Penyebab dan cara mengeluarkan kartu ATM BNI tertelan

Kartu debit BNI tertelan tidak bisa dikeluarkan. Namun, dapat dicegah. Salah satu caranya dengan mengetahui penyebab-penyebabnya.

Mengurus kartu ATM BNI tertelan itu ribet. Biar balik harus menunggu dua minggu. Ingin cepat, ganti baru dan dikenakan biaya pembuatan. Belum lagi prosesnya: ke bank sendiri tidak boleh diwakilkan.

Selain ribet, debit BNI tertahan di dalam mesin juga bahaya. Bisa saja kartu tiba-tiba keluar dan diambil orang jahat. Makanya setiap pemilik diwajibkan segera memblokir bila mengalaminya.

Atas alasan itulah usahakan kartu ATM BNI Anda tidak tersangkut dan tertinggal di dalam mesin. Salah satu caranya dengan mengetahui penyebabnya. Kemudian hindari hal-hal tersebut.

Penyebab kartu ATM BNI tertelan

Kartu debit tidak mau keluar tidak selalu kesalahan pengguna. Kadang disebabkan mesin eror dan transaksi pada waktu tidak tepat. Atau bisa juga terpasang jebakan oleh penjahat.

Berikut beberapa contoh dan penjelasannya.

Kartu ATM tidak segera dicabut

Usai transaksi, normalnya kartu dikeluarkan mesin. Namun tetap menempel pada mulut lubang/slot. Banksentral.com menyarankan segeralah mencabutnya. Kalau tidak, ia bakal ditarik kembali masuk ke dalam.

Bersyukurlah jika layar menyuruh memilih bahasa dan meminta PIN seperti pertama kali kartu ATM BNI dimasukkan. Anda bisa transaksi lagi. Atau tekan tombol CANCEL untuk mengeluarkannya secara paksa.

Sayangnya tidak selalu begitu. ATM BNI tertelan tidak bisa dikeluarkan kembali. Tampilan layar seperti tidak dimasukkan kartu. Sehingga antrean di belakang bisa menggunakannya.

Mesin tua dan jaringan eror

Penyebab kartu ATM BNI tertelan yang kedua ini merupakan setengah kesalahan pengguna. Pasalnya, ATM tua bisa dikenali dari tampilan. Sebaiknya Anda pilih-pilih sebelum menggunakan.

Meski demikian, tidak semua mesin tua akan menelan kartu ATM. Kadang berjalan normal hanya saja lemot. Jadi, Anda harus sedikit sabar menunggunya saat menjalankan perintah.

Begitu juga dengan jaringan ATM. Anda tidak melihatnya. Akan tetapi bisa memprediksi. Biasanya BNI maintenance pukul 01.00–03.00 dini hari. Hindarilah transaksi jam-jam segitu.

Listrik mati

Beberapa mesin ATM di tempat tertentu ikut mati saat listrik padam. Jika kartu debit BNI Anda terlanjur dimasukkan ke dalam, ada dua kemungkinan:

Pertama, transaksi terhenti/tertunda dan kartu ATM dimuntahkan (keluar secara otomatis). Kemungkinan kedua, kartu ATM tetap tertahan di dalam mesin alias ditelan.

Kartu ATM tertelan begitu harus bagaimana? Sebaiknya Anda mengira. Silakan tunggu kalau listrik mati sebentar. Kalau lama, segeralah diblokir sebelum ditinggal pulang.

Salah PIN dan terblokir

Penyebab kartu ATM BNI ketelan berikutnya ialah salah memasukkan PIN. Perlu diketahui, tiga kali tidak benar berurutan tidak hanya terblokir. Akan tetapi kemungkinan ditelan juga.

Apalagi jika dipaksa. Sudah jelas terblokir tetap saja dicoba berkali-kali. Mesin canggih bisa mendeteksi bahwa kartu ATM Anda bermasalah.

Kartu ATM BNI kedaluwarsa dan rusak

Kedaluwarsa menjadi salah satu penyebab kartu ATM ditahan mesin. Bagi yang belum tahu, kartu debit bank apapun memiliki masa pakai. Biasanya lima tahun sejak diterbitkan.

Kondisi kartu ATM expired tidak selalu rusak. Kadang masih mulus. Mulus saja bisa tertelan, apalagi rusak? Beberapa contohnya yaitu patah, retak, bengkok, tergores, tidak terbaca, dll.

Dipasang jebakan oleh penjahat

Pernah dengar berita kasus pembobolan saldo ATM? Salah satu modusnya kurang lebih begini. Penjahat menyelipkan benang atau batang korek api di mulut/lubang memasukkan kartu.

Ketika Anda menggunakan, kartu ATM akan tersangkut gara-garanya. Penjahat kemudian mendatangi Anda. Dengan pura-pura mau membantu, ia meminta PIN.

Salah besar jika Anda memberitahukan PIN kepadanya. Penjahat bakal bohong dengan bilang kartu ATM BNI Anda telah tertelan. Padahal ia akan mencongkel dan menggunakannnya setelah Anda pergi.

Status hilang dan kartu ATM diganti baru

Misal Anda melapor BNI bahwa kartu debit hilang. Sesaat kemudian ternyata ketemu kembali. Jika langsung digunakan, itu bisa menjadi salah satu penyebab tertelan.

Anda harusnya melapor kembali. Sekalian membuka blokiran. Jika ingat PIN bisa tanpa ke bank. Cukup telepon BNI call center. Biaya gratis karena hanya direset/bukan ganti kartu.

Begitu juga kalau diganti baru. Kartu lawas otomatis tidak berfungsi. Daripada dimasukkan jadi tertelan, lebih baik manfaatkan untuk hal lain. Misal koleksi atau gantungan kunci.

Cara mengeluarkan kartu ATM BNI yang tertelan

Di tengah transaksi dan tiba-tiba ingin membatalkan, tombol CANCEL memang berfungsi mengeluarkan kartu ATM secara cepat. Sayangnya hanya berlaku saat normal. Jika tidak, tidak ada efeknya.

Meski demikian, tidak ada salahnya dicoba. Jika kartu ATM BNI ditahan mesin, tekanlah tombol tersebut 2–3 kali. Sebagai informasi, tombol CANCEL berada di samping tombol angka. Umumnya berwarna kuning.

Selain cara tersebut tidak ada. Tips atau trik mengeluarkan kartu ATM tertelan yang beredar di internet bukan dari sumber resmi. Dicoba pun tidak berhasil.

Salah satu trik dimaksud ialah menekan angka 9, 6, dan ENTER/ECCEPT. Bukan hanya artikel, video di YouTube juga ada. Sayangnya hanya editan.

Kesimpulannya, kartu ATM BNI tertelan tidak bisa dikeluarkan. Satu-satunya cara mengatasinya ialah datang ke bank. Di sana bisa minta balik atau bikin baru. Syarat yang diperlukan silakan klik link.

Default image
Admin
Mendirikan banksentral.com sejak 2017 setelah banyak web yang dibuat. Hobinya mencoba hal baru, termasuk bikin rekening bank. Kenalan lebih dekat silakan klik Tentang Kami.
Articles: 145