KTP. Jika beda diminta mengulang berkali-kali.
  6. Selesai. Anda dikasih buku tabungan dan kartu ATM.

Rekening Taplus memperoleh fasilitas e-banking. Fiturnya meliputi ATM, SMS, mobile, dan internet banking. Dengannya Anda dapat mengakses rekening tanpa ke bank. Cukup dengan handphone di tangan sudah bisa cek saldo, transfer, dll.

Meski demikian, layanan e-banking tidak langsung bisa digunakan. Harus diregistrasikan dulu. Selesai pembuatan rekening, sebelum pulang, mintalah customer service mengaktifkan. Jika terlanjur lupa masih bisa mendaftarkan sendiri melalui ATM.

Cara membuat kartu ATM BNI

Selain buku tabungan, pemilik rekening Taplus BNI mendapat kartu ATM juga. Fungsinya bisa sebagai kartu debit untuk pembayaran belanja pada mesin EDC. Dan sebagai kartu ATM untuk tarik/setor tunai, cek saldo, transfer sesama BNI, transfer beda bank, dll.

Jenis kartu ATM BNI ada banyak. Masing-masing memiliki biaya administrasi dan limit transaksi berbeda. Khusus pembuat tabungan Taplus bisa memilih satu di antara empat tipe. Silakan kenali agar mendapat yang paling cocok sesuai keperluan.

Keempat tipe yang dimaksud yaitu kartu ATM BNI Silver, Gold, Platinum, dan GPN. Anda dapat mengklik link untuk membaca spesifikasinya. Di situ tertulis lengkap. Mulai dari kelebihan, kekurangan, cara penggantian, sampai upgrade maupun downgrade.

Biaya rekening Taplus BNI

Hal wajar bank mengenakan. Saya menghitung ada tiga jenis potongan: biaya pembuatan/penggantian baru, biaya pengelolaan, dan biaya transaksi. Rekening jenis lain bisa gratis atau lebih mahal. Pada Taplus ialah sebagai berikut.

Membuat rekening tabungan BNI Taplus akan memperoleh buku tabungan dan kartu ATM. Keduanya tidak gratis. Anda harus membayar. Namun tenang. Dikenakan sekali saja: saat pembuatan baru atau penggantian akibat hilang, rusak, kedaluwarsa, habis, dll.

Biaya penerbitan kartu baruRp10.000,00 Silver
Rp15.000,00 Gold
Rp20.000,00 Platinum
Biaya pencetakan passbookgratis
Bayar meteraiRp6.000,00
Biaya ganti kartuRp15.000,00 Silver
Rp20.000,00 Gold
Rp25.000,00 Platinum
Biaya ganti passbookRp1.500,00
Biaya pembuatan rekening dan kartu ATM BNI

Rekening jadi dan Anda menikmati layanan saldo aman, akses e-banking, dsb. Untuk alasan ini tabungan Taplus BNI dikenakan biaya pengelolaan. Orang-orang menyebutnya biaya administrasi. Dikenakan tiap bulan. Memotong langsung dari saldo pada tanggal tertentu.

Biaya pengelolaan rekeningRp11.000,00
Biaya pengelolaan kartuRp4.000,00 Silver
Rp7.500,00 Gold
Rp10.000,00 Platinum
Rp4.000,00 GPN
Biaya administrasi rekening BNI Taplus

Terakhir biaya transaksi. Sebagain besar tidak dipungut biaya. Misal cek saldo, mutasi/histori, transfer sesama BNI, dsb. Hanya sedikit yang dikenakan. Antara lain transfer antarbank (BCA, BRI, Mandiri, dll.), pembelian pulsa, pembayaran, dll. Tarifnya cuma Rp1.500,00–Rp6.500,00 per transaksi.

Suku bunga tabungan BNI Taplus

Ada trik agar biaya tidak membebani. Caranya ialah dengan memperbanyak saldo. Menabung di bank artinya Anda meminjamkan uang kepadanya. Maka ada imbal balik berupa suku bunga yang bisa Anda dapatkan.

Bunga dihitung berdasarkan persentase. Semakin banyak saldo semakin banyak hasil. Sebagain nasabah mendapat hingga biaya admin tertutupi. Tidak sedikit juga yang melebihi. Berikut adalah besaran suku bunga rekening Taplus BNI.

SaldoSuku bunga
< Rp1 juta0,00%
= Rp1 juta – Rp50 juta0,50%
Rp50 juta – Rp500 juta0,85%
Rp500 juta – Rp1 miliar1,20%
Rp1 miliar2,00 %
Suku bunga tabungan BNI

Jumlah saldo sedikit memang rugi. Apalagi tidak memanfaatkan layanan yang digratiskan. Belum lagi jika mepet. Ada aturan saldo minimal Rp150.000,00. Jika punya Anda di bawah nominal itu dikenakan denda Rp5.000,00 per bulan.

Masih mau terus transaksi sampai saldo Rp0? Tidak bisa. Ada lagi ketentuan saldo mengendap. Maksudnya, harus disisakan minimal Rp15.000,00. Saldo ini sudah tidak bisa diambil/digunakan. Dengar-dengar buat cadangan biaya penutupan rekening Taplus BNI.

Penutupan rekening BNI

Mempunyai akun bank tidak berarti harus menabung rutin tiap bulan. Nomor rekening tidak bakal hangus selama ada saldo. Namun, jika enam bulan berturut-turut tidak ada aktivitas transaksi maka manjadi status dormant (rekening pasif).

Status dormant tidak bahaya. Hanya saja tidak bisa digunakan transfer/bayar belanja. Cara mengaktifkannya kembali gampang. Cukup perlu setor tunai minimal Rp100.000,00 melalui teller. Uang pun tetap milik Anda. Masuk ke saldo.

Yang bahaya ialah saldo kosong dalam jangka 2–3 bulan. Jika sampai terjadi maka rekening BNI Taplus Anda bakal ditutup otomatis oleh sistem. Saldo mengendap yang dijelaskan di atas gunanya untuk ini. (Biaya penutupan rekening Rp10.000,00).

Cara menutup rekening BNI tidak harus mengosongkan saldo. Saat banyak pun bisa. Silakan datang ke kantor cabang terdekat dan ajukan permohonan. Tidak butuh lama nomor akan dimatikan. Saldo sisa dicairkan dan diberikan kepada Anda.

Rekening sudah tertutup tidak bisa diaktifkan kembali. Jika butuh lagi hanya bisa buka rekening baru. Khusus Taplus BNI, cara dan persyaratan sama seperti di atas. Nanti nomor rekeningnya beda. Tidak sama dengan yang lama.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment