Cara ganti dan mengetahui PIN kartu ATM BNI yang lupa

PIN kartu debit BNI bisa diganti berkali-kali. Namun caranya harus memasukkan PIN yang lama juga. Jika lupa, berikut cara mengatasinya.

Bank apapun, termasuk BNI, selalu mengimbau nasabah untuk mengganti PIN kartu ATM secara berkala. Tujuannya demi keamanan. Andai diketahui orang, setelah diubah, PIN padanya jadi tidak berlaku lagi.

Waktu penggantian PIN kartu debit BNI maksimal enam bulan sekali. Jika tidak pernah/lupa, kartu jadi tidak bisa bertransaksi. Anda bakal diminta memasukkan tanggal lahir terlebih dahulu.

Lantas, bagaimana cara menggantinya? Metodenya banyak. Paling favorit zaman sekarang yaitu dengan online. Sehingga bisa dari rumah memakai HP tanpa perlu mencari ATM apalagi kantor cabang bank.

Cara mengganti PIN kartu ATM BNI

Kepanjangan PIN adalah personal identification number. Pada BNI terdiri dari enam digit angka. Fungsinya sebagai pengaman. Meski bisa disamakan, PIN ATM beda dengan PIN m-banking, i-banking, dll.

Kendati demikian, fitur-fitur tersebut saling berhubungan. Registrasi e-banking dapat menggunakan ATM. Sebaliknya, apakah ganti PIN kartu ATM BNI bisa melalui e-banking? Ketahui jawabannya di bawah.

Mesin ATM BNI

ATM (anjungan tunai mandiri) tentu bisa digunakan untuk mengganti PIN kartunya. Jumlah mesin ini banyak dan tersebar di mana-mana sehingga mudah ditemukan. Berikut langkah-langkah caranya:

  1. Masukkan kartu ke dalam mesin ATM.
  2. Pilih menu Pilihan Lainnya.
  3. Pilih submenu Ganti PIN.
  4. Masukkan PIN saat ini.
  5. Masukkan PIN baru yang Anda mau.
  6. Konfirmasi PIN baru dengan memasukkannya sekali lagi.
  7. Selesai, kartu ATM BNI Anda sudah berhasil ganti PIN.

Mobile banking

Mobile banking BNI benar-benar melengkapi kartu ATM. Selain dapat diandalkan menarik tunai saat kartu hilang, ia juga bisa dimanfaatkan untuk mengganti PIN kartu ATM. Caranya sebagai berikut

  1. Buka aplikasi mobile banking BNI.
  2. Login dengan memasukkan USER ID dan MPIN.
  3. Cari menu Pengaturan (di bagian pojok bawah).
  4. Pilih submenu Ubah PIN Kartu Debit.
  5. Pilih nomor rekening yang terkait dan kemudian klik tombol LANJUT.
  6. Isi form validasi dengan memilih nomor kartu debit, PIN Lama, PIN Baru, dan PIN Baru Ulang, serta Password Transaksi.
  7. Setelah mengklik tombol SELANJUTNYA, muncul laman konfirmasi bahwa pengubahan PIN kartu debit BNI telah berhasil.

Internet banking

I-banking merupakan fasilitas BNI yang setara dengan m-banking. Keduanya sama-sama berjalan secara online. Jika mobile banking BNI bisa mengganti PIN kartu ATM, bagaimana dengan internet banking?

Berdasarkan pantauan banksentral.com “mengobok-ngobok” fasilitas tersebut, semalam suntuk tidak juga menemukan menu di dalam internet banking yang dapat digunakan untuk mengubah PIN kartu ATM BNI.

SMS banking

Internet banking saja tidak bisa, apalagi SMS banking? Bukan bermaksud menyepelekan. Bagaimanapun, SMS banking adalah fitur sederhana tetapi cara penggunaannya ribet.

Contoh keribetannya ialah harus mengetik kode perintah yang benar agar berhasil. Dan di antara format SMS banking BNI yang tersedia tidak ada yang bisa digunakan untuk mengganti PIN kartu ATM BNI.

BNI call center

Pada kondisi tertentu, call center BNI lebih berguna daripada customer service di bank. Pasalnya, mereka dapat dihubungi 24 jam nonstop. Bisa melalui HP (handphone) ataupun telepon rumah (PSTN).

Sayangnya penggantian PIN kartu ATM BNI tidak dapat dilakukan olehnya. Call center hanya bisa mereset seandainya kartu terblokir. Setelah tereset tetap hanya PIN sebelumnya yang cocok digunakan.

Mesin EDC di kantor cabang bank

Hampir semua masalah dapat diatasi di kantor cabang bank. Termasuk penggantian PIN kartu ATM. Sayangnya, mereka hanya melayani pada hari dan jam kerja. Di luar itu tutup.

Selain itu, datang ke bank wajib membawa persyaratan. Antara lain KTP dan buku tabungan. Sampai di sana harus antre. Bisa makan waktu berjam-jam kalau kebetulan sedang ramai.

Cara mengetahui PIN kartu ATM BNI

Nasabah diharuskan mengingat PIN karena fungsinya penting. Bahkan saat mau ganti baru pun, PIN lama (yang sekarang berlaku) harus dimasukkan dahulu. Lantas bagaimana kalau lupa?

Perlu diketahui ATM BNI memberikan tiga kali kesempatan saat menginput PIN. Salah satu kali tidak apa-apa, hanya kesempatan tinggal dua kali. Setelah salah tiga kali berturut barulah menyebabkan kartu ATM terblokir.

Demi menghindari itu, akhirnya banyak nasabah bertanya: bagaimana cara mengetahui PIN kartu ATM yang lupa? Sayangnya tidak ada. Pertanyaan-pertanyaan di bawah pun jawabannya tidak semua.

Apakah PIN ATM BNI bisa diketahui dengan melihat nomor kartu?

Nomor 16 digit tersebut “hanya” sebagai identitas kartu. Ia tidak ada hubungannya dengan PIN. Buktinya, Anda gonta-ganti PIN pun nomor tersebut tidak ikut berubah.

Bisakah mengetahui PIN kartu ATM BNI dari nomor rekening di buku tabungan?

Tidak. Alasannya sama seperti di atas. Pada buku tabungan memang terdapat banyak angka. Antara lain CIF dan norek. Namun, fungsinya bukan untuk menebak PIN ATM.

Dapatkah kita mengecek PIN ATM melalui BNI mobile banking?

Aplikasi m-banking memang dapat mengganti PIN ATM BNI. Namun tidak menyimpannya. Jadi jika Anda lupa tidak bisa melihat atau melacaknya dari sini.

Bagaimana cara mengetahui PIN ATM BNI melalui SMS?

Di internet memang tersebar informasi cek PIN melalui SMS banking. Caranya ialah dengan kode perintah: RPIN [spasi] 16 digit nomor kartu [spasi] tanggal lahir pemegang kartu (ddmmyyyy). Akan tetapi, itu khusus PIN kartu kredit BNI, bukan kartu debit/ATM.

Bisakah kita tanya PIN ATM yang lupa kepada call center atau CS di bank?

PIN bersifat rahasia dan hanya diketahui pemiliknya. Anda dilarang mengumbar meskipun kepada petugas remi bank. Jadi, saat lupa, Anda bertanya mereka pun jawabannya adalah tidak tahu.

Biaya ganti PIN kartu ATM BNI

Penggantian PIN BNI tidak dikenakan biaya, baik melalui ATM, mobile banking, maupun mesin EDC di bank. Padahal jumlahnya tidak dibatasi. Anda gonta-ganti berapa kali pun bisa dan tetap gratis.

Namun jika sampai lupa dan terblokir, kartu ATM tidak hanya direset. Ia harus dibuatkan PIN baru juga. Tujuannya agar bisa mengganti PIN baru tanpa perlu memasukkan PIN lama ataupun kartu diganti.

Kalau sudah seperti di atas dikenakan tarif Rp5.000,00. Namun berdasarkan pengalaman pribadi, saya pernah tidak dimintai bayar. Cek mutasi juga tidak ada potongan. Mungkin petugas BNI lupa menagih.

Cara membuat PIN kartu ATM yang benar dan aman

Biaya Rp5.000,00 tidak berat bagi mayoritas orang. Namun, masalahnya ialah proses mengurusnya yang lama. Jadi biar aman dan nyaman, ikutilah panduan membuat PIN ATM BNI yang benar di bawah.

  • Jangan samakan dengan tanggal lahir ataupun belakang nomor handphone. Alasannya, PIN seperti ini mudah ditebak orang. Hindarilah demi mencegah kasus pembobolan saldo tabungan.
  • Gunakan kombinasi angka unik atau acak. PIN ATM seperti 123456, 654321, 111111, 222222, dst., gampang diingat. Sayangnya BNI mendeteksi bukan PIN yang kuat. Kadang bahkan diblokir secara sepihak.
  • Catat biar tidak lupa. Setiap bikin PIN ATM baru, catat. Begitu juga jika mengganti PIN: catatan harus diperbarui. Dan demi keamanan, catatan PIN harus disimpan di tempat yang tidak bisa diketahui orang lain.
Default image
Admin
Mendirikan banksentral.com sejak 2017 setelah banyak web yang dibuat. Hobinya mencoba hal baru, termasuk bikin rekening bank. Kenalan lebih dekat silakan klik Tentang Kami.
Articles: 145