Cara memindahkan aplikasi BNI Mobile Banking ke hp lain

Ganti atau hilang handphone mengharuskan kita memindahkan aplikasi M-Banking BNI ke smartphone baru. Kadang harus ke kantor bank alias tidak bisa dikerjakan sendiri. Alasannya SMS kode OTP tidak masuk dan reset SSN.

Memindahkan aplikasi BNI Mobile Banking ke hp lain cukup mudah. Anda bisa mengerjakan sendiri di rumah. Caranya seperti aktivasi pertama kali. Sayang, metode ini hanya berlaku jika tipe gadget lama dan baru sama.

Apabila beda merek, spesifikasi, ataupun sistem operasi (android ke iOS dan sebaliknya) bisa muncul kendala. Antara lain tidak menerima OTP, susah login, eror MBANK, dan terdeteksi telah masuk pada handphone lain.

Masalah-masalah di atas tidak bisa diatasi sendiri. Anda perlu bantuan customer service. Datangilah kantor cabang terdekat. Di sana mereka bakal mendampingi memindahkan akun BNI Mobile hingga bisa dipakai kembali.

Sampai sini sudah tahu solusi yang cocok untuk Anda? Jika iya, berikut penjelasan detailnya. Mulai dari syarat yang diperlukan, langkah-langkah mengerjakan, hingga biaya atau tarif yang akan keluar.

Cara memindahkan BNI Mobile Banking tanpa ke bank

Sudah dikatakan di atas. Ini bisa dilakukan selama tipe hp lama dan baru sama. Dengan kata lain, cocok juga saat bukan ganti hp melainkan aplikasi hanya terhapus. Baik karena uninstall ataupun reset setelan pabrik.

Pertama, (seandainya bisa) lakukanlah logout mbanking pada hp lama. Cabut kartu SIM dan pasangkan ke hp baru. Pastikan posisinya tetap: awalnya slot 1 harus di slot 1 juga. Apabila hilang, silakan baca cara ganti nomor SMS dan Mobile Banking BNI.

Hal lain yang perlu diperhatikan ialah nomor ponsel harus memiliki kuota data dan pulsa. Fungsinya buat download aplikasi dan SMS request OTP. Unduhlah hanya dari developer resmi: Android di PlayStore dan iOS di AppStore.

Setelah aplikasi terinstal, tahap selanjutnya yaitu aktivasi. Prosesnya sama seperti pertama dulu. Anda lupa dan malas klik link? Berikut banksentral.com tulis ulang. Disertakan gambar juga agar lebih mudah dipahami.

Langkah-langkah

  1. Buka aplikasi dan klik “Masuk”
Masuk
Masuk
  1. Validasi data
User ID dan nomor kartu debit
User ID dan nomor kartu debit

Isi sebagai berikut:

User ID: (tidak tahu atau lupa User ID BNI? silakan klik link)
– No. kartu debit/ATM: (angka 16 digit pada permukaan depan kartu)
– Lokasi negara: (pilih sesuai posisi)
– Kode refferal: (bisa dikosongkan atau diisi dengan nomor ponsel orang yang merekomendasikan Anda menggunakan mobile banking)

Lalu tekan tombol Ya, Kirim OTP. Anda diarahkan ke menu SMS yang sudah berisi format perintah. Kirimkanlah ke nomor 3346 agar dapat balasan OTP (butuh pulsa sekira 1.500–3.750).

  1. Masukkan kode OTP
Kode OTP
Kode OTP

Buka aplikasi m-banking BNI kembali. Masukkan kode OTP yang didapat via SMS. Jika benar, lanjut tahap berikut.

  1. Menentukan MPIN dan Password Transaksi
Bikin MPIN dan Password Transaksi
Bikin MPIN dan Password Transaksi

– MPIN: (silakan tentukan enam digit angka)
– Password Transaksi: (kombinasi huruf dan angka berjumlah 8–12 karakter). Kemudian pencet tombol Simpan.

  1. Aktivasi m-banking BNI berhasil
Aktivasi berhasil
Aktivasi berhasil

Jika mencapai tahap terakhir artinya akun BNI Mobile Banking Anda berhasil dipindahkan. Silakan klik Explore dan coba transaksi. Tidak harus transfer, bayar belanja, atau tagihan. Cukup cek saldo dan mutasi rekening.

Cara memindahkan BNI Mobile Banking dengan bantuan customer service

Banyak alasan tidak bisa dikerjakan sendiri. Contoh Anda beli hp baru dengan merek, tipe, spesifikasi, dan OS, yang berbeda. Sama pun seandainya yang lama hilang dicuri harus dibantu petugas di kantor cabang bank.

Sebagian pembaca mungkin bertanya mengapa. Jawabannya, kartu SIM hanya mengenali aplikasi pada hp sebelumnya. Seperti kita tahu, m-banking BNI hanya bisa dipakai satu handphone. Tentu demi keamanan juga.

Meski demikian bukan berarti smartphone baru tidak bisa buat mobile banking BNI. Kartu SIM Anda hanya perlu reset SSN. Dengan begini pengenalan lama terhapus dan digantikan yang baru.

Solusinya sesimpel itu. Sayang, reset SSN hanya bisa dilakukan petugas bank. Tepatnya customer service di kantor cabang. Bukan teller, BNI call officer, ataupun call center provider SIM-card.

Langkah-langkah

Berikut persyaratan dan tahapan mengurus pemindahan BNI Mobile Banking ke hp baru di kantor cabang bank.

Siapkan syarat yang ditentukan

Datang sana tidak bisa tangan kosong. Anda perlu membawa beberapa berkas. Antara lain KTP, buku tabungan, kartu ATM, dan handphone beserta nomor yang terdaftar e-banking.

Kunjungi kantor cabang BNI terdekat

Bawa dokumen-dokumen tadi ke kantor BNI. Bisa cabang mana saja. Tidak harus tempat asal buka rekening. Jika ditolak, baca triknya bagian FAQ di bawah. Paling penting ke sana pada hari dan jam kerja.

Antre

Sesampai di bank langsung ambil nomor antre bagian customer service. Jangan keliru dengan teller. Jika bingung karena pengalaman pertama kali, tanyalah kepada satpam/security. Ia standby di pintu masuk.

Ikuti arahan customer service

Saat mendapat giliran dilayani, Anda bakal ditanya keperluannya. Jawablah “mau memindahkan aplikasi BNI Mobile Banking ke hp lain/baru”. Kemudian serahkan persyaratan yang Anda bawa untuk dicek.

Reset SSN

Pada permasalahan ini, yang dilakukan customer service ialah mereset SSN. Fungsinya sudah dikatakan di atas. Intinya agar tidak muncul peringatan alert MBANK50 ataupun eror-eror lain.

Aktivasi aplikasi BNI Mobile Banking

Setelah direset, kemungkinan besar Anda bisa aktivasi dengan lancar. Namun saran saya lakukanlah di depan customer service. Tujuannya agar bisa komplain jika ada masalah. Mereka pasti bisa membereskan hingga tuntas.

FAQ

Apakah aplikasi BNI Mobile Banking dapat dipindahkan ke hp lain?

Bisa. Pada suatu saat nasabah pasti butuh ganti hp. Baik dikarenakan yang lama hilang, rusak, dicuri, upgrade, dan sebagainya.

Bisakah pindah Mobile Banking ke hape lain tanpa perlu ke bank?

Jika handphone barunya sama dengan yang lama, bisa. Namun bila beda merek, tipe, spesifikasi, dan sistem operasi (android/iOS) harus reset SSN oleh customer service di kantor cabang.

Apa saja syarat mengurus pindah aplikasi m-banking di kantor cabang?

Kartu identitas KTP, buku tabungan, kartu ATM, dan handphone beserta nomor ponsel yang terdaftar fitur tersebut.

Bagaimana bila syarat kurang karena hilang?

Jika KTP hilang silakan bikin baru di kantor kecamatan/kelurahan setempat. SIM-card hilang diurus ke operator. Sedangkan kalau yang hilang buku tabungan atau kartu debit, Anda perlu meminta surat kehilangan dari kantor polisi.

Apakah mengurus perpindahan akun m-Banking BNI harus di cabang tempat buka rekening?

Harusnya bisa di cabang mana saja. Namun jika kartu identitas beda dengan database BNI kadang ditolak. Solusinya ialah bawa KTP lama juga (kalau masih ada).

Berapa biaya mengatasi pindah BNI Mobile Banking?

Bisa dikatakan gratis. Bank tidak memungut biaya tambahan. Customer service pun tidak meminta tip. Akan tetapi, saat download aplikasi pada hp baru butuh kuota. Serta aktivasi juga memerlukan pulsa sekira 5.000 buat request dan menerima kode OTP.

Berapa lama yang dibutuhkan untuk memindahkan aplikasi m-banking BNI?

Dengan metode sendiri di rumah cuma 15 menit. Jika di bank, silakan hitung dengan menambahkan waktu antre.