Mendaftarkan rekening BNI pada layanan SMS banking sebenarnya agak ketinggalan. Mengapa? Anda ingat saja terakhir memakai SMS. Pasti sudah lama. Tren perpesanan sekarang menggunakan aplikasi dengan koneksi internet.

BNI sebetulnya punya layanan berbasis aplikasi juga. Namanya m-banking. Namun, tidak ada salahnya Anda juga mengaktifkan SMS banking. Di samping gratis (biaya administrasi ajek), ia juga punya kelebihan tersendiri.

Keunggulan yang dimaksud ialah dapat memakai handphone jadul. Sehingga jika internet gangguan pun tidak berpengaruh. Anda pun tetap bisa berlanjut transaksi di genggaman. Tidak perlu ATM apalagi ke cabang bank.

Syarat pendaftaran dan aktivasi BNI SMS banking

Ada dua cara registrasi SMS banking BNI: via ATM dan kantor cabang bank. Keduanya membutuhkan syarat yang berbeda. Pada ATM, Anda akan diminta:

  1. Kartu debit BNI
  2. Nomor ponsel aktif
  3. Pulsa minimal Rp1.000,00.

Sedangkan mengaktifkan SMS banking BNI di kantor cabang harus membawa syarat:

  1. Kartu identitas (KTP/SIM/paspor)
  2. Kartu debit (kartu ATM)
  3. Buku tabungan
  4. Nomor hp aktif.

Kartu ATM BNI apa saja dapat didaftarkan SMS banking. Bisa GPN hijau, oranye, Mastercard silver, gold, platinum, dll. Paling penting jenis rekeningnya memang mendapat fitur e-channel.

Ya, tidak semua tabungan BNI bisa SMS banking. Rekening Taplus, Taplus Muda, dan Taplus Bisnis jelas tidak masalah. Namun Taplus Anak, TabunganKu, Simpel, dsb. silakan konfirmasi dulu ke pihak bank.

Bagaimana dengan nomor hp-nya? Hampir semua provider SIM-card di Indonesia mendukung SMS banking. Baik GSM, CDMA, prabayar, maupun pascabayar. Jadi Anda boleh menggunakan Simpati, Halo, Indosat, Tri, XL, Smartfren, dll.

Begitu pula dengan gawainya. Tidak perlu merek terkenal, canggih, dan terbaru. Syarat bisa melakukan SMS banking ialah terdapat menu SMS ataupun dial. Kemudian pulsa dan berada di area jangkauan sinyal seluler.

Cara registrasi SMS banking BNI di ATM

Waktu: 10 minutes.

Syarat: kartu debit, nomor handphone aktif, pulsa minimal 1.000.

  1. Cari gerai ATM BNI

    Anda bisa registrasi SMS banking di mesin ATM BNI mana saja. Waktunya tidak harus pada hari dan jam kerja. Tengah malam dan tanggal merah pun bisa. 24 jam nonstop.

  2. Masukkan kartu ATM dan PIN

    Masukkan kartu debit ke ATM. Kemudian pilih bahasa (Indonesia atau Inggris). Selanjutnya, input PIN ATM dengan benar.

  3. Pilih menu registrasi e-channel

    Setelah diinput PIN, layar menampilkan beberapa menu. Cari dan pilihlah “Registrasi e-channel”. Silakan klik atau tekan tombol di sampingnya.

  4. Pilih submenu SMS banking

    Begitu diklik, muncul submenu baru. Antara lain Phone banking, SMS banking, dan Internet banking. Pilihlah yang pertama.

  5. Masukkan nomor hp (handphone)

    Layar kemudian meminta Anda memasukkan nomor ponsel. Inputlah dengan menggunakan keyboard angka di bawah layar monitor.

  6. Tentukan PIN BNI SMS Banking

    Langkah berikutnya, Anda diminta membuat PIN untuk SMS Banking. Silakan tentukan terserah. Jumlahnya enam digit. Bisa sama atau beda dengan PIN ATM.

  7. Masukkan kode OTP aktivasi finansial

    Sesaat kemudian, nomor hape yang dimasukkan tadi mendapat SMS berisi kode. Buka dan salinlah angkanya ke layar ATM yang meminta.

  8. Selesai, kertas struk pun keluar sebagai bukti

    Usai menginput kode, ATM meminta Anda memasukkan PIN konfirmasi. Jika semua tahap dilakukan benar, registrasi pasti berhasil. Anda pun memperoleh struk bukti pendaftaran.

Cara mengaktifkan BNI SMS banking di kantor cabang

Dulu, SMS banking dengan registrasi di ATM hanya dapat transaksi nonfinansial (cek saldo, mutasi, dsb.) Agar bisa finansial juga (transfer, pembayaran, dll.) harus diaktivasi di kantor cabang. Sekarang tidak perlu. Langsung bisa semua.

Meski demikian, jika Anda ingin mendaftar lewat customer service, berikut inilah caranya:

  • Lengkapi persyaratan yang disebutkan di atas.
  • Datangi kantor cabang BNI terdekat.
  • Ambil nomor antre layanan customer service.
  • Tunggu hingga giliran dilayani.
  • Saat dilayani customer service, katakan Anda hendak mengaktifkan SMS banking BNI.
  • Customer service memproses dan hanya butuh waktu kurang dari 10 menit.
  • Selesai, layanan aktif dan langsung bisa digunakan.

Mengaktifkan melalui customer service lebih simpel. Semua proses dikerjakan olehnya. Anda cukup menunggu hingga diminta membuat PIN SMS banking BNI dengan cara memencet mesin EDC.

Yang membuatnya lama yaitu antre. Wajar saja, bank buka hanya pada hari dan jam kerja. Agar tidak bolak-balik, Anda sebenarnya bisa mengaktifkan SMS banking BNI pada saat pembuatan rekening dulu.

Tips tambahan: bukan hanya SMS banking, saat pembukaan rekening, Anda juga bisa sekaligus mengaktifkan BNI mobile banking. Sedangkan internet banking, biasanya setelah 1×24 jam rekening jadi.

Cara menggunakan SMS banking BNI

Setelah aktif, Anda bisa cek saldo, lihat mutasi, transfer sesama/antarbank, beli pulsa, bayar listrik, dll. kapan dan di mana saja. Cukup memakai handphone di tangan. Tidak perlu ATM apalagi ke bank cabang.

Bagaimana caranya? Ada tiga metode. Pertama, USSD *141#. Bukalah menu telepon. Kemudian dial nomor tersebut. Maka akan muncul berbagai nama bank. Langkah selanjutnya silakan ikuti petunjuk di layar.

Cara kedua dengan syntax. Bukalah menu SMS pada hp. Tikkan format dan kirim ke 3346. Tiap-tiap transaksi SMS banking BNI memiliki kode perintah berbeda. Silakan klik link untuk membaca detail.

Melakukan transaksi cara kedua agak ribet. Anda harus menghafal atau setidaknya mengetik kode dengan benar. Agar gampang, gunakanlah cara ketiga: men-download aplikasi SMS banking BNI.

Biaya SMS banking BNI

Bank Sentral menyarankan daftar SMS banking karena gratis. Anda tidak bakal dipungut bayaran saat registrasi. Begitu juga setelahnya. Antara nasabah mengaktifkan dan tidak, biaya administrasi per bulannya sama.

SMS banking BNI akan memakan biaya hanya saat transaksi. Tepatnya waktu pengiriman SMS berisi format perintah. Baik menggunakan USSD ataupun aplikasi sama tarifnya.

Biaya hanya Rp650,00 per SMS. Karena per transaksi butuh dua kali SMS, maka total Rp1.300,00. Tarif langsung memotong pulsa. Bagi pengguna pascabayar, tagihan telepon akan bertambah.

Kelebihan dan kekurangan SMS banking

Meski jadul, SMS banking tetap memiliki keunggulan. Antara lain:

  • Bisa transaksi dari mana dan kapan saja (tidak perlu ATM ataupun cabang bank).
  • Bisa menggunakan gadget sederhana.
  • Dapat berjalan tanpa koneksi internet.
  • Lebih aman karena hanya bisa diakses menggunakan nomor telepon terdaftar.

Sedangkan kelemahannya yaitu:

  • Tarif SMS banking lebih mahal daripada SMS biasa.
  • Berdasarkan pengalaman, saat sinyal tidak stabil tidak ada balasan SMS untuk konfirmasi PIN (menyebabkan transaksi tidak berhasil).
  • Sedikit repot karena format perintah sulit dihafal (tetapi tenang, ada aplikasi SMS banking BNI).

FAQ

Bagaimana cara mendaftar SMS banking BNI tanpa ke bank?

Caranya dengan registrasi menggunakan ATM. Berkat adanya OTP aktivasi finansial, Anda tidak perlu ke bank lagi. Semua transaksi langsung bisa dijalankan menggunakan hp.

Apakah mendaftar BNI SMS banking bisa melalui hp?

Saat ini belum bisa. Sejauh ini mendafar SMS banking BNI hanya dua cara: via ATM dan menemui customer service di kantor cabang bank terdekat.

Bisakah mengaktifkan SMS banking BNI bukan di kantor cabang asal?

Bisa di kantor cabang BNI manapun. Tidak harus tempat Anda buka rekening. Cabang luar kota pun tidak masalah: tidak bakal dimintai surat keterangan domisili, apalagi NPWP.

Apa saja syarat aktivasi SMS banking BNI di kantor cabang?

Membawa kartu identitas (KTP, SIM, atau paspor), buku tabungan, dan kartu ATM.

Mau mengaktifkan SMS banking tetapi buku tabungan atau kartu ATM hilang. Bagaimana solusinya?

Silakan ke kantor cabang dengan membawa surat kehilangan dari kantor polisi. Selain SMS banking diaktifkan, Anda juga akan mendapat pengganti buku atau kartu yang hilang.

Berapa biaya mendaftar SMS banking BNI?

Registrasinya gratis. Saat aktif pun tidak dipungut biaya administrasi tambahan.

Bagaimana cara melakukan transaksi menggunakan SMS banking BNI?

Ada tiga metode: USSD *141#, menu SMS dengan mengetik kode atau format perintah, dan aplikasi SMS banking BNI.

Transaksi apa saja yang bisa dilakukan SMS banking BNI di hp?

Hampir semuanya. Antara lain cek saldo, mutasi/histori, transfer sesama ataupun antarbank, pembelian isi ulang pulsa, pembayaran tagihan listrik, dll. Kecuali tentu saja tarik tunai.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment