Cara mengetahui nomor kartu ATM 16 digit dan fungsinya

Nomor kartu debit terdiri 16 digit. Ia berfungsi untuk identifikasi, transaksi, aktivasi, dan pelaporan saat hilang. Cara pengecekannya gampang. Namun, sebaiknya catat dan simpan agar tidak diketahui orang.

Cara mengetahui nomor kartu ATM/debit ada tiga metode. Pertama, lihat permukaan depan kartu. Kedua, menggunakan mobile banking. Terakhir, tanyakan kepada customer service di kantor cabang bank.

Nomor kartu ATM beda dengan nomor rekening. Ia jumlah digitnya 16 angka. Sedangkan nomor rekening 9–16. Nomor kartu terletak pada kartu. Nomor rekening pada halaman pertama buku tabungan.

Begitu juga fungsinya. Norek untuk setor atau menabung, transfer, dsb. Sedangkan nomor kartu ATM buat identifikasi. Baik oleh pihak bank penerbit ataupun nasabah sebagai pemilik. Berikut detailnya.

Fungsi nomor kartu ATM 16 digit

Meski jarang digunakan, manfaat nomor kartu debit tetap penting. Salah satunya disebutkan di atas. Lainnya dijelaskan di bawah.

Sebagai identifikasi

Deretan enam belas angka tersebut bukan acak sembarangan. Ia memiliki arti:

  • Digit pertama angka “4” berarti kartu menggunkan jaringan Visa. Jika “5” berarti Mastercard.
  • Lima digit berikutnya merupakan identitas bank penerbit kartu.
  • Digit sisanya buat identitas pemegang kartu.

Jadi, sepuluh digit terakhir antara kartu satu dan lainnya beda-beda. Para pemilik dianjurkan merahasiakan. Jangan dikasih tahu kepada orang lain karena dapat dimanfaatkan untuk pembayaran debit secara online.

Buat transaksi debit online

Nomor kartu ATM bisa buat belanja online. Tepatnya pada e-commerce yang menerima pembayaran debit. Anda tinggal memasukkan angka 16 digit, tanggal valid thru, dan CVV yang terletak di belakang kartu.

Meski demikian, tidak semua kartu bisa. Pengguna harus mengaktifkan dahulu di bank. Namun, kartu Jenius sudah otomatis. Pemilik dianjurkan merahasiakan angka tersebut. Takutnya disalahgunakan orang lain.

Buat aktivasi mobile banking

Proses aktivasi aplikasi m-banking berbeda-beda tergantung kebijakan bank. Beberapa tidak memerlukan nomor kartu ATM. Namun, khusus BNI iya. Untungnya hanya pemakaian pertama. Selanjutnya tidak.

Ditanyakan saat melaporkan kartu ATM hilang

Mengurus kartu ATM hilang tidak sembarangan. Nasabah wajib ke bank dan membawa beberapa persyaratan yang dibutuhkan. Antara lain KTP, buku tabungan, dan surat keterangan dari kepolisian.

Proses bikin surat keterangan kehilangan ditanyai detail. Mulai dari waktu dan tempat kejadian hingga nomor kartu ATM-nya. Jika tidak hafal, setidaknya Anda punya catatan atau foto yang tersimpan di handphone.

Cara mengetahui nomor kartu ATM

Perlu diketahui jumlahnya pasti 16 digit. Ini berlaku pada semua kartu terbitan bank apapun. Baik BCA, BRI, BNI, Mandiri, BTPN, Sinarmas, Danamon, dan lainnya.

Lihat kartu ATM itu sendiri

Cara mengetahui paling mudah ialah dengan mengamati kartu debit itu sendiri. Nomor tertera di situ. Tepatnya pada permukaan depan. Silakan lihat gambar di bawah untuk memastikan posisinya.

Letak nomor kartu debit
Nomor kartu ATM

Setelah menemukan, silakan catat atau screenshot. Lalu simpan di tempat aman. Mayoritas nomor kartu ATM keluaran sekarang tidak tercetak timbul. Ia dapat terkelupas atau terhapus jika sering tergesek.

Cek dengan mobile banking

Kartu ATM terlanjur hilang dan Anda tidak punya catatan atau fotonya? Tidak masalah. Nomor masih bisa dicek secara online. Tepatnya melalui aplikasi mobile banking (buat nasabah BNI).

Meski demikian, tidak semua nasabah bisa melakukannya. Mereka harus mengaktifkan fitur e-banking dahulu. Jika tidak, sebaiknya ketahui nomor kartu debit melalui metode keempat saja.

Cara menggunkan m-banking BNI untuk melihat nomor kartu ATM:

  • Buka aplikasi m-banking. Login hingga masuk dan layar menampikan beragam pilihan transaksi.
  • Pilih menu “Administasi”. Letaknya di bagian bawah (bisa berubah tergantung versi aplikasi).
  • Pilih “Blokir Kartu”. Tenang, bukan mau memblokir. Melainkan agar menuju pada data rekening dan kartu yang terkait.
  • Pilih “Rekening”. Jika Anda memiliki banyak rekening akan muncul semua di situ. Silakan pilih yang terkait dengan kartu debit yang Anda ingin ketahui nomornya.
  • Layar ponsel kemudian menampilkan nomor kartu ATM yang terdiri dari 16 digit angka.

Tanya kepada customer service bank

Cara mengetahui nomor kartu debit ini bisa ditempuh jika ATM terlanjur hilang dan rekening tidak terdaftar mobile banking. Meski sekadar menanyakan, datang ke bank tetap harus membawa persyaratan. Antara lain:

  1. Kartu identitas asli (KTP/SIM/paspor, milik sendiri, bukan fotokopi)
  2. Buku tabungan (atas nama sendiri, bukan fotokopi)

Langkah-langkah:

  • Datang ke kantor bank terkait (BCA/BNI/BRI/Mandiri/dll., sesuaikan dengan kartu dan rekening)
  • Tidak harus cabang asal pembukaan rekening. Di mana saja bisa asalkan datang sendiri (tidak diwakilkan orang lain)
  • Sampai di bank segera ambil nomor antrean. Jika bingung jangan ragu bertanya kepada security di depan pintu masuk.
  • Tunggu hingga nomor antre mendapat giliran dilayani.
  • Saat dilayani, serahkan semua persyaratan yang Anda bawa sambil bilang mau mengetahui nomor kartu ATM/debit.
  • Tunggu customer service mengecek data pada komputer.
  • Setelah menemukan, ia segera memberitahukannya kepada Anda.

Tambahan informasi

Jika datang ke bank sekalian bawa surat kehilangan, customer service bank bakal membuatkan kartu ATM baru. Kemungkinan besar juga menyarankan Anda registrasi dan mengaktifkan mobile banking.

Ya, pembuatan surat kehilangan tidak harus Anda tahu nomor kartu ATM. Bila benar-benar lupa, keterangannya bisa diisi dengan “Nomor kartu debit tidak diketahui”.

Pada kantor cabang bank tertentu, mengurus kartu ATM hilang tidak perlu menyertakan surat dari kepolisian. Anda ke sana cukup membawa kartu identitas dan buku tabungan. Zaman sekarang keduanya cukup.

Default image
Admin
Mendirikan banksentral.com tahun 2017 setelah agak banyak web yang dibuat. Hobinya memang mencoba hal baru, termasuk bikin rekening bank. Namun, yang aktif dan digunakan saat ini hanya BNI, BRI, dan Jenius.
Articles: 131

Leave a Reply