New Livin by Mandiri: cara daftar dan mengatasi tidak bisa dibuka/login

Livin by Mandiri adalah aplikasi mobile banking khusus untuk nasabah Mandiri. Dulu, m-banking Mandiri bernama Mandiri Online. Sekarang berubah atau diganti lagi menjadi New Livin’ by Mandiri.

Fungsi New Livin by Mandiri ialah untuk mempermudah transaksi. Media yang digunakan cukup handphone di tangan. Jangankan cek saldo, transfer, dan pembayaran online, Livin bahkan bisa buka rekening dan tarik tunai tanpa kartu ATM.

Agar bisa menikmati, nasabah harus daftar New Livin by Mandiri dahulu. Caranya bisa langsung download, memasukkan data kartu ATM, atau datang ke bank. Biar lebih jelas, berikut dijelaskan ketiga metode tersebut satu per satu.

Cara daftar New Livin by Mandiri

Sebelumnya, perlu diketahui dulu bahwa Livin’ by Mandiri ada dua versi. Pertama, yang berlogo biru. Cara pendaftarannya sedikit ribet karena harus diaktifkan melalui kantor cabang bank agar bisa digunakan transaksi finansial.

Versi kedua, logo warna kuning dan nama depannya ada kata “New”. Cara mendaftar New Livin by Mandiri silakan pilih salah satu dari tiga metode di bawah.

1. Tanpa ke bank

Cara daftar New Livin by Mandiri tanpa ke bank (bahkan tanpa kartu ATM) ialah dengan membuka rekening melalui aplikasi tersebut. Nanti prosesnya diminta membuat user ID, password, dan PIN. Setelah rekening jadi maka Livin’ pun langsung aktif.

Tahap selanjutnya tinggal melalukan setoran awal dan tunggu kartu ATM (bisa diambil di kantor cabang atau dikirim ke rumah). Agar kartu bisa digunakan harus diaktifkan terlebih dahulu. Caranya nanti dijelaskan di bagian bawah.

2. Menggunakan kartu ATM

Cara kedua ini cocok untuk orang yang sudah punya rekening tetapi malas datang ke bank. Sebelum mulai, nasabah harus menyiapkan dahulu syarat-syarat pendaftaran Livin by Mandiri sebagai berikut:

  • Kartu debit atau ATM Mandiri;
  • Nomor ponsel yang aktif;
  • Pulsa sekira 2.000–5.000; dan
  • Koneksi internet stabil.

Langkah-langkahnya

  1. Download aplikasi Livin’ melalui Play Store (android) atau App Store (iPhone).
  2. Buka dan klik tombol “Punya Kartu Debit/Kredit Mandiri”.
  3. Masukkan data kartu ATM:
    1. Nomor kartu yang tertera pada permukaan depan (16 digit); dan
    2. Tanggal kedaluwarsanya.
  4. Masukkan tanggal lahir Anda dengan format DD MM YY (contoh: 17 08 45).
  5. Verifikasi nomor HP dengan cara klik tombol “Kirim SMS Verifikasi” (menu SMS otomatis terbuka dan langsung ada teks yang harus Anda kirim).
  6. Usai verifikasi nomor HP berhasil, bikinlah Password untuk login aplikasi New Livin by Mandiri.
  7. Buat PIN yang akan digunkan untuk atutentifikasi setiap mau transaksi.
  8. Masukkan PIN kartu ATM Mandiri Anda.
  9. Berhasil, New Livin by Mandiri telah terdaftar dan siap digunakan.

3. Minta bantuan customer service

Sudah mencoba dua cara daftar Livin’ by Mandiri di atas tetapi gagal? Datanglah ke bank untuk menemui customer service. Mereka pasti membantu Anda hingga berhasil. Jangan lupa bawa syarat-syarat yang diperlukan, yaitu:

  • Kartu identitas KTP;
  • Kartu debit (apapun jenis kartu ATM Mandiri silakan bawa);
  • Buku tabungan (kalau ada);
  • Nomor HP aktif dan memiliki pulsa;
  • Smartphone yang support instal aplikasi New Livin by Mandiri.

Proses pendaftaran Livin by Mandiri via bank hampir sama seperti buka rekening di sana. Begitu sampai, hal yang harus dilakukan ialah mengambil nomor antre bagian customer service. Kemudian tunggu hingga nomor dipanggil.

Saat dilayani petugas, barulah katakan ingin dibantu mendaftar layanan Livin’ by Mandiri yang gagal melulu. CS akan langsung menangani setelah mengecek persyaratan yang dibawa lengkap. Sepuluh menit sudah bisa beres.

Fungsi/manfaat aplikasi Livin by Mandiri

Usai diaktifkan maka Anda bisa explore aplikasi tersebut. Di dalamnya, Anda bisa melihat New Livin Mandiri dapat digunakan untuk beragam transaksi mulai dari cek saldo, transfer, top up e-money, hingga yang diuraikan berikut.

1. Livin Mandiri bisa buka rekening

Belum didaftarkan saja Livin bisa bikin rekening baru, apalagi kalau sudah diaktifkan. Jenis rekening yang bisa dibuka menggunakan New Livin by Mandiri setelah diaktifkan bahkan lebih banyak, yaitu Tabungan Now, Mandiri Rencana, dan Deposito.

Ketiga rekening tersebut, juga semua rekening Mandiri Anda yang lain (kalau punya), bisa terlihat di dalam aplikasi tersebut. Jadi, Anda tidak perlu instal aplikasi banyak-banyak yang malah membuat handphone berat.

2. Bisa request dan aktivasi kartu ATM baru

Selain memudahkan transaksi dan buka rekening, New Livin by Mandiri juga bisa request kartu debit baru. Ini berguna jika Anda butuh ganti kartu ATM karena yang lama hilang, rusak, terblokir, kedaluwarsa, dan tidak bisa digunakan.

Usai kartu baru datang (bisa dikirim ke rumah sehingga tanpa perlu ke bank) harus diaktifkan dahulu agar bisa digunakan. Aturan ini berlaku baik untuk kartu pengganti maupun kartu ATM perdana.

Sebenarnya, cara aktivasi kartu ATM ada dua: mengunjungi link join.bankmandiri.co.id dan via aplikasi Livin. Untuk cara pertama silakan klik link. Sementara kedua, cara aktivasi kartu debit menggunakan New Livin by Mandiri yaitu sebagai berikut.

  1. Login menggunakan fingerprint atau user ID + password.
  2. Buka inbox dan pilih pesan yang berisi kartu ATM berhasil dikirimkan.
  3. Tekan tombol Aktifkan Sekarang pada pesan tersebut.
  4. Masukkan kode CVV yang tertera pada belakang kartu.
  5. Buat PIN kartu ATM baru Anda.
  6. Konfirmasi PIN dengan menginput sekali lagi.
  7. Tekan tombol Aktifkan.
  8. Masukkan PIN aplikasi New Livin by Mandiri.
  9. Selesai, kartu ATM Mandiri berhasil diaktifkan dan sudah bisa transaksi.

3. Bisa tarik tunai tanpa kartu ATM Mandiri

Manfaat New Livin berikutnya ialah bisa mengambil uang di ATM tanpa pakai kartu. Fungsi ini berguna jika kita butuh duit cash tetapi tidak ada kartu debit, baik karena ketinggalan maupun tidak bisa digunakan (rusak, terblokir, kedaluwarsa, dll.)

Cara tarik tunai tanpa kartu ATM Mandiri

  1. Bikin token di aplikasi:
    1. Klik menu Tarik Tunai yang berada di bawah tombol Login.
    2. Tentukan nominal uang yang mau ditarik.
    3. Klik tombol Lanjutkan.
    4. Konfirmasi tarik tunai dan klik tombol Buat Token.
    5. Masukkan PIN aplikasi New Livin’ by Mandiri.
    6. Layar HP menampilkan token yang terdiri enam digit angka.
  2. Di ATM
    1. Tekan tombol ENTER (warna hijau) pada papan PIN ATM.
    2. Pilih menu Livin by Mandiri pada layar ATM.
    3. Pilih submenu CARDLESS WITHDRAWAL.
    4. Masukkan nomor handphone kita yang terdaftar pada aplikasi.
    5. Masukkan Token enam digit yang didapat dari aplikasi tadi.
    6. Selesai, uang tunai pun keluar disertai kertas struk.

Mengatasi New Livin’ by Mandiri eror

Di samping kelebihan, kekurangan New Livin by Mandiri tentu ada. Namanya saja aplikasi online, selama penggunaan bisa bermasalah. Contohnya eror, tidak bisa dibuka, susah login, lupa user ID + Password, dan bahkan terblokir.

Meski demikian, tenang, masalah-masalah tersebut bisa diatasi dengan beberapa trik di bawah.

1. Tidak bisa dibuka dan login

Masalah ini sering terjadi setelah meng-update aplikasi. Peningkatan versi memang memperkaya fitur dan memperbaiki bug. Namun, karena cache bertumpuk maka membuat aplikasi ditutup paksa (force close) ketika mau login.

Ketika Anda mengalami, cobalah atasi New Livin by Mandiri tidak bisa dibuka apalagi akses login (padahal user ID dan Password sudah benar) dengan cara berikut:

  • Cek posisi simcard

Khusus pengguna ponsel dual sim, pastikan kartu SIM yang terdaftar pada Mandiri terpasang pada slot 1. Atau setidaknya samakan posisinya dengan saat pertama kali daftar New Livin by Mandiri.

  • Perhatikan koneksi internet

Jika Anda menggunakan wifi dan mencoba login New Livin gagal terus, gantilah sumber internet dari paket kuota di simcard yang terdaftar. Jangan lupa pastikan koneksinya stabil.

  • Bersihkan cache

Alasan cache dapat menyebabkan aplikasi Livin tidak bisa dibuka sudah dijelaskan di atas. Solusinya yaitu dengan membersihkannya. Pada handphone android caranya dengan buka Setting > App Management > App List > Livin by Mandiri > Storage Usage > Clear Cache.

  • Restart HP

Membersihkan cache dengan cara di atas mengakibatkan data yang tersimpan pada aplikasi New Livin by Mandiri ikut terhapus. Kemungkinan besar, untuk login Anda perlu aktivasi dahulu dengan memasukkan data kartu ATM. Jika malas, coba matikan dan hidupkan ulang handphone saja. Biasanya cara ini sudah cukup ampuh.

  • Uninstall-reinstall

Mencopot atau menghapus aplikasi Livin dan kemudian memasang ulang bisa dijadikan solusi saat eror. Tenang dan tidak perlu khawatir, saat pengunduhan terakhir akan mendapat versi aplikasi yang terbaru.

  • Menghubungi bank Mandiri

Sudah mencoba semua cara tetapi tetap eror? Solusi yang dipastikan berhasil yaitu meminta bantuan customer service bank. Memang bisa melalui call center, tetapi sebaiknya datang ke kantor cabang terdekat.

2. Mengatasi New Livin Mandiri terblokir tanpa ke bank

Jika tidak menggunakan fingerprint, login New Livin membutuhkan user ID dan Password. Memasukkan keduanya salah tiga kali berturut-turut dapat mengakibatkan terblokir. Alhasil aplikasi terkunci dan tidak bisa digunakan.

Mengatasi terblokir nya New Livin’ by Mandiri ialah dengan cara menghubungi Mandiri. Tidak perlu ke bank, cukup melalui call center Mandiri dengan nomor 14000. Nantinya petugas akan membuka blokiran.

Setelah blokiran terbuka, langkah berikutnya ialah mengklik tombol Forgot Password yang ada di bawah laman login. Kemudian ikuti arahan yang diminta pada layar handphone. Kurang lebih begini:

  1. Klik tombol Forgot Password atau Ubah Password.
  2. Masukkan nomor kartu ATM, tanggal kedaluwarsa, dan tanggal lahir Anda.
  3. Verifikasi nomor handphone dengan mengirim SMS yang otomatis diketikkan pada menu SMS di handphone.
  4. Bikin Password baru dan jangan lupa konfirmasi dengan menginput ulang.
  5. Masukkan PIN aplikasi New Livin by Mandiri.
  6. Selesai, Password berhasil diubah dan bisa digunakan login kembali.

3. Lupa user ID dan Password Livin by Mandiri

Mengatasi terblokir sedikit ribet karena harus menelepon call center. Untuk menghindari itu, saat kita lupa user ID ataupun Password dan sudah dua kali memasukkan, sebaiknya stop dan jangan menambah kesalahan menjadi tiga kali.

Ketika user ID atau Password akun New Livin by Mandiri lupa, sebaiknya kita langsung tekan tombol Forgot User ID atau Forgot Password yang berada di laman login. Setelah itu ikuti panduan yang muncul pada layar HP. Prosesnya sama seperti di atas. Jadi, tidak perlu dijelaskan lagi.

Perbedaan Livin by Mandiri versi lama dan terbaru

Seperti dikatakan tadi, saat ini ada dua versi. Jika Anda bingung memilih mau pakai yang mana sebaiknya ketahui dahulu perbedaan Livin by Mandiri versi lama dan baru yang diuraikan di bawah.

  • Logo dan nama

Perbedaan pertama terletak pada logo dan nama. Aplikasi Livin versi lama berwarna biru sedangkan yang baru berwarna kuning. Sementara kalau dilihat dari nama, versi lama cuma “Livin’ by Mandiri” dan yang baru “New Livin’ by Mandiri”.

  • Cara daftar dan aktivasi

Cara daftar Livin Mandiri versi lama lebih ribet karena perlu diaktivasi di kantor cabang agar bisa transaksi finansial. Sementara versi baru cukup instal, masukkan data kartu ATM, dan hasilnya langsung bisa bertransaksi apapun.

  • Cara login dan autentifikasi transaksi

Cara login Livin by Mandiri versi lama menggunakan user ID dan Password. Sedangkan pada New Livin by Mandiri terbaru bisa menggunakan fingerprint atau sensor wajah (tergantung smartphone yang dipakai).

Begitu juga dengan autentifikasi saat transaksi finansial. Aplikasi berwarna biru menggunakan MPIN yang sama dengan SMS banking. Sedangkan yang berwarna kuning pakainya PIN khusus (tidak sama dengan PIN kartu ATM).

  • Kelengkapan fitur transaksi

Sudah jelas fitur aplikasi New Livin Mandiri lebih banyak karena dilengkapi dengan menu tarik tunai tanpa kartu, e-money, dan sebagainya. Pada Livin versi biasa tidak ditemukan menu tersebut.

  • Size apk

Jika dibandingkan pada faktor ukuran file aplikasi, New Livin memiliki kekurangan lebih besar size yang harus di-download. Beberapa pengguna juga mengeluhkan lemot saat digunakan. Padahal versi lamanya sangat ringan.

Jadi, lebih baik yang mana? Saat ini kedua versi bisa dipakai dan diinstal beriringan. Namun, kabarnya hanya New Livin by Mandiri yang akan diberlakukan. Dengan kata lain, sebaiknya Anda daftar yang terbaru dan mulai membiasakan diri menggunakannya.

Default image
Admin
Mendirikan banksentral.com sejak 2017 setelah banyak web yang dibuat. Hobinya mencoba hal baru, termasuk bikin rekening bank. Kenalan lebih dekat silakan klik Tentang Kami.
Articles: 145