Kartu ATM BCA terblokir tidak selalu merugikan. Dalam kondisi tertentu justru menguntungkan. Misal saat tertelan atau hilang. Agar tidak bisa digunakan oleh yang menemukan, Anda harus memblokir. Dengan begitu saldo aman. Tidak berkurang sedikitpun.

Efek buruk pemblokiran paspor BCA tetap ada. Fitur e-channel ikut tidak berfungsi. Baik SMS banking, mobile banking, ataupun internet banking sama saja. Satu-satunya yang bisa dipakai hanya buku tabungan. Artinya transaksi harus lewat teller.

Aman tetapi ribet. Begitulah keadaannya. Agar kembali nyaman maka kartu ATM BCA terblokir harus diurus segera. Caranya tergantung keberadaan kartu. Jika ketemu atau di tangan sendiri bisa di-unblock melalui call center. Namun jika hilang harus ganti baru di kantor cabang.

Cara memblokir kartu ATM BCA

banksentral.com menemukan lima cara. Tiga di antaranya bisa menggunakan handphone: menghubungi Halo BCA, aplikasi m-BCa, dan KlikBCA. Sedangkan dua sisanya ialah menggunakan kartu ATM dan mendatangi kantor cabang.

Call center – Halo BCA

Cara memblokir kartu debit BCA yang pertama ialah dengan menelepon Halo BCA. Banyak orang memilih metode ini. Alasannya karena tidak memerlukan syarat tertentu. Cukup pakai hp atau telepon rumah (PSTN) sudah bisa. Kemudian buat panggilan ke nomor 1500888.

Prosesnya kurang lebih seperti ini. Awal-awal terhubung terdengar suara penjawab telepon otomatis. Dengarkan dan ikutilah panduan sampai ada pilihan untuk berbicara dengan customer service. Setelah itu, Anda tinggal bilang butuh memblokir kartu dikarenakan hilang/tertelan.

Untuk memastikan Anda memblokir rekening sendiri, bukan milik orang lain, CS akan menanyakan beberapa hal. Di antaranya nama sesuai KTP, nomor rekening, nama ibu kandung, perkiraan jumlah saldo, dll. Agar jawaban lancar sebaiknya siapkan data/buku tabungan sebelum menelepon.

Selain itu, Anda perlu mengisi pulsa dengan nominal lumayan. Perlu diketahui biaya panggilan agak mahal. Kehabisan pulsa bisa mengakibatkan pembicaraan terputus. Jika itu terjadi sebelum pemblokiran berhasil, proses harus diulang dari awal. Jatuhnya malah boros pulsa.

Sebetulnya ada cara agar tidak membutuhkan pulsa. Ialah meminta Halo BCA yang menelepon Anda. Pertama, hubungi akun media sosialnya. Kemudian kasihkan nomor hp Anda via DM. Demi keamanan, selalu pastikan nomor yang menghubungi Anda yaitu 1500888.

Mobile banking – m-BCA

Cara memblokir kartu ATM BCA berikutnya ialah menggunakan m-BCA. Bagi yang belum tahu, m-BCA merupakan aplikasi pihak ketiga yang diinstal pada smartphone Android dan iOS. Dengannya nasabah bisa transaksi memakai hp. Tidak perlu perlu ke ATM. Apalagi kantor cabang.

Selain transaksi, m-BCA bisa dimanfaatkan untuk memblokir kartu juga. Sayangnya tidak semua rekening BCA bisa. Mereka harus meregistrasikan mobile banking terlebih dahulu. Caranya bisa via ATM ataupun ke kantor cabang. Silakan baca link untuk lebih detail.

Jika sudah menggunakan m-BCA dan sekarang butuh memblokir kartu, seperti inilah tahap-tahapannya:

  1. Buka aplikasi terus login
  2. Pilih menu “m-Admin”
  3. Pilih “blokir kartu ATM”
  4. Muncul informasi kartu. Pastikan benar lalu klik “Ok”
  5. Masukkan PIN m-BCA
  6. Muncul notifikasi pemberitahuan kartu ATM BCA berhasil diblokir.

Internet banking – KlikBCA

Sama seperti m-BCA. Fitur internet banking KlikBCA bisa dinikmati nasabah setelah diregistrasikan. Saran saya, rekening Anda sebaiknya diregistrasikan keduanya. Biaya gratis. Antara meregistrasikan dan tidak, potongan administasi tiap bulan sama. Jadi tidak ada ruginya.

Perbedaannya, m-BCA butuh aplikasi khusus. Sedangkan KlikBCA tidak. Bisa pakai browser bawaan seperti Chrome, Microsoft Edge, atau Safari. Jenis gadgetnya bebas. Mau ponsel pintar, tablet, laptop, ataupun komputer meja tidak masalah. Yang penting ada koneksi internet.

Cara memblokir kartu ATM BCA menggunakan internet banking ialah sebagai berikut:

  1. Kunjungi laman KlikBCA di www.klikbca.com
  2. Login menggunakan user ID dan PIN KlikBCA
  3. Pilih menu Administasi
  4. Pilih menu blokir kartu ATM
  5. Masukkan tanggal lahir Anda untuk validasi
  6. Konfirmasi data yang terhubung dengan KlikBCA
  7. Setujui pemblokiran kartu dengan mengklik tombol “kirim”
  8. Muncul pemberitahuan kartu ATM BCA berhasil diblokir.

Kartu ATM BCA

Selain tiga cara di atas, pemblokiran bisa juga dilakukan dengan kartu itu sendiri. Syaratnya kartu berada di tangan. Kemudian mendatangi ATM yang tersebar di mana-mana. Tidak harus ATM BCA, ATM bank lain seperti BNI, BRI, Mandiri, dan lainnya pun tidak masalah.

Seperti diketahui, kartu ATM dilengkapi PIN. Ia akan otomatis terblokir jika dimasukkan PIN salah tiga kali. Jadi, jika ingin memblokir tinggal lakukan begitu. Yang perlu diingat ialah kesalahan harus berurutan (salah, salah, salah). Bukan acak (salah, salah, benar, salah).

Paspor BCA apa saja dapat diblokir dengan cara di atas. Baik tipe Silver, Gold, Platinum, Xpresi, TabunganKu, SimPel, Paspor BCA Dollar, dll. Jangan tanyakan alasan memblokir padahal kartu di tangan sendiri. Mungkin saja biar mereka tidak tergoda untuk tarik tunai.

Kantor cabang bank

Sudah pasti kantor cabang bisa memblokir kartu ATM BCA. Caranya ialah Anda datang ke sana dengan membawa beberapa persyaratan. Di antaranya KTP, buku tabungan, dan kartu ATM. Bisa kantor cabang mana saja (tidak harus cabang asal) selama data KTP tidak ada perubahan.

Memang mengherankan. Apa alasannya coba orang ke sana untuk memblokir. Yang ada justru mengurus atau unblock kartu ATM. Namun tidak apa-apa. Intinya kantor cabang bisa melakukan itu. Toh meski kartu diblokir tetap bisa menerima transfer dari orang lain.

Cara membuka kartu ATM BCA yang keblokir

Cara memblokir ada lima. Namun, cara membukanya hanya dua: via call center dan kantor cabang. Pilihan pertama lebih gampang dan tidak banyak buang waktu. Akan tetapi memerlukan dua syarat: kartu ATM BCA berada di tangan dan PIN masih diingat.

Bila keduanya terpenuhi langsung saja buat panggilan ke nomor 1500888. Prosesnya sama dengan meminta pemblokiran di atas. Setelah kartu ATM berhasil direset/unblock, fitur e-channel yang tadinya ikut terblokir akan normal kembali. Hanya perlu ganti PIN baru saja.

Namun jika kartu ATM tidak berada di tangan, baik ingat atau lupa PIN, hanya bisa diurus ke kantor cabang. Bagaimanapun solusinya harus bikin kartu baru buat pengganti. Tenang saja, meski kartu beda tetapi nomor rekening akan tetap seperti semula. Begitu juga dengan saldonya.

Biaya mengganti sebesar Rp10.000,00–Rp25.000,00 tergantung jenis kartu ATM BCA-nya. Ketentuan lain seperti beda cabang atau KTP hilang bisa dibaca di sini. Sedangkan untuk nasabah Tahapan Xpresi BCA yang tidak mendapat buku tabungan, syarat mengatasi kartu ATM terblokir sudah dijelaskan di sini.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

1 Comment

  1. Saya baca info ini mengaktifkan bca via halo bca bs , tp pd knyataan’a.saya baru saja tlp ke cs’a klo harus ke kantor cabang , udh ngomong panjang x lebar x tinggi cs’a , ngdata ulang , tp jawaban yg tidak memuaskan , harus di aktifkan di kantor cabang

Write A Comment