Cara memiliki kartu ATM BNI ialah dengan membuka rekening pada bank tersebut. Setelah jadi, Anda langsung mendapat buku tabungan dan kartu. Selanjutnya isilah saldo agar bisa digunakan buat tarik tunai, transfer, pembayarn, dll.

Lalu, bagaimana cara buka rekening BNI? Saat ini ada dua metode. Pertama, via online menggunakan internet dan aplikasi m-banking. Setelah jadi, Anda ambil buku tabungan dan kartu ATM-nya di cabang bank terdekat.

Pembukaan rekening BNI cara kedua ialah dengan datang langsung ke bank. Silakan ke sana pada hari dan jam kerja. Jangan lupa bawa persyaratan yang dibutuhkan. Apa saja dan bagaimana prosesnya, berikut Bank Sentral jelaskan di bawah.

Jenis-jenis kartu ATM BNI

Sebelum membuat, perlu diketahui kartu ATM BNI ada banyak jenis. Masing-masing spesifikasinya berbeda. Ada yang cocok untuk anak dan remaja. Ada pula yang untuk untuk pebisnis. Saya membaginya menjadi tiga kelompok.

Kartu ATM Mastercard:

  1. Kartu ATM BNI silver
  2. Kartu ATM BNI gold
  3. Kartu ATM BNI platinum
  4. Kartu ATM BNI valas

Mastercard merupakan perusahaan finansial asal Amerika. Jaringannya merata di seluruh dunia. Sebab itulah, kartu dengan logo ini dapat dipakai di mana pun. Bukan hanya di dalam, melainkan juga luar negeri.

Kartu ATM BNI GPN:

  1. Kartu ATM BNI GPN oranye
  2. Kartu ATM BNI GPN hijau

Sistem GPN diluncurkan pemerintah untuk mengurangi ketergantungan Mastercard. Sayangnya, relatif haru. Jaringan pun masih terbatas dalam negeri. Meski demikian, ia menawarkan tarif yang lebih murah.

Kartu ATM BNI GPN jenis khusus:

  1. Kartu ATM BNI Taplus Anak
  2. Kartu ATM BNI Taplus Muda
  3. Kartu ATM BNI TabunganKu
  4. Kartu ATM BNI SimPel (Simpanan Pelajar)
  5. Kartu ATM BNI Pandai
  6. Kartu ATM BNI Tappa (Taplus Pegawai)
  7. Kartu ATM BNI Taplus Anak Co-Brand (khusus murid sekolah)
  8. Kartu ATM BNI Taplus Muda Co-Brand/Tapma (Taplus Mahasiswa)

Beberapa kartu di atas dulunya tidak memakai logo Mastercard ataupun GPN. Sekarang iya. Kini mereka bisa dipakai bukan hanya di ATM, melainkan juga mesin EDC. Info detail: Perbandingan GPN vs. Mastercard.

Syarat buka tabungan BNI dan kartu ATM-nya

Sama seperti kartu ATM, rekening BNI juga bermacam-macam. Beda rekening beda pula tipe kartu ATM yang didapat.

BNI Taplus

Rekening yang paling banyak dipakai. Cocok buat transaksi harian. Fitur dan fasilitas sangat mendukung untuk kebutuhan tersebut. Persyaratan yang diperlukan untuk membuat rekening BNI Taplus ialah:

  • Usia minimal 17 tahun
  • Kartu identitas
    WNI: KTP/SIM/paspor
    WNA: paspor + KIMS/KITAS/KITAP
  • Setoran awal
    Jabotabek: Rp500 ribu
    non-Jabotabek: Rp250 ribu
  • Kartu NPWP (nomor pokok wajib pajak)
  • Membuat surat keterangan domisili atau surat referensi kerja jika membukanya di cabang luar daerah.

Pembuatan rekening Taplus otomatis dikasih kartu ATM BNI GPN hijau. Jika keberatan, Anda dapat menggantinya warna oranye. Upgrade ke silver, gold, atau platinum pun dipersilakan. Siapa tahu mau dipakai di luar negeri.

BNI Taplus Muda

Mirip dengan rekening di atas. Bedanya, biaya administrasi lebih murah. Sayang hanya untuk pengguna usia 17–35 tahun. Jika melewati, rekening Taplus Muda otomatis di-upgrade ke Taplus biasa.

Persyaratan membuka rekening Taplus Muda:

  • Usia 17–35 tahun
  • Kartu identitas KTP, SIM, kartu pelajar, kartu mahasiswa, paspor, dan sebagainya
  • Setoran awal minimal Rp100.000,00
  • Tidak perlu NPWP
  • Surat keterangan domisili, surat referensi, kerja, atau surat referensi sekolah/kampus jika buka di kantor cabang yang lokasinya tidak sama dengan kartu identitas

Tabungan ini sepaket dengan kartu ATM BNI Taplus Muda. Desainnya sangat unik. Bahkan bisa cetak nama dan menggunakan foto pribadi. Jika menginginkan tipe lain, pengguna dipersilakan memilih kartu ATM BNI GPN hijau.

BNI Taplus Anak

Merupakan produk simpanan yang ditujukan kepada adik-adik usia 0–17 tahun. Ya, bayi baru lahir pun bisa memiliki rekening ini. Caranya, orang tua membuatkan dengan syarat-syarat berikut.

Anak:

  • Usia 0–17 tahun
  • Akta lahir, kartu keluarga (KK), kartu pelajar NIS, atau paspor

Orang tua pendamping:

  • KTP, SIM, atau paspor
  • Mengisi formulir persetujuan pembuatan rekening untuk anak

Setoran awal: Rp100.000,00 (minimal)

Selesai pembukaan, adik-adik bukan hanya mendapat buku tabungan. Melainkan kartu ATM BNI Taplus Anak juga. Ya, pilihan cuma satu. Kecuali kelak saat sudah 17 tahun dan rekening di-upgrade ke Taplus Muda.

BNI Taplus Bisnis

Fasilitas dan fitur super lengkap. Wajar saja, rekening ini ditujukan untuk para pelaku usaha. Meski demikian, orang biasa yang membutuhkan transaksi tinggi juga boleh membuat rekening BNI ini. Asalkan memenuhi syarat berikut.

  • Usia di atas 17 tahun
  • KTP, SIM, atau paspor
  • Setoran awal minimal Rp1.000.000,00
  • Memiliki NPWP (nomor pokok wajib pajak)
  • Membawa surat keterangan domisili atau referensi kerja jika buka di cabang yang lokasinya beda dengan alamat KTP

Dikarenakan untuk pebisnis, orang-orang yang membuat rekening ini mendapat kartu ATM BNI gold atau platinum. Namun, apabila kebutuhan transaksi hanya di dalam negeri, mereka dapat memakai kartu ATM BNI GPN warna hijau.

TabunganKu BNI

Tabungan program pemerintah yang ditujukan kepada masyarakat menengah ke bawah. Agar menyesuaikan target, syarat dan ketentuan membuka rekening BNI TabunganKu dibikin ringan. Antara lain:

  • Usia 17 tahun ke atas bisa datang ke cabang bank sendiri
  • Usia di bawah 17 tahun didampingi orang tua atau wali
  • Kartu identitas:
    Anak: akta lahir, kartu keluarga (KK), kartu pelajar NIS, atau paspor
    Dewasa: KTP, SIM, atau paspor
  • Tidak membutuhkan NPWP (nomor pokok wajib pajak)
  • Jika buka di cabang yang lokasinya beda dengan alamat KTP, harus membawa surat keterangan domisili, surat referensi kerja, atau surat referensi dari sekolah

Bukan hanya BNI, TabunganKu juga tersedia di BRI, BCA, Mandiri, dan bank lain. Meski demikian, masing-masing beda fasilitas. Khusus BNI, para pengguna mendapat kartu ATM khusus TabunganKu. Gambar dan warnanya serupa dengan bukunya.

BNI SimPel (Simpanan Pelajar)

SimPel juga program pemerintah. Bedanya, TabunganKu untuk umum. Sedangkan SimPel khusus siswa PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan madrasah (Mi, MTs, dan MA). Karena menarget murid sekolah maka syarat pembuatan sangat ringan.

  • Usia sekolah di bawah 17 tahun
  • Setoran awal minimal Rp5.000,00

Cara membuka rekening BNI SimPel beda dengan lainnya. Tempatnya bukan di kantor cabang bank. Melainkan di sekolah yang kerja sama dengan BNI. Usai membuat, anak langsung mendapat buku tabungan dan kartu khusus BNI Simpel.

BNI Pandai

Tidak semua tempat terjangkau kantor cabang BNI. Khususnya daerah pelosok. Agar mereka tetap tersentuh layanan perbankan, diadakanlah program Laku Pandai. Siapa pun bisa mengajukan diri sebagai agennya.

Di sana, masyarakat bisa membuat rekening BNI dengan syarat ringan. Cukup kartu identitas dan uang secukupnya buat setoran awal. Kemudian, mereka bisa langsung mendapat buku tabungan beserta kartu debit/ATM BNI Pandai.

BNI Dollar

Saldonya memang mata uang asing. Namun, asal memenuhi persyaratan, semua warga negara Indonesia diperbolehkan memilikinya. Dibanding tabungan-tabungan di atas, masih tergolong gampang, kok.

  • Usia 17 tahun ke atas
  • Kartu identitas KTP, SIM, atau paspor
  • Setoran awal 100 USD/SGD/AUD
  • Mengisi formulir pembukaan tabungan BNI Dollar

Mata uangnya beda. Maka kartu ATM yang didapat pun tidak sama: kartu debit BNI Dollar. Apakah bisa buat tarik tunai di ATM yang isinya rupiah? Tentu. Penghitungan tinggal dikonversikan dengan kurs yang berlaku.

Kartu ATM BNI Taplus Anak Co-Brand, Taplus Muda Co-Brand, dan Tappa

Diperuntukkan orang-orang tertentu. Tepatnya: Taplus Anak Co-Brand khusus murid. Taplus Muda Co-Brand khusus mahasiswa. Sedangkan Tappa khusus pegawai. Ketiganya (sekolah, kampus, dan kantor) harus kerja sama dengan BNI.

Begitu juga cara pembuatannya. Bukan ke bank, melainkan cukup di sekolah, kampus, atau kantor/instasinya. Setelah jadi, mereka mendapat buku tabungan beserta kartu ATM BNI-nya.

Penampakan kartu ATM-nya beda dengan yang lain. Mereka didesain sesuai logo sekolah, kampus, atau kantor. Sehingga, selain kartu buat debit/ATM, juga dapat digunakan sebagai kartu identitas.

BNI Deposito dan Tapenas

Selain yang telah disebutkan di atas, BNI masih punya produk simpanan lain. Yakni BNI Deposito dan Tapenas. Keduanya lebih cocok buat investasi. Maka dari itulah tidak dilengkapi fasilitas kartu ATM.

Syarat pembuatan BNI Deposito:

  • Usia 17 tahun ke atas
  • Kartu identitas KTP, SIM, atau paspor
  • Setoran awal minimal Rp10.000.000,00
  • Memiliki rekening afiliasi BNI Taplus, BNI Talus Muda, Taplus Bisnis, atau Giro

Syarat pembuatan BNI Tapenas:

  • Usia saat pembukaan minimal 17 tahun, dan penutupan maksimal 65 tahun
  • Kartu identitas KTP, SIM, atau paspor
  • Setoran awal minimal Rp100.000,00
  • Kartu NPWP (nomor pokok wajib pajak)
  • Memiliki rekening afiliasi berupa BNI Taplus, Taplus Muda, Taplus Bisnis, ataupun Giro

Cara membuat kartu ATM BNI dan rekeningnya

Waktu yang diperlukan sekira 30 minutes.

Langkah-langkah berikut berlaku untuk pembuatan kartu ATM BNI dengan jenis rekening Taplus, Taplus Anak, Taplus Muda, Taplus Bisnis, TabunganKu, BNI Dollar, Deposito, dan Tapenas.

  1. Menentukan rekening dan kartu ATM

    Silakan memilih tipe yang cocok sesuai kebutuhan dan kondisi. Misal untuk bisnis, pilihlah Taplus Bisnis. Namun jika usia di bawah 17 tahun, mau tidak mau harus tabungan BNI untuk anak muda.

  2. Mengumpulkan persyaratan yang diperlukan

    Persyaratan jangan sampai tidak lengkap. Kalau kurang, pengajuan pembuatan rekening tabungan dan kartu ATM BNI Anda bisa tidak disetujui alias ditolak.

  3. Mencari lokasi kantor cabang bank

    Pilih yang terdekat saja. Jika kartu identitas keluaran daerah lain (misal, Anda perantau), tidak perlu pulang kampung. Cukup tambahkan syarat surat keterangan domisili atau referensi dari tempat Anda kerja.

  4. Mendatangi kantor cabang BNI

    Kunjungilah pada hari dan jam kerja. Sesampai di sana, ambil nomor antre layanan customer service. Kemudian tunggu hingga giliran dilayani.

  5. Mengajukan pembuatan rekening dan kartu ATM baru

    Saat dilayani, sambil menyerahkan persyaratan, katakan kepada customer service bahwa Anda hendak buka tabungan dan membuat kartu ATM BNI. Karena sudah menentukan pilihan, Anda langsung sebutkan nama tipenya.

  6. Mengisi formulir pendaftaran

    Jika persyaratan lengkap dan disetujui, customer service kemudian memberikan Anda formulir. Silakan isi lengkap dengan benar.

  7. Penerbitan buku tabungan dan kartu ATM BNI

    Proses ini dikerjakan customer service. Anda hanya perlu menunggu hingga diminta menandatangani buku tabungan. Serta menentukan PIN kartu ATM dengan enam digit angka.

  8. Melakukan setoran pertama

    Jika tahap atas terlewati, artinya nomor rekening sudah jadi. Proses selanjutnya Anda diminta menuju ke teller untuk melakukan setoran awal.

  9. Selesai

    Setelah uang setoran awal masuk menjadi saldo, Anda sudah bisa pulang membawa buku tabungan dan kartu ATM yang baru saja berhasil Anda bikin.

Biaya bikin rekening dan kartu ATM BNI

Selain setoran awal, ada biaya lain yang harus dibayar. Buku tabungan dan kartu ATM yang Anda dapat tidak semuanya gratis. Beberapa tipe harus dibeli. Berikut daftar harganya.

Biaya pembuatan buku tabungan BNI

Buku tabungan BNI TaplusRp15.000,00
Buku tabungan BNI Taplus Anak
Buku tabungan BNI Taplus MudaRp25.000,00
Buku tabungan BNI Taplus Bisnis
Buku tabungan BNI TabunganKugratis
Buku tabungan BNI SimPelgratis
Buku tabungan BNI Pandaigratis
Buku tabungan BNI Dollar
Buku tabungan BNI Depositogratis
Buku tabungan BNI Tapenas
Buku tabungan BNI Tappa
Buku tabungan BNI Taplus Anak Co-Brand
Buku tabungan BNI Taplus Muda Co-brand
Tarif pembuatan buku tabungan BNI
– : tidak diketahui/tergantung PKS (perjanjian kerja sama)

Biaya pembuatan kartu ATM BNI baru

Kartu ATM BNI silverRp10.000,00
Kartu ATM BNI goldRp15.000,00
Kartu ATM BNI platinumRp20.000,00
Kartu ATM BNI valas2 USD/SGD/AUD
Kartu ATM BNI GPN hijauRp15.000,00
Kartu ATM BNI GPN oranyeRp10.000,00
Kartu ATM BNI Taplus Anakgratis (generik)
Rp25.000,00 (personalized)
Kartu ATM BNI Taplus Mudagratis (generik)
Rp25.000,00 (personalized)
Kartu ATM BNI TabunganKugratis
Kartu ATM BNI SimPelgratis
Kartu ATM BNI Pandaigratis
Kartu ATM BNI TappaRp15.000,00
Kartu ATM BNI Taplus Anak Co-BrandRp15.000,00
Kartu ATM BNI Taplus Muda Co-BrandRp15.000,00
Tarif pembuatan kartu ATM BNI perdana

Anda dapat membayar kedua benda tersebut menggunakan uang cash. Kalau tidak bawa bisa memotong dari saldo setoran pertama.

FAQ

Bagaimana cara membuat kartu ATM BNI?

Bikin dulu rekening tabungan BNI. Setelah jadi, Anda dikasih buku tabungan beserta kartu ATM.

Apa saja syarat buka tabungan BNI?

Tergantung tipe tabungan yang Anda bikin. Secara umum yaitu kartu identitas, uang setoran awal, dan syarat tambahan berupa NPWP, dll.

Bikin tabungan dan kartu ATM BNI minimal setoran awalnya berapa?

Jenis tabungan dan kartu ATM BNI ada banyak. Masing-masing membutuhkan setoran awal berbeda. Untuk tabungan anak bisa di bawah Rp100 ribu. Tabungan biasa dan bisnis antara Rp250 ribu –Rp1 juta. Sedangkan rekening tabungan BNI investasi minimal Rp10 juta.

Bikin buku tabungan dan kartu ATM BNI harus bayar berapa?

Di luar setoran awal, buku tabungan dan kartu ATM BNI ada yang gratis dan ada pula yang bayar. Masing-masing harganya sekira Rp0–Rp50 ribu.

Apakah kartu ATM baru bikin bisa langsung digunakan?

Bisa. Namun hanya untuk transaksi nonfinansial (cek sado, mutasi/history transaksi, dsb.) Untuk tarik tunai, transfer, pembayaran, dan transaksi finansial lainnya harus menunggu 1×24 jam.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment