Mengatasi SMS banking BNI terblokir tanpa ke bank & kantor cabang

Membuka blokiran SMS Banking BNI disarankan ke bank. Namun karena perlu persyaratan, tidak bisa diwakilkan, bahkan harus cabang asal pembuatan rekening, melalui Call Center dan ATM bisa dijadikan pilihan.

SMS banking BNI otomatis terblokir jika tiga kali pengguna salah memasukkan PIN. Kesalahannya berturut-turut: salah, salah, dan salah. Jika salah, benar, salah, salah, benar, dst., tetap aman.

Ketentuan ini menguntungkan sekaligus sedikit merugikan. Jika ponsel hilang dan penemu mencoba transaksi, hanya tiga kali kesempatan tidak bakal menemukan PIN cocok. Alhasil, saldo tabungan tidak berkurang.

Kerugiannya kalau kita sendiri yang lupa. Tidak ada tips untuk mengetahui PIN. Anda hanya bisa mengingat-ingat sambil mencobanya. Jika sudah 3x dan terblokir, barulah ada cara membuka (unblock) SMS banking BNI.

Caranya gampang bahkan gratis. Namun, perlu waktu untuk datang ke kantor cabang. Bagi yang malas antre, sibuk, dan berhalangan pasti bertanya: Bisakah mengurusnya tanpa ke bank? Bagaimana jika diwakilkan saja? Dll.

Cara mengatasi SMS banking BNI terblokir tanpa ke bank

Ternyata bisa. Caranya dengan menelepon call center BNI pada nomor 1500046. Anda dapat menghubunginya melalui handphone ataupun nomor PSTN. Jika pakai hp sediakanlah pulsa. Tarif panggilan lumayan mahal.

Sebelum menelopon untuk membuka blokiran SMS banking BNI, siapkanlah KTP, buku tabungan, dan kartu ATM. Call center tidak melihat Anda, tetapi akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk verifikasi.

Pertanyaannya antara lain soal nomor rekening, nomor KTP, nama ibu kandung, nomor ponsel dan alamat email yang terdaftar SMS banking, serta lainnya. Anda wajib menjawab dengan tepat.

Setelah terverifikasi, call center akan menghapus nomor hp terdaftar. Selanjutnya Anda dapat meregistrasikan ulang melalui ATM. Tidak perlu ditambah aktivasi di kantor cabang. Ia sudah bisa transaksi finansial.

Cara membuka blokiran SMS banking BNI di kantor cabang

Via call center tidak selalu berhasil. Misal jawaban salah atau Anda mau ganti nomor handphone buat SMS banking. Mau tidak mau harus ke kantor cabang bank. Ke sanalah dengan membawa persyaratan berikut:

  1. Kartu identitas (KTP, SIM paspor, kartu pelajar, KK)
  2. Buku tabungan (Pengguna e-statement Taplus Muda tidak diminta)
  3. Kartu ATM (kartu debit BNI GPN hijau, orange; Mastercard silver, gold, platinum, dll.)
  4. Nomor buat SMS banking (Terserah. Bisa Telkomsel, Indosat, Tri, XL, Matrix, Halo, dll.)

Langkah-langkah

  • Datang ke kantor cabang BNI terdekat.
  • Ambil nomor antre layanan customer service.
  • Saat dilayani, katakan Anda mau membuka blokiran atau mengganti nomor SMS banking BNI.
  • Mengisi formulir yang dikasih.
  • Diproses customer service. Anda tinggal menunggu untuk diminta membuat PIN.
  • Selesai. hanya butuh waktu sekira 15 menit.

SMS banking terblokir, buku tabungan dan kartu ATM hilang

Syarat mengurus SMS banking BNI terblokir yakni membawa buku tabungan dan kartu ATM. Keduanya sebagai bukti kepemilikan. Serta data untuk dilihat nomor rekeningnya. Lantas, bagaimana kalau hilang?

Anda harus membuat surat kehilangan di kantor polisi. Setelah jadi bawalah ke bank. Di sana, selain unblock, sekalian mengurus buku tabungan dan kartu ATM hingga mendapat pengganti baru.

Surat kehilangan dibikin di kantor polisi sewilayah dengan hilangnya buku ataupun kartu ATM. Meskipun Anda tinggal di kota A, tetapi hilangnya di kota B, dan mengurusnya di cabang bank C, ia harus dibikin di kota B.

Mengatasi SMS banking BNI terblokir di cabang berbeda

Selain di atas, masalah lain yang sering muncul ialah tidak bisa datang ke cabang asal tempat pembuatan rekening. Biasanya menimpa para perantau, orang yang pindah tempat tinggal di luar kota, dll.

Selama kartu identitas dan data pada bank sama, Anda bisa mengatasi SMS banking BNI terblokir di cabang mana pun. Jika sudah beda (misal ganti nama, alamat, dll.) hanya bisa di cabang asal.

Tidak seperti pembuatan rekening, membuka blokiran SMS banking BNI beda cabang tidak diminta surat keterangan domisili. Cukup buku tabungan dan kartu ATM. Langkah-langkahnya sudah dijelaskan di atas.

Bolehkah mengurus SMS banking BNI terblokir diwakilkan?

Membuka blokiran SMS banking BNI di kantor cabang memang gampang. Customer service yang mengerjakan. Sayangnya, bank hanya buka pada hari dan kerja. Tanggal merah dan hari libur nasional tutup.

Begitu juga dengan nasabahnya. Beberapa ada yang tidak bisa ke sana karena sibuk, kerja, dan sebagainya. Pada kondisi ini, apakah mengurus SMS banking terblokir dapat diwakilkan orang lain?

Jawabannya tidak. Bank tegas mengatakan harus diurus oleh pemilik rekening. Jika terpaksa harus diwakilkan, persyaratan yang dibutuhkan tambah ribet. Banksentral.com lebih menyarankan telepon call center seperti cara pertama saja.

Biaya mengatasi SMS banking BNI terblokir

Sebenarnya gratis. Layanan SMS banking terblokir tidak dikenakan denda. Begitu juga membukanya, tidak dipungut tarif apapun. Hanya saja, saat pengisian formulir harus ditandatangani di atas meterai 6.000.

Jika lupa membawa uang, tenang. Biaya bisa memotong saldo. Atau Anda tarik tunai dulu menggunakan kartu. Di sekitar bank biasanya terdapat ATM. Nah, ambil uang dulu di situ.

Mengurus SMS banking BNI terblokir via call center tidak butuh metarai. Namun, meneleponnya butuh pulsa. Berdasarkan pengalaman pribadi, 12 menit pakai kartu Simpati menghabiskan pulsa sekira 14.500.

FAQ

Intinya, SMS banking terblokir merupakan hal wajar. Anda tidak perlu panik. Ia masih bisa dibuka kembali. Jika Anda sedang mengalaminya, mungkin beberapa pertanyaan dan jawaban berikut bisa sedikit menenangkan.

Bagaimana cara membuka blokiran SMS banking BNI tanpa ke bank?

Anda dapat melakukannya dengan hp. Teleponlah call center BNI 1500046. Nanti SMS banking akan direset. Setelah itu Anda bisa meregistrasikan ulang melalui ATM.

Apakah SMS banking BNI terblokir aman?

Iya. Saldo tidak akan berkurang selama layanan e-banking lainnya tidak digunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Apa penyebab SMS banking BNI terblokir?

Salah memasukkan PIN tiga kali berturut-turut. Menggunakan PIN standar sehingga terdeteksi tidak aman dan diblokir otomatis oleh sistem. (Contoh PIN standar: 123456, 111111, 000000, dst.)

SMS banking terblokir apakah kartu ATM juga terblokir?

Tidak. SMS banking BNI terblokir tidak menyebabkan kartu ATM, mobile banking, dan internet banking ikut terblokir. Mereka tetap bisa digunakan seperti biasanya.

Lupa PIN SMS banking. Bagaimana solusinya?

Tidak ada. Silakan ingat-ingat sambil mencobanya. Jika sampai tiga kali dan terblokir, Anda dapat membuka (unblock) menggunakan dua cara di atas.

Apakah PIN SMS banking sama dengan PIN ATM?

Sebenarnya beda. PIN SMS banking didapat saat meregistrasikan layanan tersebut. Begitu juga dengan ATM, PIN-nya didapat saat bikin. Namun jika Anda sengaja membuatnya sama, angka enam digitnya bisa sama juga.

Bagaimana ciri-ciri SMS banking BNI terblokir?

Akan terlihat saat Anda transaksi dengan mengirim format perintah ke 3346. Balasan yang didapat: Anda tiga kali salah memasukkan PIN. SMS terblokir, silakan hubungi BNI terdekat agar layanan bisa digunakan kembali.